Tulis yang kamu cari

Adv

Lingkungan yang Sehat akan Bermanfaat bagi Masa Depan Kita


              Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan alam semesta beserta isinya dengan penuh rahmat-Nya agar dapat dimanfaatkan, dikelola, dan dipelihara oleh seluruh umat manusia untuk kesejahteraan manusia itu sendiri.

Blogger Eksis peduli lingkungan sekitar


        Alam merupakan sahabat bagi manusia dalam mencurahkan berbagai bentuk emosi atau perasaan. Lingkungan juga dianggap sebagai rumah kita; yang harus tetap terawat dan terjaga dari segala bentuk ancaman karena alam yang terjaga dengan baik akan memberi manfaat bagi manusia secara lahiriah dan batiniah.

            Pada hakikatnya, makhluk hidup dan lingkungan merupakan suatu kesatuan yang saling berhubungan. Hal ini dikarenakan lingkungan hidup adalah suatu media interaksi makhluk hidup (biotik) dengan segala sumber daya alam (abiotik), seperti tanah, air, udara, dan benda-benda mati lainnya. Proses ini disertai hubungan timbal balik. Dengan adanya pola interaksi tersebut diharapkan tercipta keseimbangan lingkungan yang selaras, serasi, dan dinamis sehingga lingkungan akan tetap lestari.

            Akan tetapi, hal tersebut masih jauh dari yang kita harapkan karena banyak permasalahan yang timbul. Salah satu masalah dari kerusakan lingkungan yang terjadi adalah penebangan hutan secara liar. Penebangan ini mengakibatkan terganggu fungsi ekosistem hutan tersebut sehingga mempengaruhi populasi yang ada dalam suatu komunitas. Hal-hal tersebut harus menjadi acuan utama Pemerintah untuk melakukan pengelolaan lingkungan yang mengarah pada integrasi yang dilakukan secara berkesinambungan melalui upaya penegakkan hukum tentang peraturan yang menyangkut kegiatan kehutanan.

           Selain masalah tersebut, pencemaran yang meliputi air, tanah, dan udara juga dikatakan sebagai masalah kerusakan lingkungan. Pencemaran air dipengaruhi oleh pembuangan limbah-limbah pabrik yang mengandung sifat-sifat bahan pencemar. Bahan-bahan tersebut berpengaruh terhadap pola keseimbangan lingkungan, khususnya di wilayah perairan. Untuk menanggulangi hal itu, pabrik-pabrik yang beroperasi sebaiknya mengolah segala bentuk limbah industri melalui sebuah sarana, sebelum limbah tersebut dibuang ke wilayah perairan.

            Masalah lingkungan lain terjadi pada pencemaran tanah. Pencemaran tanah yang terjadi selalu erat kaitannya dengan sektor pertanian, yaitu penggunaan pupuk tidak sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Hal ini dapat meningkatkan kandungan basa yang begitu besar di dalam tanah sehingga mempengaruhi tingkat kesuburan tanah. Diharapkan dalam melakukan kegiatan pertanian harus mempertimbangkan upaya-upaya berkelanjutan dan berkesinambungan agar pertanian dapat menghasilkan kualitas dan kuantitas yang dapat dipertanggungjawabkan.

           Masalah kerusakan lingkungan lain yang cukup berbahaya adalah pencemaran udara atau lebih kita kenal dengan polusi udara. Pencemaran udara berasal dari asap (gas buangan) kendaraan bermotor. Diharapkan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan emisi asap dan mesin-mesin kendaraan bermotor yang dipandu oleh petugas terkait. Lebih dari itu, diharap kepada generasi muda untuk dapat menggunakan kendaraan tanpa bahan bakar, seperti sepeda. Hal ini dapat mewujudkan pola hidup remaja sehat.
Bersepeda menjadi pilihan pola hidup sehat

          Selain itu, akibat dari pencemaran udara mempengaruhi fungsi taman-taman kota yang berawal sebagai paru-paru kota, kini sudah tidak dapat menjalankan fungsi tersebut. Diharapkan kepada Pemerintah untuk tetap melakukan koordinasi terhadap instansi-instansi terkait dalam memberi sosialisasi penghijauan lingkungan hidup bagi masyarakat dan generasi muda karena keterlibatan generasi muda dalam kegiatan penghijauan membuat generasi muda akan lebih turut aktif menyampaikan aspirasi tentang lingkungan hidup.

       Bagi generasi muda saat ini seperti Blogger Eksis, lingkungan dapat dijadikan sebagai media kreativitas seni dan olahraga. Misal melalui lingkungan, kita dapat memanfaatkan kegiatan daur ulang sampah yang dapat diolah menjadi hasil kerajinan seni. Selain itu, lingkungan dapat memberi ilham atau inspirasi untuk menghasilkan berbagai macam bentuk karya sastra seperti lagu, puisi, cerpen, dan novel. Melalui lingkungan yang bersih dan terawat, kegiatan olahraga yang kita lakukan akan lebih terasa manfaatnya dalam membentuk kepribadian remaja dengan mental dan fisik yang kuat dan sehat, baik secara jasmani maupun rohani.

            Dapat dikatakan segala bentuk masalah yang terjadi terhadap lingkungan hidup memiliki akar permasalahan yang bersumber dari manusia itu sendiri. Hal ini didasari karena manusia memiliki suatu kebutuhan hidup yang dalam proses pemenuhannya memerlukan pemanfaatan dan pengeksploitasian alam sekitar. Hanya saja dalam pemanfaatan lingkungan manusia cenderung bersifat serakah. Padahal keserakahan dapat menyengsarakan diri sendiri atau orang lain.
            Kini, kita berada di era globalisasi. Suatu masa yang mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan perpaduan pola pikir modern. Hal ini dapat memberi dampak positif maupun negatif. Dikatakan positif karena akan memberi suatu kemudahan dalam pengeksploitasian kekayaan alam yang terkait pada peranan sumber daya manusia itu sendiri melalui suatu kecakapan hidup (life skill) berbasis alih teknologi, sedangkan dikatakan negatif karena akan membawa dampak kerusakan lingkungan yang luar biasa, seperti kasus-kasus kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh indutri-industri maupun masyarakat itu sendiri.
         Kasus-kasus tersebut memberi suatu anggapan untuk kita semua, bahwa manusia harus dapat mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam secara optimal tanpa mengabaikan kelestarian dan keasrian lingkungan hidup. Kondisi demikian harus diwujudkan agar terlaksana kegiatan pembangunan yang berwawasan lingkungan, di masa yang akan datang sebagai bekal dari generasi ke generasi.

            Mulai saat ini, dalam seluruh aktivitas manusia terhadap pengelolaan lingkungan hidup, harus ditumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab akan lingkungan hidup di sekitar kita. Dimulai dari diri sendiri agar dapat dikembangkan untuk orang lain. Hal-hal yang demikian akan menciptakan dan mewujudkan suatu lingkungan lestari agar generasi muda dapat mewarisi lingkungan yang sehat dan bermanfaat bagi masa depannya.

Menuju lingkungan lestari untuk masa depan kita nanti


25 komentar:

  1. Lingkungan sekitar kalau dari pribadi masing-masing ngejaga Insya Allah dampaknya akan menjadi ringan untuk kehidupan. Ndak ada yang namanya sampah mampet di got yaaa, jadi saat orang ingin menikmati lingkungan yang bersih yaaa, gak susah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul! Kita harus menjaga lingkungan dari lingkungan terdekat.

      Salam Sehat*

      Hapus
  2. Lingkungan bersih akan sehat warganya pastinya. Kalau udah sehat akan makin produktif manusiannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.

      Itulah manfaatnya kita menjaga lingkungan sekitar agar selalu produktif dalam berkarya. Yuk, biasakan gaya hidup sehat*

      Hapus
  3. Menjaga lingkungan selalu bersih dengan menjaga lingkungan tetap hijau, mengurangi polusi dan mengurangi penggunaan sampah demi masa depan dunia yang lebih baik bagi anak cucu. mantep banget sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Apalagi jika kita menjalankan dengan setulus hati. Niscaya lingkungan ini bisa jadi warisan untuk lintas generasi ;)

      Hapus
  4. Pengelolaan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab kita semua. Karena lingkungan yang sehat akan membuat orang yang tinggal di sana menjadi manusia yang sehat dan inshaallah bahagia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Kalau sudah menerapkan gaya hidup sehat, jangan lupa bahagia yaa*

      Hapus
  5. nah pelestarian alam dan lingkungan ini harus kerja bareng-bareng agar bumi ini tetap indah dan makhluk hidup pun nyaman dengan lingkungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ManTul kak.

      Kalau bukan kita yang melestarikan, siapa lagi yaa kan*

      Hapus
  6. Kepedulian terhadap lingkungan, menjaga lingkungan sebenarnya menjaga diri kita sendiri ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banget kak. Kalau sudah terbiasa, insya allah bisa kita tularkan kepada orang lain untuk jadi gerakan yang memberi manfaat kepada lingkungan*

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  8. Kalau lingkungan bersih udara terasa lebih alami, dan warganya juga ikut terbawa sehat. Menjaga lingkungan pada dasarnya menabung kebaikan buat kita sendiri ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibarat investasi untuk anak cucu kita nanti. Kalau bukan sekarang, kapan lagi...

      Hapus
  9. bener nih, permasalahan hidup dan lingkungan sebenarnya juga akibat ulah manusia juga..udah saatnya lebih peduli lingkungan sekitar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimulai dengan peduli terhadap gaya hidup sehat untuk diri sendiri, lalu kita peduli terhadap lingkungan sekitar. Dengan begitu semua permasalahan bisa teratasi*

      Hapus
  10. Bener banget, dan mesti mulai aware nih dengan masalah lingkungan, kalau nggak dimulai sama kita oleh siapa lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Apalagi banyak bencana yang terjadi.

      Selamat menjalankan gaya hidup sehat yaa kak*

      Hapus
  11. tanggungjawab besar meski terlihat sepele saat ini menurut aku adalah soal pembuangan sampah, ini buat masa depan lingkungan kita ke depan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak. Dari hal-hal sederhana disekitar kita untuk membuang sampah pada tempatnya saja akan berguna kelak untuk masa depan lingkungan kita*

      Hapus
  12. Menjaga lingkungan itu penting sekali. Semua itu akan berdampak thd masa depan kita dan bangsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Semoga masa depan Indonesia bisa sehat jika generasinya mau menjaga keasrian lingkungan*

      Hapus
  13. Mari kita menjaga lingkungan biar bersih, nyaman, aman untuk di tinggali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak.. Biasakan gaya hidup sehat!

      Hapus