Tulis yang kamu cari

Adv

Realcom sebagai Sarana Kegiatan Belajar Mengajar di Era Digital

berbagi ilmu bersama Realcom


Belajar bersama
Penuh suka cita
Menuntut ilmu
Untuk masa depanku

Bertemu Pak Guru
Bertemu Bu Guru
Bersemangat untuk
Belajar bersama

         Itu adalah sepenggal lirik lagu yang pernah aku nyanyikan dalam pementasan drama musikal “Gen-X”. Saat itu, aku harus berperan sebagai seorang guru yang mengajar murid-murid dengan berbagai karakter di suatu kelas. Sebagai guru, aku dituntut untuk selalu tampil prima berdiri di depan kelas untuk mengajar. Sementara para peserta didik harus selalu siap menerima ilmu apa saja yang disampaikan oleh guru tersebut. Meski seringkali ilmu yang disampaikan justru tak masuk dalam ingatan karena kondisi kelas bisa kacau kapan saja.
            Kondisi demikian kerap kita temui dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Jika seorang guru tak mampu punya karisma atau metode belajar yang efektif, para murid sudah siap untuk mengkritisi apa yang terjadi di dalam kelas. Sementara jika murid sudah malas belajar, maka mereka akan merasa bosan dan guru tidak lagi menjadi pusat perhatian.

            Lantas, pembelajaran seperti apa yang kita butuhkan di era digital?

aplikasi realcom sebagai sarana belajar

            Pasti kegiatan belajar mengajar baru yang kita sukai. Tentu pembelajaran yang bersifat online karena lebih hemat waktu dan tenaga. Bukankah untuk berbagi ilmu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja!
       Dengan latar belakang tersebut telah hadir aplikasi Realcom. Sebuah aplikasi karya anak bangsa yang diperuntukkan untuk dunia pendidikan. Aplikasi ini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store untuk siapa saja yang ingin memilih berbagi ilmu sesuai topik yang dibutuhkan.
            Ibaratnya, jika kita membuka media sosial terus menerus yang kadang isi konten banyak unfaedah, lebih baik kita akses Realcom saja. Hal ini dikarenakan kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan, baik melalui Aplikasi Realcom dan portal web realcom.id. Kita akan semakin mudah mengikuti materi melalui laptop atau ponsel pintar yang ada pada genggaman tangan. Maka, tak ada alasan lagi kalau kegiatan belajar mengajar terasa membosankan.

           
Risanda Wijaya sebagai owner Realcom
Founder Realcom
Alhamdulillah, Blogger Eksis sudah berkenalan dengan sosok dibalik aplikasi Realcom. Siapa lagi kalau bukan, Risanda Wijaya selaku CEO Realcom. Perkenalan itu terjadi tepat hari Pahlawan pada Sabtu, 10 November 2018 di MULA Galeria, CoWork Space, Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Aku mendapat undangan untuk hadir dalam Seminar Sehari Kiat Mengajar Online dan Berkah.

     Seminar tersebut banyak dihadiri kalangan akademisi. Mereka ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana aplikasi Realcom yang berbasis media sosial bisa digunakan sebagai sarana belajar dan mengajar. Mereka juga sangat antusias saat Realcom dinilai bisa dimanfaatkan untuk strategi monetisasi. Berarti, kegiatan belajar mengajar online yang dilakukan melalui aplikasi ini bisa mendapat penghasilan.


Aplikasi Realcom diinisiasi pertama kali atas inovasi dari jamaah Majelis Dzikir Az Zikra, pimpinan Ustadz Muhammad Arifin Ilham. Pantas saja saat aku mengikuti majelis dzikir tersebut pada minggu pertama di awal bulan November ini, aku melihat beberapa banner Realcom tampak di Masjid Az Zikra, Sentul. Dari situ lahir inti keberkahan terobosan teknologi baru untuk dunia pendidikan karena dibangun dalam lingkup komunitas cinta ilmu bukan penyuka ghibah.

            Dengan tagline “Dari Indonesia untuk Dunia”, Realcom berada pada naungan PT. Reksa Inti Edukasi Citra. Setelah melalui tes pasar, tes program, dan tes server Realcom didirikan pada 1 Agustus 2016 dan diluncurkan pada 1 September 2016. Realcom telah siap dengan layanan jejaring sosial yang berorientasi pembelajaran berbasis digital untuk dunia pendidikan. Start-up canggih yang memiliki kepanjangan Real Community ini membentuk ‘Realcom Group’ yang setiap tahun berinovasi dengan pengembangan ragam layanan yang memudahkan kehidupan.

aplikasi Realcom terus berionvasi seiring kemajuan teknologi
target pengembangan Aplikasi Realcom

Kegiatan Belajar Mengajar di Realcom

      Kita harus memiliki akun terlebih dahulu untuk mulai menggunakan aplikasi Realcom. Dalam pembuatan akun, kita harus menentukan ingin berperan sebagai peserta didik atau guru. Jika menjadi peserta didik, kita akan diarahkan untuk memilih kelas apa saja yang ingin diikuti. Beda hal jika kita mendaftar sebagai guru, maka kita bisa mulai mengajar setelah mendapat trainer number dan ketika ada murid yang mau mengikuti sesi kelas yang kita ajar. Apalagi untuk masuk kelas harus ada ‘appointment’ terlebih dahulu berdasarkan tingkat pendidikan, jenis pembelajaran, dan jadwal ketersediaan guru.
      Setelah mendaftarkan akun, kita harus menunggu proses verifikasi. Demi mendapat validasi, ada 2 jalur yang disediakan yaitu manual verification by. realcom team selama 1 minggu dan fast track. Semua verifikasi dilakukan agar para pengguna memang berwujud manusia dalam dunia nyata, bukan robot-robot yang sengaja dimanfaatkan untuk kepentingan dunia maya.
     Verifikasi yang butuh waktu diutamakan untuk validasi akun guru. Tim Realcom akan melakukan checklist Know Your Customer (KYC) melalui CV yang diajukan (latar belakang pendidikan, sertifikasi keahlian, atau legalitas kelembagaan). Selain itu, track record jejak digital melalui media sosial seperti Facebook dan Linkedin juga akan dilacak oleh verification team. Dipastikan juga nomor handphone yang didaftarkan dalam kondisi aktif untuk verifikasi melalui panggilan telepon. Semua itu dilakukan demi kenyamanan pengguna sehingga setelah akun aktif tidak ada lagi konten yang bersifat fake news, hate speech, hoax, politik praktis, atau spam yang diunggah pada Aplikasi Realcom.

      Keep calm and #onlinelearning karena kegiatan belajar mengajar pada Realcom tidak dipungut bayaran alias GRATIS. Selain itu, fitur-fitur yang ada pada aplikasi Realcom begitu mumpuni, seperti live broadcast untuk berkomunikasi via chat langsung dengan guru yang sedang siaran langsung. Ada juga layanan mutakhir video call and video conference for 4 account sebagai terobosan yang membuat proses belajar mengajar begitu menyenangkan.
       Ke depan, Realcom justru lebih banyak membantu guru dan peserta didik untuk dapat menggunakan aplikasi ini sebagai cara untuk menulis (word), manajemen data (spreadsheet), atau membuat presentasi (power point). Setelah melalui proses belajar mengajar dalam jangka waktu sesi yang ditetapkan, kita juga bisa memperoleh sertifikat achievement karena telah menyelesaikan materi pembelajaran. Sangat mudah dan berfaedah kan kegiatan belajar mengajar via Realcom!

seminar-sehari-kiat-mengajar-online-dan-berkah
Para Peserta Seminar Sehari yang diselenggarakan oleh Realcom
***
            Kegiatan belajar mengajar tak lagi terbatas ruang dan waktu di era digital. Jika kita mau menimba ilmu, maka kita bisa bertemu melalui aplikasi yang tidak semu. Kita juga semakin bijak mendapat ilmu yang tepat dan turut serta sebarkan berita baik yang bermanfaat untuk sesama.
     Antusiasme para peserta Seminar Sehari pada Sabtu lalu begitu bersemangat. Banyak yang menyimak dan mengajukan pertanyaan untuk mendapat kesempatan mengajar dari Realcom. Terutama, saat pilihan giveaway tersedia bagi pengguna aplikasi Realcom yang aktif dan produktif dalam kegiatan belajar mengajar secara digital.
       Caranya cukup mudah. Setelah memiliki akun Realcom, kita bisa membagikan foto dan video informatif seputar dunia pendidikan dan sosial pada personal timeline. Semakin sering membagikan konten digital yang bermanfaat, maka kita akan mendapat poin yang bisa ditukar dengan undian berhadiah pulsa, voucher belanja, hingga paket wisata. Kita juga bisa coba terlibat aktif dalam ruang kelas (consultation) karena semakin banyak chat, semakin terbuka peluang untuk mendapat hadiah kejutan.

giveaway-voucher-belanja-dari-realcom


mengajar dapat hadiah dari realcom


kegiatan belajar mengajar di era digital dengan Realcom

            Tunggu apa lagi? Unduh Realcom sekarang juga dan nikmati dunia edukasi yang memberi inspirasi setiap hari*


Learning is not attained by chance, 
it must be sought for with ardor and attended to with diligence!

2 komentar:

  1. Wah.. keren banget aplikasi Realcom ini. Ilmu tidak lagi terbatas pada bangku sekolah atau kuliah.
    Mantab..

    BalasHapus
  2. MestiQQ Adalah perusahaan judi online KELAS DUNIA ber-grade A

    Sudah saatnya Pencinta POKER Bergabung bersama kami dengan Pemain - Pemain RATING-A

    Hanya dengan MINIMAL DEPOSIT RP. 10.000 anda sudah bisa bermain di semua games.

    Kini terdapat 8 permainan yang hanya menggunakan 1 User ID & hanya dalam 1 website.
    ( POKER, DOMINO99, ADU-Q, BANDAR POKER, BANDARQ, CAPSA SUSUN, SAKONG ONLINE, BANDAR66 )

    PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAWAL CEPAT Dan AMAN TIDAK LEBIH DARI 2 MENIT.

    100% tanpa robot, 100% Player VS Player.
    Live Chat Online 24 Jam Dan Dilayani Oleh Customer Service Profesional.

    Segera DAFTARKAN diri anda dan Coba keberuntungan anda bersama MestiQQ
    ** Register/Pendaftaran : WWW-MestiQQ-POKER
    Jadilah Milionare Sekarang Juga Hanya di MestiQQ ^^

    Untuk Informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Customer Service kami :
    BBM : 2C2EC3A3
    WA: +855966531715
    SKYPE : mestiqqcom@gmail.com

    BalasHapus