Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Kejar Mimpi di Masa Muda supaya Masa Depan bisa Bahagia


Aku ingin begini

Aku ingin begitu

Ingin ini

Ingin itu

banyak sekali



Semua

semua

semua

Dapat dikabulkan



Dapat dikabulkan

Dengan Kejar Mimpi

Kejar Mimpi di masa muda


Kejar Mimpi seolah menjadi hakikat diri bagi seorang Blogger Eksis yang sadar hanya bagian dari manusia biasa. Sebagai makhluk hidup, aku paham bahwa kehidupan harus dinamis sehingga menuntut kita hijrah menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Dengan terbiasa seperti itu, maka bisa tercipta suatu karakter yang mampu dikenali bersama.

            Dahulu untuk mengenyam pendidikan tinggi, aku butuh waktu yang tak sebentar. Demi mendapat gelar sarjana saja tak semudah yang aku bayangkan. Padahal semua itu jadi impian banyak orang.
Ketika lulus SMA, aku tak bisa langsung melanjutkan pendidikan. Aku harus bekerja memenuhi kebutuhan pribadi dan keluarga. Meski bekerja, cita-cita untuk duduk di bangku kuliah tetap ada. Aku mengumpulkan sisa penghasilan untuk ditabung dan mencari beasiswa hingga akhirnya berkesempatan menjadi mahasiswa di salah satu universitas swasta yang ada di Jakarta.
Selepas itu aku berusaha keluar dari zona nyaman. Semua aku lakukan demi mencapai mimpi yang konon kita harus berani mengambil risiko untuk mewujudkannya. Sampai sekarang aku masih menikmati proses itu hingga resolusi mimpiku di tahun 2019 terus berkembang sebagai Blogger Eksis yang harus menjadi inspirator bagi siapa saja.
Dari masa remaja, aku memang berangan-angan punya karya yang aku buat sehingga bisa bermanfaat untuk banyak orang. Aku membuat ragam konten digital seperti tulisan, foto, video, dan grafis menarik lain untuk berbagi informasi terkini. Mimpiku sederhana karena aku ingin karyaku bisa dinikmati oleh para pengguna media sosial di era digital.
Aku akan terus membebaskan mimpiku. Aku yakin mimpi hanya akan jadi bunga tidur tanpa hasil apabila kita sudah tak lagi memiliki semangat untuk memperjuangkannya. Aku percaya tidak ada yang instan dalam meraih mimpi. Nikmati prosesnya, rasakan hasilnya.

Ada 3 hal yang aku lakukan untuk membangun karakter sehingga aku bisa mewujudkan mimpi, yaitu:

1. Aktif berorganisasi atau berkomunitas

Bergabung dengan organisasi atau komunitas di lingkungan manapun bisa membuat pencarian jati diri ku semakin matang. Banyak hal positif yang bisa aku ambil terutama saat aku mampu menjadi pemimpin dalam organisasi tersebut. Aku harus berani mengambil inisiatif dan memanage kegiatan yang ada dalam organisasi atau komunitas yang sejalan dengan pemikiran dan isi hati.
Dari langkah sederhana di atas, kita mampu berkoordinasi dengan baik, mengenal sistem birokrasi, dan memiliki solusi tepat dalam pemecahan masalah. Well, semua kegiatan berfaedah yang kita lakukan akan berguna untuk kehidupan masa depan. Forwards your dreams for reach networking.

aktif berkomunitas akan membuat jaringan pergaulan makin luas



2. Temukan dan Manfaatkan Peluang

Peluang bisa datang dari mana saja. Alternatif cara begitu terbuka di era digital. Aku senantiasa menutupi kekurangan karakter yang ada dalam diriku dengan kelebihan yang aku punya. Aku tak mau menjadikan kekurangan sebagai hambatan dalam menggapai mimpi.
Apalagi masa remaja yang aku lewati memiliki sifat selalu berusaha mencari dan menemukan hal-hal baru yang belum dikenal sehingga aku suka melakukan penggalian informasi sebanyak-banyaknya. Kondisi tersebut tentu punya relevansi dengan proses eksplorasi dalam rangka pembentukan identitas diri. Aku harus kuat pada kemauan sehingga aku memiliki komitmen dalam menggapai mimpi menjadi lebih nyata.

Temukan dan Manfaatkan Peluang untuk Kejar Mimpi



3. Yakin, Optimis, dan Percaya Diri dalam Kejar Mimpi

Kita semua punya kesempatan sama untuk #KejarMimpi tapi yang membedakan hanya daya juang kita masing-masing”. Kutipan bijak tersebut mampu membuktikan karakter yang ada pada dalam diri kita. Maka, buatlah mimpi yang dekat dengan kita sehingga kita bisa akui bahwa kita selalu memiliki kemampuan yang ada dalam diri untuk mencapai tujuan niscaya proses yang dijalani bisa lebih mudah.
Dengan begitu pemikiran positif bisa terbentuk. Saat kehilangan semangat, jadikan momen apapun sebagai risiko dari hal yang harus kita ambil karena telah berani bermimpi. Esensi dari kejar mimpi itu merupakan sikap fokus dan konsisten, kerja cerdas, dan tak pernah berhenti belajar. Senantiasa dukungan doa dari orang-orang disekitar juga akan mewujudkan mimpi yang kita kejar.

Kutipan bijak tentang Kejar Mimpi



Jangan menyerah! Yakinkan pada diri bahwa kita bisa #KejarMimpi
Pembangunan karakter anak muda menjadi poin penting bagi setiap individu pada belahan dunia manapun. Anak muda menjadi aset terbesar bangsa sekaligus tumpuan harapan yang akan menegakkan kembali cita-cita bangsa. Peran dan partisipasi anak muda sangat penting dalam membangun kesejahteraan masyarakat sehingga tidak dapat dipungkiri bahwa setiap negara selalu berusaha untuk membangun pengetahuan, keterampilan, dan  karakter  pemuda.
Aku jadi teringat akan peribahasa yang mengungkap bahwa barang siapa menguasai pemuda, maka akan menguasai masa depan. Peribahasa ini sejalan dengan gerakan sosial Kejar Mimpi yang dapat menjadi wadah kegiatan bagi anak muda untuk memanfaatkan waktu dengan hal-hal berfaedah demi mewujudkan mimpi. Kejar Mimpi adalah sebuah gerakan sosial yang diinisiasi oleh CIMB Niaga. Aku yakin pergerakan Kejar Mimpi bisa memperkuat karakter anak muda dengan berlandaskan nilai dan norma yang berlaku di Indonesia.
Social movement ini bertujuan untuk mengumpulkan mimpi-mimpi seluruh masyarakat Indonesia dan berusaha untuk menjalin mimpi-mimpi tersebut agar bisa terealisasi. #KejarMimpi percaya bahwa mimpi akan bisa terealisasi bila masing-masing individu saling berkolaborasi. Dalam mendukung kegiatan yang membangun karakter anak muda untuk masa depan, Kejar Mimpi berperan penting dalam proses eksperimen dan implementasi mimpi-mimpi karena ada pendidikan karakter yang mengarahkan pengetahuan dan pengalaman anak muda sehingga mampu mewujudkan mimpinya.
           
Melalui Gerakan Kejar Mimpi, semua mimpi akan terangkum dan dishare sehingga membantu koneksi mimpi-mimpi tersebut dapat diimplementasi dalam kenyataan bukan sekedar impian. Mudah saja bagaimana cara kita mengetahui mimpi agar bisa menjadi realisasi. Pertama, identifikasi mimpi kita dalam skala jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Kedua, gunakan mind mapping tools dan tulis semua mimpi yang ingin dicapai. Pilih mimpi tersebut dengan identifikasi mimpi mana yang bisa terealisasi dan mimpi mana yang masih bersifat normatif.
Kejar Mimpi bersama CIMB Niaga juga sudah melakukan beberapa program sosial seperti Kejar Mimpi Mengajar. Dalam program ini, tim #KejarMimpi mengajar murid-murid di sekolah yang kurang mampu, membagikan buku, dan memberi literasi keuangan sebagai modal bagi mereka yang ingin mengejar mimpinya. Ditambah program pengecatan tembok sekolah dan penanaman pohon sebagai upaya kolektif untuk memenuhi kepentingan bersama.
Aku melihat orientasi Kejar Mimpi mampu menciptakan tatanan generasi yang peka terhadap keadilan sosial. Ada misi yang mengarah pada perubahan sosial dari yang semula sarat dengan harapan menuju keseimbangan yang relatif bisa memuaskan berbagai pihak.
Kejar Mimpi bukan tren sesaat. Justru menjadi gebrakan solidaritas terhadap mimpi-mimpi terkini yang akan melibatkan banyak pihak untuk saling bersinergi antara gerakan di dunia maya dengan aksi di dunia nyata. Tak ada lagi kesan layu sebelum berkembang atau hidup segan mati tak mau karena peran gerakan sosial Kejar Mimpi mampu membangun karakter anak muda Indonesia yang bisa membuat dunia bangga.

Supaya kamu bisa berpartisipasi dan tak ketinggalan info tentang gerakan sosial Kejar Mimpi, langsung follow media sosial:


Share your dream

and

lets your move!


26 komentar:

  1. Sepakat banget ... mumpung masih muda, masih sehat, masih banyak kesempatan, jangan sia-siakan kesempatan. Kejar mimpi setinggi langit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju!

      Meraih mimpi untuk melompat lebih tinggi*

      Hapus
  2. selepas SMA aku jg gak bisa langsung melanjutkan kuliah, kerja dlu selama satu tahun, lalu aku kerja sambil kuliah. Demi meraih mimpi, gak apa2 deh kurang tidur sm kurang main, semangat kejar mimpi di masa muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apapun rela kita lakukan demi kejar mimpi.

      Keep hamasah*

      Hapus
  3. Aku jadi ingat salah satu kalimat sakti Bung Karno,
    “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”.


    Begitu hebatnya energi anak-anak muda ini yaa...
    Semangaatt~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat untuk kita semua!

      Semoga kalimat saktinya bisa jadi aksi nyata*

      Hapus
  4. Mumpung masih muda, semangat untuk raih mimpi bukan hanya angan-angan tapi direalisasikan biar nggak jadi bunga tidur, setudjuhh mas
    TFS Mas ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa muda adalah masa yang paling indah dalam mengejar mimpi kita ^^

      Selamat bermimpi*

      Hapus
  5. menarik.. gerakan sosial kejar mimpi ya. Smoga yang muda2 trus bemimpi dan mengejarnya

    BalasHapus
  6. Kejar mimpi mumpung masih muda, saya yang sudah ibu-ibu pun senang meraih mimpi, karena saya sudah emak-emak dan capek kejar-kejaran jadi merasa lebih nyaman dengan istilah meraih mimpi, sukses untuk program social movement kejar mimli CIMB Niaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.

      Semoga program Kejar Mimpi dari CIMB Niaga bisa memberi inspirasi bagi lintas generasi*

      Hapus
  7. Aku ini hitungannya udah gak muda-muda banget, hahaha, tapi tetap berusaha mengejar mimpi. Sekarang lagi nikmati passion yang ternyata enggak terpikir saat masih muda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat menikmati passion'a kak.

      Berapapun usianya, kita harus punya karakter jiwa muda supaya tidak lelah kejar mimpi kita*

      Hapus
  8. Aku kalo di rumah udah nggak muda lagi, udah dianggap udik dan bukan saatnya berkembang lagi. Aku bosan, makanya aju keluar dan alhamdulillah bisa menemukan tempat yang tepat untuk mengukir mimpiku di usia muda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berani keluar dari zona nyaman bisa jadi karakter yang dibentuk sejak muda supaya kita tidak jadi pribadi yang lemah*

      Hapus
  9. Wah bagus nih gerakannya "Kejar Mimpi". Kalau buat yang usia emak2 kyk aku apa masih bisa ya hehe :D
    Betul banget, salah satu yang bisa dilakukan supaya bisa mengejar mimpi adalah memperluas networking dan mengambil peluang yang ada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja Mak.

      Emak2 masih bisa kejar mimpi yaitu mengejar mimpi bagi perkembangan si buah hati..

      Prikitieewww*

      Hapus
  10. bener banget kak mumpung masih muda dan semangat masih membara jangan pernah menyerah untuk mengejar mimpi-mimpi kita, keren bagnet sih ini program kejar mimpi ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dukung terus program Kejar Mimpi yaa kak supaya semangat muda terus terpancar dari aura kakaknya*

      Hapus
  11. aku baca bagian awal itu pake nada dan kepala goyang-goyang :D
    bisa bisa bisa
    hidup #kejarmimpi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fans berat Doraemon yaa kak?

      BISA itu karena BIASA.

      Yuk, kejar mimpi kita*

      Hapus
  12. Sepakat, mas. Dalam mengejar mimpi kita harus yakin, optimis dan percaya diri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya tetap menjadi diri sendiri yaa*

      ~ Semangat Bermimpi ~

      Hapus
  13. Kejar Mimpi ini memang keren banget sih konsepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kece banget malah kak apalagi kalau kita terlibat didalamnya.

      Kuy, Kejar Mimpi sejak dini*

      Hapus