Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Future Park Jakarta Jadi Pilihan Liburan Kekinian yang Beda

Future Park Jakarta di Gandaria City

Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore! Hore!! Hore!!!


          Momen liburan menjadi hal yang ditunggu oleh siapapun. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa selalu memanfaatkan momen liburan dengan berkunjung ke tempat-tempat yang bisa melepas penat dan melupakan keluh kesah kesibukan. Dari sekian banyak pilihan, Blogger Eksis merekomendasikan untuk menghabiskan liburan di Future Park Jakarta.
           Pameran kelas dunia ini telah resmi dibuka untuk publik. Sebagai perayaan perdana, pameran seni instalasi digital yang serba kekinian tersebut diberi judul ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’. Pameran ini digelar pada 20 Juni sampai 20 Desember 2019 di Gandaria City.
          Ada 5 ruang instalasi digital yang hadir sebagai bentuk kolaborasi dari teamLab Kids. Karya-karya dari teamLab telah menjadi koleksi permanen beberapa museum mancanegara. Mereka juga telah menghadirkan ragam pameran di seluruh dunia sejak tahun 2014.
      TeamLab merupakan kelompok seni kolektif yang melakukan kegiatan kolaboratif untuk memadukan seni, ilmu pengetahuan, teknologi, desain, dan alam. Mereka yang terlibat didalamnya terdiri dari spesialis ragam profesi, seperti seniman, pembuat program, insinyur, animator, ahli matematika, dan arsitek. Tujuan kolaborasi ini untuk menghasilkan karya yang saling terhubung agar segala sesuatu bisa eksis dalam kehidupan yang panjang, tidak rapuh, dan saling berkesinambungan tanpa batas.
      Akitae Matsumoto selaku CEO teamLab Kids mengatakan “Dengan teknologi digital yang digunakan oleh teamLab, beragam instalasi seni dapat berevolusi tanpa batas dan bergerak bebas, berinteraksi dengan pengunjung dan lingkungan sekitar sehingga menciptakan momen unik yang mengubah aktivitas kreatif individu menjadi aktivitas kreatif kolaboratif sehingga dapat memberi pengalaman hubungan antar manusia yang harmonis dan kooperatif.” Pernyataan tersebut disampaikan dalam bahasa Jepang yang diterjemah oleh translator saat peresmian Future Park Jakarta.
Blogger Eksis turut hadir saat Blogger Day and First Preview ‘teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives’ beberapa hari lalu. Tampak hadir dalam pembukaan acara pameran tersebut yaitu Mervi Sumali sebagai CEO SGE Live dan N. Anie Puspitasari dari perwakilan CMO Narada Asset Management. Mereka menyampaikan apresiasi terhadap karya seni instalasi yang telah digagas oleh teamLab.
grand launching teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives
Kami sangat bangga dapat menghadirkan teamLab ke Jakarta. Pameran seni semakin menjadi primadona di Indonesia. Hal ini terlihat dari antusiasme masyarakat yang sangat tinggi di setiap event seni tanah air. Hadir teamLab di Jakarta, membuat pencinta seni tidak perlu jauh-jauh liburan ke Tokyo atau Singapura. Di Indonesia, semua bisa mengeksplorasi kreativitas tanpa batas bersama seluruh anggota keluarga melalui instalasi digital interaktif.” ujar Mervi pada Selasa (18/06/2019).
Sorak Gemilang Entertainment (SGE) yang berdiri sejak tahun 2012 sudah dikenal dalam menyelenggarakan dan mengembangkan pertunjukan panggung serta arena yang ditujukan untuk keluarga. Beberapa acara sudah diusung dan tahun ini dipercaya dalam menghadirkan konsep kreasi kolaborasi demi pengalaman kreatif yang memungkinkan pengunjung menciptakan karya seni baru.
Pihak Narada Asset Management sebagai Official Asset Management Partner juga menyampaikan dukungan dalam seremoni tersebut. “Narada sangat mendukung SGE Live yang selalu menghadirkan kegiatan edukatif dan seni untuk seluruh keluarga. Hal ini sejalan dengan semangat Narada sebagai life partner bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti kebutuhan rekreasi dimana perencanaan dan pengelolaan keuangan menjadi unsur penting dalam mewujudkan tujuan hidup.” Dukungan ini akan menghadirkan minat investasi melalui event yang penuh esensi.

Blogger Day di Future Park Jakarta
          Nah, buat kamu yang ingin hadir ke Jakarta’s Biggest Interactive Art Exhibition ini bisa langsung mengunjungi Gandaria City Mall Lantai 2 dekat Kidz Station. Pameran seni interaktif terbesar di Jakarta ini menempati area seluas 2.000 meter persegi. Didalamnya ada 5 ruang seni instalasi interaktif, terdiri dari:

1.     Animals of Flowers, Symbiotic Lives
Animals of Flowers, Symbiotic Lives sebagai ruang seni instalasi
          Dalam ruang ini, kamu akan melihat bunga-bunga yang tumbuh dari tubuh binatang-binatang yang berjalan mengiringi langkahmu. Ketika kita menyentuh binatang, maka bunga-bunga yang bertunas dan mekar akan menyebar. Saat bunga sudah menyebar, maka binatang akan hilang.

            2. Graffiti Nature: Lost, Immersed, and Reborn
Kita akan tampak hanyut dalam ekosistem seni yang karyanya bisa diwarnai oleh pengunjung itu sendiri. Ruang ini paling luas karena kita akan dikelilingi ekosistem yang berkesinambungan. Ruangan terlihat lebih luas karena dilengkapi dengan cermin dan instalasi lampu warna-warni berbentuk flora dan fauna.
Graffiti Nature: Lost, Immersed, and Reborn
Dalam ruang ini, ketika kita berdiri dan diam, maka bunga akan bermekaran di kaki kita. Sementara jika kita terus melangkah, maka bunga ikut berpencar. Jumlah bunga yang lebih banyak juga akan menjadi tempat kupu-kupu berkumpul. Justru buaya-buaya akan mati apabila terlalu sering diinjak oleh langkah kaki kita.

3.     Sliding through the fruit field
ruang meluncur dalam Future Park Jakarta
Masa kecil zaman old begitu indah saat kita bisa meluncur dari ketinggian alias perosotan. Dalam ruang instalasi digital interakif ini, tempat meluncur pada permukaan miring dihiasi berbagai jenis cahaya yang membuat buah bisa tumbuh. Kita ibarat sinar matahari yang meluncur pada lereng untuk menghadirkan kehidupan yang baru.

4.     Light Ball Orchestra
Apa jadinya jika didalam sebuah ruangan, dipenuhi bola-bola besar yang bercahaya dan bersuara? Ruangan itu akan berubah warna dan membentuk alunan musik yang bernada.
Light Ball Room karya teamLab Future Park Jakarta
Bola-bola itu akan berserakan bebas di lantai yang beralas matras. Di atas kepala kita juga akan tampak bola-bola yang saling terhubung. Jika kita menyentuhnya, maka bola-bola di sekitar akan mempengaruhi warna didalam ruangan.

5.     Sketch Aquarium
Ruangan ini menyediakan meja berikut crayon untuk menggambar dan mewarnai hewan laut. Jangan khawatir, kita bisa berkarya sesuai imajinasi yang mengumpul di kepala kita. Jika sudah selesai, kumpulkan karya itu dan lakukan scan digital. Maka, karyamu akan hidup dan bisa berenang bebas dalam akuarium raksasa yang mengelilingimu. Tapi, kamu tak boleh menyentuh atau mendekati karya itu kembali karena akan ada reaksi terhadap kreasi yang sudah tenggelam di dalam sana.
sketch aquarium karya teamLab tahun 2013 sebagai instalasi digital interaktif

          5 ruang instalasi seni digital interaktif di atas hanya bisa kamu nikmati selama durasi 1 jam 30 menit. Setiap ruang akan diawasi oleh petugas yang siap membantu kamu memberi penjelasan untuk mulai berkarya. Aku jamin tampilan instalasi-instalasi ini menarik bagi anak-anak dan mampu membuat karya seni digital semakin hits.
          Dengan resmi dibuka pameran ini, aku ingin berbagi tips untuk kamu yang mau mengunjungi Future Park Jakarta dalam waktu dekat. Simak uraian info lebih lanjut berikut ini:

1.     Gunakan baju berwarna cerah
Ruang pameran didominasi oleh nuansa gelap sehingga pakaian berwarna cerah lebih aman digunakan selama berada dalam ruangan. Jika kamu tetap ingin mengenakan pakaian berwarna gelap, sah saja selama kulit kamu berwarna putih sehingga pakaian hanya akan terang saat disorot lampu-lampu instagenic.

2.     Pakai alas kaki yang nyaman
Ada 2 ruang karya dari seni instalasi digital yaitu sliding through the fruit field and light ball orchestra yang mengharuskan pengunjung untuk melepas alas kaki. Aku menyarankan supaya kamu bisa memilih alas kaki yang mudah dilepas atau tidak membuat kamu kesulitan saat masuk ke dalam ruangan. Alas kaki yang nyaman akan membantu kamu menjelajah ruang dengan tenang.

3.     Tentukan konsep foto
Atraksi menarik bagi warga ibukota dan sekitarnya ini diprediksi akan menjaring banyak pengunjung. Spot foto yang disebut instagramable menjadi tujuan utama generasi milenial untuk membuat konten visual demi kebutuhan digital. Supaya waktu kunjungan bisa pas sesuai dengan momen yang diinginkan, aku menyarankan agar kamu membuat konsep foto terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam ruang seni digital ini.

4.     Jangan menggunakan blitz saat memotret
Bila hendak memotret dalam ruangan ini, ada baiknya untuk tidak menggunakan blitz atau sinar dari kamera. Hal tersebut bisa membuat hasil jepretan tidak memuaskan karena flora dan fauna yang tampak pada layar justru tidak akan terekam dengan baik.

5.     Bawa barang secukupnya
Tak perlu membawa banyak barang ke dalam ruang ini karena nanti akan merepotkan kamu sendiri. Kamera saja sudah cukup mengabadikan momen-momen liburan kamu selama berada di Future Park Jakarta. Selebihnya, kamu bisa melihat peraturan yang berlaku untuk para pengunjung yang datang di bawah ini:



Tips tersebut aku bagikan untuk memberi kenyamanan kamu sebagai pengunjung. Semoga liburan kamu semakin menyenangkan setelah berkunjung ke Future Park Jakarta yang serba kekinian. Selamat berlibur!!


Info Tiket dan Waktu Operasional Pameran

waktu kunjungan pameran
Waktu kunjungan Future Park Jakarta akan dibagi menjadi 8 sesi. Untuk mendapatkan tiketnya, kita bisa langsung membeli secara daring di situs web resmi www.sgelive.com atau membeli on the spot pada ticket booth di Gandaria City Mall. Harga tiket berlaku untuk semua kalangan umur (usia anak-anak terhitung 2-12 tahun). Harga promo fase pertama (soft opening periode 20 Juni - 19 Juli 2019) hanya berlaku bagi pengguna kartu debit atau kredit BCA saja.

Libur telah tiba 

Libur telah tiba

                                            Hatiku gembira!!

36 komentar:

  1. Duh pengen banget aku kesana juga, biar bisa foto foto instagram-able banget. Hahaha

    Emang bener si tipsnya itu, apalagi bagian pakai baju cerah. Karena, kalau pakai baju cerah jadi semakin bagus deh foto yang dihasilkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan berkunjung kak masih ada sampai akhir tahun kok.

      Lumayan bisa photo session untuk feed IG. hha

      Hapus
  2. Aku belum sempat nih kesana padahal penasaran dan tertarik bgt. Semoga ada kesempatan berkunjung ke sana. Thanks yaah infonya lengkap dan membantu bgt, pas bgt buat aku yg ada rencana buat kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selebgram kece mah wajib main ke Future Park Jakarta. Banyak spot foto yang instagramable loh*

      Hapus
  3. Bagi yg suka foto dengan cahaya terang, di Future Park ini agak sulit buat eksis ya. Tapi cahaya2 lampunya jg bagus di foto. Mupeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lighting didalam tempat ini pas kok. Tinggal cari momen yang tepat aja. Biar cekrek terus langsung upload deh*

      Hapus
  4. Bakalan berlangsung lama apa selama liburan sekolah yah ini mas Future Park Jakarta nya hehheee
    Seru loh, penasaran sama ini pakai LCD kah yg bikin gradasi dari gambarnya mengena kita pas misal berdiri di tiap gambar tertentu hheee
    Cakep beutdd loh, apalagi buat stok foto untuk feed tambah ketche wkwkwkwk
    TFS yah mas
    Cheers

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampai libur akhir tahun masih ada di GanCit kok.

      Iya. Animasi 3D itu dari LCD sehingga menghasilkan gambar bergerak yang interaktif.

      Jangan sampe gak melipir ke sana ya kak*

      Hapus
  5. Kemarin aku liat banyak postingan IG dilokasi Future Park Jakarta. Kayanya seru banget dan bagus bagus. Aku jadi kepengen ikutan foto disitu juga.
    Mudah mudahan ngga cuman di Jakarta aja ya kak. Diberbagai kota juga supaya ada kesempatan buat yang lain ikutan merasakan sendiri pengalamannya heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide yang bagus nih. Semoga pihak penyelenggaranya bisa mewujudkan tempat ini diberbagai kota lain biar merata keseruannya. hhe*

      Hapus
  6. Aku pengen ke sini, tapi belum sempet deh. Hiksss. Semoga minggu depan masih ada ya. Seru banget kayanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja.
      Sampai akhir tahun kak..

      Selamat bersenang-senang...

      Hapus
  7. Future Park Jakarta ini keren dan kekinian banget ya. Kemarin lihat blogpostnya Mbak April juga. Mupeng banget bisa foto2 kece kaya gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 kata untuk Future Park Jakarta yah:

      KEREN, KEKINIAN, dan KECE

      hehehe

      Hapus
  8. Ini nih yang bikin ponakan aku heboh minta ke Jakarta, dan ke Gandaria City. Sampai ngirim vn ke aku minta ke sini. Tapi emang gemesin sih ya. Aku juga mau main dan poto-poto di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas banget kak kalo bawa keponakannya yang masih cilik. Pasti dia happy banget diajak main ke Future Park Jakarta. Ditunggu update fotonya*

      Hapus
  9. Future park tempat ootd yang paling bagus nih untuk dikunjungi tapi kayanya harga tiket masuknya lumayan juga yaaaaa mas tapi sepadan sih dengan hasil foto nantinya yg dihasilkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak.

      HTM yang worth it tentu sepadan dengan tempat mewah dan effort yang dibawa setelah mengunjungi tempat ini.

      Hapus
  10. Bener bener future park, fasilitas fasilitasnya pun instagramable banget, asyik banget bisa foto2 sekaligus menikmati keindahan keajaiban teknologi yg beraneka rupa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liburan anak zaman now yang tiada bandingannya.

      Ayo, pak dokter ikut foto di Future Park Jakarta juga biar makin kekinian*

      Hapus
  11. Seru banget bisa ke sana, sebuah mahakarya seni yang luar biasa ya, lain dari yang lain.
    Liburan gini tepat banget tuh kalau ortu bawa anak2 ke sana, supaya anak2 paham ttg seni sekaligus merasa terhibur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif liburan yang anti membosankan ya.

      Anak-anak jadi melihat kehidupan laut dan karya seni dari pendekatan digital yang kekinian..

      Hapus
  12. Aku nonton salah satu film Korea tahun lalu dan konsep Pameran Seninya sama.
    Future Park Culture.

    Ini bener-bener konsep seni yang sedang berkembang dan diminati sepertinya yaa...

    Menggabungkan antara teknologi, keindahan, dan seni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3 unsur tersebut memang diadaptasi dari negara itu kak. Semoga seniman Indonesia juga punya inspirasi untuk melahirkan karya seni digital interaktif seperti ini ya*

      Hapus
  13. E gela ini sampai akhir taun? Mau banget lah ke seni instalasinya sama grafiti naturenya. Harga tiketnya tapi lumayan juga ya, kudu agak nabung dulu kalau sekalian berkunjung ke Jakarta pula. Enaknya ke sini bareng sahabat2 nih hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo, kak Marfa.

      Ajak sahabat-sahabatnya di daerah untuk main ke Future Park Jakarta. Kapan lagi bisa seru-seruan bareng gitu. wkwk

      Hapus
  14. wuah iyaaa... keren nih
    aku bolak-balik nonton tayangannya di tv, hohoo...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah banyak media memang yang melakukan liputan di Future Park Jakarta. Semoga pengunjungnya semakin banyak ya*

      Hapus
  15. Aku baru tahu ada taman ini. Harus ke sini.siapin kamera buat menikmati karya instalasi di mata dan lensa kamera. Pasti seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak momen yang bisa ditangkap mas Pring dari tempat liburan kekinian ini.

      Selamat hunting momen :)

      Hapus
  16. Balasan
    1. Selamat menikmati instalasi art'a and have a nice holiday*

      Hapus
  17. Keren bingit sob...tertarik ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa liburan ya supaya hidupnya selalu terasa bahagia ;)

      Hapus