Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Pertumbuhan iCar Asia di Indonesia dalam Industri Otomotif



logo iCar Asia

                
                 Tahun 2019 disebut juga sebagai tahun politik. Hal ini dikarenakan tepat pada 17 April 2019 nanti, kita akan melaksanakan agenda demokrasi yaitu Pemilu. Tentu kondisi demikian menjadi tantangan bagi sejumlah sektor, termasuk industri otomotif untuk menunjukkan kinerja terbaiknya. Bisa dikatakan Pemilu 2019 akan mempengaruhi prospek industri otomotif tahun ini karena menjadi masa yang cukup fluktuatif bagi perekonomian nasional.
               Perkembangan industri otomotif di Indonesia dipengaruhi oleh pertumbuhan ekonomi. Kondisinya ketika Produk Domestik Bruto tumbuh dan disusul tren daya beli masyarakat yang bertumbuh, akan sejalan dengan konsumsi yang semakin kuat. Diprediksi industri otomotif dalam negeri tahun ini akan melaju ke arah yang lebih positif.

Intinya, situasi politik harus selalu kondusif sampai pemilihan umum. Selain itu, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan industri otomotif di tahun ini, seperti:

1.       Dukungan Pemerintah dalam Roadmap Revolusi Industri 4.0
Sejak tahun lalu, Pemerintah selalu menargetkan lima industri utama, seperti industri otomotif, industri tekstil, industri elektronik, industri kimia, serta industri makanan dan minuman. Lima industri tersebut akan menjadi fokus implementasi industri 4.0 yang ditetapkan menjadi tulang punggung dalam meningkatkan daya saing. Roadmap Revolusi Industri 4.0 juga diharap akan menyumbang penciptaan lapangan kerja dan investasi baru berbasis teknologi.

2.      Minat masyarakat membeli kendaraan masih bertumbuh
Jika lebih banyak model-model terbaru baik dari kendaraan roda dua dan roda empat, maka masyarakat punya banyak pilihan. Apalagi ditambah sejumlah rencana Pemerintah yang ingin menurunkan pajak untuk barang mewah yang masih dalam tahap perumusan.

3.      Adanya kemudahan dalam kredit kendaraan
Peluang industri otomotif terbuka karena banyak perusahaan yang menawarkan pinjaman. Mulai dari perbankan sampai perusahaan khusus yang menangani loan (pinjaman). Pembelian mobil di Indonesia hingga saat ini lebih banyak melalui jalur kredit.
Ketika suku bunga acuan naik, cicilan kredit juga akan ikut naik. Sebaliknya, ketika suku bunga acuan turun, maka cicilan kredit juga akan ikut turun. Itulah kondisi suku bunga acuan yang sangat berpengaruh terhadap tinggi rendah penjualan mobil di tanah air.

4.     Banyak cara membeli mobil baru dan mobil bekas
Bukan cuma mengunjungi dealer saja, pencarian mobil juga bisa dilakukan melalui  event pameran otomotif yang diselenggarakan diberbagai tempat. Hal itu bisa membuat penjualan mobil akan ramai sampai akhir tahun nanti. Terlebih dalam event tersebut disertai banyak diskon dari perusahaan otomotif agar bisa menghabiskan stok mobil perusahaan.

Lebih dari itu, untuk membeli mobil baru atau mobil bekas di zaman now, kita bisa mengunduh aplikasi mobil123 atau cukup membuka portal otomotif no.1 di Indonesia, yaitu mobil123.com. Melalui kecanggihan online ini kita bisa memenuhi kebutuhan transportasi yang sesuai dengan apa yang kita cari. Marketplace tersebut memang terus berkembang karena berada di bawah naungan iCar Asia yang  berpengalaman dalam menghasilkan pendapatan tahunan yang signifikan.

portal mobil123 milik iCar Asia Limited


Pendapatan ICar Asia per Desember 2018

portal otospirit milik iCar Asia Limited

iCar Asia, jaringan portal otomotif di Asia Tenggara, mengumumkan hasil pencapaian tingkat pertumbuhan pada tahun 2018. Secara grup iCar Asia Limited mampu menghasilkan pertumbuhan bisnis yang membanggakan di kawasan ASEAN. Bisnis iCar Asia sendiri meliputi marketplace mobil dan portal media iklan secara digital.
Di Indonesia, iCar Asia telah memiliki 3 portal otomotif yaitu mobil123.com, otospirit.com, dan bid.mobil123.com. Mobil123.com adalah portal otomotif  terbesar dan terpercaya yang menghubungkan penjual dan pembeli kendaraan pada suatu automotive journey (membeli – memiliki – menjual kendaraan).  Untuk platform bid sengaja disediakan bagi kita yang ingin melakukan lelang disana. Sementara otospirit diposisikan sebagai portal otomotif dan gaya hidup yang memiliki perkembangan luar biasa.
Sampai Desember 2018, iCar Asia Limited mampu meningkatkan pendapatan tahunan 27% menjadi $ 11,6 juta. Sejalan dengan kondisi tersebut, penerimaan kas juga menunjukkan pertumbuhan tahunan yang kuat 46% dibanding tahun 2017. Semua data berhasil Blogger Eksis dapat berdasar rilis Laporan Keuangan setahun penuh untuk 2018.
Hamish Stone selaku CEO iCar Asia Limited mengeaskan bahwa “2018 telah menjadi tahun yang menarik bagi iCar Asia dan kami telah meletakkan pondasi yang kuat dalam bisnis kamis untuk mendorong pertumbuhan lebih lanjut pada 2019. Kami sangat bangga dengan bisnis Malaysia dan Thailand yang telah menjadi Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation and Amortization (EBITDA) dan arus kas positif (keuangan) sesuai pedoman kami pada 2018. Ini adalah bukti untuk menunjukkan bahwa grup berada dalam posisi yang baik untuk mencapai titik imbas EBITDA pada akhir 2019.

                     Sebagai marketplace terbesar dan terpercaya di kawasan ASEAN, iCar Asia sudah berada di dalam posisi yang bagus untuk meraih keuntungan karena kawasan ini terus berkembang dalam transformasi dunia digitalnya. Perjalanan bisnis di Indonesia sendiri, berkembang dengan strategi monetisasi pertumbuhan yang kuat dalam jumlah dealer yang berbayar dengan diperkenalkannya produk iklan berlangganan pada bulan September 2018. Hal ini membantu untuk melanjutkan tren pertumbuhan yang kuat dengan pendapatan yang meningkat 58% dibanding 2017 menjadi $ 1,15 juta karena perusahaan berkembang lebih jauh melalui strategi monetisasi. Kerugian EBITDA 2018 berkurang sebesar 11% dibanding 2017 menjadi $ 3,40 juta dengan lebih dari 100% peningkatan pendapatan membuat pengurangan kerugian EBITDA dikarenakan biaya berkurang secara marginal.
                     Hasil yang dicapai juga memperlihatkan indikasi yang jelas bahwa jumlah pengunjung website untuk mencari, membeli, atau menjual mobil mereka terus meningkat. Rata-rata pengunjung bulanan dan jumlah leads meningkat kuat dengan masing-masing bertumbuh sebesar 32% dan 16% pada tahun 2018. Kondisi demikian juga membantu memberi pertumbuhan jumlah dealer yang berbayar dalam sebulan untuk mempromosikan listing mereka, jumlah ini naik 11% dibanding tahun sebelumnya.
                     
pertumbuhan bisnis iCar Asia di Indonesia


               Bukan hanya di Indonesia, dua negara lain tempat operasional iCar Asia juga mencapai tonggak finansial yang profitable. Malaysia adalah bisnis pertama yang mendapatkan EBITDA dan arus kas (keuangan) positif pada September 2018 dan mempertahankan kinerja ini pada kuartal keempat 2018 yang memiliki tingkat keuntungan penuh pertama di kuartal tersebut. Lalu diikuti oleh Thailand, yang mendapatkan EBITDA dan arus kas positif (keuangan) pada bulan Desember 2018. Dengan pencapaian tonggak sejarah tersebut di 2 negara dan ditambah dengan peningkatan kinerja keuangan untuk Indonesia, iCar Asia tetap berada di jalur untuk meraih titik impas EBITDA pada akhirnya.
                        Pada tanggal 31 Desember 2018, Perusahaan memiliki $ 9,5 juta dalam bentuk tunai dan setara kas. Sementara itu grup memiliki akses bersyarat ke dana tambahan hingga $ 16,5 juta yang terdiri dari fasilitas hutang $ 5 juta dan hasil opsi saham sebesar $ 11,5 juta, yang bergantung pada fluktuasi kenaikan harga saham yang berlaku di atas harga $ 0,20 pada saat atau sebelum tanggal kadaluwarsa opsi. Perusahaan tidak memfaktorkan dana tambahan tersebut ke dalam rencana modal kerjanya saat ini.
Pertumbuhan-pertumbuhan tersebut bisa dicapai karena iCar Asia sangat fokus menyediakan solusi teknologi yang inovatif sehingga mampu menjadi market leader di Indonesia. Dari sisi pemasaran, iCar Asia juga terus melakukan edukasi kepada para penjual mobil dan  dealer-dealer mobil bekas dan baru seputar pemanfaatan sistem internet terutama dalam memaksimalkan fitur-fitur yang ada di Mobill123.com guna melancarkan bisnis mereka.
Semoga saja setiap tahunnya, perusahaan yang berkantor pusat di Kuala Lumpur, Malaysia, terus berupaya menjadi yang terdepan sebagai pemimpin pasar dengan ragam properti onlinenya. Dengan perkiraan ekonomi yang positif di pasar ASEAN dan pemulihan industri otomotif, menambah optimisme bisnis iCar Asia di tahun 2019. Buy, own and sell automotive vehicles all the way.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar