Tulis yang kamu cari

Adv

NGOPI with OPPO Find X


“Woi, udah pada ngopi belom?
Diem-diem bae… .
Ngopi ngapa ngopi..”

Blogger Eksis mau cerita tentang ngopi nih biar blog’a gak sepi. Tapi, ngopi kali ini beda dari yang lain. Maksudnya, ngopi itu cuma singkatan dari NGObrolin Peristiwa seputar IT.

Venue event Ngopi with OPPO Find X
Insta Story Detikinet
Jum’at, 20 Juli 2018 jadi hari keberuntunganku. Blogger Eksis mendapat undangan untuk menghadiri event Ngopi yang diselenggarakan oleh detik.com bersama ratusan detikers di Hard Rock Café, Pacific Place Mall, Jakarta Selatan. Event ini sudah yang kedua kali aku hadiri karena memang aku suka dengan perkembangan dunia digital apalagi kalau sudah ngobrol tentang teknologi supaya biar melek alias gak gaptek (gagap teknologi).

Bagi aku yang berprofesi sebagai blogger, ponsel pintar (smartphone) bukan cuma sebatas alat komunikasi. Ponsel memiliki multi fungsi seolah melakukan transformasi untuk menghasilkan pundi-pundi uang, mencari kesenangan berupa hiburan virtual, sarana order makanan dan transportasi kekinian, hingga swafoto yang wajib dilakukan untuk menunjukkan eksistensi dimanapun aku berada. Semua itu membuat ponsel jadi kebutuhan primer yang memegang peran sangat vital dalam kehidupan.

Untuk menunjang aktivitas Blogger Eksis yang segudang (sok sibuk!). Aku selalu menggunakan 2 ponsel, baik yang berbasis iOs maupun Android. Sistem operasi ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Mulai dari aksesibilitas, kamera, audio, kualitas grafis, dan lain-lain.

Sebelum resolusi #2019GantiPonsel ala Blogger Eksis bisa dikabulkan. Aku mulai mencari referensi ponsel apa yang sesuai dengan kebutuhanku. Brand dari OPPO ternyata bisa memberi jawaban saat aku menghadiri event di malam itu.

Dengan penuh rasa bangga, Blogger Eksis bisa hands on alias memegang ponsel produksi OPPO dan menguji produk terbaru yang diberi nama Oppo Find X. Nama yang cukup mewah karena siap bersaing dengan brand-brand dari toko sebelah.

OPPO Find X resmi diperkenalkan pertama kali di Louvre Museum, Paris pada tanggal 19 Juni 2018. Sementara di Indonesia, produk ini diluncurkan tepat pada tanggal 18 Juli 2018. Dua hari setelah peluncuran, aku langsung memegang ponsel ini dalam genggaman.

Setiap launching smartphone terbaru, ada saja punching line yang mampu menarik konsumen. Kecanggihan teknologi yang disebut AI (Artificial Intelligence) alias kecerdasan buatan dengan tagline the future flagship membuat OPPO Find X akan semakin unggul di masa depan.
Para narasumber yang hadir dalam event NGOPI

        Sesi talkshow pada malam itu dibuka oleh Ronald Surapradja sebagai host. Setelah itu, ada beberapa narasumber yang dihadirkan, seperti Aryo Meidianto (OPPO Indonesia), Adi Fida Rahman (Redaksi Detikinet), dan Zivanna Letisha (Puteri Indonesia 2008). Obrolan begitu seru menyangkut semua hal tentang OPPO Find X yang berhasil dikulik secara ciamik.

Berikut Blogger Eksis rangkum tentang keunggulan apa saja yang dimiliki OPPO Find X ini berdasarkan dari obrolan pada event tersebut, yaitu:

         1. Desain

Saat aku melihat langsung tampilan depan dan belakang dari OPPO Find X sudah terlihat mewah. Tak ada lubang receiver yang tampak untuk kamera depan atau audio, serta tampilan depan terbebas dari tombol home. Layar ini memiliki desain curve display atau layar dengan bentuk membulat di sisi samping kanan dan kiri.
Layar OPPO Find X juga disebut dengan konsep Panoramic Arc Screen. Adopsi layar dengan sudut melengkung pada kedua sisinya. OPPO Find X pun memberi pengalaman baru karena jariku yang menyentuh pada layar terasa semakin natural.
Ada tampilan full screen berukuran 6, 4 inci tanpa notch dan berbezel super tipis. Resolusi dari layar ini juga sudah mendukung Full HD+. Dibalut teknologi yang digunakan untuk layar dengan COP flexible melalui rasio sebesar 93, 8%.

Tampilan belakang OPPO Find XEfek dari desain ini, pengguna bisa lebih merasakan pengalaman visual yang maksimal untuk sekedar menonton video streaming atau browsing. Para gamers juga akan mendapat kenikmatan tersendiri. Mereka tak akan pernah terganggu saat notifikasi masuk ketika sedang bermain games. Permainan tetap berlanjut karena notifikasi tak akan membuat game terhenti atau menjadi distraksi.
Kita bisa memilih desain dengan dua pilihan gradasi warna yang eksklusif, yaitu Bordeaux Red dan Glacier Blue. Kilauan kedua warna hadir saat ponsel dilihat dari sisi belakang karena akan tampak seperti batu permata yang elegan. Perangkat ponsel makin terlihat bersinar dari sudut pandang yang beda cahaya. Layak jika desain tampilan menempatkan OPPO Find X ke dalam kelas premium.

         2. Kamera

Wefie bersama ineters menggunakan kamera depan OPPO Find X
Uji coba wefie bersama ineters menggunakan OPPO Find X
Ponsel OPPO Find X memiliki keunikan tersendiri dari segi kamera. Aku takjub karena saat coba mengambil foto terasa ada pergerakan dari sisi depan dan belakang kamera. Ternyata, hal itu merupakan respon otomatis dari Stealth 3D Camera atau teknologi kamera 3D tersembunyi.
Yup, kamera pada OPPO Find X tersemat dengan modul kamera geser (slidding). Jika kita lihat sekilas dari tampilan, ponsel ini seolah tidak memiliki kamera. Secara otomatis kamera akan bergeser ke atas (pop-up) saat perangkat diaktifkan melalui aplikasi atau saat kita membutuhkan kamera untuk mengambil gambar. Jika kamera tidak digunakan atau ponsel terjatuh dari genggaman, maka kamera akan otomatis menutup lensa dan bersembunyi dalam body smartphone.
Kamera pada OPPO Find X juga bisa membantu saat memotret objek dalam kondisi yang kurang kondusif seperti backlight. Dengan teknologi pixel-level graded exposure dan sensor HDR 2.0, kamera bisa memperjelas perbedaan antara objek foto dan latar belakang. Selain itu, pengguna juga tak perlu lagi menduga hasil foto,karena bisa langsung terlihat di layar dalam preview yang begitu dinamis.

Untuk resolusi kamera juga semakin unik karena kamera depan lebih besar dari kamera belakang. Resolusi kamera OPPO Find X terdiri dari 25 MegaPixels untuk kamera depan plus sensor IMX 576 dan 20 MegaPixels serta 16 MegaPixels untuk kamera belakang dengan sensor IMX 519 serta IMX 376. Kedua kamera ini memiliki sudut pandang wide angle dan short telephoto dengan rasio zoom optis 2x.

Lantas, mengapa kamera belakang punya dua resolusi? Karena OPPO Find X telah dilengkapi modul dua lensa dengan sistem Optical Image Stabilization (OIS) yang menghasilkan efek depth of field. OPPO menyebut kamera ganda pada bodi belakang sebagai AI-enhanced Dual Camera. Jepretan kamera tersebut akan terlihat lebih tajam termasuk saat bokeh effect diaktifkan.
Jika kita terbiasa mempelajari smartphone photography, kita juga bisa dengan mudah mengambil foto menggunakan konsep cerita impresi karena OPPO Find X mampu mengenal 20 skenario fotografi dan sekitar 800 scene yang sedap dipandang. Teknologi ini dikenal dengan istilah AI Scene Recognition yang bisa mengidentifikasi objek yang akan difoto dengan berbagai macam kondisi saat jepret model apapun.
 Misal, kita mau memotret makanan, maka akan ditampilkan scenes makanan yang bisa digunakan. Dengan begitu kita tidak akan repot lagi melakukan berbagai pengaturan kamera. Semua teknologi dalam kamera belakang telah mengcover kegiatan dokumentasi momen-momen berharga dalam hidup kita sehingga akan menimbulkan makna tersendiri.

Blogger Eksis selfie menggunakan ponsel OPPO Find XLalu, bagaimana dengan kamera depan? OPPO Find X menyebut konsep yang digunakan untuk front camera yaitu AI-enhanced 3D Camera. Di mana ketika kita mau mengambil swafoto, maka kamera akan secara pintar mengidentifikasi dan menganalisa bentuk muka, hidung, mata, dan bagian wajah lain sehingga hasil foto lebih alami.
Kamera depan juga dilengkapi dengan teknik 3D lighting. Modul 3D structured light ini terdiri atas flood illuminator, infrared camera, proximity sensor, dot projector, reciever, dan RGB Camera. Fungsinya untuk menghasilkan foto portrait yang artistik sesuai dengan kondisi yang ada.

Penggunaan kamera akan mampu memberi berbagai efek cahaya terhadap foto wajah. Seperti feature light yang menegaskan kontur wajah, bi-color light yang memberi simulasi lampu klasik neo warna biru dan merah, serta rim light yang mencerahkan warna kulit dan membuat kontur wajah menjadi lebih jelas.
selfie menggunakan fitur bi-color light dari kamera OPPO Find X
Hasil swafoto bi-color light

         Kamera yang memiliki fitur O-Face juga terbilang multi guna karena tak hanya memenuhi kebutuhan swafoto semata. Ada face recognition dengan konsep
3D Omoji. Pengguna bisa membuat avatar atau gambar karakter dalam bentuk kartun. Namun, tampilan wajah akan mirip dengan foto asli kita. Lebih asyik lagi, omoji ini bisa digunakan dalam video atau GIF dan dibagikan langsung melalui aplikasi instant messaging.
Wah, fitur kamera OPPO Find X memang unik sehingga memanjakan para selfie expert. Apalagi setelah mengambil gambar selfie atau wefie, kita juga bisa menyematkan stiker-stiker lucu agar foto yang dihasilkan semakin kece dan siap disebar melalui media sosial supaya viral.
Sticker Photo pada kamera OPPO Find X
Uji coba kamera menggunakan sticker

3. Sistem Pengamanan

OPPO Find X dilengkapi dengan fitur pemindai 3D O-Face yang membuat ponsel ini tangguh melalui komponen high technologySebuah sistem keamanan yang menjamin para pengguna untuk menyimpan file-file penting dalam ponsel pintar pribadi. Teknologi ini mampu memgenali wajah pengguna dalam waktu singkat sekitar 0,6 detik.
Blogger Eksis hands on OPPO Find X
Uji coba fitur O-Face
Berkat O-Face, kamera depan bisa melakukan deteksi 15.000 titik di wajah pengguna dan membuat skema tiga dimensi yang tepat dari wajah pengguna. Dengan begitu face recognition lebih akurat terutama saat digunakan untuk membuka layar ponsel yang berada dalam keadaan terkunci. Bahkan fitur O-Face memiliki rasio kesalahan sebesar 1/1.000.000. Artinya, lebih aman dibanding fitur pemindai sidik jari yang memiliki rasio kesalahan sebesar 1/50.000.
Jika OPPO Find X hilang atau ada tangan-tangan jahil yang mau mengutak-atik privasimu dalam ponsel dijamin lebih aman. Teknologi face unlock diklaim lebih bebas dari bahaya kriminal dibanding dengan secure system berupa fingerprint scanner. Siapa juga yang bisa memalsukan wajah kita yang sudah dikenali oleh sistem.

         4. Performa

Desain menarik, kamera unik, dan sistem pengamanan terbaik tak akan berarti jika tidak didukung performa sistem yang apik. OPPO Find X mengusung chipset tercepat Qualcomm Hexagon 685 DSP, yakni Snapdragon 845 dengan unit pengolah grafis Adreno 630. Dipadukan dengan kombinasi RAM sebesar 8 GB dan ROM berukuran 256 GB atau 512 GB.
Sementara untuk sistem operasi yang dijalankan OPPO Find X yaitu Android 8.1 dengan UI Color OS 5.1 ala Oppo. Sistem ini ibarat otak dari ponsel yang mendukung kinerja perangkat didalamnya. Performa sudah pasti teruji karena saling terintegrasi dan sudah disinkronisasi.

          5. Daya Tahan

Baterai OPPO Find X berkekuatan 3.730 mAh dengan teknologi pengisian cepat atau fitur fast charging khas OPPO yang dikenal dengan sebutan VOOC. Teknologi VOOC Charge merupakan teknologi yang  membuat pengisian daya lebih cepat. Sambungkan ke arus listrik selama 38 menit maka daya baterai akan terisi full. Teknologi ini juga membuat smartphone tidak panas saat dicharge sambil dimainkan karena memakai cool battery.
Pilihan variasi warna OPPO Find X

Itulah ketangguhan dari OPPO Find X yang termasuk flagship OPPO terbaru setelah 4 tahun lama absen. Dari penelusuran informasi yang Blogger Eksis dapatkan, seri Find terakhir telah meluncur pada tahun 2014 silam. Jadi, Find X ini mengobati rasa rindu para penggemarnya di Indonesia.

 

Harga Oppo Find X yang sudah resmi masuk pasar indonesia yaitu senilai dengan Rp 12.999.000,- untuk versi RAM 8 GB / ROM 256 GB. Untuk informasi lokasi pembelian dan fitur lain mengenai OPPO Find X, silakan diintip melalui http://findx.oppomobile.id.

Blogger Eksis hadir di event NGOPI with OPPO Find X

Secara keseluruhan, Blogger Eksis sangat suka dengan ponsel OPPO Find X. Harga sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Tidak seperti brand lain yang fiturnya terasa kurang lengkap. Segmentasi pasar OPPO pun mulai menjangkau kelas atas dengan kualitas tak terbatas.
Semua kebutuhan di zaman now yang mutlak serba digital sudah terpenuhi oleh OPPO Find X. Mulai dari membuat konten digital hingga perangkat untuk pekerjaan bisa menggunakan gawai premium ini. Kemolekan desain ditambah kecanggihan teknologi membuat siapa saja terpesona untuk memilikinya. Jika ada OPPO Find X dalam genggaman, rasanya gaya hidup kita sudah pasti kekinian dan anti ketinggalan zaman. Kesempurnaan ponsel yang futuristik membuat ponsel ini layak disebut “future flagship” dan menjadi primadona saat ngopi malam itu.

Suasana kemeriahan panggung dalam event Ngopi with OPPO Find X
suasana panggung hiburan
Tidak berhenti pada sesi talkshow dan uji coba OPPO Find X, detikinet yang menjadi penyelenggara juga memberi kejutan bagi para tamu undangan yang hadir pada malam itu. Semua bisa mengikuti games dengan hadiah voucher MAP jutaan rupiah. Ada juga pembagian doorprize kepada 3 ineters yang beruntung secara random. Tak tanggung, panitia menyiapkan 1 unit drone dan 2 unit headphone senilai jutaan rupiah.
Penyanyi Bams sedang bernyanyi di acara Ngopi with OPPO Find X
penampilan Bams di atas pentas
Di penghujung acara, semua mulai berjingkrak ria. Ada penampilan guest star dari Nev+ dan Bams yang menghibur dengan lagu-lagu nostalgia. Senandung terdengar menggema di café malam itu. Ineters termasuk Blogger Eksis begitu bahagia.
swafoto menggunakan OPPO Find X
Foto bareng Zivanna Letisha
Itulah keseruan Ngopi with OPPO Find X pada waktu lalu. Jika kamu mau merekomendasikan ponsel ini dengan teman-teman lain atau mau ikut ngopi dievent berikutnya, ayo share informasi sekarang detik ini juga*

31 komentar:

  1. Weish ajakannya luar biasa nih hahaha OPPO memang luar biasa ya fitur fiturnya. Nice event gaes

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoih Mak.

      Fiturnya warbyasah karena lebih lengkap dibanding brand sebelah*

      Hapus
  2. Saya gak pake Oppo tapi klo ngumpul bareng teman teman, trus ada sesi foto, biasanya cari Oppo hehee... selain itu, kelebihan lain dari Oppo juga banyak yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kak.

      Saya juga sering pinjam OPPO punya teman untuk wefie bareng. Hasil kamera'a bening*

      Hapus
  3. Oppo ini memang luar biasa. Sayang saya blm bs pakai Oppo, padahal pengen bgtt, fitur² nya luar biasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blogger Eksis doain dah semoga Mak Tina bisa beli OPPO Find X dari penghasilan ngblog'a*

      Hapus
  4. Hihihi...anakku yang baru 5 thn suka bilang gitu, Bundaaa...udah ngopi beluuum Diem-diem bae, wkwkwkw...OPPO emang kece teknologi kameranya, makin mupeng, deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kata-kata itu emang pernah viral di awal tahun 2018.

      Kalo udah ngopi, jangan lupa selfie pake OPPO yaa kak supaya makin kece hasil fotonya :D

      Hapus
  5. Oppo ini memang kalau mau foto-foto suka di cari,ada yang bawa oppo nggak kameranya, langsung deh cekrek cekrek. Hasilnya selalu oke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju..

      OPPO itu memang membuat kita makin kece kalo difoto*

      Hapus
  6. Saya salah satu yang tertinggal nih soal ponsel Oppo. Semoga berkesempatan bisa memiliki ponsel pintar yang canggih itu biar bisa merasakan segala fasilitas canggihnya. Menggantikan ponsel hasil ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Semoga do'a diijabah yaa Teh Okti supaya bisa beli OPPO Find X..

      Hapus
  7. OPPO memang TOP deh. Belum kelar nikmatin OPPO Serie F udah muncul yang baru OPPO Find X.. gak kebayang gimana canggihnya nih kamera hp..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Aku aja sampai lupa-lupa inget serie'a..

      Tahun kemarin udah seneng banget pas coba OPPO F3 Plus, terus tahun ini udah ada serie yang lebih canggih*

      Hapus
  8. Smakin termanjakan deh para selfie expert dengan OPPO Find X ini. Canggih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para Blogger juga bisa makin eksis deh dengan berfoto menggunakan smartphone canggih ini*

      Hapus
  9. Pernah nyobain pake kameranya wah mantaps banget nih, bentuknya juga canggih dengan kamera tersembunyi nya ,..asyik deh bikin ngiler :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Aku juga kaget dengan teknologi Stealth 3D Camera.

      Hebat euy, kamera'a bisa ngumpet gitu*

      Hapus
  10. Setelah sukses meluncurkan oppo f7, dan sekarang hadir dengan penampilan lebih memukam lewat oppo find X. Oppo f7 belum juga kebeli, sekarang uda muncul oppo find X. Terus aku kudu piye :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo aku kudu berdoa aja supaya Ka Shinta giat ngblognya, lancar rezekinya, dan dan bisa ditabung terus kebeli deh OPPO Find X..

      Hapus
  11. mupeng abis dengan shapenya oppo fid X ini..cuma..lumayan pricey ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga tidak mengkhianati kualitas lah ya*

      Hapus
  12. Ngiler euy dengan Oppo Find X, padahal aku baru kemarin beli yang F7, dan aku pun pengin beli yang Find X, tapi harganya mantab betul... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hari Minggu, tanggal 12 Agustus 2018 ada promo trade in OPPO pertama di Atrium Central Park Mall Kang Obit..

      Coba aja datang, siapa tau bisa tuker tambah. hha*

      Hapus
  13. Kayaknya content creator, influencer, gamer waji punya hape kyk gini ya hehehe.
    Lumayan jg harganya tapi kalau hasilnya oke sih ya sebanding yaaaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ka April..

      Fardhu 'ain hukum'a! :D

      Hapus
  14. wahhh fans oppo harus punya nih hape keren ini. Teknologi oppo semakin canggih yaa, keren euy!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan direferensikan untuk siapa saja kak yang mau #GantiPonsel2019

      Kalo zaman dan teknologi sudah canggih, supaya makin keren yaa kita ssebagai pengguna juga harus mengikuti tren*

      Hapus
  15. Seharusnya aku mau ganti Ponsel, tapi sepertinya Pangeran lebih penting. Apa bisa nyicil yaaaa

    BalasHapus
  16. Wuihhhh cakeeeep....(hapenya) hehe..

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah saya sudah menggunakan Oppo, Oppo.kualitasnya memang gak diragukan lagi. Hasil jepretan keren banget hasilnya

    BalasHapus