Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Cara Kelola THR Biar Tak Sekadar Numpang Lewat

 

internet-provider

     Momen lebaran identik dengan pembagian Tunjangan Hari Raya (THR). Bagi Blogger Eksis yang pernah jadi pegawai kantoran, tentu THR selalu dinantikan apalagi jumlah nominal yang didapat bisa 2x dari upah bulanan. Rasa bahagia penuh harap saat THR cair harus dimaksimalkan dengan perencanaan atau pengelolaan apa saja yang kita lakukan dari dana tersebut kemudian. Supaya THR tak sekadar numpang lewat, sudah saatnya kita kelola dengan bijak sama seperti kita saat memanfaatkan internet provider selama Ramadan tahun ini.

  Pentingnya kelola THR yang menumpuk pada saldo rekening kadang menggoyahkan iman apalagi pikiran. Baju atau sepatu baru sampai ganti gadget keluaran terbaru menjadi keinginan yang tak bisa terbantahkan. Asal jangan ganti provider internet cepat dari IndiHome ya. Soalnya layanan internet dari Telkom ini masih paling stabil dibanding yang lain.

   Sebenarnya wajar kalau kita mau membeli sesuatu yang diimpikan dari uang kaget seperti THR. Namun, ada baiknya tetap mengamalkan perilaku rajin menabung supaya THR tak sekadar numpang lewat dan hidup kita kembali dari nol alias boncos pasca lebaran. Kelola THR harus jadi prioritas kita sebagai bentuk tanggung jawab untuk menjaga kesehatan finansial ke depan. 

   Apalagi buat kamu yang gabung sebagai generasi sandwich. Biasanya, harus ada alokasi biaya buat keluarga dan orangtua yang sudah lanjut. Bila berada dalam kondisi tersebut, maka menabung dan berhematlah secara pandai sebab hidupmu tak hanya sekadar untuk hari ini.

  Yuk! Amalkan tips kelola THR ala Blogger Eksis biar semua tak sekadar numpang lewat pada catatan saldo rekening saja.

  1. Punya prioritas pengeluaran atau pos alokasi anggaran

Buat skala prioritas pengeluaran uangmu, mana yang harus didahulukan. Dibanding makan di restoran mewah atau beli merchandise idol kesukaan, kamu harus melengkapi terlebih dahulu kebutuhan pokok atau pos dana. Misal dana darurat (tabungan), dana pendidikan, dana pensiun, dana kesehatan, dan kepentingan dana lainnya. Mengingat, semua harus direncakan demi kehidupan yang terus berlanjut mendatang supaya keuanganmu lebih terarah. Kalau sudah ada skala prioritas dalam bentuk persentase ini, niscaya kamu tak akan bingung lagi untuk ambil keputusan finansial.


  1. Catat daftar kebutuhan yang harus dibelanjakan

Sisihkan tunjangan hari rayamu untuk berbagi kebahagiaan terlebih dahulu dengan orang terdekat. Kamu bisa beli kebutuhan lebaran yang lebih bermanfaat seperti masakan yang bisa disantap bersama atau kirim hampers untuk teman-teman. Berbagi rezeki juga bisa dilakukan dengan menunaikan kewajiban zakat. Jangan lupa, alokasikan saldo THRmu itu untuk self reward atau kebahagiaan dirimu juga dan kebutuhan pokok lain seperti makan sehari-hari, biaya transportasi, sampai tagihan bulanan.


  1. Mulai Berinvestasi

Menikmati hidup atau menabung saja rasanya tak cukup. Dana darurat yang memadai harus diinvestasikan supaya kita punya aset lain yang dimiliki untuk tambah cuan. Investasi ke reksa dana atau obligasi bisa jadi pilihan. Kedua instrumen investasi tersebut masih punya risiko yang konservatif hingga moderat. Metode investasi zaman now pun makin mudah hanya dengan mengandalkan layanan internet provider saja. Semua bisa diakses melalui aplikasi-aplikasi fintech yang terpercaya.


  1. Pahami Tujuan Keuangan yang Hendak Dicapai

Kalau sudah niat dan melakukan investasi, belum tentu finansialmu dinyatakan sehat. Maksimalkan aset investasi untuk sesuatu yang ingin dicapai. Sebab uang akan terus berputar dalam investasi.

Tujuan keuangan yang bisa kamu buat seperti kumpulkan dana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, buat beribadah umroh, menikah, punya rumah, atau aktivitas tanpa batas lain dengan jangka waktu tertentu. Jangan lupa pisahkan setiap dana sesuai tujuan keuangan tersebut biar bisa fokus dan tidak ada tumpang tindih terhadap kebijakan finansialmu.


   Tunjangan Hari Raya (THR) yang dinantikan sebagai bonus tambahan setiap tahun sudah dalam genggaman. Tak perlu terbuai euforia pasca lebaran yang kadang justru membuat pengeluaranmu makin berlebih. Pastikan kamu bisa bijak atur atau kelola THR dengan tips bermanfaat yang telah aku bagikan bermodal akses internet cepat ini.

Tanpa sikap bijak kelola THR dipastikan saldo rekeningmu akan habis untuk hal-hal yang tak diperlukan. Bukankah lebih penting untuk memikirkan kehidupan ke depan dan punya investasi jangka panjang? Selayaknya internet provider yang terus melesat, jangan sampai kamu bablas membeli banyak barang tak bermanfaat sehingga THR hanya sekadar numpang lewat!!


           Hari-Raya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar