Tulis yang kamu cari

Adv

12 Alasan Penting Membangun Aset Berupa Rumah Properti untuk Hunian dan Usaha



Rumah properti adalah salah satu aset yang sangat menguntungkan para pemiliknya. Bagaimana tidak, ada banyak manfaat yang diperoleh seseorang ketika mempunyai rumah pribadi. Selain untuk hunian, rumah juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat usaha. Secara rinci, setidaknya ada 12 alasan penting membangun aset berupa properti seperti rumah.

  1. Bisa dihuni tanpa ngontrak
Bagi setiap orang dan keluarga, rumah adalah salah satu kebutuhan utama. Seseorang tidak bisa hidup tanpa rumah. Dengan kebutuhan yang harus dipenuhi tersebut maka banyak orang memilih untuk mengontrak. Namun, jika dilihat dari segi keuntungan lebih baik jika seseorang bisa membeli rumah meskipun kondisinya sangat sederhana dibanding mengontrak.

Menyewa dengan orang lain akan membuat uang harus diberikan pada pemilik rumah dan tidak ada nilai kembali. Berbeda dengan investasi dimana ada nilai kembali uang tersebut kecuali apabila ada kejadian tidak diinginkan seperti bangkrut. Namun, hal ini akan lebih menguntungkan dan bisa menghilangkan anggaran untuk mengontrak setiap tahun yang pasti terus meningkat harga sewanya.

  1. Nyaman
Tidak ada tempat paling nyaman selain rumah sendiri. Berbeda dengan ketika menyewa atau kos, rumah sendiri tentu memiliki esensi khusus yang tidak bisa diberikan rumah orang lain. Meskipun pada kenyataan, ada orang yang hidup nyaman di rumah sewa. Tapi, memiliki hunian pribadi tentu akan menimbulkan perasaan bangga.

  1. Keamanan
Ketika mengontrak rumah, ada kemungkinan pihak lain akan memiliki kunci duplikat dari bangunan tersebut. Hal ini tentu cukup mengancam keamanan rumah karena tidak menutup kemungkinan ada tindak kriminalitas ke depannya. Apalagi jika yang melakukan adalah sang induk semang sendiri. Tentu akan sulit untuk menuntut karena pihak yang bersangkutan lebih memiliki hak atas bangunan tersebut.

  1. Tempat berkumpul dengan keluarga
Keluarga bisa berkumpul dimana saja. Tetapi rumah akan selalu bisa mewadahi kebutuhan afeksi setiap anggotanya. Jadi, memiliki rumah sendiri tidak hanya memberikan kenyamanan dan jaminan aset, tetapi juga kehangatan serta kebahagiaan bersama keluarga.

  1. Nongkrong bersama teman tanpa ribet
Tanpa harus keluar rumah, suasana nyaman justru bisa diakses melalui tempat tinggal sendiri. Maka, tidak ada salahnya untuk nongkrong bersama teman di rumah. Selain menghemat budget, seseorang juga tidak perlu meninggalkan keluarganya untuk pergi ke café atau tempat lain.

  1. Workshop pribadi
Beberapa orang membutuhkan inspirasi ketika bekerja. Dengan memiliki properti berupa rumah pribadi, maka ada tempat yang menampungnya dalam melakukan berbagai pekerjaan. Sebuah ruangan kosong atau bahkan garasi sekalipun bisa difungsikan sebagai workshop. Bahkan, ada beberapa orang yang memulai kesuksesan pekerjaannya dari workshop di garasi.

  1. Aset yang terus naik harganya
Tidak bisa dipungkiri bahwa semua properti baik rumah tinggal, toko, kios atau gudang memang selalu naik harganya dari tahun ke tahun. Berbeda dengan kendaraan atau barang – barang elektronik, aset ini akan sangat profitable untuk digunakan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, memiliki rumah lebih dari satu pun akan menguntungkan karena bisa disewakan dengan sistem tahunan, bulanan, maupun harian.

  1. Untuk Toko? Why Not?
Tidak harus berbentuk ruko atau rumah toko, semua hunian bisa digunakan tempat usaha. Saat ini ada banyak toko online yang tempat offlinenya tidak terlalu besar. Ada juga yang menggunakan salah satu bagian di rumah untuk display foto yang akan diposting ke toko online atau sosial media. Jadi, rumah sebagai toko memang lebih menguntungkan secara langsung.

Jika memungkinkan, membangun ruko memang lebih menguntungkan. Bisa ada pembatas khusus yaitu lantai 1 dan 2 untuk rumah dan toko. Hal ini akan membantu progress toko terutama jika sudah melibatkan pekerja yang aktif di lantai 1 sehingga tidak mengganggu aktifitas keluarga di lantai 2. Bahkan jika mungkin ruko 3 lantai dengan gudang pada bagian atas akan sangat profitable.

  1. Untuk kantor? Siapa takut?
Bukan hanya toko, rumah juga bisa dipoles menjadi sebuah kantor. Tanpa mengurangi fungsinya sebagai hunian yang nyaman, beberapa bagian dan ruangan bisa diatur dengan bangku dan rak seperti layaknya kantor. Jenis usaha apa yang bisa dilakukan di sana? Tentu ada banyak kemungkinan yang dapat diakses.

  1. Ruangan yang bisa disewakan
Tidak perlu menyewakan seluruh bagian rumah sekaligus, jika hanya memiliki satu hunian maka manfaatkan salah satu ruangannya untuk disewakan. Misal sebagai tempat kos, kontrakan, studio musik, perpustakaan, atau café. Tentu langkah ini sangat menguntungkan bagi seseorang yang ingin memberdayakan rumah menjadi uang tetapi hanya memiliki satu hunian. Selain bisa mendatangkan keuntungan, pengawasan terhadap tempat tersebut lebih bisa terpantau.

  1. Penyewaan halaman atau taman belakang rumah
Ketika memiliki rumah dengan halaman atau taman yang luas, banyaklah mengupload foto atau video menggunakan latar belakang tempat tersebut. Mengapa demikian? Karena bisa jadi bagian kosong di rumah bisa mendatangkan uang.

Banyak orang sering mencari lokasi murah untuk disewa sebagai setting foto prewedding atau bahkan acara pesta kebun. Dengan memoles taman serta halaman menjadi enak dipandang, tidak menutup kemungkinan seseorang bisa tertarik untuk menyewanya.

  1.  Bisa dijual ketika momennya tepat
Ada 2 kemungkinan seseorang menjual rumah. Pertama ketika membutuhkan uang banyak dan kedua apabila harga properti sedang naik. Ada juga faktor non keuangan misalnya memang ingin pindah ke tempat lain. Namun, di luar semua faktor tersebut menjual rumah di saat yang tepat tentu akan membawa keuntungan finansial dalam jumlah cukup menarik.

         Semoga dengan 12 alasan ini, Blogger Eksis bisa semangat untuk investasi properti berupa rumah*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar