Tulis yang kamu cari

Adv

Cerdas Dengan Uang dalam Investasi Properti



cerdas dengan uang dalam investasi properti



Konon investasi properti lebih menjanjikan dibanding dengan investasi lainnya. Banyak masyarakat yang membeli rumah, apartemen, ruko, atau rukan untuk disewakan kembali. Tidak sedikit pula yang membeli tanah dan mengambil keuntungan dari kenaikan harga tiap tahunnya. Blogger Eksis juga sudah mencoba investasi properti dengan membuat rumah kontrakan demi jaminan keuangan masa depan yang lebih cerdas.
Bukan hanya golongan dari kasta rakyat jelata seperti aku saja yang memilih instrumen berupa properti. Kalangan selebritis juga menggandrungi gurihnya investasi properti ini. Seperti yang aku temukan pada sebuah artikel yang ditulis oleh tim MoneySmart, nama besar seperti Ayu Ting Ting, Christian Sugiono, Citra Kirana, Jessica Milla, Nikita Willy, dan Pevita Pearce juga sudah terjun untuk investasi properti. Artikel lebih lengkap bisa baca “Gurihnya Investasi Properti”.


Investasi properti merupakan investasi padat modal. Berarti, semakin banyak modal yang ditanamkan pada properti, maka semakin banyak pula nilai investasi yang didapat. Modal yang diinvestasikan dalam investasi properti terdiri dari biaya-biaya seperti biaya pembelian, pembangunan, perawatan, penambahan fasilitas properti, dan juga pajak. Itulah alasan mengapa investasi di bidang properti memerlukan biaya yang tinggi dibanding dengan investasi di bidang lain.
Tapi, kita tak perlu khawatir karena modal yang besar akan membawa nilai jual yang besar pula untuk investasi yang kita lakukan. Jika sudah dikelola, maka investasi properti menjanjikan keuntungan yang berlipat. Dibalik itu, bukan tidak mungkin juga nilai investasi di dunia properti bisa menyebabkan kerugian. Kondisi demikian harus disiasati sedini mungkin.

Cara sederhana yaitu dengan mencermati beberapa masalah yang akan timbul ketika kita mengelola investasi properti. Sebagai investor, setelah kita mengenal masalah-masalah tersebut, kita harus tahu cara mengatasinya. Hal ini harus dilakukan agar kerugian bisa diminimalisir dan semua berubah menjadi keuntungan.
Berikut Blogger Eksis bagikan hal-hal penting yang perlu diketahui agar pengelolaan keuangan dalam investasi properti bisa memberi keuntungan yang lebih berarti. #CerdasDenganUangmu

1. Tentukan sampel yang baik

contoh miniatur rumah sebagai sampel untuk investasi properti

Persaingan dalam bisnis properti, menuntut banyak pengembang berkompetisi dalam menjual properti yang belum dibangun. Hal ini dilakukan untuk mencuri start demi mendulang penjualan. Maka, sebagai langkah awal kita wajib memastikan sampel properti dalam kondisi baik.
   Misal, jika kita tertarik untuk membeli dan berinvestasi pada rumah yang belum dibangun, kita harus memastikan sampel dan miniatur model rumah dengan cermat. Pastikan bahan bangunan, material yang digunakan, bentuk bangunan dan lainnya dapat sama dengan apa yang dijanjikan oleh pengembang. Hal ini untuk memastikan agar tidak ada pihak yang merasa dirugikan setelah wujud rumah dalam kondisi siap huni.
    Kepastian ini juga bisa membawa kita agar rumah tersebut tetap memiliki nilai jual kembali untuk diinvestasi atau dikontrakkan. Pantau terus bahwa memang bentuk bangunan sudah sesuai dengan yang kita harapkan. Dengan begitu para pengembang memiliki tantangan tersendiri untuk mengembangkan sampel yang sesuai dengan kebutuhan investor.

2. Pilih lokasi investasi untuk beberapa tempat

Kenyamanan dalam investasi dibidang properti, tentu membuat kita ingin menambah jumlah investasi. Kondisi tersebut wajar dilakukan agar keuntungan bisa berlipat ganda dan tak tertuju pada satu peluang saja. Ada baiknya kita memperhatikan jika tidak berinvestasi di satu tempat yang sama. Hal ini dilakukan untuk meminimalisasi risiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada properti yang kita punya.
Contoh, ketika aku membeli sebuah rumah di Bandung pada perumahan A. Aku lebih memilih membeli perumahan lain di kota yang sama, tapi pada perumahan B. Jika memang ada peluang di kota lain yang terbuka, maka aku juga bisa memilih lokasi tersebut.
Contoh di atas dapat menjadikan nilai investasi yang kita miliki bervariasi. Semua tergantung dari perkembangan lokasi dimana tempat investasi properti kita berada.

cerdas dengan uang dalam membeli rumah
investasi properti tidak hanya fokus satu lokasi

Lebih dari itu, risiko investasi juga bisa diminimalisir. Contoh, perumahan A dilanda bencana seperti banjir, gempa bumi, kebakaran, tanah longsor, sampai tsunami sehingga menyebabkan kerusakan pada rumah yang menjadi investasi kita. Jika kita memiliki rumah lain di perumahan A tersebut, maka dapat dipastikan investasi kita rusak seluruhnya. Jika terpisah kawasannya, tentu kita masih memiliki investasi yang bebas dari risiko bencana.
Selain itu, produk properti harus diasuransikan. Dengan asuransi dalam investasi, kita akan mendapat kenyamanan sekaligus keamanan. Saat ada hal yang tak diinginkan, kita pun bisa terhindar dari kerugian.

3. Lihat fasilitas yang memadai supaya peluang investasi semakin tinggi

           Fasilitas yang tersedia memang jadi faktor pendukung yang dibutuhkan siapa saja. Setiap kali kita mencari hunian, pasti kita ingin mendapat fasilitas lengkap. Baik yang bersifat fasilitas internal dengan bawaan properti yang kita beli maupun fasilitas eksternal yang tersedia pada lingkungan sekitar untuk memenuhi akses seperti bisnis, transportasi, pendidikan, kesehatan, keamanan, dan perbelanjaan.

          Semakin lengkap fasilitas yang disediakan, tentu pembeli tidak terlalu keberatan untuk membayar sedikit lebih mahal dalam memilih hunian. Kuantitas fasilitas juga mampu mengembangkan bisnis atau investasi lain. Aku jadi teringat pada video dari channel youtube MoneySmart. Dalam video '5 Kosan Di Jakarta Ini Harga Sewanya Sama Kayak Harga Sewa Apartemen' terlihat jelas bahwa fasilitas menentukan nilai investasi. Berikut video selengkapnya:


Sebagai contoh, di daerah tempat berinvestasi ternyata akan dibangun kampus dengan mahasiswa sebanyak ribuan orang. Tentu kita bisa melihat peluang dengan membuka bisnis penunjang seperti kos-kosan yang pasti dicari oleh para mahasiswa tersebut. Bukan hanya rumah kos, kita juga dapat membangun toko yang menjual berbagai perlengkapan yang sekiranya dibutuhkan oleh mahasiswa.

4. Hitung biaya perawatan properti sejak awal

             Tidak hanya untuk membeli properti, investasi jenis ini juga membutuhkan modal untuk merawat properti yang telah kita miliki. Properti yang bangunannya terawat, tentu memiliki harga yang lebih tinggi dari yang tidak pernah dirawat. Hal ini dipengaruhi karena bisnis properti bisa menguntungkan bila tergantung pada kualitas dari bangunan properti itu sendiri.
Tambahkan dalam alokasi keuangan yang kita kelola untuk biaya perawatan properti tersebut. Jika properti yang kita punya berkurang mutunya, maka nilai investasi bisa menurun. Jika nilai investasi tidak terjaga, tentu akan membuat kita jadi rugi. Bukankah sebagai investor yang baik, kita harus mencegah kerugian sedini mungkin.
hitung biaya perawatan dalam investasi properti
Misal, kita memiliki sebuah properti berupa rumah. Setiap rumah tentu memiliki usia maksimal untuk ditempati karena bisa saja bangunan rumah ada yang rusak sehingga menurun kualitasnya. Maka, kita perlu perencanaan renovasi untuk menjaga kondisi fisik bangunan dan nilai investasi yang kita miliki. Hal ini akan berimbas pada harga properti yang akan terus naik setiap tahunnya sehingga investasi kita terhindar dari penyusutan.

5. Optimalkan platform digital

         Strategi promosi investasi properti telah dikembangkan dalam bentuk digital. Semua hal bisa disajikan dan diperhitungkan secara matang selama kita tersambung melalui teknologi internet. Keuntungan dari promosi pada internet yaitu bersifat cepat, murah, dan memiliki jangkauan luas.
         Sudah banyak situs jual beli properti yang bisa dimanfaatkan. Tak hanya itu, promosi online juga bisa dilakukan dengan memasang iklan pada media sosial atau personal blog yang memiliki jejaring luas. Dengan begitu kita mampu gaet para calon pembeli yang mudah dikenali melalui jejak digital.
          MoneySmart dalam sebuah artikel “Jual Rumah Online Jangan Ngasal” menjelaskan ada 10 hal yang harus dicermati sebelum kita menjual rumah secara online. Semua hal tersebut harus dipahami agar penggunaan platform digital bisa dimanfaatkan secara bijak. Dengan begitu pengelolaan keuangan terhadap investasi properti mendapat keuntungan yang maksimal.

banyak platform online penyedia properti


          Setelah kamu mempersiapkan hal-hal di atas, kamu masih menemui harga properti yang begitu mahal untuk di kota besar seperti Jakarta. Tenang aja kok, jangan baper dulu. Modal untuk investasi properti bisa dilakukan dengan kolaborasi. Kok bisa?
          Iyalah untuk anak zaman now segala cara bisa dilakukan dalam berinvestasi. Kita bisa mengikuti property crowdfunding alias pembelian kolektif untuk investasi properti. Bahasa tongkrongannya mah, patungan gitu. Meski kita gak bisa beli properti secara utuh.
      Aku pernah baca informasi ini dari MoneySmart, dalam artikel tersebut generasi milenial sudah bisa investasi properti hanya dengan modal Rp 500.000,-. Konon skema investasi properti kolektif itu sudah dipraktekkan di luar negeri, makanya anak zaman now di Indonesia gak mau ketinggalan zaman. Kamu bisa simak pembahasannya dengan baca artikel “Cara Investasi Properti ala Milenial”.

             Itulah hal-hal yang harus kita perhatikan saat memutuskan untuk berinvestasi dalam bidang properti. Pergerakan harga properti akan berbeda di setiap titik lokasi. Sebagai investor, kita harus cerdas dalam mencari, mengikuti, dan memperbarui informasi yang ada pada tiap daerah lokasi investasi. Lakukan survei untuk mengetahui nilai investasi properti yang kita miliki. Jangan sampai terjadi kerugian karena membeli properti lebih tinggi atau menjual lebih murah dari standar harga di kawasan.
Banyak yang bilang investasi properti bagai investasi buta. Intinya, jangan terlalu terburu-buru dalam membeli produk properti impian. Dibutuhkan waktu yang lama untuk memilih properti terbaik sesuai dengan kebutuhan. Jika sudah memastikan kita mendapat produk properti terbaik, maka keuntungan investasi juga terasa lebih baik.

Referensi:
platform money smart sebagai layanan edukasi digital tentang ekonomi

10 komentar:

  1. Bukan konon lagi, tapi property memang invesasi yang sangat menjanjikan.. selagi masih muda, yuk nabung dan investasi property.. InshaAllah masa tua nanti menikmati hasilnya.. tuh sudah diingatkan pak habibie.. kalo uang digunakan sesuai keinginan saja ya akan habis hehe

    BalasHapus
  2. Aku terfikir lho kalau ada dana mau bikin kos-kosan atau kontrakan hahaha. Apalagi yang masih muda harus kebeli rumah buat zaman sekarang ya

    BalasHapus
  3. Investasi properti memang sangat menjanjikan,meski untuk mendapatkannya perlu pertimbangan dan cermat memilih yang cukup lama. Ini salah satu rencanaku, yang semoga bisa direalisasi dalam waktu dekat.

    BalasHapus
  4. Secara umum investasi propeety memang menguntungkan ya...asal tdk ada hal2 khusus terjadi...

    BalasHapus
  5. Wih bisa investasi mulai dari 500k 😮 saya masih newbie soal dunia investasi, jadi tertarik nih!

    BalasHapus
  6. Bisnis properti memang sedang naik daun ya ,dan prospek kedepannya memang oke.
    Iya, setuju harus cek dlu fasilitas yang disediakan ,agar disesuaikan sm kebutuhan kita .

    BalasHapus
  7. Pemilihan lokasi properti ternyata butuh strategi khusus ya. Bener banget tuh kalau punya beberapa di lokasi A yang kemudian amit-amit terjadi bencana jadi kebanyakan ya ruginya. So, sebaiknya beli di tempat terpisah yaaa. Artikelnya lengkap banget jadi nambah deh pengetahuan tentang investasi properti. Thank you...

    BalasHapus
  8. Yap.. untuk investasi properti memang harus direncanakan dnegan tepat ya supaya hasil yang didapat bisa memenuhi ekspektasi. Apalagi sekarang orang makin cerdas dan makin pemilih dalam urusan properti..

    BalasHapus
  9. Jenis investasi yang paling menjanjikan, bisnis properti.

    BalasHapus
  10. Wah ternyata utk investasi di property, Kita jugs harus cerdas. Terima kasih infonya

    BalasHapus