Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Telkom Indonesia Hadirkan Metaverse untuk Masjid Istiqlal

 

Telkom-Indonesia


   Ekosistem metaNesia sudah menghadirkan dunia baru Metaverse sejak tahun lalu. Bagi Blogger Eksis yang hobi menjelajah dunia maya tanpa batas siap berimajinasi menerima inovasi dari konsep teknologi canggih ini. Berbekal jaringan internet provider, siapapun bisa mengunjungi Masjid Istiqlal kapan saja. Arsitektur yang indah akan dirasakan dalam Istiqlalverse persembahan Telkom Indonesia.

   Menulis tentang masjid yang berteknologi, ingatanku kembali berputar. Pertama kali aku melangkah kaki ke masjid Istiqlal saat masih tergabung dalam kelompok remaja masjid. Seingatku, saat itu bulan Ramadan dan aku melakukan salat Jumat di masjid yang bikin hati terasa adem. Selesai salat Jumat, aku dan teman-teman biasanya berkeliling trotoar masjid dan berburu pakaian atau busana muslim yang dijual. Jaringan internet cepat belum merata kala aku kecil sehingga belanja offline jelang lebaran masih diminati. Bisa dibayangkan ramai sekali para penjual yang gelar lapak seperti di Pasar Tanah Abang.

   Tak hanya ramai saat momen Jumat’an saja. Masjid Istiqlal biasanya aku kunjungi bersama keluarga saat momen hari raya seperti Idul Fitri atau Idul Adha. Kami memilih masjid ini supaya bisa beribadah lebih khusyuk. Para petinggi negara (pejabat) dan public figure biasanya juga hadir pada momen tersebut.

   Acara-acara kajian atau tabligh akbar pun kerap diadakan di Masjid Istiqlal. Pengelolaan masjid memang terbilang rapi. Ketertiban pengunjung selalu dimonitor secara aman. Fasilitas-fasilitas umum untuk para jamaah juga tersedia. Kondisi ini memberi pengalaman luar biasa bagi siapa saja yang niat berkunjung ke masjid yang begitu indah nan megah.


   Pengalamanku paling menarik yaitu saat aku pernah berada seharian di masjid Istiqlal pada tahun 2016. Kala itu, aku merenung dan merayakan hari lebaran sendirian. Padahal beberapa kali aku mengunjungi masjid Istiqlal bersama keluarga tercinta. Namun, aku harus sanggup menikmati hiruk pikuk hari raya saat tertimpa masalah keluarga.

  Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini seakan menjadi tempat pelarianku untuk berlindung dan mengadu semua problema hidup yang menimpa. Eh, entah predikat masjid terbesar masih dipegang Istiqlal atau sudah digeser dengan kemegahan masjid lain saat ini. Aku belum mencari tahu melalui jaringan internet provider di rumahku. 

  Selama pandemi COVID-19, Masjid Istiqlal ditutup untuk umum. Kunjungan untuk sekadar wisata religi atau ibadah tidak dapat dilaksanakan. Setelah 2 tahun pandemi melandai, akhirnya Masjid Istiqlal dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat. Bangunan yang sudah bersih dan besar telah renovasi menjadi lebih baik lagi.


Masjid-Istiqlal


Terobosan unik New Istiqlal hadir dalam ekosistem metaNesia. Hal ini diharap bisa jadi media baru bagi pengunjung yang mau berinteraksi di dalam masjid virtual versi Istiqlal supaya lebih interaktif dan imersif. Istiqlalverse yang baru dilaunching menjadi masjid pertama yang masuk dalam metaverse dan meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Umat muslim yang belum bisa berkunjung ke Masjid Istiqlal secara langsung kini bisa akses dunia virtual Istiqlalverse melalui handphone, tablet, atau laptop.

Peluncuran Istiqlalverse sudah dilakukan bertepatan dengan ulang tahun Masjid Istiqlal ke-45 pada bulan Februari lalu. Tema yang diusung “New Istiqlal, Keberagaman Inklusif untuk Indonesia Hebat”. Hal ini sejalan dengan misi Masjid Istiqlal sebagai pusat penyebaran dakwah buat masyarakat Indonesia khususnya dan secara umum untuk umat muslim dunia.

Kolaborasi Telkom Indonesia tidak hanya hadir sebatas aktivitas teknologi dunia virtual saja. IndiHome juga punya layanan Paket Rumah Ibadah yang didukung jaringan internet cepat. Hal ini dilakukan supaya kegiatan keagamaan secara online bisa berlangsung mulus seiring dengan aktivitas ibadah yang wajib dijalankan secara terus menerus. Dengan bentuk kolaborasi terhadap teknologi seperti ini diharap bisa tumbuh tren baru sehingga tempat ibadah dipandang sebagai destinasi wisata religi yang seru.

Kebermanfaatan teknologi yang beradaptasi dengan desain bangunan masjid bisa memberi pengalaman virtual yang beda bagi siapa saja yang suka bertualang online. Istiqlalverse sangat direkomendasikan untuk kunjungan bersama keluarga, khususnya masyarakat diluar Jakarta. Perjalanan hidup dunia nyata dan dunia maya terbukti tak sekadar cari hiburan semata. Semoga saja Istiqlalverse yang didukung jaringan internet provider IndiHome bisa memberi keberkahan didalamnya. Go beyond limits with Istiqlalverse now!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar