Popular Posts

LIFE MUST GO ON

Selasa, 27 Desember 2011

Menjadi Yang Terdepan

Ketika berpikir bahwa kita harus keluar dari rutinitas yang membosankan, itulah kebangkitan dari orang-orang terdepan di masa akan datang. Kita tidak ingin hidup dan mati layaknya bayangan yang tidak pernah dilihat dan dikenang orang, bukan? Kita harus menjadi history maker dengan apa yang bisa kita lakukan bagi diri sendiri maupun orang-orang disekitar kita. Kelak, nama kita akan tersimpan abadi dalam hati orang-orang yang mengenal kita. Maka, mulailah menjadi yang terdepan dan buatlah perubahan bagi bangsa ini.
Menjadi yang terdepan merupakan proses menjadi seorang yang memiliki satu titik kemampuan dengan sejuta fungsi bukan menjadi seorang yang memiliki jutaan titik yang tak memberikan manfaat bagi lingkungannya. Inilah peranan yang harus dihayati jika kita ingin menjadi seorang wakil rakyat. Program kerja yang kita buat harus direalisasikan dengan skala prioritas profesional nan proporsional. Adapun program kerja yang akan saya wujudkan seandainya menjadi anggota DPD-RI melalui 6S (Studi, Strategi, Sosialisasi, Subsidi, Standarisasi, dan Stabilisasi) meliputi :
1.      Studi aspirasi yang merata melalui media internet, video, dan foto di berbagai pelosok kota. Setiap orang bebas mengemukakan aspirasi yang bertanggung jawab kepada Pemerintah melalui media tersebut untuk melaksanakan kehidupan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan.
2.    Strategi kajian pendidikan untuk semua melalui aplikasi infrastruktur terhadap pembangunan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Didukung pula apresiasi terhadap guru-guru berprestasi yang mumpuni.
3.     Sosialisasi permasalahan terkait hak penyandang cacat dan kesehatan masyarakat semisal AIDS, narkoba, dan penyakit lainnya sebagai upaya kontrol sosial hak asasi manusia di setiap daerah.
4.      Subsidi rutin terhadap anak-anak yatim piatu dan anak-anak jalanan yang berada dalam lingkup rumah singgah/yayasan sosial berkredibel sesuai peraturan perundang-undangan berlaku.
5.      Standarisasi budaya dan wisata sebagai upaya pengelolaan sumberdaya alam serta sumberdaya ekonomi yang menjunjung tinggi konservasi nilai pelestarian kearifan lokal. Diharapkan program ini mampu membentuk mentalitas bangsa modern, tangguh dan adaptif terhadap dinamika perkembangan zaman tiap-tiap daerah yang memiliki kekayaan kebudayaan yang harus diakui statusnya sebagai identitas bangsa.
6.   Stabilisasi lingkungan sehat yang layak untuk keseimbangan alam melalui pengembangan rancangan kebijakan (perundangan) yang relevan untuk mengatur tata ruang tiap-tiap daerah. Hal ini berguna untuk alokasi pemanfaatan potensi sumber daya geografis dan sumber daya ekonomi yang mencakup atmosfir ramah untuk bumi dan ramah untuk lingkungan demi terselamatnya bumi untuk anak cucu.

Program 6S di atas akan dilaksanakan secara berkelanjutan sesuai polemik yang terjadi dalam bingkai kehidupan bangsa Indonesia. Hal ini bertujuan memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada pemilih dan daerah pemilihan anggota DPD-RI. Dalam menjalankan program tersebut, jargon saya ‘Menjadi Yang Terdepan’ akan konsisten dipegang teguh sesuai etika dan norma adat daerah yang saya wakili serta kode etik maupun peraturan tata tertib DPD itu sendiri.

Menjadi yang terdepan bukan soal seberapa hebat dan seberapa besar bakat yang kita miliki, melainkan bagaimana kita bertindak dan memberikan perubahan bagi sekitar kita. Menjadi yang terdepan tidaklah sulit dilakukan. Dibutuhkan tekad, kerja keras, dan kemauan tinggi untuk keluar dari belenggu hidup yang biasa saja. Kecamkan pada bangsa tercinta ini, siapapun kita di bumi pertiwi, entah penguasa ataupun rakyatnya, kita adalah sama dalam memikul tanggung jawab bersama untuk keutuhan bangsa.
Menjadi yang Terdepan; Never Ending Contribution!

2 komentar:

  1. Sebuah tuLisan yang cukuP meng'inspirasi generasi muda uTk menJaDi PemimpiN di masa mendatang..
    Sukses berKarYa !!!

    BalasHapus
  2. menjadi terdepan bagi seluruh elemen,,

    BalasHapus