Tulis yang kamu cari

Adv

Keberadaan Gen Z telah Menggeser Gen Milenial



Telinga kita pastinya sudah akrab sekali dengan istilah generasi milenial. Meski artinya tidak terlalu kita pahami tetapi didalam kenyataannya istilah itu sudah masuk ke dalam percakapan kita didalam kehidupan sehari-hari. Termasuk generasi milenial ini adalah mereka yang lahir diatas tahun 1980an hingga 1997.


Blogger Eksis bisa dikatakan sebagai generasi milenial karena aku menjadi generasi yang pernah melewati era millennium yang kedua sejak Karl Mannheim menghembuskan tentang teori generasi ini pada tahun 1923. Didalam tulisannya yang berjudul “The Problem of Generation” Mannheim yang merupakan seorang sosiolog mengenalkan teori tentang generasi milenial ini. Menurutnya manusia-manusia ini didunia akan saling mempengaruhi dan akan membentuk karakter yang sama karena mereka itu telah melewati masa sosio dan sejarah yang sama. Dalam art manusia-manusia yang hidup di zaman Perang Dunia II dan manusia pasca Perang Dunia II yang pasti akan berbeda karakternya, meski begitu mereka akan saling mempengaruhi.

Berdasarkan teori itu para sosiolog membagi manusia kedalam beberapa generasi seperti generasi Pasca PD II, Generasi Baby Boomer I, Generasi Baby Boomer II, Generasi X, Generasi Y alias Milenial, dan juga generasi Z atau gen Z. Biasanya pembagian generasi manusia ini berdasarkan rentang tahun kelahiran. Tetapi rentang tahun ini didefinisikan oleh sejumlah pakar dengan berbeda. Misal pada saat mendefinisikan tentang rentang umur gen Z maka akan sangat beragam indikatornya.

Ketika seorang jurnalis, Bruce Horovitz mengenalkan tentang gen Z pada tahun 2012 maka belum jelas rentang umur yang digunakannya. Meski begitu istilah ini mulai sering digunakan pada saat selesai presentasi dari agen pemasaran Sparks and Honey Viral pada tahun 2014. Rentang umur yang digunakan disana adalah anak-anak yang terlahir mulai dari tahun 1995 hingga 2014.

Lalu, bagaimana perkembangan Gen Z di Indonesia?

Pada tahun 1990 Internet mulai hadir di Indonesia dan baru pada tahun 1994 hadir Indonet sebagai Penyelenggara Jasa Internet komersial perdana di Tanah Air. Maka, Gen Z ini bisa kita anggap sebagai orang-orang yang terlahir dipertengahan tahun 1990an hingga tahun 2000an. Jika Gen Z yang pertama adalah mereka yang terlahir ditahun 1995, maka itu artinya orang yang paling tua didalam Gen Z di Indonesia adalah mereka yang sudah berusia 23 tahun.

Mereka ini sudah mulai beranjak dewasa, sudah mengikuti pemilu, sudah mencari atau sudah mempunyai pekerjaan, dan hal-hal yang lain akan mempengaruhi terhadap kehidupan ekonomi, politik, dan juga kehidupan sosial. Gen Z ini pada dekade yang terakhir terus diteliti mulai dari preferensi politik, ekonomi, hingga masalah gaya hidup. Oleh karena itu, belum adanya generasi yang sejak lahir  sudah akrab dengan berbagai teknologi, tidak seperti Gen Z ini. Sejauh ini mereka terkenal sebagai sosok dengan karakter yang lebih tidak fokus jika dibandingkan dengan Gen Milenial. Tetapi Gen Z ini lebih serba bisa, lebih individual, lebih global, pikirannya lebih terbuka, akan lebih cepat terjun ke dunia kerja, lebih wirausahawan, dan pastinya akan lebih ramah terhadap teknologi.

Pada intinya Gen Z ini merupakan generasi yang paling berpengaruh, unik, dan juga lebih beragam jika dibanding dengan generasi sebelumnya. Akankah perkembangan Gen Z bisa membuktikan eksistensinya? Kita lihat saja*

2 komentar:

  1. Generasi Z lebih beruntung karena dunia udah semakin canggih saat mereka lahir ya.
    Beda banget dengan generasi sebelumnya.
    Namun, generasi sebelumnya juga beruntung karena merasakan hal indah lainnya selain teknologi :)

    BalasHapus
  2. MestiQQ Adalah perusahaan judi online KELAS DUNIA ber-grade A

    Sudah saatnya Pencinta POKER Bergabung bersama kami dengan Pemain - Pemain RATING-A

    Hanya dengan MINIMAL DEPOSIT RP. 10.000 anda sudah bisa bermain di semua games.

    Kini terdapat 8 permainan yang hanya menggunakan 1 User ID & hanya dalam 1 website.
    ( POKER, DOMINO99, ADU-Q, BANDAR POKER, BANDARQ, CAPSA SUSUN, SAKONG ONLINE, BANDAR66 )

    PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAWAL CEPAT Dan AMAN TIDAK LEBIH DARI 2 MENIT.

    100% tanpa robot, 100% Player VS Player.
    Live Chat Online 24 Jam Dan Dilayani Oleh Customer Service Profesional.

    Segera DAFTARKAN diri anda dan Coba keberuntungan anda bersama MestiQQ
    ** Register/Pendaftaran : WWW-MestiQQ-POKER
    Jadilah Milionare Sekarang Juga Hanya di MestiQQ ^^

    Untuk Informasi lebih lanjut silahkan Hubungi Customer Service kami :
    BBM : 2C2EC3A3
    WA: +855966531715
    SKYPE : mestiqqcom@gmail.com

    BalasHapus