Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Sinetron Para Pencari Tuhan (PPT) Mencapai 1 Dekade Dengan Istiqomah

Sinetron-SCTV

Ibarat makan sayur kurang garam, bulan Ramadan terasa tidak afdal jika tidak menyaksikan tayangan Para Pencari Tuhan (PPT) yang sudah menjalani masa produksi mencapai 1 dekade. Rumah produksi PT. Demi Gisela Citra Sinema memang cerdas membubui tayangan ini menjadi lebih eksklusif karena hadir saat bulan Ramadan saja. Dari jilid 1 sampai jilid 9, pemirsa selalu penasaran dengan cerita apa yang akan diracik setiap episodenya. Hal ini dikarenakan masing-masing jilid telah menyuguhkan pencerahan kepada penonton melalui pesan religi yang tersembunyi dalam tiap adegan yang tersaji.
Umat Islam yang sedang menjalankan ibadah sahur pasti menanti program televisi ini yang paling beda dengan program televisi lain. PPT Jilid 10 pun telah siap dinikmati pemirsa Surya Citra Televisi (SCTV) selama bulan ramadan 1437 H. Program televisi yang termasuk dalam jenis sinetron ini memang selalu jadi tayangan istimewa yang ditunggu pemirsa layar kaca. Apalagi, pemirsa juga dimanjakan dengan segmen kuis yang disponsori berbagai brand terkemuka. Tak jarang program PPT juga sering disebut sinekuis (sinetron kuis). Wajar saja, tayangan ini pun meraih rating maupun share di atas rata-rata dan disaksikan penonton pria atau wanita dari hampir semua kelompok umur.

Naluri pemirsa seakan terus diasah dengan berbagai gejolak kisah yang terus bergulir secara berkesinambungan untuk setiap jilid sinetron PPT yang fenomenal. Layak jika tayangan ini menjadi andalan dan tontonan penuh nuansa tuntunan Islam dan tuntutan fase-fase kehidupan sosial masyarakat sekitar. Persoalan hidup yang nyaris tak pernah diungkap tayangan lain selalu terangkum dalam sinetron ini. Kampung Kincir dan penduduk didalamnya bagaikan negara Indonesia dan warganya yang memiliki sejumlah fenomena untuk menjadi cerita yang beraneka. Tutur bercerita secara komedi dan drama terpadu dalam satu tayangan yang mendidik. Terkesan tak menggurui, alur dramaturgi dibuat mulai dari jilid 1 sampai jilid 9 dan berhasil dipertahankan.

Potret kehidupan masyarakat kelas atas, menengah, dan bawah mampu ditampilkan secara berkelanjutan setiap jilidnya. Kejutan-kejutan yang terjadi selama kita hidup terlihat nyata dalam adegan-adegan yang memutar roda kehidupan. Ibaratnya, pemirsa sedang membaca sebuah buku yang memiliki berbagai jilid dan kita tak sabar untuk melihat lembar halaman selanjutnya untuk dibalik dan dibaca isinya.

Konflik yang terjadi dalam sinetron ini juga terasa menggigit karena memiliki struktur cerita yang tepat. Semua mampu mencapai klimaks dan sesuai dengan tatanan ajaran Islam yang pas. Nyaris semua unsur spiritual dalam tayangan ini tidak hanya sebatas ritual, tapi membuat pemirsa memahami kesalehan sosial.

Dalam sinetron PPT, dialog antar pemain juga terlontar dengan bahasa sehari-hari dan mampu mengkritisi adegan demi adegan agar menjadi lebih bermakna. Inilah kekuatan skenario yang ditulis oleh Wahyu HS. Aku pun kagum akan kejelian seorang penulis skenario yang mampu membangun dialog secara up to date dilengkapi dengan selera humor yang tak terkesan basi karena cerdas diolah pada adegan yang pasti. Penulis skenario juga mampu mengolah rangkaian kisah sederhana dan mengemas cerita melalui kekuatan akting para pemeran yang sangat menarik.

Karakter-karakter yang bermain dalam sinetron PPT memang berperan apa adanya. Semua karakter terlihat tangguh. Mereka mampu mendeskripsikan tokoh manusia secara utuh. Tak tampak ada karakter malaikat yang selalu merasa benar ataupun karakter iblis yang selalu berbuat jahat. Tak terlihat karakter yang mendominasi atau memberi nasihat yang basi. Sinetron PPT justru menghadirkan karakter protagonis, semi-antagonis, dan antagonis dengan ekspresi para pemain yang luar biasa. Tak perlu tampang blasteran apalagi harus memiliki nilai jual. Produser PPT, Pak H. Deddy Mizwar dan Kiki Zakaria berusaha menampilkan aktor dan aktris berbakat yang sangat terpuji dalam kualitas aktingnya.
Pak H. Deddy Mizwar sebagai pemeran utama dengan karakter Bang Jack selalu menjadi pusat perhatian karena membawa misi kebaikan disetiap permasalahan yang terjadi di Kampung Kincir. Trio Bajaj yang terdiri dari Melky, Aden, dan Isa pun mampu memerankan Chelsea, Barong, dan Juki sesuai porsi masing-masing dengan latar belakang masalah yang tidak sama dan dipersatukan menjadi selebritis ternama. Kehadiran karakter Aya (yang diperankan Zaskia Adya Mecca) dan Azzam (yang diperankan Agus Kuncoro) juga menjadi magnet tersendiri sebagai pasangan yang selalu memiliki kisah cinta dengan pribadi yang berbeda.
Peran pendukung lain juga konsisten dengan karakter selalu menghibur dengan tawa. Ada Ustad Ferry (yang diperankan Akrie Patrio) dengan karakter yang takut dengan istrinya namun selalu berusaha menjadi imam bagi keluarga. Ada Pak Jalal (yang diperankan Jarwo Kuat) yang mengalami jatuh bangun pada kehidupannya karena merasa sebagai orang paling kaya di kampungnya. Ada Loli (yang diperankan Erma Catherina), seorang asisten rumah tangga Pak Jalal yang memiliki karakter unik dan polos. Ada dua sahabat, Asrul dan Bang Udin (yang diperankan Asrul Dahlan dan Udin Nganga) dengan peristiwa-peristiwa penuh canda dalam mengarungi pasang surut kehidupannya. Serta trio pengurus RW yang sering menyentil kondisi pemerintahan di Indonesia. Masih banyak karakter lain dengan berbagai profesi yang tak pernah terbuang percuma karena selalu hadir melengkapi porsi cerita.
Beberapa aktor dan artis terkenal lain pun pernah meramaikan sinetron ini untuk beberapa jilidnya. Sebut saja Tora Sudiro (yang berperan sebagai Baha), seorang sahabat Asrul yang sempat membuat kehebohan di Kampung Kincir karena tingkahnya sebagai pemabuk. Artta Ivano (yang berperan sebagai Kalila), keponakan dari Pak Jalal yang jatuh hati dengan pribadi Azzam dan terlibat cinta segitiga. Henidar Amroe (yang berperan sebagai Widya), seorang ibu dari Azzam yang diperebutkan dua orang sepuh. Alfie Alfandy yang berperan sebagai Domino (keponakan Bang Jack), hingga aktor sekelas Slamet Raharjo yang berperan sebagai Om Wijoyo.

Hitam putih kehidupan juga tercermin dalam lagu pembuka dan penutup sinetron PPT disetiap jilidnya. Musisi terkenal yang tergabung dalam grup band Ungu dan Gigi telah berhasil menghadirkan nuansa religi yang begitu kental. Sayup terdengar lagu Para Pencari Tuhan dan Dengan NafasMu yang dipopulerkan Ungu mampu menyatu dengan barisan lirik yang penuh doa terhadap Allah SWT. Alunan lagu seperti itu membuat para pemirsa di rumah bisa menyimak sinetron PPT dengan nuansa lebih haru untuk selalu mengingat Sang Pencipta. Ada juga lagu Beribadah Yok, Amnesia, Pemimpin dari Surga, Aku dan Aku, Sajadah Panjang, Lailatul Qadar, Semua Milikmu, dan Tuhan yang dipopulerkan Gigi. Lirik demi lirik lagu mengalir dengan paduan nada-nada yang membentuk irama membuat sinetron PPT semakin menggema seantero Indonesia.
Pantas saja, jika sinetron PPT mendapat anugerah dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai sinetron terbaik pada tahun 2014. Blogger Eksis pun hanya bisa memuji sinetron ini dengan segala keunggulan didalamnya dan memberikan apresiasi sinetron ini sebagai yang terbaik sepanjang masa. Begitu banyak pesan moral yang disampaikan terasa menyentuh dalam sinetron ini. That’s it! Konsep religi Islam selalu dihadirkan dengan nuansa indah dan tidak radikal pada setiap jilid PPT yang sudah diproduksi

Sebagai penonton awam yang sering merasakan adegan-adegan yang ditampilkan dalam keseharian membuat aku mampu mengenal siapa Tuhan kita. Banyak refleksi diri yang bisa aku ambil untuk menjadi inspirasi agar menjadi insan yang berakhlakul karimah. Beberapa refleksi tersebut antara lain tentang kematian yang bisa datang kapan saja dan dimanapun kita berada. Tentang kepemimpinan dari segala aspek (baik dalam diri sendiri, keluarga, masyarakat, lingkungan kantor hingga pemerintahan) sehingga mencapai kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan. Belajar mengenal arti perdamaian dari rasa solidaritas yang tinggi berbasis ukhuwah islamiyah. Sinetron ini juga mengajarkan pemirsa untuk selalu memiliki sikap rendah hati atau tawadhu’ saat berada diposisi atas dan sikap ikhlas saat menjalani kehidupan diposisi bawah. Pemirsa juga dituntun untuk bertaubat dan bertawakal atas dosa-dosa yang pernah diperbuat. Hingga akhirnya, pemirsa dituntut untuk selalu istikamah dalam menyebarkan kebajikan.

Semua tentang kehidupan yang fana ini sudah lengkap terungkap dalam sinetron Para Pencari Tuhan. Blogger Eksis menganggap sinetron ini sempurna karena mampu mengangkat realita pro kontra yang ada. Dari PPT jild 1-9 telah membuktikan bahwa sinetron bisa menjadi jalur dakwah untuk bertahan pada koridor religi yang tak sekadar ceramah atau seremoni.
Fenomena-fenomena kehidupan antara masa lalu dan masa kini selalu tampak mewarnai keseluruhan isi cerita. Kaya-mati, tua-muda, sendiri-berpasangan, cinta-benci, logika-perasaan, sehat-sakit, berumah tangga-bercerai, keberhasilan-kegagalan, keberuntungan-kerugian, kebaikan-kejahatan, kebenaran-kesalahan, kesenangan-kesedihan, dan Habluminaallah-hablumminannas telah sampai pada satu titik konklusi bahwa Allah SWT sedang mengajarkan kesempurnaan agama-Nya untuk bisa menjawab semua persoalan hidup yang memiliki berbagai lawan kata atau pertentangan didalamnya. Hingga akhirnya, saya menyadari bahwa Hidup adalah Ibadah. Semoga saja kita termasuk golongan hamba yang sudah menemukan Tuhannya setelah menonton ‘Para Pencari Tuhan’ yang mencapai satu dekade dengan istikamah*

"Something happens on the way to heaven"

Berikut ini Blogger Eksis lampirkan kisah demi kisah favorit saya dalam setiap jilidnya di sinetron Para Pencari Tuhan yang terarsip dalam video yang bersumber dari www.vidio.com, check this out*

2 komentar: