Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Jumpa Pers Akhir Tahun 2018 Bersama Kementerian Pariwisata


Tanah airku Indonesia

Negeri elok amat ku cinta

Tanah tumpah darahku yang mulia
Yang ku puja sepanjang masa


Tanah airku aman dan makmur

Pulau kelapa yang amat subur

Pulau melati pujaan bangsa
Sejak dulu kala

Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata Republik Indonesia

          Lagu “Rayuan Pulau Kelapa” begitu menggema di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat. Blogger Eksis merasa bangga berada di sana pada Kamis, 20 Desember 2018. Tak hanya sekadar melihat pencapaian dari industri pariwisata yang berkembang pesat, aku hadir dalam Jumpa Pers Akhir Tahun (JPAT) 2018 yang mengambil tema "The Winner Wonderful Indonesia Energy".


Tema acara jelang akhir tahun ini dipilih karena dinilai industri pariwisata harus menjadi pemenang dalam setiap pencapaian yang telah ditargetkan setiap tahun. Apalagi resolusi 2019 harus memenuhi 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Indonesia. Maka, tiga program telah dirumuskan dalam bentuk Border TourismTourism Hub, dan Low Cost Terminal (LCT).

jumpa pers akhir tahun


Setelah makan siang, seluruh tamu undangan yang terdiri dari kalangan stake holder pariwisata sebagai representasi unsur penta helix (akademisi, industri pemerintah, komunitas, dan media) langsung memenuhi ruangan. Ada sekitar 500 tamu undangan yang hadir pada hari itu. Aku sempat tak kebagian tempat duduk sehingga bersama teman-teman blogger lain memutuskan menuju tribun.
Saat Menteri Pariwisata, Arief Yahya tiba di dalam ruangan. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan doa bersama. Selanjutnya, acara mulai dipandu oleh duo MC, Melanie Ricardo dan Hanifan Fuadi yang merupakan tenaga humas Pemerintah.

ada 100 event pariwisata yang akan digelar tahun 2019

Acara JPAT ini memang digelar setiap tahun. Hal ini sebagai wujud konkret KemenPar dalam menyampaikan informasi transparan, komprehensif, dan akuntabel dari kinerja kementerian tersebut. Beberapa program prioritas juga mulai disosialisasikan berikut dengan agenda 100 event besar yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan untuk tahun 2018 diluncurkan pula supporting programme yang mampu memberi semangat baru agar sektor pariwisata bisa menjadi penghasil devisa tertinggi di Indonesia.
Pertunjukan ragam tarian nusantara dari Lenggang Jakarta mengawali acara dengan meriah. Tarian yang diiringi dengan beberapa lagu daerah tersebut merupakan tari kreasi yang mengintrepretasi keberagaman suku budaya yang ada di Indonesia. Keberagaman ini mampu menjadi magnet untuk menarik para wisatawan mancanegara untuk mengenal dan mengakui bahwa Indonesia kaya budaya.

penampilan tarian nusantara membuka acara



Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan kepada para pemenang Win Way: Speed, Solid, and Smart untuk kategori internal ASN dan artefak. Ada kriteria penilaian yang langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata dalam melakukan evaluasi terhadap kinerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS) selama setahun sehingga layak diapresiasi dengan sebuah award baik untuk kategori individual (pejabat pengawas, pelaksana, dan fungsional) maupun berdasar kategori satuan kerja. Dari seluruh struktural di Kementerian Pariwisata, Biro Komunikasi Publik berhasil menjadi juara umum untuk tahun 2018.
kriteria penilaian untuk Win Way The Best ASN Awards

para pegawai di lingkungan kementerian pariwisata menerima penghargaan


Suasana acara semakin semarak saat diumumkan pembukaan Korpri Mart di Lantai 1 depan musholla, Gedung Sapta Pesona. Bidang usaha dari Korpri ini menjadi pasar swalayan yang bisa memenuhi kebutuhan pegawai instansi tersebut. Bukan hanya itu, tepat di lantai 3 gedung perkantoran tersebut juga dilaunching Kafe Pesona yang berkonsep milenial dan serba kekinian. Dengan kolaborasi bersama brand lokal, Roti-O tersaji aneka kopi nusantara, roti, dan pastry yang memiliki jaminan kualitas rasa maupun pelayanan mumpuni. Dekorasi kafe yang dihias tanaman hijau dan dilengkapi fasilitas seperti wifi, TV, dan colokan mampu membuat siapa saja pengunjung betah selama berada dalam Kafe Pesona.

                 korpri mart terletak di lantai bawah gedung sapta pesona

kafe pesona berada di lantai 3 Gedung Kementerian Pariwisata Jakarta Pusat


       Dalam kesempatan itu, Kementerian Pariwisata juga memberi penghargaan kepada Mitra Co Branding untuk resto diaspora, corporate, dan endorser. Mereka mendapat penghargaan karena pencapaian terbaik dalam memajukan industri pariwisata di Indonesia. Berikut para pemenang:
1. Bank Rakyat Indonesia (first winner)
2. Grab Indonesia (second winner)
3. Hydro Coco minuman penyegar dari kelapa asli produksi Kalbe
    (third winner).
4. Go Fress (the best world endorser)
5. Telkomsel (the most creative product for in bound tourist)
6. Aqua Danone (the best campaign for destination marketing)
7. Nutrifood W'Dank (the best product for promoting local heritage)
8. Krisna Oleh-Oleh (the best local souvenir store)
9. Traveloka (the most attractive hot deals package)
10. Mixagrip (the best education program for young travelers)
11. Banyuwangi Savana Cake ala Fitri Carlina 
      (the best city endorser for city branding)
12. Malang Strudel dari Teuku Wisnu 
      (the most creative digital activation for city branding).
pemenang penghargaan anugerah mitra terbaik kementerian pariwisata


Siang berbahagia itu masih berlanjut karena telah dibuka pendaftaran Wonderful Start Up Academy (WSA) batch 2. Sebuah program inkubasi start-up pertama yang bergelut dalam bidang pariwisata. Kolaborasi ini tercipta berkat kerjasama dengan Kementerian UMKM dan International Council for Small Business. Program ini terdiri dari edukasi, knowledge sharing, mentoring, hingga validasi terhadap market maupun bisnis sehingga memberi akses bagi pemangku kebijakan, pelaku bisnis pariwisata, dan konsumen secara langsung. Tujuan program ini yaitu untuk menciptakan ekosistem agar Indonesia dikenal sebagai destinasi wisata utama mancanegara.

launching kompetisi foto & cerita "the heart of wonder"
Gelaran JPAT tahun ini juga diadakan bersama dengan talkshow serta peluncuran "The Heart of Wonder" yaitu lomba foto & cerita wastra atau kain nusantara di 10 Bali Baru. Kompetisi ini akan memperebutkan total hadiah senilai 300 juta rupiah. Inisiasi program ini terinspirasi dari salah satu fotografer ternama Indonesia yang juga menjadi fotografer untuk iklan Asian Games 2018, Nurulita Andriani. Selain Nurul, tampak hadir sebagai pembicara yaitu Asteriska (Icil Barasuara) yang akan menjadi juri dalam lomba kali ini. Vokalis mungil tersebut terpilih karena kerap menggunakan kain dalam setiap penampilan menyanyi di atas panggung. Ada juga penyanyi Andien yang telah ditunjuk sebagai duta wastra. Kesukaannya menggunakan kain bercorak khas Indonesia dalam foto yang diunggah ke instagram membuat Ia terlibat dalam project ini.  
Wastra dinilai menjadi hal terpenting dalam budaya pada banyak suku di Indonesia. Ragam motif, warna, dan cerita dibaliknya selalu memberi nuansa yang penuh arti dan terkesan tak biasa. Kekayaan Wastra bukan hanya harus dilestarikan, melainkan juga diperkenalkan dan dipromosikan.

suasana booth pameran kementerian pariwisata
                       
  Sebelum pulang, aku menyempatkan diri untuk berkeliling arena acara sambil menikmati sajian booth dari pameran yang diikuti oleh satuan kerja di lingkungan Kementerian Pariwisata. Masing-masing booth memamerkan keberhasilan program yang telah dicapai selama ini. Beberapa diantaranya juga mengemas booth dengan konsep unik berlatar wisata alam dan budaya dengan suguhan kuliner yang bisa dinikmati bersama.


Melambai lambai
Nyiur di pantai
Berbisik bisik
Raja Kelana

Memuja pulau
Nan indah permai
Tanah Airku
Indonesia

bendera merah putih

36 komentar:

  1. Keren ya acaranya..semoga Indonesia semakin dikenal luas dan makin banyak pihak yang ikut terlibat untuk promosi pariwisata kita ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga pariwisata Indonesia terus mendunia*

      Hapus
  2. Luar biasa ya pencapaian kemenpar. 2019 nanti semoga lbh sukses lagi. Amin.

    Bra kapan melempar turun ke Cianjur? Bantu kami kabupaten terbelakang di Jabar yg lagi terpuruk ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada apa dengan Cianjur teh?

      Sektor pariwisatanya belum tergarap kah??

      Coba ceritakan kisah lebih lengkapnya supaya nanti diteruskan ke pihak terkait*

      Hapus
  3. kolaborasi yang apik antar kementerian, semoga tujuan mulia ini dapat terwujud ya ka yaitu menciptakan ekosistem agar Indonesia dikenal sebagai destinasi wisata utama mancanegara.. aamiin.. semangat dan optimis untuk kemajuan bangsa Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Travel blogger seperti kakak co2k nih jadi duta wisata halal :)

      Hapus
  4. acaranya kece nih kak, keren deh.. semoga Indonesia bisa lebih dikenal ladi destinasi wisatanya di mancannegara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Doa terbaik untuk Indonesia yaa Kak ;)

      Hapus
  5. Sebagai travel blogger kayaknya blm lengkap klo blm ikut acr kemenpar ..deuh sy blm pernah nih...hihi
    Moga target 20 jt wisatawan tercapai ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik Mak. Nanti kalau ada info selanjutnya aku beri kabar yaa..

      Semoga kita bisa liputan dan jalan2 bareng*

      Hapus
  6. Wah seru banget kak bisa satang ke acara bagus bareng kementrian seperti ini... pastinya banyak banget informasi positif khususnya seputar negara kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Alhamdulillah mendapat undangannya untuk terus menyebar berita positif*

      Hapus
  7. kit jadi tahu juga apa yang udah dilakukan selama 1tahun ya melalui foto foto yang ada. Acara yang nambah pengetahuan ini kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Dalam acara jumpa pers ini juga ada pameran dokumentasi kegiatan KemenPar.

      Fotonya bagus deh Kak yang ditampilkan*

      Hapus
  8. Semoga setiap tahun selalu di adakan acara seperti ini supaya bisa mengangkat pariwisata di Indonesia khususnya di daerah2 terpencil

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak Siwi.

      Acara ini memang selalu dilakukan setiap akhir tahun sebagai transparansi kinerja dari KemenPar*

      Hapus
  9. Mudah mudahan di tahun 2019 makin banyak program bagus diseluruh Indonesia dan makin banyak perhrlatan pariwisata yang diselenggarakan pemerintah daerah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.

      Bisa ditengok kak kalender event yang sudah diluncurkan biar sekalian bisa jalan dan jajan. hhe*

      Hapus
  10. kementerian pariwisata ini programmya makin ke sini makin milenial dan semoga semangatnya menjalar ke semua daearah ya... semangat terus untuk indonesia lebih baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.

      Semoga potensi pariwisata Indonesia diberbagai daerah bisa terus bangkit menuju Indonesia maju*

      Hapus
  11. Bagus banget...semoga dengan sering dibuatnya acara seperti ini, industri pariwisata di Indonesia semakin berkembang yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.

      Yuk, kita dukung industri pariwisata Indonesia supaya dikenal oleh dunia*

      Hapus
  12. Senang dengan kemajuan pariwisata di Indonesia, semoga kedepannya makin maju ya, aamiin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Doa terbaik untuk Indonesia yaa*

      Hapus
  13. Waah keren bangat sih acaranya, semoga dengan acara seperti ini banyak pihak yang termotivasi untuk menciptakan pariwisata di negeri kita ini semakin maju lagi. Aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.

      Maju terus pariwisata Indonesia dan bangsa yang ada didalamnya*

      Hapus
  14. Semoga pariwisata Indonesia semakin membuat Indonesia terkenal di dunia ya. Selqmat buat para pemenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ManTul kak*

      terima kasih telah berkunjung ke tulisan ini ^^

      Hapus
  15. kerennnn... semoga pariwisata di Indonesia semakin sukses! semakin banyak wisatawan, berkunjung ke indonesia.. khususnya buat wisatawan lokal! daripada jauh2 ke luar negri mending keliling Indonesia aja ya ��

    BalasHapus
  16. Dengan melibatkan teman2 Blogger dalam acara2 yang digelar oleh Kementrian seperti ini, jadi salah satu cara yg cepat untuk memberikan informasi kepada masyarakat luas, untuk mengetahui pencapaian apa saja yg telah diraih oleh pemerintah ya Kaa.

    Semoga dunia pariwisata Indonesia kedepannya terus berkembang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak Evi.

      Blogger bisa menyebar berita baik tentang pariwisata Indonesia sehingga banyak yang ingin keliling Indonesia.

      Ayo, kita terus sebarkan berita baik*

      Hapus
  17. Semoga dengan banyaknya penghargaan performa, industri pariwisata semakin maju. Hoho. Dan semoga dengan mengundang blogger, di publish dimana2 jd banyak yang tau program pemerintah. Hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat kak. Sarana penyebaran informasi tercepat memang bisa melalui blogger agar masyarakat bisa tercerahkan dengan berita baik*

      Hapus
  18. Baca ini semangat banget...sayup2 berasa denger lagu rayuan pulau kelapa...

    Jadi senandung sendiri...

    Semoga pariwisata Indonesia semakin maju..dan masyarakat lebih damai adem tentram..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga menulisnya sambi nyanyi kok. wkwkwk..

      Kalau bukan kita yang melestarikan wisata dan lagu-lagu nasional, siapa lagi? :)

      Hapus