Tulis yang kamu cari

Adv

12 Tempat Wisata yang Dilalui Torch Relay Asian Games 2018



Tidak lama lagi di bulan Agustus, kita akan menyambut pesta olahraga Asian Games 2018. Kirab obor atau torch relay sudah dimulai dengan pengambilan api abadi dari Stadion Nasional Dhyan Chand, New Delhi, India pada Minggu (15/7/2018). Pengambilan api di India tak lepas dari status negara tersebut yang menjadi tempat asal muasal Asian Games.

Api tersebut kemudian dipadukan dengan api abadi asal Merapen, Jawa Tengah pada Rabu (18/7/2018) di Candi Prambanan. Api abadi di Merapen sudah menjadi sumber penyalaan api Pekan Olahraga Nasional (PON) di Indonesia. Setelah itu, obor diarak oleh perwakilan dari daerah, sponsor, dan panitia.

Kirab obor sedang berjalan mengelilingi Indonesia dengan total jarak tempuh 18.000 kilometer. Kirab obor direncanakan melalui 54 kota di 18 provinsi hingga berakhir di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta seiring upacara resmi pembukaan Asian Games Ke-18 pada 18 Agustus 2018.

Setelah Blogger Eksis mengikuti perkembangan informasi tentang event akbar ini, ada 12 tempat wisata yang dilalui Torch Relay Asian Games 2018, yaitu:

1. Candi Prambanan, Yogyakarta

Obor telah tiba di Candi Prambanan pada (18/7). Rabu malam, api diinapkan di Pagelaran Keraton Yogyakarta. Selanjutnya pada Kamis (19/7), api Asian Games dikirab berkeliling Kota Yogya sebelum dibawa menuju Kota Solo. 
Kirab Obor Asian Games 2018 di Candi Prambanan, Yogyakarta
sumber: Antara
Rute kirab di Yogya dimulai dari Pagelaran Keraton-Titik Nol Kilometer ke arah barat-PKU Muhammadiyah ke utara-Jalan Bhayangkara-Pasar Kembang ke timur ke Teteg Malioboro. Dari Teteg kemudian masuk ke Jalan Malioboro-Titik Nol-Jalan Senopati-Perempatan Gondomanan ke selatan-Pojok Beteng Wetan-Pojok Beteng Kulon ke arah utara-Ngabean-Ngampilan ke arah barat-Samsat-perempatan Pingit-Tugu. Di Tugu Yogyakarta, api dilepas oleh Walikota Yogyakarta dan diserahkan ke INASGOC untuk dibawa ke Solo.

2. Gunung Bromo, Jawa Timur


Torch Relay dibawa ke Gunung Bromo, Jawa Timur
sumber: Tempo
Obor dibawa ke Probolinggo. Tempat yang dirujuk adalah kawasan Gunung Bromo di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura. Obor ini telah melewati daerah Jemplang dan savana serta lautan pasir. Obor diarak menggunakan mobil Jeep menuju Pura Luhur Poten sejauh 2 kilometer
Pada Sabtu pagi (21/07) telah dilakukan upacara di sekitar Pura Luhur Poten Lautan Pasir Bromo. Di sini, pasukan Kavaleri yang berkolaborasi dengan 100 penunggang kuda lokal mengiringi perjalanan api ke kawah Gunung Bromo.       
 Api dibawa oleh artis Nabila Syakieb yang juga merupakan atlet berkuda. Kemudian api dibawa dengan kuda yang berlari kencang menuju tangga kawah. Setelah itu, seorang atlet lari akan mengambil alih api untuk dibawa ke kawah. Di atas kawah sudah ada kaldron mini. Setelah menyulut api di kaldron mini, maka pelari yang bawa obor api Asian Games kembali ke bawah. Di anak tangga, api itu dikembalikan ke komandan kavaleri untuk kembali ke tempat semula. Pasca dibawa ke kota Probolinggo, selanjutnya Obor akan menuju Kawah Ijen Banyuwangi.

3. Kawah Ijen, Banyuwangi

Dari puncak Gunung Ijen, Torch Relay kemudian diarak menuju Pendopo Kabupaten Banyuwangi melewati jalan utama kota. Obor Asian Games 2018 akan dibawa oleh atlet dan warga berprestasi di Banyuwangi. 
Kirab Obor melintasi Kawah Ijen, Banyuwangi yang terkenal dengan Blue Flame
Sumber: CNN Indonesia
Api Asian Games 2018 akan bertemu dengan api biru (blue flame) dari Kawah Ijen, Banyuwangi. Api biru Gunung Ijen ini menjadi destinasi dan fenomena terbaik di dunia. Spotnya sangat indah sehingga membuat kawasan ini dipilih sebagai lintasan torch relay. Fenomena yang memang langka di dunia.

4. Pantai Kuta, Bali

Api obor dijadwalkan menyeberang dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan tiba di Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana pada Senin 23 Juli 2018. Perjalanan api obor bakal menyambangi Bali pada 23-25 Juli 2018. Rombongan dijadwalkan menginap di Istana Tampak Siring, Gianyar dan Garuda Wisnu Kencana (GWK), Badung. Sejumlah atraksi kesenian telah dipersiapkan untuk menyambut kedatangan obor dari api abadi di Jembrana untuk selanjutnya dikirab menuju Pantai Kuta di Kabupaten Badung.
Pawai Obor akan tiba di Pantai Kuta Bali besok
Sumber: Tempo

5. Istana Tampak Siring, Bali


Api Asian Games 2018 akan melalui Istana Tampak Siring, Bali
Setelah dari Kuta, obor akan dibawa menuju objek wisata Tanah Lot di Kabupaten Tabanan, kemudian dibawa ke Istana Tampak Siring di Desa Manukaya, Gianyar untuk diinapkan. Istana tersebut merupakan istana kepresidenan yang dibangun tahun 1957 atau satu-satunya istana kepresidenan yang dibangun setelah kemerdekaan RI. Setelah diinapkan semalam, rencananya obor hasil perkawinan api abadi India dan Mrapen itu akan dibawa ke Denpasar yakni di Ekowisata Subak Sembung dan di Monumen Perjuangan Rakyat Bali atau Bajra Sandi Renon.

6. Raja Ampat, Papua

Torch relay Asian Games 2018 akan melewati wilayah timur Nusantara yang terkenal dengan surga baharinya, yaitu Raja Ampat. Rombongan kirab akan tiba di wilayah kepulauan di Papua Barat pada 26 Juli mendatang. Wilayah perairan Raja Ampat memang dipilih sebagai spot snorkeling terbaik di dunia.
Torch Relay akan melalui Raja Ampat, Papua
sumber: Detik
7. Danau Toba, Sumatera Utara

Kirab obor Asian Games 2018 di Sumatera Utara akan dimulai dari Bandara Kualanamu, Deli Serdang tanggal 31 Juli 2018. Kemudian dibawa menuju Rumah Persinggahan Soekarno di kecamatan Parapat, Simalungun.
Kirab Obor Asian Games 2018 akan berada di Danau Toba pada awal Agustus
Keesokan hari (1 Agustus 2018) diarak menuju Pantai Bebas Danau Toba, Parapat. Selanjutnya diarak ke Pantai Lumban Bulbul di kecamatan Balige, Toba Samosir. Kemudian di hari yang sama, diarak menuju perbatasan kabupaten Toba Samosir dan Tapanuli Utara untuk selanjutnya diterbangkan ke Pekanbaru, Riau melalui Bandara Silangit.

8. Istana Siak, Riau


Pawai Obor akan dibawa ke Istana Siak, Riau
 Provinsi Riau dipastikan akan menjadi daerah yang dilewati iringan obor Asian Games. 1 Agustus 2018 siang sekitar pukul 15.00 WIB, obor Asian Games akan sampai ke Istana Siak. Pada saat pembawaan obor Asian Games, Yayuk Basuki dipercaya sebagai pembawa obor dan mendampingi 20 atlet terbaik dari Provinsi Riau.


9. Jembatan Ampera, Sumatera Selatan

Torch Relay akan tiba di Sumatera Selatan pada 4 Agustus 2018. Obor api akan dibawa penerjun payung dari personil TNI Angkatan Udara dan turun di Stadion Jakabaring Palembang. Selanjutnya obor akan dibawa lari berkeliling kota Palembang.
Torch Relay akan melewati Jembatan Ampera di Provinsi Sumatera Selatan
sumber: Line Today
Jembatan Ampera merupakan ikon wisata di Palembang yang akan memulai pawai obor di kota yang terkenal dengan kuliner khas, Pempek. Presiden Jokowi telah berupaya untuk membenahi jembatan ini jelang Asian Games 2018. Rehabilitasi Jembatan Ampera dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat berupa perbaikan atap pylon, perkuatan struktur plat lantai, pengecatan rangka, penambahan tinggi pagar, dan penataan trotoar jembatan yang dilengkapi tempat sampah, kursi dan lampu taman. Pada sisi ilir dan ulu menara jembatan juga dipasang jam analog berdiameter 5,5 meter yang beratnya sekitar 200 kilogram.
Sebelumnya Jembatan Ampera sudah dikenal sebagai suguhan utama wisatawan saat datang ke Palembang. Selain melintas di jembatannya, wisatawan dapat naik perahu dari Plaza Benteng Kuto Besak untuk melintasi bawah jembatan yang megah. Di sekitar jembatan pun banyak rumah makan dengan panorama Sungai Musi yang lebar nan panjang.

10. Pulau Kemaro, Sumatera Selatan

Kemudian obor akan berlanjut dibawa ke Pulau Kemaro dengan parade perahu. Obor akan diletakkan di salah satu perahu dari Pulau Kemaro menuju BKB, melewati Jembatan Ampera. Kegiatan tersebut akan dihadiri perwakilan-perwakilan dari beberapa instansi terkait, diantaranya Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Kesehatan, dan Dinas Perhubungan.
Obor Asian Games akan dibawa ke Pulau Kemaro, Sumatera Selatan
sumber: shutterstock

11. Museum Nasional, Jakarta


Obor Asian Games 2018 akan tiba di Museum Nasional, Jakarta Pusat
Museum Nasional Jakarta mendapat giliran pada tanggal 15 Agustus 2018. Setelah melalui Kota Bogor dimana Chicco Jericho akan berperan membawa obor tersebut mengelilingi kota hujan. Sebagai salah satu ikon di Ibukota, Monas tentu tak ketinggalan akan dikenalkan pada kesempatan event skala internasional ini.

12. Kepulauan Seribu

Tercatat pawai obor akan memulai untuk Kecamatan Utara dari Kantor Kecamatan Utara menuju Pulau Kelapa ke Pulau Harapan, lalu ke Pulau Panggang dan berakhir kembali ke Kantor Kecamatan Utara. Perpindahan pulau akan menggunakan kapal.
Pawai Obor akan melewati Pulau Tidung di Kepulauan Seribu
Sementara itu, untuk Kecamatan Selatan sendiri akan memulai start dari Kantor Kecamatan Selatan menuju Pulau Tidung ke Pulau Lancang, lalu ke Pulau Untung Jawa dan berakhir kembali ke Kantor Kecamatan Selatan. Semua sudah dipersiapkan hingga posisi rute juga sudah ditentukan. Kemeriahan juga dilakukan dengan pemasangan ornamen Asian Games di Kantor Kecamatan sehingga masyarakat pulau ikut merasakan kemeriahan Asian Games 2018.

Torch Relay atau Pawai Obor Asian Games 2018 akan memberi optimisme wisata di ajang olahraga terbesar di Asia

Kehadiran Torch Relay di Indonesia menjadi momentum tepat untuk mempromosikan pariwisata. Torch Relay memiliki fungsi strategis. Agenda yang telah direncanakan tersebut  bagai momen terbaik yang tak boleh dilewatkan untuk mempromosikan potensi pariwisata.

Indonesia bisa menunjukkan keindahan budaya dan magnet pariwisata. Api akan dibawa ke berbagai penjuru nusantara sehingga kegiatan Asian Games dapat membantu promosi pariwisata Indonesia dan mampu mendatangkan para wisatawan mancanegara. Kekayaan alam, seni budaya dan potensi daerah yang disinggahi akan dirajut menjadi rangkaian festival nusantara sehingga Asian Games dapat memberi dampak positif pada kegiatan pariwisata Indonesia secara keseluruhan. 

Sungguh kirab obor yang penuh optimisme untuk menyebarluaskan semangat Asian Games 2018 ke seluruh penjuru Indonesia. Demam Asian Games dapat menjangkau seluruh rakyat Indonesia sehingga semua mau memberi dukungan kepada atlet Indonesia yang akan berjuang demi Merah Putih berkibar. Ayo, kita #dukungbersama ajang olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018.

32 komentar:

  1. ingin rasanya aku mudik lagi ke Palembang buat melihat touch relay di Ampera dan Pulau Kemaro huhu.. mari sukseskan Asian Games!

    BalasHapus
  2. Waw...saya sampe takjub banget bacanya mas, itu obor bisa jalan-jalan ke seluruh Indonesia ya, trus saya kapan dong. Hehehe...bencanda. Yang pasti saya bangga banget deh saat menjelang Asean Games ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga!

      Oia mba, kalo jadi travel blogger juga bisa keliling Indonesia loh*

      Hapus
  3. Semuanya memang destinasi wisata yang menarik buat di kunjungi di Indonesia. sayang banget tempatku ngga dilewati. tapi ikut bangga juga sih, sekalian memperkanlkan Indonesia di asia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin nanti ada saat'a Mas.

      Gimana kalo Blogger Eksis aja yang traveling ke tempatnya Mas Dony. hha*

      Hapus
  4. Wah, saya baru tahu kalau Nabila Syakieb atlet berkuda. Bawa obor sambil memacu cepat kuda? Buat saya yang pernah naik kuda ke tangga sebelum kawah dan padahal itupun dituntun, many thumbs buat Nabila deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Ika.

      Mba Larasasti mantan model zaman old juga tahun ini ikut tanding Asian Games deh untuk cabang olahraga berkuda*

      Hapus
  5. Bagus nih, selain event torch relay ternyata event ini juga sebagai momentum mengenalkan wisata Indonesia khususnya yang dilewati Torch Relay ke mata Asia, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Promosi bisa dilakukan dengan memanfaatkan momentum yang tepat..

      Semoga branding wonderful Indonesia bisa berhasil di mata dunia*

      Hapus
  6. Ajang olahraga seperti ini memang jadi hal yang baik bagi tuan rumah untuk sekaligus mengenalkan pariwisatanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak.

      Tuan rumah itu harus menjamu para tamunya dengan suguhan pesona pariwisata yang menggoda*

      Hapus
  7. Menarik juga ritual arak obor estafet ini. Bisa dari satu destinasi ke destinasi lain yg populer di tanah air. Ajang promosi yg ciamik dan efektif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat menarik mas Aan. Destinasi wisata di Indonesia bisa semakin viral di mata internasional*

      Hapus
  8. Wuih, tempat yang dilalui ini semuanya keren. Jadi pengen liburan ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, kapan kak Milda?

      Kita liburan bareng travel blogger lainnya*

      Hapus
  9. Torch relay sekaligus mwngwnalkan kepada dunia, tempat wisata yang indah di Indonesia. Padahal ini masih sebagian saja ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak. Ini hanya beberapa saja wisata unggulan yang terekspose..

      Indonesia itu kaya. Banyak potensi yang harus dilihat oleh dunia*

      Hapus
  10. masyaallah. keliling indonesia ya ini? semoga sukses acaranya dan menang lah kita. aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Semoga Indonesia juara umum Asian Games 2018*

      Hapus
  11. Aku mau lihat yang deket aja deh tanggal 15 Augustus di Monas hehe.. semoga pelaksanaan ASEAN Games berlangsung lancar ya ka..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ka Elly semoga lancar dan aman terkendali.

      Aku juga mau numpang eksis deh pas Torch Relay di Monas nanti*

      Hapus
  12. Alhamdulillah jd sekalian promosi Indonesia ya...mupeng banget liat destinasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih, aku juga pengen pake banget untuk keliling destinasi wisata yang ada di Indonesia*

      Hapus
  13. Bangga dengan Susi Susanti yang membawa api abadi untuk obor Asean Games, wah sekalian promosi tempat-tempat wisata di Indonesia ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu atlet legend kak. Memang layak jadi duta olahraga dan mungkin bisa diangkat jadi duta pariwisata juga yaa*

      Hapus
  14. Waaaaah perjalanan Torch Relay ini panjaaaaang banget yaaaa. Melewati banyak provinsi plus tempat tempat wisata kece pulaaaa. Gasabaaaar nunggu torch relay lewat deket sini. Makasi infonya yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wih.. kakak domisili dimana nih?

      Wisata Indonesia mah memang kece punya.
      Kalo aku gak sabar pengen keliling Indonesia. hha*

      Hapus
  15. Udah gak sabar nunggu giliran Jakarta sekaligus opening Asian Games 2018.... Indonesia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas.

      Semoga bisa dapat invitation opening Asian Games 2018 di Jakarta..

      Hapus
  16. kakak mau jegat dimana kak?? aku mau donk jegat apinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kakak mau maen debus yaa?
      Kok api'a malah dijegat?!?

      Mending jegat atlet'a aja kak yang masih muda terus cantik. Ajak foto bareng deh, kali aja berlanjut ke tahap selanjutnya.. *ehh

      Hapus