Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Semangat Bangkit Bersama IndiHome dari Blogger Jadi Entrepreneur

 

Blogger-Eksis

   Blogger Eksis termasuk dalam golongan orang-orang yang meninggalkan zona nyaman bekerja kantoran. Padahal bekerja di industri perbankan berlabel BUMN banyak diminati para pencari kerja. Sejak melepas titel pekerja kantoran, aku langsung memutuskan hijrah menjadi seorang pekerja lepas, yaitu jadi narablog atau blogger. Semua ini terjadi hanya karena panggilan passion. Berikut pengalaman semangat bangkit bersama IndiHome, dari blogger menjadi entrepreneur.

         

     Bekerja dengan hati tentu lebih nyaman. Saat karya dan tulisan kita banyak yang mengapresiasi dan terpampang pada laman blog pribadi menjadi kebanggaan tersendiri. Nyatanya semua itu bisa menjadi bagian dari personal branding atau jejak digital yang terus dijalani. Kiprah blogger makin luas ketika media sosial mulai gencar memberi tempat untuk berkarya. Tak heran, blogger kekinian bisa eksis bukan hanya karena konten tulisan saja. Konten visual dan konten audio juga bisa dipelajari dan disebarkan secara masif. Menarik! Blogger zaman now bisa mengklaim diri sebagai konten kreator.

  Dari konten kreator, para blogger juga bisa mengembangkan jejaring partnership dengan agensi, media, atau brand. Bukan hanya berpikir harus ‘ngonten’ saja, tetapi juga blogger mulai kembangkan diri untuk menjadi entrepreneur. Berarti, sudah ada keuntungan secara finansial yang harus difokuskan atas produk atau jasa yang bisa ditawarkan ke klien.

   Aktivitas tanpa batas seperti ngeblog tentu membantu suatu produk atau jasa dalam bidang pemasaran digital yang viral. Bila kita terjun produksi suatu produk, maka produk itu bisa dijual terlebih dahulu pada sirkel terdekat kita. Contohnya, seorang teman blogger yang bernama Noval Kurniadi. Ia sudah merintis open PO produk kaos aksara dari tahun 2020. Kaos yang dijual bisa dituliskan apapun dengan berbagai aksara yang diinginkan.

  Desain kaos tersebut bersifat custom atau disesuaikan dengan selera serta kebutuhan masing-masing. Para pembeli bisa request tulisan, warna font, dan personal desain sehingga kaos menjadi limited edition. Aksara Jepang, Korea, Thailand, Yunani, Rusia, Arab, dan lainnya akan menemani kalian kemanapun pergi pakai kaos ala typography ini.

Kaos-Aksara
Contoh desain kaos aksara @monovalen

         Dibanding Noval, sayangnya aku tidak punya produk yang bisa dihasilkan. Selain aktivitas blogging, aku hanya bisa menjual jasa keahlianku untuk bidang desain, fotografi, atau videografi. Aku memang belajar skill tersebut dibangku kuliah yang linier dengan jurusan broadcasting (penyiaran). Terjun ke dunia blogger akhirnya bisa membuat aku berpikir seperti entrepreneur. Aku pernah mendokumentasikan acara pemerintahan, ulang tahun, atau pernikahan sekalipun. Kalau bicara kualitas jasa yang aku tawarkan bisa sesuai dengan sepak terjang atau jam terbang yang pernah dilalui.

         Singkat cerita, ada 3 tips dari aku yang sudah menjadi blogger dan bangkit untuk jadi entrepreneur, yaitu:

1. Kembangkan jaringan bisnismu

    Perencanaan yang matang nyatanya tak cukup membuat integrasi bisnis atau usaha yang dijalankan kian melesat. Hindari rasa gengsi yang berlebihan saat menjadi entrepreneur. Bangun kolaborasi dengan pihak lain sebagai resolusi untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik. Dengan begitu setiap entrepreneur akan saling bahu membahu punya jaringan bisnis atau aset ekosistem yang tepat.

2. Terus belajar dan kuasai teknologi

  Teknologi yang berkembang pesat memunculkan kompetitor bisnis. Hal ini menjadikan kita untuk terus beradaptasi hadapi persaingan sehat. Kuncinya, terus belajar untuk menangkap peluang dan menjadikan teknologi sebagai modal yang sangat kuat di era digital. Seperti TelkomGroup yang menaungi ruang lingkup penyedia internet keluarga, IndiHome. Setiap regionalnya punya kinerja positif dan tingkat laba bersih perusahaan terus merangkak naik, terutama selama periode pandemi ini.

3. Berani beda

  Tunjukkan personal brandingmu atau unique product selling. Hal ini akan mendukung peningkatan kepercayaan diri atas produk atau jasa yang kita tawarkan. Maka, produk yang ditawarkan akan laris manis dan jasa bisa sukses dikenal publik secara luas sehingga berani tampil beda dengan keunikannya.


Bangkit-Bersama

  Itulah 3 tips atau kiat dari blogger jadi entrepreneur di bulan Mei yang bertepatan dengan momen Kebangkitan Nasional tahun ini. Menjadi blogger seperti punya nuansa atau insight baru yang bisa didapat setiap hari. Semua itu akan menambah informasi atau wawasan kita ke depan. Sama hal dengan semangat bangkit bersama IndiHome yang membuat siapa saja bisa aktivitas tanpa batas demi kejar objektivitas dalam hidupnya.

23 komentar:

  1. Terima kasih tipsnya mas. Saya sekarang juga full time blogger karena keadaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun keadaannya, insya allah blogger bisa menjadi ladang usaha kita untuk mencari rezeki dari jalan yang halal. Semoga berkah!

      Hapus
  2. Saya dulu terinspirasi membuat blog yg bernama tegaraya.com ini adalah karena kegemaran saya berpetualangan & menghasilkan karya seni fotografi... Dan sya justru adalah fotografer yg menjadi seorang blogger.. hehee


    Terima kasih telah berbagi cerita & pengalamannya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap, Mas Tomy. Dari fotografer, lanjut jadi blogger ya. Konten foto dan konten tulisan memang saling berhubungan..

      Hapus
  3. Wah bener banget nih tipsnya. Bagus, keren, trims sudah diingatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudi mampir dan membaca artikel ini mas Zillubis. Semoga bisa diamalkan tipsnya.

      Hapus
  4. Wah, makasih tipsnya ya mas. Semoga sukses selalu menjadi blogpreneurnya. Nggak banyak orang yang berani keluar dari zona nyaman begini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Selalu ada konsekuensi dibalik keputusan yang kita ambil untuk move on dari zona nyaman.

      Hapus
  5. Tipsnya bagus semua, Mas. Ini saja saya lagi berusaha bangun branding dan bikin unique selling pointnya hehehe. Sampeyan juga semangat ngontennya ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, insya allah selalu semangat dan konsisten buat ngonten. Semoga mba Inez bisa punya personal branding untuk blognya ya.

      Hapus
  6. Wah keren ya indihome dan tipsnya, sangat bermanfaat buat nyubi seperti saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Pipit pelanggan IndiHome juga ya? Pasti pernah punya pengalaman saat pakai jaringan internet stabil dari penyedia #InternetnyaIndonesia tersebut nih.

      Hapus
  7. Terima kasih sharingnya. Sangat berguna buat saya yang baru terjun ke dunia blogging.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir, kak Putu. Semoga terus semangat ngonten ya walau masih terjun baru ke dunia blog.

      Hapus
  8. Iya, kadang seorang blogger juga kudu banget dipaksain buat jadi konten yang baik dan mengedukasi, gak hanya sekedar menulis.
    Penting banget mendalami peran blogger entrepreneur di era digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setidaknya para blogger memang dituntut untuk jadi creativepreneur di era digital seperti saat ini. Yuk bisa yuk!

      Hapus
  9. Benerr nich sebagai blogger harus punya sampingan, di sisi lain bisa jadi bahan untuk tulisan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Para blogger yang eksis dan sudah populer, tak hanya mengandalkan cuan dari blognya saja. Mereka selalu punya cara lain untuk berdaya usaha dan mengembangkan bisnis lain yang sesuai minatnya.

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. rezeki dimana aja ya kak, tugas kita berusaha, Tuhan yang menentukan hasilnya

    BalasHapus
  12. Semua berproses ya kak, dengan kondisi zaman seperti ini pastinya menuntut seseorang kreatif punya sampingan pekerja lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Side job itu diperlukan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus meningkat setiap tahun*

      Hapus