Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Rencana Libur Lebaran Supaya Tidak Sekadar Wacana


Blogger Eksis naik kereta api

 

Naik kereta api … tut … tut … tut
Siapa hendak turut


Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma


Ayo kawanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama . . . .

 

      Lagu naik kereta api yang diciptakan oleh Ibu Sud mengingatkan Blogger Eksis pada momen-momen liburan masa kecil. Dari semua jenis transportasi, kereta api jarang sekali gue gunakan. Rasanya gue pernah naik kereta api hanya ke beberapa kota seperti Bogor, Bandung, Ciamis, Indramayu, Surabaya, dan terakhir ke Malang.

Gue lebih sering liburan menggunakan mobil pribadi, bus, atau pesawat. Berhubung tiket pesawat mahal, maka gue ingin banget naik kereta api saat libur lebaran nanti. Tujuan libur lebaran yang gue rencanakan kali ini, yaitu kota Bandung.

      Supaya libur lebaran tidak sekadar wacana, maka persiapan harus direncanakan dari sekarang. Gue mulai mencari cara beli tiket kereta api online. Gue pun menemukan aplikasi yang memudahkan travelers untuk memesan tiket kereta api secara praktis. Gue pilih aplikasi Pegipegi yang cocok banget buat milenial dengan mobilitas kesibukan tingkat tinggi seperti gue sekarang.

      Sementara untuk mulai perjalanan liburan kali ini, gue pilih berangkat dari Stasiun Gambir. Stasiun terdekat dari domisili gue. So far, stasiun ini juga paling nyaman sih kalo opini gue.

      Harga tiket kereta api dari Gambir ke Bandung cuma Rp 120.000 – Rp 160.000 per orang. Kita tinggal pilih mau berangkat menggunakan kereta api kelas ekonomi atau kelas eksekutif. Berdasar kesepakatan teman-teman gue, kita memilih kelas eksekutif.

      Seminggu setelah lebaran menjadi tanggal keberangkatan. Tepat hari Jum’at tanggal 14 Juni 2019, gue dan teman-teman akan memulai perjalanan. Dari jadwal kereta yang tertera di aplikasi, waktu keberangkatan paling pagi mulai pukul 05:25 WIB (estimasi waktu sampai di Bandung pukul 08:52 WIB). Sementara waktu keberangkatan kereta terakhir pada pukul 17:02 WIB (estimasi waktu sampai di Bandung pukul 20:19 WIB).

      Banyak pilihan waktu membuat kita memilih jam keberangkatan pas di tengah. Jam 15:30 WIB menjadi waktu paling ideal yang disepakati. Estimasi waktu tempuh sekitar 3 jam 09 menit. Berarti, gue dan teman-teman bisa sampai di Bandung sekitar pukul 18:39. Semoga saja yaa nggak ada yang pake jam karet alias ngaret!

      Jujur alesan gue beli tiket kereta via online itu supaya gampang direfund. Apalagi temen gue kadang suka aja ada yang batal pas hari H. Alibinya klise karena kesibukan. Padahal mah pertemanan kita cuma dianggep prioritas kesekian karena ada temen gue yang punya doi over protective. Jadi, harus kudu banget sabar kalo mau jalan bareng.

 

       Supaya kepergian gue kali ini lebih bermakna, maka gue langsung bahas yaa 5 langkah membeli tiket kereta api online melalui aplikasi PegiPegi. Langsung disimak yak:

1.    Unduh aplikasi Pegipegi di PlayStore atau AppStore

Setelah berhasil diunduh, jangan lupa buat akun dengan mengisi daftar diri secara lengkap seperti nama, email, dan kata sandi akun yang terdiri dari 6-20 karakter (huruf dan angka). Gunakan identitas asli bukan anonim supaya data kita mudah dikenali. Tenang saja data diri sangat dijaga privasinya.
cara daftar akun di aplikasi Pegipegi

2.    Pilih menu kereta api dan lakukan pemesanan tiket kereta

                     pesan tiket kereta

Kita bisa memilih sekali jalan atau pulang pergi. Selanjutnya memilih asal stasiun keberangkatan dan stasiun tujuan. Kalau sudah terisi, tentukan tanggal keberangkatan dan tanggal kepulangan (jika memesan pulang pergi). Dari situ kita bisa memilih jumlah penumpang.

3.    Tentukan jadwal keberangkatan

Berhubung sudah ada kesepakatan awal, maka gue dan teman-teman langsung memilih jadwal keberangkatan yang sesuai. Saran gue sih kalau memang tidak ada kegiatan yang dikejar waktunya, pastikan memilih jadwal perjalanan yang tidak mengganggu waktu ibadah seperti salat. Gpp juga sih salat di kereta, tapi alangkah lebih nyaman saat melaksanakan ibadah tepat waktu tanpa mengganggu perjalanan.

jadwal keberangkatan kereta api

Dari jadwal keberangkatan, kita bisa melihat informasi lebih detail. Ada rincian perjalanan dan rincian harga yang bisa dipertimbangkan. Ingat, jika pergi bareng teman lakukan penentuan jadwal keberangkatan secara bersamaan. Jangan mengambil keputusan sepihak saja.

4.   Lengkapi data penumpang

Kita harus masukkan data penumpang yang meliputi nama dan nomor identitas (KTP, SIM, atau Paspor). Pastikan nama yang tertera sesuai dengan identitas yang kita punya. Hal ini sangat berguna karena pada saat hari H, data kita akan dicocokkan kembali di stasiun kereta api. Setelah lengkap, lanjutkan simpan dan lakukan konfirmasi.

data penumpang kereta api

5.   Pembayaran

Dalam melewati tahap ini, ada waktu sekitar 30 – 60 menit untuk menyelesaikan semua proses pembelian tiket kereta api. Pastikan jadwal dan stasiun yang kita pilih sudah sesuai. Perhatikan kembali jumlah nominal yang harus dibayarkan.

cara pembayaran tiket kereta online

Di Pegipegi, kita bisa nikmati proses pemesanan yang mudah dengan berbagai pilihan metode pembayaran mulai dari transfer bank, transfer ATM, virtual account BCA atau internet banking (Klik BCA), kartu kredit (Visa atau MasterCard), hingga cicilan 0% melalui Kredivo. Kita juga bisa melakukan pembayaran secara tunai di Alfamart atau Indomaret terdekat.

Aku memilih metode pembayaran dengan menggunakan transfer ATM Jaringan Prima karena mesin ATM terdekat di rumahku memang itu. Sebelum pembayaran, aku sempat melihat ada symbol titik tiga di pojok kanan atas aplikasi. Pas aku buka, ternyata ada pilihan promo yang bisa digunakan para pengguna aplikasi ini.

Beruntung, ada promo BESTPRIZE yang berakhir tepat malam ini. Promo tersebut memberi potongan harga senilai 20.000 rupiah untuk minimal transaksi 300.000 rupiah. Berhubung transaksi gue mencapai 640.000 rupiah, akhirnya gue bisa mendapat potongan harga untuk pesan tiket kereta api kali ini.

Setelah pembayaran terkonfirmasi berhasil oleh sistem. Maka, kita akan mendapat bukti transaksi yang dikirim ke alamat email yang terdaftar. Selesai deh semua prosesnya tanpa khawatir lagi kehabisan tiket buat libur lebaran nanti.


     potongan harga beli tiket kereta 


Terus kenapa gue dan teman-teman gue memilih beli tiket kereta api di Pegipegi, alasannya simpel karena kita bisa pilih kereta dari harga yang termurah sampai menentukan waktu keberangkatan dan waktu kedatangan. Bukan cuma itu, Pegi-pegi juga telah memiliki lebih dari 2.800 rute kereta api yang dapat kita pesan melalui situs web dan aplikasi mobile Pegipegi. Semakin banyak pertimbangan kan untuk perencanaan liburan yang lebih matang.

Cuma dalam beberapa langkah singkat, gue udah dapet transportasi untuk akses liburan tanpa harus datang lama ke lokasi seperti stasiun kereta api. Sebenarnya di aplikasi Pegipegi bukan hanya bisa beli tiket kereta api secara online aja sih, kita juga bisa beli tiket pesawat dan booking hotel. Nanti deh gue coba untuk rencana liburan berikutnya.

       traveler eksis karena Pegipegi
Personality Traveler Eksis
         

Itu rencana #PegipegiAlaGue 

Gimane dengan lue??

11 komentar:

  1. Saya juga suka pesan tiket secara online. Nggak cuma tiket kereta, hotel juga. Iya enak pesan melalui pegipegi, saya beberapa kali pesan tiket hotel dapat diskon lumayan

    BalasHapus
  2. Aku juga merencanakan naik kereta ke bandung. Macet banget boook kalau naik mobil karena pembangunan seliweran. Huvft

    BalasHapus
  3. Wah, aku justru termasuk dalam golongan orang yang suka banget naik kereta api. Terutama karena enggak punya mobil. Tapi transportasi publik justru jadi transportasi favorit anak-anak

    BalasHapus
  4. Pegi pegi ini bisa pesan tiket untuk luar negeri ga sih? Lagi berencana liburan ke luar negeri. Insha Allah

    BalasHapus
  5. Pakai kereta mah enak 3 jam. Ngaret paling 15 menitan. Kalau naik mobil dsri bandun ke jakarta... Kena macet di cikarang sampai lumutan

    BalasHapus
  6. Saya dan keluarga pun lebih sering naik mobil jika bepergian, tapi naik kereta api selalu jadi favorit anak-anak, kalau naik kereta api, anak-anak juga nggak mabuk kendaraan

    BalasHapus
  7. Wah jd lebaran kemarin liburannya ke Bandung ya?
    Btw aku jg suka pesen tiket via online, krn lebih praktis aja sih.
    Jd pengen liburan ke Bandung eui, terakhir ke sana 2017 apa ya haha

    BalasHapus
  8. Wah piknik emang harus direncanakan matang matang agar gak cuma jadi wacana. Aku juga paling seneng piknik naik kereta api.

    BalasHapus
  9. Cari tiket online lebih praktis ya, gak pakai ribet. Rencana liburannya gak wacana lagi kan

    BalasHapus
  10. Lagu kesukaan anakku itu. Kalo dinyanyiin itu pasti goyang goyang kepalanya.

    BalasHapus
  11. Untuk mencari tiket kereta memang pegi-pegi yang kurasa lebih enak deh. Jadi pengen liburan naik kereta nih....

    BalasHapus