Tulis yang kamu cari

Adv

Malam Pesona Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2018


        Pewarta wisata merupakan komponen yang dapat mempengaruhi minat wisatawan mengunjungi suatu destinasi. Mereka memberi informasi tentang pesona wisata Indonesia yang begitu kaya, mulai dari Sabang sampai Merauke. Mereka terdiri dari insan pers yang selalu membagikan informasi melalui media cetak, media elektronik (televisi), media online, dan media sosial.
kementerian pariwisata menyelenggarakan anugerah pewarta wisata indonesia setiap tahun
        Seiring dengan kemajuan teknologi, industri pariwisata juga memunculkan ragam destinasi digital. Istilah ini dikenal karena banyak tempat wisata yang viral melalui media sosial. Tempat-tempat tersebut biasanya punya spot instagramable sehingga para wisatawan bisa mengabadikan momen dan membagikan melalui akun media sosial instagram. Untuk itu, Anugerah Pewarta Wisata Indonesia (APWI) tahun 2018 mengambil tema “destinasi digital” sebagai ide pokok setiap karya yang dilombakan bagi para insan media.


“Destinasi digital menjadi salah satu program prioritas KemenPar dalam meningkatkan kunjungan wisman ke Indonesia. Dari target  jutaan kunjungan wisman pada tahun depan (2019) diproyeksikan 50% adalah wisatawan milenial, “ ujar MenPar Arief Yahya.

Pernyataan itu disampaikan langsung dalam Malam Anugerah Pewarta Indonesia 2018 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Jum’at (07/12/2018). Blogger Eksis berkesempatan hadir pada malam itu. Rasa bangga turut serta menggema didalam ruangan megah karena saat itu juga diumumkan para pemenang juara pewarta wisata dari berbagai kategori media.

malam pesona APWI 2018

Anugerah Pewarta Wisata memang sengaja diselenggarakan sebagai wujud apresiasi Kementerian Pariwisata terhadap media. Secara tidak langsung, melalui karya yang mereka buat telah membantu promosi tempat-tempat wisata yang wajib dikunjungi. Hal ini berdampak pada kemajuan industri pariwisata yang sudah menyentuh era revolusi industri 4.0.
Destinasi digital mampu mengembangkan ekonomi pariwisata lewat digital. Salah satu desa wisata yang berhasil ada di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang pendapatan daerahnya kini bertopang dari pariwisata. Setidaknya pemanfaatan teknologi digital dapat meningkatkan kontribusi sektor pariwisata hingga 25%. Tempat wisata yang ditetapkan sebagai destinasi digital dipastikan sudah memiliki infrastruktur digital dalam kawasan pengembangan wisata untuk memudahkan para pelancong.
destinasi digital menjadi tema APWI 2018

Semakin banyak destinasi digital yang berkembang pesat, semakin besar pula jumlah karya yang mampu dihasilkan oleh awak media. Peningkatan jumlah karya yang masuk pada tahun ini lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini karya peserta yang terkumpul mencapai 3.279 karya berupa artikel dan video terdiri atas majalah sebanyak 56 artikel, surat kabar 433 artikel, media online 1.194 artikel, blogger 1.535 artikel, dan 61 tayangan video untuk siaran televisi”. Data tersebut disampaikan langsung oleh Guntur Sakti sebagai Kepala Biro Komunikasi Publik (KomBik) KemenPar.
Karya-karya yang masuk dinilai oleh tim juri yang terdiri dari unsur pentahelix (akademisi, industri, komunitas, pemerintah dan media). Sebut saja ketua dewan juri, Wahyu Indrasto (Pemimpin Redaksi Majalah Eksekutif), Elly Hutabarat (Ketua Umum  ASEAN Travel & Tourism ASEANTA) Wahyu Aji (Chief Executive Officer di Good News from Indonesia – GNFI), dan H. Himawan Brahmantyo (Ketua Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia – Hildiktipari). Mereka menilai semua kategori yang dikelompokkan menjadi 5 nominasi dan dipilih untuk pemenang juara I, II, dan III serta harapan 1 dan 2 masing-masing kategori. Dewan juri juga menetapkan juara utama atau the best of the best dari semua karya yang masuk.

Pemenang APWI 2018
Pemenang kategori blogger

Berikut daftar pemenang Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2018:

1. Kategori best of the best
Program Televisi Inside Indonesia (CNN Indonesia TV) episode Menjajal Destinasi Digital

2. Kategori blogger
- Juara 1 : Lina W. Sasmita 
  “Mengunjung Pasar Mangrove Batam Salah Satu Destinasi Digital Anak Milenial”
- Juara 2 : Elisabeth Murni “Ranting-Ranting yang Berkisah di Hutan Pinus Tengger”
- Juara 3 : Qurotul Ayun “Harmoni Pagi di Pasar Kaki Langit”
- Juara Harapan 1 : Teguh Sudarisman 
  “Menjelajah 12 Destinasi Instagramable di Kaki Langit”
- Juara Harapan 2 : Ardian Kusuma “Sehari Menjelajah Enam Destinasi Digital Jogja”

3. Kategori media online
- Juara 1 : Viva.co.id 
  untuk tulisan “Pose Instagramable Ditemani Ikan Wara-Wiri di Dasar Air Umbul Ponggok” karya Adinda Permatasari.
- Juara 2 : Akurat.co 
  untuk tulisan “Memandang 10 Bali Baru dalam Bingkai Destinasi Digital” 
  karya Erizky Bagus Zuhair.
- Juara 3 : Sindobatam.com 
  untuk tulisan “Gerbang Pariwisata di Seberang Singapura” karya Fadhil.
- Juara Harapan 1 : Venuemagz.com 
  untuk “Sensasi Berwisata di Bekas Tambang Batu” karya Erwin Gumilar.
- Juara Harapan 2 : BeritaKepri.id 
 untuk tulisan “Pasar Kaki Langit Jogja: Harmoni Apik Kearifan Lokal, Alam, dan Jagad Digital” karya Edi Sutrisno.

4. Kategori media cetak majalah
- Juara 1 : Batik Air Magazine 
   judul tulisan “Pemantik Pikat Wisata Nomadik” penulis Doddy Wiraseto.
- Juara 2 : Majalah SWA 
  judul tulisan “Nomadic Tourism dan Digital Destination: Arena Baru Mengeksplorasi Tujuan Wisata yang Eksotis” penulis Jeihan Kahfi Barlian.
- Juara 3 : Majalah Event Guide 
  judul tulisan “Wisata di Kulon Progo Tak Cuma Kali Biru” penulis Fachruddin Abdullah.
- Juara Harapan 1 : Majalah Mutiara Biru judul “Going North” penulis Andri Syahreza.
- Juara Harapan 2 : Majalah Asrinesia judul “Eksotisme Labuan Bajo” penulis Donna Imelda.

5. Kategori media cetak Koran
- Juara 1 : Koran Jakarta
Judul karya “Keindahan Wonosobo Temanggung” ditulis oleh Arief Suharto.
- Juara 2 : Investor Daily, judul “Beraksi di Breksi” ditulis oleh Eva Fitriani.
- Juara 3 : Solo Pos, judul “Pikat Sunset di Bukit Patrum” ditulis oleh Mariyana Ricky P.
- Juara Harapan 1 : Suara, judul “Museum Angkut nan Yahud” ditulis oleh Setiady Dwie.
- Juara Harapan 2 : The Jakarta Post
   Judul karya “Lake Toba Pearl of North” ditulis oleh Apriadi Gunawan.

6. Kategori media televisi
- Juara 1 : Metro TV dalam Program Journey episode Journey to Lasem
- Juara 2 : Trans 7 dalam Program Tau Gak Sih episode Jaga Mata Jaga Hati
- Juara 3 : MNC TV dalam Program Let’s Go episode Hati Kecantol Pesona Misool
- Juara Harapan 1 : Kompas TV dalam Program Jalan-Jalan episode Pesona Bali Utara
- Juara Harapan 2 : Trans 7 Program Jejak Petualang Weekend episode Jelajah Pulau Naga.


Para pemenang terpilih telah mendapat trophy, piagam penghargaan, dan uang tunai dengan total hadiah 300 juta rupiah. Hadiah tertinggi senilai 100 juta rupiah didapat untuk pemenang Best of The Best yang memenuhi kriteria karya terbaik. Karya-karya dinilai berdasar tulisan yang memuat destinasi digital dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas). Unsur 3A menjadi unsur penting dalam mendukung daya saing destinasi pariwisata. Apalagi di era digital saat ini, kunjungan wisatawan didominasi dari generasi millenial.

Dalam Anugerah Pewarta Wisata Indonesia tahun depan, Kementerian Pariwisata juga akan menambah jumlah hadiah mencapai 500 juta rupiah. Tema yang diangkat juga semakin menarik yaitu tentang “Wisata Milenial”. Arief Yahya menambahkan para awak media bisa membuat karya yang tidak hanya menonjolkan destinasi tempat saja. Tetapi juga, harus ada reportase dalam agenda pariwisata yang tentu menarik perhatian milenial seperti Festival Fulan Fehan yang diadakan di sabana, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Semoga saja minat para insan pewarta wisata semakin meningkat.

glow in art and the dark dance performance

Acara pengumuman pemenang pada malam itu, juga diisi dengan penampilan tarian khas daerah. Tidak hanya disajikan secara konvesional, para penari juga tampil dalam konsep glow in art and the dark dance. Tak ketinggalan Menteri Pariwisata, Arief Yahya turut menyumbangkan suara emasnya diiringi musik orkestra. Dua buah lagu dinyanyikan yaitu Dealova (Once) dan Jera (Agnes Monica). Diakhir acara semua undangan dan pemenang diajak Goyang Maumere bersama.
Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata

      Itulah rangkaian Malam Pesona Anugerah Pewarta Wisata Indonesia 2018 yang berkesan. Sebagai milenial yang menjadi bagian dari Generasi Pesona Indonesia, aku berharap tahun depan bisa berada diantara jajaran pemenang. Teruslah menjelajah Indonesia dan berkarya, siapa tau kita yang akan jadi pemenang APWI 2019* #WonderfulIndonesia

pewarta wisata menjadi bagian dari duta pariwisata indonesia

28 komentar:

  1. Selamat untuk para pemenang, para pemenangny apsti keren. BTW aku kapan..........gitu ya bisa dapat penghargaan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mba. kece banget yaa mereka..

      Semoga kita yang berada di sana tahun depan*

      Hapus
  2. Suka deh lihat destinasi wisata Indonesia yang semakin siap dikunjungi. Berita dan informasi yang dituliskan juga semakin positif dan mencerminkan bahwa Indonesia ramah bagi siapa saja. seru!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ManTul yaa mas Don pariwisata Indonesia itu. Kita harus terus kenalkan pada dunia*

      Hapus
  3. Selamat untuk para pemenang ya..., Semoga pariwisata Indonesia menjadi pilihan pavorit terutama untuk bangsa Indonesia sendiri .., jangan keluarga negri aja..he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Daripada wisata ke luar negeri, lebih baik kita jelajah alam yang ada di Indonesia dulu yaa*

      Hapus
  4. Huaa itu yang tiga temen-temen blogger Jogja. Aku ikutan tapi enggak menang, semoga dapat kesempatan juga tahun depan berdiri di jajaran pemenang. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Selamat dan salam untuk teman-teman blogger Jogja*

      Hapus
  5. Kategori bloggernya keren-keren. Aku jadi ngayal bisa masuk salah satunya. eheheheeh mari terus berkarya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun depan selama kita masih berkarya untuk pariwisata di Indonesia. Kita yang akan berada di atas panggung sana :)

      Hapus
  6. Selamat kepada para pemenang. Semoga semakin banyak penghargaan keren seperti ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semakin banyak pihak yang memberi apresiasi terhadap blogger yaa*

      Hapus
  7. Alhamdulillah, ikut bahagia buat para pemenang, terutama utk 3 bogger dari Yogya. Ah iya, juga Mbak Lina Sasmita, beliau tulisannya memang apik-apik banget, soft dan impressing. Semoga tahun depan bisa ikutan dan gak ketinggalan informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Tahun depan aku juga mau ikutan.

      Kemarin belum sempat mengobrol dengan mbak Lina sepertinya dia sering menang juga untuk tulisan bertema traveling yaa*

      Hapus
  8. Wow! Infonya asik banget. Aku baru tahu ada acara anugerah pewarta wisata. Emang sih ya.. wisata Indonesia itu jadi concern banget. Aset bangsa ini.

    Dan NTB jadi detinasi digital pariwisata. WOW!! Semoga rencana trip ke Lombok tahun depan tercapai. Biar enggak cuma orang asing doang yang menikmati pantai2 indah di NTB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Selamat berwisata ke Lombok yaa kak..

      Jangan lupa setelah jalan-jalan langsung tulis ke dalam blog. Siapa tau penghargaan tahun depan untuk kak Noni*

      Hapus
  9. KAtegori Blogger ada nama yang saya kenal yaitu mba Lina Sasmita, keren banget menang lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal untuk mba Lina yaa. Sukses selalu untuk kita semua*

      Hapus
  10. wuih tulisannya emang keren-keren.
    dari judulnya aja udah memikat.
    aku belum pada baca sih, tapi suatu hari akan kucoba cari tulisan mereka, untuk nambah ilmu, hehe

    aku yo pengen seh, datang ke malam pesona pewarta wisata ini. mewah ya. konsepnya gala dinner kayaknya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak seru apalagi bisa Goyang Maumere bareng Pak Menteri. hehehe*

      Hapus
  11. Keren, seandainya kami juga bisa hadir disana, pasti keren banget. Tiap tarun konsepnya keren banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. Semoga tahun depan mas Peri bisa hadir dan menerima penghargaan di Jakarta*

      Hapus
  12. Wow hadiahnya luar biasa, artikelnya juga banyak, maunya ada juara harapan, juara favorit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang aja kak!

      Untuk tahun depan hadiahnya nambah. Kita perbanyak karya aja semoga jadi juara*

      Hapus
  13. acaranya keren, salah satu cara untuk, mempromosikan pariwisata di Indonesia. Selamt Untuk semua para pemenang, semoga tulisannya bisa menginspirasi dan makin mengangkat pariwisata Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga kakaknya juga menang yaa..

      Jangan cuma memenangkan hati si dia aja. hahaha*

      Hapus
  14. Ooo ini yang bagan dari Destinasi Digital itu ya? Jd penasaran nih tulisan2 yang jd pemenang seperti apa. Apakah ada karya yang online? Selamat buat pemenang yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada kak. Baik dari pemenang kategori media online dan blogger. Silakan dibaca kembali artikel di atas dengan seksama, bukan dalam tempo yang sesingkatnya yaa*

      Hapus