Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Investasi ala Milenial Bukan Punya Orang Kaya Saja


event edukasi finansial bertajuk tomorrow today fund festival

Investasi?
Mungkin tren ini jarang terpikir oleh milenial yang sibuk memikirkan gaya hidup serba kekinian. Mereka lebih suka menghabiskan waktu untuk traveling, shopping, dan hangout. Padahal investasi itu berguna untuk masa depan. Masa iya, hidup kita tidak ada kemajuan dan betah berada pada kondisi keuangan yang stagnan alias zona nyaman.


Sekarang itu juga bukan zamannya lagi utang piutang. Kalau kita tak punya perencaan keuangan yang matang, jangan harap kesuksesan akan datang. Disaat seperti itu kita harus sadar bahwa mengenal investasi harus dilakukan sejak dini.

Demi memahami awareness urgensi investasi, Blogger Eksis hadir dalam Konferensi Pers “Tomorrow Today Fun(d) Festival” yang diadakan oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE) sebagai event organizer bekerja sama dengan PT. Narada Aset Manajemen. Dalam konferensi pers tersebut tampak hadir, Oktavian Dondi (Direktur Utama PT. Narada Aset Manajemen), Mervi Sumali (Marketing Director SGE), Ligwina Hananto (Financial Trainer & Founder QM Financial), dan Kania Annisa Anggiani (Founder Chic & Darling). Memulai rangkaian acara hari itu, para undangan yang hadir diminta untuk menuliskan rencana atau target dalam kehidupan berikut nominal anggaran yang dibutuhkan. Perencanaan impian tersebut terdiri dari 3 skala waktu, < 5 tahun, 5-10 tahun, dan > 5 tahun.

Begitu banyak perencaan yang aku tuliskan. Sudah terasa jelas memang karena millenial dikenal sebagai generasi BM alias banyak mau. Tapi, saat aku menghitung anggaran yang dibutuhkan ternyata diluar ekspetasi. Tabungan ku rasanya masih belum cukup untuk memuaskan semua impian dalam kehidupan yang aku jalani. Ya, aku harus berinvestasi.

Refleksi itu membuat aku sadar bahwa selama ini aku masih takut berinvestasi. Kadang, aku hanya berpikir waktunya belum tepat. Malah kalau aku berinvestasi bisa jadi rugi. Itu hanya pemikiran yang sudah basi, aku harus move on karena life must go on!

ligwina hartanto sebagai trainer financial hadir menjadi pembicara
Kemantapan hatiku diperkuat oleh Ligwina Hartanto yang menyebutkan bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan sebelum memulai investasi. Hal-hal ini merupakan acuan dalam membuat perencanaan keuangan, seperti:
1.  Biasakan catat pengeluaran.
2. Alokasikan uang untuk hal-hal penuh perhitungan. Misal untuk menabung minimal 10% dari penghasilan bulanan, untuk gaya hidup dan sosial maksimal 20% dari penghasilan bulanan, serta untuk cicilan maksimal 30% dari penghasilan bulanan.
3. Memperhatikan pembelanjaan keuangan dan cicilan agar berada dalam kondisi stabil.
    Dari ketiga hal tersebut, aku sudah menerapkan secara bertahap. Aku paling fokus dalam kegiatan menabung. Ada 4 akun rekening yang aku punya, semua itu aku buat terpisah untuk mengelompokkan pengeluaran bulanan, rekening hura-hura, dan simpanan untuk tujuan tertentu. Hanya saja aku baru menabung di bank. Belum pernah mencoba dalam bentuk emas atau berinvestasi secara rinci.

     Aku mulai yakin harus berinvestasi lebih dari itu. Dengan berinvestasi, justru aku akan punya modal diri tidak hanya yang berbentuk potensi tapi juga berupa materi. Perencanaan dan pengelolaan keuangan yang bijak harus aku susun sekarang supaya aku tak terlibat cashflow di masa yang akan datang. Nyatanya, siapa saja bisa berinvestasi hanya dengan Rp 100.000,-.

mengenal pentingnya investasi sejak dini
Dalam kata sambutannya, Oktavian Dondi mengatakan “investasi bukan hanya untuk mereka yang berkecukupan, tapi untuk semua, termasuk para milenial. Para milenial belum banyak yang mengerti pentingnya investasi dan tidak tahu bagaimana cara memulai investasi. Padahal memulai investasi sangat mudah.”
Tidak hanya mudah, tapi aku bisa katakan murah karena seperti yang aku bilang bahwa dengan modal awal seratus ribu, kita sudah bisa berinvestasi melalui reksa dana. Bentuk investasi ini juga memiliki risiko yang rendah dan kita tak perlu pusing melihat perkembangannya karena reksadana dikelola oleh manajer investasi yang profesional sehingga relatif aman dengan nominal yang sangat terjangkau.
Peran Manajer Investasi sangat penting mengingat kita sebagai pemodal umumnya mempunyai keterbatasan waktu sehingga tidak dapat melakukan riset secara langsung dalam menganalisa harga efek serta mengakses informasi ke pasar modal. Modal Reksa Dana juga diinvestasikan pada berbagai jenis efek (obligasi, pasar uang, dan saham) sehingga risikonya juga tersebar. Kita juga bisa dapat mencairkan kembali Unit Penyertaan reksa dana setiap saat sesuai ketetapan yang dibuat masing-masing sehingga memudahkan investor mengelola kasnya.
    Reksa dana menjadi bentuk investasi yang direkomendasikan bagi milenial. Sifatnya yang mudah dibeli dan gampang dicairkan dalam jangka waktu tertentu menjadi daya tarik investasi. Biaya transaksi juga relatif rendah dan tentu dikelola oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

milenial harus mikir panjang dalam berinvestasi

Investasi Reksa Dana melalui Tiket Masuk Tomorrow Today Fun(d) Festival

event tomorrow today fun(d) festival diadakan di Senayan City

    Beruntung, Blogger Eksis sudah berinvestasi dalam bentuk reksa dana setelah mendapat tiket masuk Tomorrow Today Fun(d) Festival pada Sabtu, 1 Desember 2018 di Senayan City, Jakarta. Dalam kesempatan itu telah berlangsung acara edukasi finansial yang dikemas dengan perpaduan talkshow, music, dan art installation. Tentu ini menjadi acara yang sangat menarik karena kita bisa mengenal investasi yang diiringi dengan hiburan masa kini.

Dengan berpartisipasi di Tomorrow Today Fun(d) Festival, Narada Aset Manajemen mengajak semua masyarakat khususnya milenial baik itu di Jakarta maupun di luar Jakarta untuk mulai mengambil langkah awal dengan mendaftarkan diri dan mulai berinvestasi sejak hari ini serta mulai berani bermimpi besar. Setiap pembelian tiket senilai Rp 150.000 akan dikembalikan ke pembeli tiket dalam bentuk investasi reksa dana senilai Rp 100.000. Investasi bisa dimulai semudah itu dengan cara yang lebih fun dan mudah dimengerti”, ujar Oktavian Dondi.

Tak ketinggalan, turut hadir dalam acara tersebut yaitu entrepreneur dan social media influencer inspiratif seperti Kaesang Pangarep (owner Sang Pisang), Jovi Adhiguna (content creator), Nicoline Patricia (fotografer), Kenny Santana (travel blogger) dan Agatha Suci (musisi). Mereka telah berbagi tips pengelolaan keuangan dan pengembangan bisnis atau karier yang memanfaatkan jejaring sosial. Selain itu, ragam talkshow dikemas dalam bentuk financial checkup, online trading stock, workshop membiasakan diri tidak berutang untuk hal konsumtif, dan financial planning class. Sederet musisi ternama turut serta memeriahkan acara seperti HiVi, Jevin Julian feat Andini, Tulus, dan Teza Sumendra.
penampilan Hivi di atas panggung Tomorrow Today Fun(d) Festival
HIVI perform

Penyelenggaraan festival ini mampu mempertemukan lintas generasi. Para pengunjung yang datang sadar bahwa investasi punya kita semua tanpa ada beda. Jika tidak berpikir panjang sekarang, sampai kapan kita harus menyerah pada kehidupan.
Direktur Utama PT Narada Aset Manajemen Oktavian Dondi menegaskan “acara ini membuka paradigma bahwa investasi itu milik semua orang bukan milik orang kaya saja. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk berinvestasi dan menikmati hasil investasi yang sama layak nasabah prioritas atau dikenal sebagai affluent customer”.
      Hidup itu pilihan. Investasi harus dijadikan gaya hidup supaya bisa jalan beriringan. Sudah saatnya sebagai milenial, kita sadar bahwa investasi akan menguntungkan bagi masa depan. Jika hanya terpaku pada pendapatan bulanan, bukan tidak mungkin semua habis dengan banyak pengeluaran di luar dugaan. Pelajari siklus kehidupan karena ada waktunya investasi begitu terasa manfaatnya untuk hari ini dan hari yang akan datang*
investasi ala milenial bukan punya orang kaya saja
 Think about tomorrow, start from today #MikirPanjang

36 komentar:

  1. Kelembutan hati harus di imbangi dengan ketebalan kantong di masa depan.

    Narada dan sge bikin acara ok, mengajak generasi millenial untuk melakukan investasi sedari dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener pake banget Mpok!

      Semoga tahun depan ada lagi yaa acara berfaedah seperti ini*

      Hapus
  2. wahh ia nih investasi penting banget.. narada gampang ya bikin akun nya.. ntr pingin coba deh liat2

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah.. aku sudah punya akun reksa dana dari Narada.

      kamu kapan?

      Hapus
  3. Saya malah belum pernah mencatat pengeluaran. Sepertinya harus mulai belajar ya. Langkah menuju investasi masih jauh tapi paling tidak sudah ada niat dan jalan menuju ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya doakan supaya jalannya mulus. Jangan tunda lagi yaa*

      Hapus
  4. Zaman sekarang harus bijaksana berinvestasi, tentu kita harus pintar memilih ya kak, mana investasi yang benar benar memberi keuntungan. jangan sampai salah. bisa bahaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ManTul!

      pertimbangkan segala hal dalam berinvestasi*

      Hapus
  5. zaman now semua dimudahkan ya tinggal kita nya aja mau bagaimana? Btw milenial juga luar biasa lho bicara investasi itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya karena semua sudah serba digital, maka milenial harus mulai berinvestasi sejak dini*

      Hapus
  6. Konsepnya unik dan menarik.. dengan konsep ini aku yakin anak muda menjadi lebih tertarik dengan investasi. pola fikir bahwa investasi hanya untuk orang tua saja.. tapi anak muda juga harus mulai memahami pentingnya investasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya kak.

      event seperti ini lebih kena untuk anak muda supaya investasi jadi tren kekinian yak*

      Hapus
  7. Perencanaan keuangan baru daku terapkan yang catat pemasukan, hehe.. Kalau pengeluaran belum sempat, kadang malah nggak ingat udah digunakan apa aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. catat kak biar seimbang dan kita bisa lebih bijak dalam alokasi dana untuk kehidupan*

      Hapus
  8. Millenial dikenal sebagai generasi BM alias banyak mau. Yuk ah makin rajin berinvestasi, supaya saat menghitung anggaran yang dibutuhkan tidak diluar ekspetasi lagi. Invetasi lebih memungkinkan untuk mengejar semua impian dalam kehidupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju kak. Kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi?

      Hapus
  9. Investasi memang penting ya..skrg investasi ga ribet dan bisa mulai dari sedikit jg ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedikit demi sedikit, lama-kelamaan akan menjadi bukit. Semoga istiqomah yaa Mak*

      Hapus
  10. Setuju banget kak sekarang investadi memang perlu banget. Apalagi sekarang investasi banyak banget macamnya... lebih mudah dan nggak ribet lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya kita tinggal pilih dengan bijak sesuai kebutuhan*

      Hapus
  11. Aku juga dulu mikirnya investasi buat apa, takut rugi, sekarang makin ngerti betapa pentingnya investasi dan pengelolaan keuangan untuk masa depan yang lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat berinvestasi yaa supaya masa depan bahagia*

      Hapus
  12. Mumpung masih muda mas yuks bljar investasi trs lsg praktek jgn di tunda buat masa depan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget kak..

      ibarat pepatah:
      muda : banyak karya
      tua : kaya raya

      mati masuk surga

      Hapus
  13. Skrng banyak yang mebidik milenial utk berinvestasi yaaa. Tapi salut sih sama millenial yg punya pikiran buat inves skrng dan kalau bisa sebelum nikah punya rmh, nanti saat berkeluarga tinggal fokus ke anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. target aku juga seperti itu kak..

      mohon doa restu*

      Hapus
  14. wah ada mbak ligwina..suka banget dengan gaya pemaparan beliau kalau udah ngomongin soal keuangan. Jadi semangat lagi untuk mencatat tiap detail pengeluaran ya..biar gak bangkrut

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencatat kak.

      hati-hati ada yang terlewat. hhe*

      Hapus
  15. Saat ini semakin banyak materi dan talkshow yang mengangkat seputar keuangan dan sudut pandang lebih mengarah ke investasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak supaya kita sadar dan paham sejak dini*

      Hapus
  16. Anak muda emang mesti makin melek akan investasi ya. Biar di masa depan bisa hidup nyaman, aman, tentram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap jiwa!

      Bukan hanya melek teknologi yaa tapi kita bisa mencipta bahagia yang sederhana dimulai dari diri sendiri*

      Hapus
  17. Asik nih ya sekarang semakin mudah dalam berinvestasi. Gak perlu ratenya mahal-mahal ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. rate card sebagai blogger aja yang mahal.

      kalo investasi pilih yang menguntungkan*

      Hapus