Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Telkom Indonesia Menjadi Katalisator dalam Ekosistem Digital Nasional

 

Telkom-Indonesia
jaringan Telkom Indonesia merata di tanah air tercinta 
(dok. IG @TelkomIndonesia)

     Telkom Indonesia sebagai perusahaan digital telco nasional terdepan selalu kolaborasi dengan banyak pihak untuk mewujudkan pengembangan teknologi Indonesia lebih baik. Kalau mendengar kata Telkom, terlintas dalam benak Blogger Eksis yaitu ‘Yellow Pages’. Buku berwarna kuning yang tebal berisi nomor-nomor telepon para pelanggan Telkom terdahulu, baik individu maupun korporat. Pernah juga Telkom meluncurkan produk telepon nirkabel yang disebut Telkom Flexi, namun sudah dialihkan seluruh pelanggannya ke anak perusahaan lain seperti Telkomsel.

    Dalam bidang Pendidikan, Telkom juga punya institusi yang dikenal dengan Telkom University di Bandung. Kebetulan sepupuku juga pernah kuliah di jurusan public relations di sana. Lulusan-lulusan dari institusi pendidikan ini dianggap memiliki kemampuan komunikasi yang baik, punya semangat tinggi, dan berwawasan luas. Ini menjadi bukti bahwa Telkom Indonesia tak hanya sekadar memajukan teknologi digital yang ada, tetapi juga membentuk sumber daya manusia yang lebih unggul.

  Sampai sekarang, produk Telkom Indonesia yang paling dikenal masyarakat yaitu IndiHome dan Telkomsel. Produk ini digunakan untuk koneksi wifi rumah dan jaringan internet cepat pada telepon genggam. Konektivitas dari kedua produk ini bisa dimanfaatkan untuk akses platform digital seperti blog, website, media sosial, dan platform daring lainnya. Tentu kedua produk ini menghapus era wartel dan warnet yang pernah dialami generasi milenial.

    Ke depan, ada beberapa inovasi teknologi yang juga bisa mengubah pola hidup kita di era digital. Tentu teknologi digital yang berkembang akan mempengaruhi aspek kehidupan dan diharap mampu membawa kemaslahatan untuk Indonesia lebih baik. Pemanfaatan teknologi juga bisa membantu manusia menyelesaikan aktivitasnya secara efisien dan efektif.

     Misal, ada tren teknologi yang dikenal dengan istilah artificial intelligent (AI). Inovasi ini sebagai bentuk kecerdasan buatan dengan konsep machine learning. Suatu produk yang dilengkapi AI telah dimasuki sistem komputer yang dirancang untuk meniru kecerdasan manusia sebagai alat bantu melaksanakan tugas saat mengenali gambar, ucapan atau suara, dan pola pengambilan keputusan. Tanpa kita sadari, tren AI sudah ada pada aplikasi navigasi, mesin pencari informasi, asisten pribadi ponsel cerdas, dan perangkat rumah pintar lain.

     Sebagai perusahaan telekomunikasi milik Indonesia, inovasi teknologi AI juga disematkan pada platform digital milik Telkom yang disebut BigBox. Suatu teknologi yang akan menghubungkan data penjualan dan penelitian untuk mempercepat inovasi dalam perusahaan rintisan. Misal, platform BigBox dipakai Pemerintah Kota Semarang yang menerapkan prinsip open government transparan dan akuntabel untuk menyusun seluruh kebijakan pembangunan strategis berbasis data. Kehadiran platform ini telah membantu PemKot tersebut untuk mengubah berbagai format data menjadi bentuk digital. Kemudian, tersaji dalam bentuk hasil pengolahan data serta grafik visual.

    Dari inovasi-inovasi teknologi yang terus berkembang, kita juga harus mulai beradaptasi dengan memiliki kecakapan digital. Sebab teknologi tercipta untuk memberi solusi atas masalah-masalah yang ada. Minimal, kita punya kemampuan saat memilih teknologi dan perangkat digital yang harus digunakan untuk bantu kehidupan yang kita lakoni.

   Bagiku, teknologi sangat membantu dan mendorong untuk fokus berprofesi sebagai narablog. Dengan modal wifi rumah dari IndiHome yang punya jangkauan luas, akses internet aman, dan membuat sehat pikiran. Jelajah dunia digital pun makin seru dan banyak peluang baru didalamnya yang bisa diberdayakan.    

     Terima kasih Telkom Indonesia, terutama IndiHome yang telah menjadi katalisator dalam ekosistem digital nasional. Sudah banyak perubahan lebih baik pada aspek kehidupan yang memudahkan hajat hidup masyarakat. Indonesia pasti akan menjadi bangsa cerdas maju karena teknologi terus berkembang secara cepat.

ekosistem-digital

Tidak ada komentar:

Posting Komentar