Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Berkah Keluarga yang Penuh Makna

 Melihat tawamu

Mendengar senandungmu

Terlihat jelas di mataku

Warna-warna indahmu


Berkah-Keluarga

      Kebahagiaan itu menganut teori relativisme. Rasa bahagia bisa datang dari mana saja. Sebenarnya sumber kebahagiaan itu banyak. Namun, kita terkadang enggan menoleh kesitu.

    Arti bahagia bagi Blogger Eksis yaitu bisa memenuhi kebutuhan, memberi ketenangan, dan membawa keberkahan bagi keluarga. Sebelum mendapat kebahagiaan hakiki seperti itu, aku selalu bersyukur atas apa yang aku punya.

       Momen bersama keluarga memang jadi harta yang paling berharga. Ada mimpi dan ambisi yang selalu menemani. Ketika semua anggota keluarga berada dalam kondisi sehat. Tentu pintu rezeki akan terus terbuka dan hubungan baik secara sosial lebih terjaga.

 

      Alhamdulillah, aku dan keluarga bisa melewati setiap masalah kehidupan yang ada. Kadang keluargaku juga membantu masalah keluarga yang lain. Hal ini dilakukan hanya untuk saling mengingatkan dalam kebaikan. Insya allah, semua masalah bisa selesai bila kita mau berserah diri atau tawakal terhadap Allah SWT Yang Maha Kuasa. Dengan demikian hidup jadi lebih berkah.

     Bahagia itu sederhana. Kita hanya perlu menghadapi ujian dan berkadari Tuhan dengan hati lapang, berusaha jadi lebih baik dari hari kehari, serta berjuang untuk masa depan.    

     Berikut tips yang aku terapkan untuk membuat hidup bahagia bersama keluarga:

1.  Luangkan waktu bersama

         Kesibukan masing-masing anggota keluarga kadang menyita waktu untuk momen bersama. Coba buat jadwal untuk berkumpul bersama keluarga, baik di dalam maupun di luar rumah. Kita bisa masak bareng di dapur, makan bersama di meja makan, bercengkerama sambil menonton tayangan favorit di ruang keluarga, atau berkebun di halaman.

      Jika memang jadwal kegiatan kita begitu padat. Kita bisa mencari momen-momen penting yang bisa digunakan untuk kumpul keluarga. Misal peringatan hari lahir, acara ulang tahun pernikahan, atau ibadah berjamaah. Setidaknya ada “waktu” yang bisa disediakan untuk keluarga. 

 

2.  Sisihkan dana untuk kebutuhan rumah tangga

   Urusan dapur atau belanja, kamar mandi, atau kebutuhan rumah tangga lain bukan hanya menjadi tanggung jawab mama atau papa sebagai imam dalam keluarga. Kita bisa menyisihkan penghasilan untuk membeli sabun, sampo, atau detergen yang sudah habis. Kita dapat juga beli gula, kopi, teh, garam, atau bumbu-bumbu dapur lain kalau stok sudah kosong. Bila diperlukan coba belanja bulanan bareng keluarga.

     Kalau dana kita sudah habis untuk memenuhi kebutuhan pribadi, kita masih punya alternatif lain untuk bantu memenuhi kebutuhan rumah tangga. Contohnya, bantu membuat masakan dengan bahan yang ada atau buat jadwal rutin untuk membersihkan rumah. Tak ada uang, balas jasa pun bisa dilakukan.

 

3.  Berbakti dan saling menghargai

     Masih ingat dengan pepatah “air susu dibalas dengan air tuba”. Rasanya hal itu jangan sampai terjadi dalam keluarga. Coba kita ingat kembali bagaimana kedua orangtua telah merawat dan membesarkan kita sejak kecil. Mereka sungguh menyayangi kita dengan kasih sayang.

      Biasakan juga bila berbicara atau sedang emosi tidak dengan nada suara yang tinggi. Panggil dengan lemah lembut dan berkomunikasilah secara sopan. Bila kita merasa sulit untuk kontrol ucapan, cobalah untuk diam sampai suasana mereda.      

     Percayalah, keluarga akan menjadi tempat terakhir kita bernaung karena hanya mereka yang bisa menerima segala kekurangan dan saat kita berada dalam kondisi susah sekalipun. Tak perlu gengsi untuk mengungkap rasa sayang dalam keluarga. Berbakti dan saling menghargai akan menemukan makna keharmonisan yang abadi.

 

4.  Gerak aktif

   Jika kita malas bergerak, lakukanlah sesuatu. Keluarga biasanya tidak suka kalau kita harus rebahan terlalu lama. Mereka hanya ingin melihat diri kita berkembang dari waktu ke waktu.

 Jika tidak bisa membanggakan dengan prestasi, setidaknya kita bisa mengembangkan hobi yang kita sukai. Dengan begitu kesan baik akan didapat dari masing-masing anggota keluarga. Jangan biarkan hidup kita kosong dan tak memilih arah ke masa depan yang lebih baik.

 

5.  Melindungi keluarga

     Perlindungan disini bukan berarti posesif atau harus menemani anggota keluarga lain saat sedang beraktivitas di luar rumah. Buat perlindungan yang menumbuhkan rasa nyaman dalam situasi apapun. Realitanya, perlindungan keluarga bisa dalam bentuk asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

   Aku mengenal ada sebuah asuransi syariah yang bertujuan memberi kesejahteraan bagi keluarga yang ditinggalkan akibat musibah yang dialami. Asuransi tersebut akad dan pengelolaan dana sesuai dengan prinsip syariah. Prinsipnya berbagi risiko dengan sesama peserta asuransi dan telah diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah dalam pelaksanaannya.

             Asuransi-Syariah

     Inilah Asuransi Salam Anugerah Keluarga. Melalui asuransi syariah ini, kita bisa memastikan kesehatan dan keamanan finansial keluarga. Asuransi Salam Anugerah Keluarga menjadi solusi perlindungan dan perencanaan keluarga secara menyeluruh untuk pasangan suami istri dan dua orang anak. Asuransi ini sangat cocok bagi sandwich generation atau orang dewasa yang bertanggung jawab untuk menanggung hidup orangtua dan anaknya.


        Dengan memiliki asuransi syariah bernama Asuransi Salam Anugerah Keluarga, kita bisa lebih bijak membuat skala prioritas keuangan. Pemasukan dan pengeluaran bisa diatur sedemikian rupa untuk mencapai keseimbangan. Dibanding asuransi konvensional, aku bisa mendapat manfaat perlindungan yang lebih menyenangkan. Selain itu, kita tak perlu takut lagi tentang haram atau halal dari produk asuransi ini. Semua lebih fair karena polis akan terbentuk setelah ada kesepakatan antara pihak asuransi dan nasabah.


    Tentu aku tak ragu karena asuransi syariah ini hadir dari Sun Life Indonesia. Perusahaan ini telah melayani masyarakat Indonesia dengan memberi perlindungan tepat selama 25 tahun. Asuransi Salam Anugerah Keluarga mampu memenuhi kebutuhan keluarga di Indonesia untuk masa kini dan masa depan.


  Asuransi Sun Life Indonesia juga selalu dianggap sebagai asuransi yang tak memiliki proses rumit untuk pembuatan polis sampai pengajuan klaim. Bukan hanya produk asuransi yang berlandas prinsip syariah, Asuransi Salam Anugerah Keluarga juga dilengkapi asuransi tambahan kesehatan kelas dunia Sun Medical Platinum Syariah dengan manfaat limit booster sampai Rp 40 miliar untuk masing-masing anggota keluarga.


     Hal yang paling membahagiakan yaitu asuransi ini tak hanya melindungi keluarga, tetapi juga bisa bantu sesama melalui wakaf. Ada sistem akad Tabarru. Sistem ini mampu memberi amal kebajikan yang dikumpulkan dari seluruh premi nasabah asuransi syariah untuk diberi kepada nasabah yang membutuhkan dengan ketentuan yang telah disepakati. Kebetulan sekali, aku dan keluarga memang sudah berniat untuk wakaf.

 

Saat kau disisiku

Kembali dunia ceria

Tegaskan bahwa kamu

Anugerah terindah yang pernah ku miliki

 

         Begitu mudah punya produk asuransi syariah untuk seluruh anggota keluarga secara berbarengan. Jika sesuatu yang tak diinginkan terjadi di hari esok, kita tak perlu khawatir lagi karena telah melindungi keluarga dengan cinta dan proteksi asuransi. 

 

     Bila kita masih belum bisa bahagia bersama keluarga, cobalah untuk tidak menyalahkan keadaan. Benci atau kabur dari rumah juga bukan menjadi jalan saat rasa tidak suka dengan keluarga itu datang. Ingat, keluarga punya hubungan darah dan Tuhan pasti akan selalu menyatukan kita kembali bersama keluarga. Entah dengan jalan yang membawa berkah seperti apa.

 

       Bahagia itu menjadi kata yang mengandung banyak makna. Bahagia bersama keluarga akan tetap tercipta karena kita telah menjalani fase kehidupan sejak kecil, remaja, dewasa, hingga tua nanti. Nikmati setiap momen bersama keluarga untuk saling menyemangati dalam hidup. Niscaya keluarga bahagia adalah anugerah dan jangan lupa untuk selalu selektif dalam memilih asuransi supaya berkah keluarga semakin berlimpah!


         Anugerah-Keluarga

2 komentar:

  1. Saya yang termasuk telat paham arti melindungi keluarga. Tapi gpplah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali ya, meski nilai asuransinya jadi kecil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai pria, kita memang dituntut untuk menjadi imam dalam keluarga. Semoga kita mampu mengemban amanah itu*

      Hapus