Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Resolusi Hidup Sehat demi Fisik dan Finansial yang Lebih Kuat

Resolusi Hidup Sehat
       
       Tidak terasa awal tahun 2020 sudah masuk bulan ketiga. Banyak resolusi yang Blogger Eksis jalankan untuk mendapat semangat baru. Aku selalu berharap jika tahun ini harus #LebihBaik dari tahun lalu. Terutama, hal-hal yang berkaitan tentang hidup sehat.
      Cara hidup sehat selalu jadi resolusi utama karena aku mencintai diriku sendiri. Cinta terhadap diri sendiri tak selalu identik dengan narsis. Cintai diri sendiri itu sama saja dengan aku menghargai diriku. Aku bisa peduli akan apapun yang akan dilakukan. Aku jadi teringat seuntai kalimat bijak Bagaimana kamu bisa mencintai orang lain, jika mencintai diri sendiri saja tak sanggup?... .

         Dari pertanyaan tersebut, aku sadar bahwa sebelum aku bisa membuat orang lain bahagia, aku harus memastikan agar diriku bahagia terlebih dahulu. Aku hanya ingin membuat hari demi hari yang ku lalui terasa menyenangkan. Dimulai dari melakukan hal-hal yang aku suka hingga aku bisa disibukkan dengan bermanfaat bagi sesama. Sepertinya tahun ini menjadi waktu yang tepat untuk mencapai kebahagiaan hakiki.  
         Bahagia itu sederhana saat aku bisa menjalani pola hidup sehat. Sudah banyak peristiwa yang membuka mata, hati, dan telinga agar aku bisa konsisten menerapkan hal tersebut di awal tahun ini. Kematian mendadak karena serangan jantung dari seorang figur publik, Ashraf Sinclair. Meninggal seorang teman bloggerku bernama Yunita yang usianya masih muda dan tak punya riwayat penyakit berat. Sampai mewabah virus Corona di Indonesia yang menjadi momok.
        Dari peristiwa-peristiwa tersebut, pola hidup sehat menjadi sebuah urgensi yang utama. Pola hidup sehat merupakan kebiasaan yang bisa dilakukan lebih dari dua kali atau disebut rutin. Cara membiasakan diri hidup sehat yaitu dengan konsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga.
   Demi memenuhi asupan gizi seimbang, aku bebas menyantap berbagai hidangan asal porsi gizinya bisa disesuaikan. Pola makan juga harus diperhatikan terkait waktu yang teratur dan cara pengolahan. Makanlah secukupnya jangan berlebihan. Pilihlah cara pengolahan makanan yang dikukus, dibakar, atau direbus dibanding digoreng.
sayuran menjadi makanan diabetes pengganti nasi
      
        Aku juga mulai mengurangi konsumsi gula supaya terhindar dari diabetes. Beberapa makanan diabetes justru bisa dikonsumsi supaya sehat fisik tetap terjaga. Sebut saja ada daun jambu biji dan pare yang mampu mengatasi diabetes.
         Daun jambu biji sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. Jenis daun tersebut disinyalir dapat menurunkan kadar glukosa tubuh, tanpa membuat peningkatan kadar insulin. Kondisi demikian menjadi angin segar bagi para penderita diabetes untuk mengontrol penyakitnya.
      Bukan hanya konsumsi racikan daun jambu biji, makan sayur berupa pare dinilai efektif mengobati diabetes. Beberapa penelitian menyebut bahwa pare memiliki senyawa tertentu yang mampu menurunkan kadar gula. Meski rasanya pahit, konsumsi pare nyatanya bisa menyehatkan tubuh.
     Makanan-makanan bergizi untuk mengatasi diabetes tersebut tak cukup untuk membuat sehat fisik dalam jangka waktu yang lama. Kita juga perlu melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga. Sudah banyak kegiatan olahraga yang menunjang pola hidup sehat.
cara berlari seta
          Bicara tentang olahraga, latihan kekuatan dan lari masih menjadi tren yang diminati terkini. Jenis latihan kekuatan bisa dilakukan melalui zumba, body pump, yoga, atau latihan kardio lain. Sementara lari bisa dilakukan pada arena terbuka sambil menghirup udara yang segar.
      Aku lebih memilih untuk berlari dengan tepat dan teratur. Aku pikir olahraga lari akan mampu menghasilkan pembakaran kalori yang paling banyak. Selain itu, olahraga ini terbilang murah dan mudah dilakukan di mana saja.
         Para pemula tentu harus memahami cara berlari dengan maksimal. Hal ini dilakukan agar manfaat lari bisa terasa dan meminimalkan risiko cedera. Jangan sampai intensitas lari yang kita lakukan melebihi kesanggupan. Kalau lari dari kenyataan itu berat, maka lari di lapangan akan membuat kita lebih kuat.
       Persiapkan kondisi fisik yang ideal sebelum berlari. Lakukan pemanasan setidaknya lima menit untuk jalan santai atau naik turun tangga. Kenakan pula pakaian olahraga yang nyaman.
     Jangan lupa untuk menguasai teknik lari cepat sebagai tantangan dalam berolahraga. Berlari cepat membutuhkan niat, fokus, disiplin, dan latihan yang tepat. Gunakan smartwatch untuk mengukur waktu lari, jarak, kecepatan, kalori yang terbakar, dan detak jantung dengan akurat.
      Supaya lari cepat yang kita lakukan lebih bersemangat, biasanya kita butuh motivasi dalam berolahraga. Ajak teman-teman terdekat untuk lari bersama. Apalagi event lari di Jakarta maupun di kota besar lain sudah mulai booming.
Sun Life Indonesia mengadakan Resolution Run

         Seperti event lari yang diadakan oleh Sun Life Indonesia. Event lari “Sun Life Resolution Run 2020” telah diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang Selatan pada bulan Januari lalu. Agenda tahunan yang diikuti lebih dari 2.500 peserta ini memiliki konsep Resolution Run Indonesia. Setiap peserta yang berpartisipasi bisa mewujudkan resolusi hidup sehat bersama.
     Dengan membawa semangat kampanye #LiveHealthierLives, acara ini begitu spektakuler karena berhasil menggabungkan unsur edukasi, donasi, dan kompetisi lari. Dampak positif juga terasa karena Sun Life terus melawan diabetes agar masyarakat bisa terhindar dari risiko terkena penyakit berbahaya. Selaras dengan hal tersebut, Sun Life Indonesia juga berupaya mengajak publik terutama generasi produktif untuk menerapkan pola hidup sehat yang aktif bergerak.
         Jangan hanya finis untuk diri sendiri, finislah karena ada sesuatu yang ingin dilakukan. Maka, seluruh biaya pendaftaran #ResolutionRunID dan dana hibah dari perusahaan sudah terkumpul Rp 850.000.000,- dalam bentuk donasi. Pengumpulan donasi yang dilakukan sampai akhir tahun lalu menjadi wujud komitmen Sun Life demi meningkatkan kesadaran publik untuk mengurangi risiko diabetes.
     Nantinya, donasi akan dimanfaatkan untuk mendukung edukasi, pencegahan, dan peningkatan kualitas hidup para penderita diabetes di Indonesia. Sesuai dengan apa yang disampaikan Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia dalam siaran persnya. Elin Waty mengatakan “Sejak tahun 2018, Sun Life berkomitmen untuk membantu masyarakat Indonesia meraih masa depan yang lebih sehat, baik secara fisik, maupun finansial. Komitmen ini dikukuhkan melalui beragam inovasi dan inisiatif yang kami prakarsai. Digelar setiap awal tahun, ajang kompetisi lari untuk berdonasi ‘Sun Life Resolution Run 2020’ menjadi salah satu langkah nyata yang diinisiasi Sun Life dengan melibatkan masyarakat dan komunitas, dalam upaya bersama membangun generasi yang lebih sehat dan melawan diabetes #TeamUpAgainstDiabetes. Keterlibatan lebih banyak masyarakat dalam ajang ini turut berkontribusi dalam peningkatan jumlah donasi yang lebih besar dari tahun lalu. Kami berharap, inisiatif dan donasi yang diberikan dapat membantu wujudkan resolusi masyarakat yang lebih sehat, sekaligus mencegah penyebaran penyakit diabetes.” Its time to running for cause and running for something.
         Yuk, kita jadikan pola hidup sehat sebagai kebutuhan dan investasi untuk jangka panjang. Kalau kita sakit, aktivitas akan terhambat dan biaya rawat dipastikan lebih mahal. Jadikan resolusi hidup sehat tahun ini supaya kita bisa sehat fisik dan sehat finansial.
      Jangan buat tahun 2020 berlalu tanpa kesan. Cintai diri sendiri bukan hanya memanjakan diri dengan rebahan. Selamatkan diri dengan melakukan hal-hal yang lebih berfaedah dengan mengontrol aktivitas olahraga, pola makan, dan pola istirahat. Save yourself and be fight diabetes!
pola hidup sehat supaya sehat fisik dan sehat finansial

Pertahankan staminamu dan bersiaplah menyambut hari bahagia di tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar