Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Mudik Sehat Supaya Selamat

Mudik Sehat supaya Selamat

Jika jelang lebaran tahun lalu, Blogger Eksis menulis tentang produk pangan yang aman dikonsumsi saat lebaran, maka sekarang aku akan bagi informasi berfaedah tentang tips memilih makanan dan minuman waktu mudik. Bukan tanpa alasan, kita harus tetap menjaga gaya hidup sehat selama melakukan perjalanan mudik. Apalagi jika waktu yang ditempuh tidak hanya dalam hitungan jam. Namun, perjalanan berhari-hari seperti yang sering aku alami saat mudik.

Aku merupakan keturunan suku Medan dan Betawi. Maka, aku hanya memiliki satu kampung halaman yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, kota Tebing Tinggi. Meski tahun ini aku tidak mudik, aku ingin berbagi pengalaman saat mudik dengan transportasi pribadi yang berjalan dalam hitungan hari.
Aku pernah mudik dalam kondisi perjalanan jalur darat menempuh 3 sampai 5 hari. Beberapa kota di Pulau Sumatera disinggahi. Banyak wisata yang juga kami datangi.
Aku bersama keluarga selalu mempersiapkan segala hal sebelum keberangkatan, terutama kondisi fisik. Perencanaan keuangan juga selalu diperhitungkan agar anggaran tidak keluar batas dari kemampuan. Perjalanan menuju kampung halaman pun lebih terasa menyenangkan jika ada persiapan sebelumnya.
tips mudik supaya menyenangkan

Waktu keberangkatan biasa kami pilih pada malam hari sebelum waktu sahur tiba. Kami mengupayakan untuk bobo nyenyak minimal 6 jam sebelum berangkat mudik. Berhubung menggunakan mobil pribadi, kami juga terbiasa mengenakan pakaian yang agak longgar agar nyaman selama perjalanan. 
Dalam tahap persiapan, para pemudik tidak hanya dihimbau untuk cek kesehatan dan cek kendaraan saja. Begitu penting bagi para pemudik untuk memperhatikan pola makan agar terhindar dari berbagai penyakit. Usahakan mengonsumsi makanan bergizi yang mengandung karbohidrat dan protein sebagai sumber tenaga minimal sehari sebelum mudik. Selain itu, siapkan bekal makanan yang tahan lama dan minuman manis yang selalu hangat. Jika memiliki riwayat kesehatan yang mengganggu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan sesuai resep dari dokter.
tips dan trik mudik sehat

Berikut aku beri 4 tips memilih makanan dan minuman waktu mudik, diantaranya:

1.    Cuci tangan
  • Usahakan cuci tangan pakai sabun sebelum makan.
  • Jika tidak ada air, gunakan ‘tissue basah’ atau cairan pembersih tangan lain.

2.    Pilih makanan dan minuman yang sumbernya jelas
  • Bekal yang dipersiapkan dari rumah.
  • Rumah makan atau warung yang terlihat bersih, aman, dan nyaman.

3.    Bekal yang dibawa sebaiknya aman bagi kesehatan
  •  Makanan yang berprotein atau berkadar air tinggi supaya bisa segera disantap kurang dari 4 jam, misal telur, lontong isi, atau lemper. Hindari makanan pedas atau bersantan. Kurangi makanan tinggi kalori dan lemak agar stamina selama berkendara tetap terjaga.
  • Makanan kering atau minuman dalam kemasan seperti biskuit, roti, dan minuman botol atau kaleng. Pastikan tanggal kadaluwarsa saat membeli produk-produk tersebut.
  • Buah-buahan segar untuk dikonsumsi selama perjalanan. Contoh pisang, jeruk, mangga, apel, atau belimbing.

4.   Jika setelah makan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kepala pusing, muntah-muntah, gatal-gatal, atau perut sakit karena diare, maka kita harus segera menghubungi petugas di fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.


Aku dan keluarga juga terbiasa membawa beberapa kebutuhan logistik lain diantaranya susu, mie instan, abon, rendang kering, keripik kentang, permen, obat herbal untuk masuk angin atau maag, dan obat anti mabuk. Tak lupa, kami membawa botol minum seperti tumblr yang sudah diisi supaya bisa memperbanyak minum air putih agar tidak dehidrasi dan mengurangi limbah plastik.
Selama perjalanan biasakan juga untuk membuang sampah pada tempatnya. Jika kita harus buang air besar atau buang air kecil, maka gunakan toilet yang tersedia. Dengan tertib menjaga kebersihan dipastikan perjalanan terasa menyehatkan sampai ke tujuan.
Semua bekal yang dipersiapkan tentu membuat kita tidak mudah untuk jajan sembarangan. Rasa aman dan nyaman selama perjalanan tak lagi memikirkan kesulitan atau kekurangan bahan makanan. Tips di atas bisa dicoba bagi para pemudik yang melalui perjalanan darat, laut, dan udara.




18 Perilaku Pemudik supaya Mudik lebih Sehat




kepadatan arus mudik di Stasiun Gambir

Meski harga tiket pesawat mahal dan tarif tol naik, 
fenomena mudik masih ramai seperti kepadatan yang Blogger Eksis lihat di Stasiun Gambir

Mudik menjadi tradisi masyarakat Indonesia jelang Hari Raya Idul Fitri. Antusias yang cukup tinggi membuat para pemudik dituntut menjaga kesehatan, baik sebelum mudik, saat mudik, maupun saat arus balik. Bukan hanya 4 tips di atas yang harus diamalkan saat persiapan, ada 18 perilaku pemudik yang harus dijalankan supaya tradisi mudik bisa tergolong sehat.
Perilaku-perilaku tersebut telah disosialisasikan oleh Kementerian Kesehatan dalam acara “Ngabuburit Sehat bareng MenKes” yang diadakan di Parkir Inap Utara, Stasiun Gambir pada Selasa (28/5). Hadir dalam acara tersebut Ibu Nila F. Moeloek selaku Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Ibu Kirana Pritasari selaku Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat, Bapak Bambang Wibowo selaku DirJen Pelayanan Kesehatan, dan Bapak Djoko Sasono selaku SekJen KemenHub.
Dalam edukasi yang disampaikan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia telah menyiapkan 6.047 Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes). Layanan ini terdiri dari 923 pos kesehatan, 4.210 puskesmas, 375 rumah sakit di sekitar jalur Pantura, 144 rumah sakit rujukan, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan 188 Public Safety Center (PSC). Kegiatan siap siaga layanan kesehatan tersebut siap melayani para pemudik pada H-7 lebaran sampai H+7 lebaran.
Layanan kesehatan tersebut akan terpusat pada seluruh rest area jalur mudik tol, non-tol, terminal, bandara, dan stasiun. Jika pemudik dalam kondisi darurat dan belum menemukan faskes atau poskes, maka para pemudik bisa langsung menghubungi 119 dari ponsel pintarnya. Layanan melalui telepon tersebut juga bisa diakses untuk konsultasi kesehatan dan permintaan mobil ambulan.
Ngabuburit Sehat bareng MenKes

Pemudik juga dapat memanfaatkan fasilitas rest area untuk beristirahat (minimal 15-30 menit). Jangan memaksakan diri untuk terus memacu kendaraan jika sudah merasa lelah dan mengantuk. Bahkan KemenKes menyarankan pemudik untuk beristirahat setelah mengemudi 4 jam perjalanan. Hal ini dikarenakan para pengemudi akan mengalami penurunan kesigapan tubuh dan respon tubuh sehingga rawan kecelakaan.
Para pengemudi juga harus mempersiapkan mental untuk kemacetan. Bukan tidak mungkin, jalur mudik bisa dipadati puluhan ribu kendaraan. Semua bergegas untuk cepat sampai tujuan. Menjaga emosi dan konsentrasi harus dipertahankan selama perjalanan. Minimal, kita tetap mematuhi cara berkendara yang baik sesuai rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalanan.

Fitra Eri sebagai vlogger otomotif
Sebagai pembicara sesi diskusi hari itu juga hadir perwakilan dari influencer yang dikenal selaku vlogger otomotif Indonesia bernama Fitra Eri. Ia menambahkan bagi para pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua dihimbau untuk tidak membawa barang atau tidak melebihi muatan yang layak agar perjalanan tanpa gangguan. Kendalikan kecepatan kendaraan pada kondisi jalanan rusak, bergelombang, saat hujan, dan cuaca buruk. Gunakan selalu masker, jaket, sarung tangan, dan helm untuk melindungi diri dari polusi udara.

Padatnya arus mudik bisa menimbulkan kemacetan yang akan mempengaruhi kesehatan. Sebagai tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan bersama, Kementerian Kesehatan selalu mengkampanyekan GERakan MAsyarakat Sehat (GERMAS). Diharap gerakan ini bisa terus kita ikuti agar mudik sehat mampu mengantar kita hingga hari lebaran tiba sehingga bisa kumpul bersama keluarga.

Bagi yang sudah mudik ke kampung halaman, hati-hati di jalan yaa. Tetap utamakan keselamatan. Jika pulang nanti kamu belum membawa jodoh, mohon bersabar ini ujian. Tapi, kalau kamu sudah bawa jodoh, tolong jaga baik-baik si doi. Jangan ditinggal dijalan apalagi ditinggal pas lagi sayang-sayangnya karena itu menyakitkan!! 😂😃


tips mudik yang aman dan sehat

                                  * SELAMAT MUDIK *

20 komentar:

  1. Hadeuuuu last sentencenya bikin teringat wkwkwkw. Aku dan mamah juga kalau ke mana2 lebih suka bawa makanan dr rumah, krn lebih sehat dan higienis, selain itu hemaaat. Semoga yg mudik lancar sehat semuanya yaah hihi

    BalasHapus
  2. Tadisi mudik ini memang sesuatu banget, harus dipersiapkan dengan baik dan sehat, tapi jangan ditinggal pas lagi sayang-sayangnya juga hahhaaaa....

    BalasHapus
  3. Salah satu aktivitas menarik saat mudik, yaitu membawa bekal, dan saat di tengah perjalanan, berhenti sejenak, sambil makan bekal tadi. Mudik + piknik. Pas tuh :D

    BalasHapus
  4. Kalo mau mudik harus siapkan mental dan kesehatan nih karena jauh juga kan jadi perbekalan juga harus diperhatikan banget ya mas

    BalasHapus
  5. Yah, sayang aku gak mudik, gak kayak orang-orang gitu. Pengen sebenarnya, tapi rumahku kan dijadikan tujuan mudik sodara2 yang dari luar kota.. maklum mamak ku emang tinggal bareng sama aku :))

    BalasHapus
  6. Mudik kemarin lagi-lagi aku terpaksa sahur jajan di bandara apa adanya yang masih ada. Niatnya udah mau bawa bekal, tapi pesan makanan enggak sampai sampai hingga akhirnya waktu berangkat ke bandara deh.

    Mental aku insyaallah cukup terlatih saat menghadapi calo di terminal bus.

    BalasHapus
  7. Aku sering mudik pake baju rumah kalo dengan mobil sendiri. Malah kadang baju tidur aku pasang jilbab. Anak2 juga, terus lanjut tidur mereka di mobil. Etapi, bener banget, jangan pernah nurunin jodoh di tengah jalan. Wkwkwk

    BalasHapus
  8. Iyayak, kalo udah mudik pasti biasanya cuek sama masalah kesehatan terutama makan. Kalo udah di jalan, mau makan apa aja hajar semuaaaa. :D

    BalasHapus
  9. Apalagi mudik bawa anak-anak mesti siap sedia logistik, dan bener mesti menjaga kebersihannya

    BalasHapus
  10. Setuju banget, perjalanan mudik harus jaga kesehatan, terutama soal makanan. Kalau long trip, tentunya akan mengalami beberapa kali sesi break utk makan. Kebetulan saya musiknya termasuk dekat, Yogya -lamongan, biasanya bawa cemilan dan stock minuman dari rumah.

    BalasHapus
  11. Aku belum pernah mudik, jadi catat aja nih tips2 mudiknya. Dan bawa perbekalan itu penting. Cuma kalau pakai kendaraan umum kalau bawa macem2 tuh agak repot ya

    BalasHapus
  12. Iya, walaupun sibuk mudik kesehatan dan kebersihan jg tetp harus dijaga ya. Biar balik kembali beraktivitas setelah lebaran jd lancar aman dan nyaman. Bekal mudik jg harus dipersiapkan sebaik2nya.

    BalasHapus
  13. kalau mau mudik emang kudu sehat. mau mudik pake kendaraan pribadi atau umum badan kudu fit apalagi perjalanan yang lebih dari 12 jam. jangan sampe kekurangan air putih dan kalau cape ya mesti istirahat

    BalasHapus
  14. Setuju makanan dan minuman yang sehat dan aman memang perlu dipersiapkan untuk mudik.
    Jangan sampai sakit perut saat diperjalanan mudik, deh..

    BalasHapus
  15. Ckup lama juga ya perjalanan darat menuju kampung halamannya kak.
    Duh iya sat dijalan, kadang kita abai sm kebersihan makanan yg akan kita makan, cuci tangan pun kalau lagi repot suka lupa.
    Harus prepare bener2 dr rumah.

    BalasHapus
  16. Waah...ada Fitra Eri.
    Kami suka banget nonton vlog nya tentang otomotif.
    Mudik tetap harus sehat yaa..
    Agar bertemu dengan keluarga dalam kondisi terbaique.

    BalasHapus
  17. Setuju.. kita harus bener-bener jaga kesehatan kalau mau mudiknya nyaman lancar dan selamat. Btw aku sudah mudik, dan Alhamdulillah sehat selamat semua :)

    BalasHapus
  18. Aku kalau mudik menghindari jajan di rest area yang buka 24 jam. Trauma. Makanannya horor dan tehnya bisa sudah terlalu lama. Dulu jaman pulang dari Surabaya, mampir res area, nyampe rumah langsung diare sekeluarga. 😂

    BalasHapus
  19. wajib bawa kamera dan obat-obatan. pokoknya abadikan momen perjalanan saat mudik dan usahakan mudik senyaman mungkin meskipun menerjang macet jangan sampai memaksakan diri.

    BalasHapus
  20. sempat liat beritanya ditimeline, acara ini penting buat pemudik baik yang bawa kendaraan sendiri dan juga penumpang yang mo balik kampung

    BalasHapus