Tulis yang kamu cari

Adv

Jakarta Fair Aman untuk Dikunjungi Semua Kalangan

Liputan Blogger Eksis di Jakarta Fair
#BloggerEksis

Selasa (5/6/2018), Blogger Eksis mendapat kabar dari WhatsApp Group tentang kebakaran yang terjadi di Pekan Raya Jakarta. Kabar yang mengagetkan ini coba aku telusuri kembali melalui beberapa akun media sosial resmi @JakartaFairID dan menjelajah di situs-situs media mainstream terpercaya. Ternyata kebakaran terjadi bukan di area Jakarta International Expo (JIExpo), bencana itu menimpa Gedung Tjipta Niaga yang tepat berada disebelahnya. 

Alhamdulillah, #JakartaFairAman, ujarku.





Jakarta Fair tetap aman walaupun kebakaran
Suasana Kebakaran
  Beranjak ke hari Jum’at tanggal 8 Juni 2018, aku pun memantapkan hati untuk melangkah pergi mengunjungi pesta rakyat ini. Rencananya, aku ingin menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta. Hal ini dikarenakan selama event berlangsung, pihak penyelenggara telah berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengaktifkan halte bus Transjakarta, menambah rute, dan meningkatkan jumlah armada bus Transjakarta yang memudahkan aksesibilitas transportasi umum ke JIExpo Kemayoran.

    Dari domisiliku yang berada di wilayah Cengkareng, untuk menuju ke Jakarta Fair harus transit terlebih dahulu di halte TransJakarta Monas (Monumen Nasional). Dari halte tersebut, baru aku bisa melanjutkan menuju TKP. Tapi, apa boleh buat. Jam sudah menunjukkan pukul 15:30 WIB, sementara aku sudah janji dengan teman-teman blogger lain pada pukul 16:00 WIB harus tiba di lokasi.

    Aku pun memutuskan untuk transit di Harmoni dan lanjut dengan transportasi ojek online. Beruntunglah aku mendapat kode promo “UNTUNGJUNI” sehingga saat menggunakan layanan GrabBike, aku hanya membayar tarif sekitar Rp 3.000,-. Bisa lebih hemat kan?.

  Setelah sampai di lokasi, aku langsung menuju pintu 9. Pintu ini memang sudah ditetapkan sebagai meeting point dengan rekan-rekan blogger lain. Tampak loket baru saja dibuka, antrian pun sudah panjang. Sepertinya, pengunjung sudah membludak setiap hari. Begitu antusias warga ibukota yang ingin datang ke acara ini, bahkan beberapa pengunjung yang aku temui juga sengaja datang dari luar kota.
Pintu 9 salah satu area pintu masuk Jakarta Fair
Pintu 9 dekat Gedung Tjipta Niaga sebagai salah satu pintu masuk

       
Perhelatan Jakarta Fair Kemayoran 2018 yang bertepatan dengan bulan Ramadan dan libur lebaran memang seharusnya jadi momentum menguntungkan bagi semua kalangan. Hal ini mengingat kebutuhan belanja dan hiburan semakin meningkat jelang lebaran. Semua kebutuhan kita bisa terpenuhi di pameran terbesar se-Asia Tenggara ini.



      Jika kamu punya rencana untuk belanja di Jakarta Fair, bisa baca spot diskon terbaik yang telah aku rangkum yaa. Kalau ditulisan ini, Blogger Eksis mau memberi tau spot-spot apa saja yang punya konten acara menarik dan wajib kamu datangi saat  berada di Jakarta Fair. Berikut pilihannya:

1. Arena Panggung
  • Panggung utama
       Tempat ini merupakan area konser musik yang disajikan oleh pihak penyelenggara yang akan menampilkan ratusan artis dan band papan atas setiap hari. Penampilan penyanyi solo akan meramaikan panggung ini seperti Afgan, Agnes Monica, Ari Lasso, Iwan Fals, Raisa, Virgoun, Ayu Ting-Ting, dan masih banyak lagi dari berbagai aliran musik. Band top Indonesia juga bergiliran tampil di atas panggung besar ini, sebut saja GodBless, Hivi, Endank Soekamti, Maliq & D’essentials, Nidji, RAN, Sheila on 7, Slank, Superman is Dead, Tipe-X, Tony Q Rastafara, Wali, dan musisi-musisi ternama lain.

       Mereka akan menggelar konser musik setiap malam. Untungnya, Blogger Eksis pada malam itu bisa menyaksikan pertunjukan musik dari Pas Band. Jadi ingat nih lagu “Kesepian Kita”

Ingatkah kawan kita pernah berpeluh cacian
Digerayangi dan digeliati kesepian
Walaupun, sejenak nafas dari beban
Tuk lewati ruang gelap yang teramat dalam
[Reff]
Hidup ini, hanya kepingan, yang terasing dilautan
Memaksa kita, memendam kepedihan


     Disebelah panggung utama, pengunjung juga bisa karaoke nih tepatnya di booth GenFm. Siapa yang ikut karaoke akan mendapat merchandise kece. Terus selama bulan puasa di area panggung utama juga akan dibagikan takjil gratis. Jadi, jangan lupa para pemburu takjil bisa standby disini sejak sore hari.

Pengisi Acara di Panggung Utama Jakarta Fair Kemayoran
Jadwal Pengisi Acara di Panggung Utama
  • Panggung Budaya
       Panggung ini memiliki daya magnet tersendiri bagi pengunjung JFK. Beda dengan panggung utama, panggung budaya berlokasi di area Gambir Expo. Ada pertunjukkan kesenian di panggung budaya ini, mulai dari penampilan musisi indie, carnaval perform, hingga Miss Jakarta Fair show.
Rangkaian acara di Panggung Budaya Jakarta Fair 2018
Jadwal Acara di Panggung Budaya

2.  Area Food Court
JFK 2018 bisa jadi tujuan ngabuburit asyik bareng teman-teman. Tidak hanya menjadi pusat pameran multiproduk terlengkap, JFK juga menyediakan spot-spot kuliner yang bisa memanjakan lidahmu. ‘Mohon bersabar, ini ujian!’. Godaan iman pasti begitu hebat saat melihat kanan-kiri dijejali berbagai produk kuliner nikmat.
  • Pasar Malam
Lokasi ini menjadi salah satu tempat favorit bagi siapa saja. Dengan konsep unik dan desain istimewa, pengunjung bisa menemukan lokasi santai untuk sekedar nongkrong atau bermain sambil menikmati berbagai fasilitas yang ada. Mulai dari arena games, snack corner, trick art area, peramal, karikatur, fashion, aksesoris, souvenir, dan lainnya.
Berbagai kudapan kekinian tersedia di area yang tepat berada dibelakang Hall E. Backdrop photo yang instagramable pun memenuhi lorong untuk mengabadikan momen sambil swafoto atau wefie. Di area ini juga ada wahana rumah hantu Sacred Riana dan permainan Virtual Realiy Cinema 9 Dimensi. Ayo, siapa yang berani bertualang sambil kulineran?
Spot foto area pasar malam Jakarta Fair
Salah satu spot foto yang instagramable
  • Wisata Kuliner Bali
            Konsep tempat ini memang baru hadir di perhelatan akbar JFK. Dari namanya, kita sudah tau bahwa area yang berada di belakang Hall D menyajikan makanan khas dari Bali. Suasana Kuliner Khas Bali ini juga asik banget, tiap booth didesain dengan konsep yang menarik, bikin atmosfer area menjadi seperti Pulau Dewata. Dijamin deh bikin kamu betah nongki disini.
Pintu masuk wisata kuliner Bali di JFK 2018
Pintu Masuk Wisata Kuliner Bali
  • Kampung Betawi
Area ini ada di dekat Pintu Masuk F. Area sengaja didedikasikan khusus untuk pertunjukan berbagai seni budaya lokal dan pameran aneka kerajinan serta kuliner khas Betawi. Pengunjung tak hanya bisa membeli kerak telor, area ini juga menyediakan soto betawi, bir pletok, dan gado-gado.
Area Kampung Betawi di JFK 2018
Deretan pedagang kerak telor dan toge goreng
  • Expo Resto
Di tahun 2018 ini, Expo Resto memberikan berbagai macam makanan yang siap menggoda lidah pengunjung. Ada ayam bakar sambal matah, nasi daun jeruk, Hainan ayam, Hainan bebek, dan masih banyak lagi. Ragam kuliner lokal dan internasional bersatu dalam kenikmatan yang tiada tandingannya.
Pilihan makanan di Expo Resto Jakarta Fair
Salah satu makanan yang dijual di Expo Resto
  • Kuliner Nusantara
Area ini ada di belakang Hall D. Aneka makanan lezat dan minuman segar yang menggugah selera sangat cocok menjadi menu pilihan untuk memanjakan lidah siapa saja. Cita rasa sudah terjamin keaslian lokal warisan kuliner dari Indonesia.
Sop Iga di Kuliner Nusantara
Sop Iga yang dipesan di Kuliner Nusantara

3. Tempat Pelayanan Publik


Tempat penukaran uang baru di JFK 2018
Layanan Kas Keliling Bank Indonesia
            Jakarta Fair 2018 menempatkan Hall C sebagai anjungan Provinsi DKI Jakarta. Di dalam hall ini, pengunjung bisa mengetahui lebih banyak destinasi wisata, makanan khas, dan pembangunan kota di berbagai provinsi di Indonesia. Beberapa pelayanan publik seperti pembayaran pajak, pembuatan akta keluarga, dan urusan birokrasi lain bisa dilakukan disini. Pengunjung juga bisa berfoto karena ada spot-spot instagramable yang unik dan keren dari Bappeda DKI Jakarta, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, PT. Jakarta Propertindo,  MRT Jakarta, TransJakarta, Bank DKI, dan PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

4. Wahana Permainan
  • Kids Area


Pintu masuk Kids Area Jakarta Fair
Siapa aja nih yang mau bawa anak-anak ke Jakarta Fair? Tenang aja di Jakarta Fair pengunjung bisa menemukan berbagai wahana seru yang bisa dicoba. Wahana-wahana tersebut ada di area outdoor, indoor dan area Gambir Expo. Wahana yang bisa dimainkan oleh anak-anak diantaranya Bianglala, Bom-Bom Car, Kora-Kora Mini, Mandi Bola, Trampoline, dan masih banyak lagi. Keseruan bermain wahana ini pasti terasa menyenangkan sambil anak-anak tersebut menunggu orangtuanya berbelanja.
  • Fun World


Bianglala untuk anak-anak di Jakarta Fair
Biasanya, anak-anak bisa bermain Fun World di mal yang ada di Jakarta. Tapi kali ini, mereka bisa merasakan sensasi berbeda karena aneka ragam atraksi permainan disuguhkan hanya dengan membayar tiket seharga Rp 20 ribu sampai Rp 25.000. Lokasi Fun World sengaja ditempatkan di berbagai sudut Jakarta Fair agar mudah dijangkau oleh para pengunjung.

5. Dunia Pesta Bola

Area Dunia Pesta Bola
Buat kamu yang suka bola atau sering menemani pacar/gebetan/istri/anak belanja tapi nggak mau ketinggalan nonton Piala Dunia 2018, tenang saja karena kamu bisa NoBar di area Dunia Pesta Bola tepatnya di Gambir Expo. Ini merupakan area khusus yang baru ada di Jakarta Fair Kemayoran 2018. Pengunjung bisa menyaksikan 64 pertandingan secara live di layar raksasa yang tersedia. Dunia pesta bola, dijadwalkan ramai dari tanggal 14 Juni sampai 15 Juli 2018. Bersiaplah nonton bareng bersama sambil menyaksikan tim kesayangan berlaga!

6. Ragam Fasilitas Lain
Akomodasi wara wiri di JFK 2018
Fasilitas transport wara-wiri untuk pengunjung JFK 2018
 Setiap tahun, pihak penyelenggara selalu melakukan evaluasi agar penyelenggaraan Jakarta Fair makin sukses. Berbagai fasilitas oke selalu dihadirkan untuk dimanfaatkan oleh pengunjung. Tahun 2018, Jakarta Fair Kemayoran menyediakan Free Shuttle Service, Bus Wara-wiri, Parkir motor, Prayer Room, Medical Station, Nursery Room, Toilet, Information Center, Media Room, ATM Service, Stan JIExpo Souvenir, dan masih banyak lagi fasilitas lain.
     Sejumlah peningkatan berupa sarana dan prasarana dilakukan oleh panitia penyelenggara untuk terus meningkatkan kenyamanan bagi seluruh pengunjung. Panitia menjamin kebersihan arena pameran yang berstandar internasional, menyiapkan ratusan toilet dan urinoir yang tersebar di setiap sudut. Bahkan, tempat ibadah juga tersedia untuk salat Tarawih berjamaah di area belakang Hall B-C3.
  Pihak panitia pun bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk meningkatkan keamanan dan kelancaran arus menuju area Jakarta Fair Kemayoran dengan menyiapkan sarana parkir yang mampu menampung kendaraan roda dua dan roda empat. Meski, Blogger Eksis sarankan agar kamu yang mau datang ke JFK 2018 tak perlu repot membawa kendaraan pribadi ke lokasi. Demi mencegah kepadatan arus lalu lintas ada baiknya menggunakan alternatif akomodasi yang begitu mudah, seperti fasilitas transportasi publik berupa bus Trans Jakarta yang memiliki rute langsung menuju halte pintu 2 area Jakarta Fair Kemayoran.
Foto Bersama di Booth Nestle Jakarta Fair
Foto bersama teman-teman blogger di booth Nestle

    Kamu sudah yakin kan kalau Jakarta Fair tetap aman terkendali dan masih banyak spot terbaik yang harus kamu kunjungi. Nah, jelang hari raya lebaran pada tanggal 9 hingga 13 Juni 2018, Jakarta Fair dibuka mulai pukul 10:00 hingga 23:00 WIB. Pada hari raya lebaran, ajang ini juga akan tetap dibuka untuk umum yakni mulai pukul 14:00 hingga 23:00 WIB. Dan pada masa libur lebaran yakni mulai tanggal 16 hingga 20 Juni akan dibuka mulai pukul 10:00 hingga 23:00 WIB.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan cek Instagram, Facebook, dan Twitter @JakartaFairID. Selamat bersenang-senang di Jakarta Fair 2018*
Akun Instagram Jakarta Fair 2018
Akun Instagram Jakarta Fair

2 komentar:

  1. Yuuk aahh ke sana lagi. Emang Jakarta Fair tempat liburan yang asyik di Jakarta. Mau beli sepatu, kuliner juga belum puas. Ayo kitaa ke Jakarta Faiiirrr

    BalasHapus
  2. Kalo Blogger Eksis mah belum puas karaokean di Jakarta Fair 😀

    Kuy, kita habiskan libur lebaran di Jakarta Fair Kemayoran*

    BalasHapus