Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Pemberantasan Korupsi dari Generasi ke Generasi Menjadi Cermin Diri dalam Film Kita VS Korupsi


Film Omnibus berjudul Kita VS Korupsi
    Korupsi merupakan masalah paling krusial bagi bangsa Indonesia. Tukar menukar kekuasaan atau jabatan dengan uang hampir menjadi kegiatan rutin di semua tingkatan penyelenggara negara, baik eksekutif, yudikatif maupun legislatif. Hal tersebut menjadi gambaran distrust public (ketidakpercayaan masyarakat terhadap lembaga-lembaga negara). Sedemikian sistemiknya korupsi terjadi sehingga sistem birokrasi, politik, ekonomi, dan hukum hampir tidak bisa berjalan tanpa ada uang pelicin atau koneksi. Dari penyakit kekuasaan, korupsi menjalar hingga ke jantung kehidupan masyarakat. Praktek suap-menyuap pun menjadi bagian dari realitas kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Nyaris tidak ada ruang kehidupan yang bebas dari korupsi. Sebagian orang mengatakan korupsi sudah menjadi bagian kebudayaan bangsa ini. Kultur korupsi bukan muncul tiba-tiba. Berawal dari sistem ketatanegaraan yang melahirkan budaya tersebut tumbuh subur hingga sekarang. Faktor rendahnya pendapatan juga memicu masyarakat yang bekerja di kalangan birokrasi melakukan tindak korupsi. Sistem inilah yang akhirnya menjadi embrio budaya korupsi dikalangan birokrasi hingga sekarang.

Selama ini, setiap kali terjadi pergantian penguasa, masyarakat mengharap terjadinya perubahan nasib. Namun fakta membuktikan, perubahan  kekuasaan pun tidak memutus akar korupsi. Bahkan, budaya korupsi telah menyusup dan menyebar ke segala arah. Jika dulu korupsi hanya berada pada segelintir orang dan kroni, kini korupsi menyebar ke semua kekuatan politik. Media massa pun harus mulai membiasakan diri untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi terhadap karya-karya anak negeri yang mampu memberi inspirasi seperti Film Indie “Kita VS Korupsi” yang menawarkan berbagai solusi untuk kita jalani.

Judul film pendek pertama yaitu “Rumah Perkara" yang menceritakan bagaimana sebuah janji kepemimpinan penuh kemunafikan. Tidak ada lagi kesejahteraan bagi masyarakat kecil demi pangkat dan sejumlah uang untuk kepentingan pribadi. Kesewenang-wenangan pun berada pada tangan penguasa. Kebohongan dikemas dalam adegan-adegan kecil yang dimulai dari lingkungan keluarga hingga lingkungan masyarakat.

Banyak kasus korupsi semacam itu terjadi hampir di setiap instansi pemerintah pusat maupun daerah karena kesalahan memberi amanah kepada pihak yang bukan ahlinya. Lama-kelamaan jabatan menjadi pangkal dari segala fitnah dan khianat. Pemerintah sudah berkali-kali, bahkan di setiap periode mengadakan pembenahan birokrasi dengan cara mutasi pejabat, reshuffle kabinet, pengurangan atau penambahan anggaran, dan sebagainya. Justru hal itu tidak membawa hasil untuk perbaikan. Hal ini dikarenakan kasus-kasus korupsi sudah berlangsung secara berjamaah. Dalang dari kasus korupsi tersebut sangat sulit untuk ditangkap padahal kasus semacam ini harus segera diungkap.

Supaya hal tersebut tidak semakin berkembang, bangsa Indonesia butuh para pemimpin yang mampu melakukan pengorbanan layak seorang tentara atau pejuang yang mencintai tanah airnya. Sudah saatnya kesadaran dan tanggap akan situasi harus diubah menjadi suatu paradigma progresif. Kita harus memberlakukan Good Governance yang efektif dengan kesiapan mental dalam mengubah cara pandang terhadap posisi dan peran di kehidupan berbangsa dan bernegara. Cara pandang lama melihat kedudukan sebagai jabatan khusus, pangkat, dan status sehingga merasa berhak menuntut pelayanan dan penghormatan orang lain. Cara pandang baru melihat kepemimpinan sebagai amanah yang harus dijaga dan ditunaikan. Kita harus renungkan bahwa status kita sebagai pemimpin adalah pelayan masyarakat. Tugas utamanya adalah melayani kebutuhan masyarakat dan mengarahkan masyarakat pada kemakmuran bersama.

Rakyat sebagai subjek yang diatur juga wajib mentaati dan menjunjung tinggi norma-norma yang berlaku, baik yang berlaku sebatas pada lingkungan masyarakat sekitar serta kebijakan yang mencakup nasional, yang lazim disebut peraturan perundang-undangan. Perlu kita sadari bahwa peraturan yang berlaku merupakan aturan yang kita buat sendiri, yakni dilakukan oleh wakil-wakil rakyat yang telah kita pilih dalam Pemilu. Itulah gambaran mutualisme yang harus terjaga agar kehidupan berbangsa dan bernegara terselenggara dengan aman, damai, dan tenteram hingga terlihat jelas dihadapan bangsa lain suatu negara yang bebas dari korupsi.

      Tindak korupsi lain yang mampu kita jadikan pembelajaran juga tercermin dalam film pendek “Aku Padamu”. Film tersebut menceritakan kisah sederhana saat uang dan kebohongan menjadi suatu yang saling terikat sehingga memudahkan dan mempercepat segala urusan. Film ini mengingatkan kita bahwa segala hal kecil yang kita mulai akan bisa membawa hal tersebut menjadi besar. Itulah yang membuat korupsi dikatakan sebagai kezaliman yang teramat berbahaya karena ketidakadilan akan merajalela sebagai akibatnya.

Pembelajaran dalam film “Aku Padamu” dapat kita peroleh dari biografi singkat seorang guru yang rela hidup susah payah hingga meninggal dunia hanya karena ia tidak mampu memberikan uang suap untuk menjadi guru tetap. Jika kita renungkan, seorang guru itu ialah pahlawan tanpa tanda jasa. Guru harus mampu mengemban amanah dan hal itu menjadi tugas yang berat. Tugas yang tidak mampu diemban oleh orang-orang lemah, orang-orang bodoh, dan orang-orang zalim. Keleluasaan, kebesaran, dan ketinggian pangkat/jabatan/kekuasaan maupun harta tidak menjamin untuk mampu mengemban amanah jika tidak dilandasi oleh syariat agama dan ilmu pengetahuan yang luas. Fakta tersebut membuktikan bahwa harus ada kesatuan antara kesalehan ritual dan kesalehan sosial.

Hikmah yang bisa kita renungi yaitu kita adalah cerminan rumah kita. Diawali dari lingkungan keluarga yang mempelajari. Kita harus menanamkan sejak dini untuk ajaran agama yang membekali. Hal tersebut dilakukan agar pendidikan agama mampu menekankan pembangunan akhlak, mental, dan perilaku individu. Jadi, kalau kita ingin melakukan segala sesuatu dengan benar, kita harus segera melakukan segala sesuatu itu di jalan yang benar.

      Untuk korupsi yang telah membudaya, pemberantasan korupsi tidak bisa hanya dilakukan dengan pendekatan satu atau dua dimensi saja, seperti dengan penegakan hukum atau kebijakan politik. Diperlukan langkah multidimensional untuk memberantas sesuatu yang telah membudaya. Selain pendekatan politik dan hukum, diperlukan juga pendekatan budaya dengan misi mengembalikan persepsi masyarakat tentang makna peyoratif korupsi sebagai sesuatu yang negatif. Sudah waktunya kita kembali kepada kearifan karakter bangsa untuk menegakkan kejujuran yang begitu mahal harganya.

      Kita pun akan mendapat pembelajaran hidup kembali mengenai kejujuran saat kita menonton film indie “Kita VS Korupsi” yang berjudul “Selamat Siang, Risa… . !”. Sebuah film pendek menceritakan realita kehidupan keluarga kecil yang mempertahankan kejujuran, walau kehidupannya dipenuhi dengan kebutuhan mendesak. Potret keluarga yang mampu bertahan hidup dengan rasa tanggung jawab yang besar ditengah godaan kemajuan zaman dan gencarnya media massa yang menyuguhkan budaya konsumerisme demi keinginan instan masyarakat untuk cepat kaya. Keluarga itu mampu meraih kesuksesan yang lahir dari kebaikan sebelumnya.

Film tersebut akan mengajak masyarakat menanamkan kembali nilai-nilai luhur bangsa seperti kejujuran untuk mengantisipasi tergerusnya karakter bangsa. Nilai-nilai luhur bangsa untuk membangun karakter masyarakat Indonesia tersebut dapat dijadikan pilar utama dalam membangun karakter bangsa dan semua komponen seperti tokoh pendidik, pemimpin agama, politik, dan masyarakat umum yang harus bahu membahu agar menjadi teladan bagi yang lain.

Tidak hanya sebatas itu, kita juga harus membangun sistem manajemen dan adminstrasi yang sedemikian rupa agar masyarakat tidak bisa korupsi sehingga terbangun kultur birokrasi yang bersih. Selama kita belum menyelesaikan perubahan sistem, maka untuk memberantas budaya korupsi akan terus mengalami kesulitan.

      Dunia pendidikan pun harus kita tuntut dalam melaksanakan pendidikan anti korupsi sejak dini. Hal ini diilhami dari film pendek yang berjudul “Pssst… Jangan Bilang Siapa-Siapa!”. Film yang menceritakan sebuah rahasia korupsi kecil-kecilan yang biasa dilakukan seorang guru dengan melakukan jual beli buku pelajaran dengan harga tinggi. Tak hanya seorang diri, guru tersebut mengajak peserta didiknya untuk turut serta dalam tindakan tercela tersebut. Akhirnya, peserta didik pun terbiasa melakukan kebohongan terhadap orang tuanya saat meminta sejumlah uang yang besar untuk keperluan sekolah. Padahal uang tersebut digunakan sebagai biaya keperluan pribadinya untuk membeli barang-barang mewah atau mengikuti gaya hidup modern dengan teknologi yang dimanfaatkan sebagai ajang pamer kekayaan dihadapan teman-temannya. Alangkah lucunya negeri ini, ketika anak muda zaman sekarang memberikan istilah pembicaraan mereka tersebut dengan istilah uang panas.

   Fakta demikian mengharuskan adanya pembelajaran di lingkungan sekolah yang mengutamakan pada pendidikan anti korupsi untuk memanusiakan manusia. Semua pihak harus mengingatkan satu sama lain agar penyakit korupsi tidak menular dan menjadi suatu kebiasaan negatif yang mampu merugikan banyak pihak. 

    Bisa karena biasa. Frase itulah yang mendeskripsikan tindak korupsi yang bisa terjadi dimanapun dan dengan siapapun. Diperlukan langkah-langkah multidimensional yang harus diterapkan sejak dini agar pemberantasan korupsi dapat dilakukan dari generasi ke generasi.

       Inilah waktunya kita jalani multidimensional reformasi sebagai bentuk perjuangan seluruh bangsa di negeri ini untuk melawan korupsi. Kepemimpinan yang kuat menjadi salah satu elemen yang perlu mendapat sokongan jelas pada masa kini. Soal sejauh mana kebobrokan mindset bangsa Indonesia marilah bercermin pada hati nurani kita sendiri.

    Miris sekali membiarkan Indonesia tetap seperti ini. Jangan terlalu banyak berkata, implementasikan pikiran positif itu. Berjuang bersama mengubah segala keadaan. Selagi kita masih muda, harapan itu dapat dilakukan. Hidup tanpa keluh kesah dan yakin pada Sang Pencipta. 

      Indonesia boleh saja memiliki beragam budaya, tetapi kesatuan jangan pernah dilunturkan. Dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, jiwa gotong royong selalu melekat pada setiap diri bangsa. Mari kita bercermin dari Film Kita VS Korupsi untuk membangun Indonesia yang lebih baik. Jadikan hal itu sebagai hasrat para pemuda-pemudi negeri yang tak pernah pudar demi menjadi generasi bersih, transparan, dan profesional yang bebas dari korupsi dari generasi ke generasi.

lomba blog inspirasi Film Kita Versus Korupsi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar