Efek keberhasilan dalam menciptakan kolaborasi
untuk layanan hiburan tanpa batas membawa IndiHome peroleh penghargaan The
Best Brand Champion for Product/Service Collaboration. Apresiasi ini diraih
dalam ajang Indonesia Brand Forum (IBF) tahun 2022 yang bertajuk “Brand
Collab Champion – Winning Thru Coopetition not Competition”
IBF merupakan ajang pertemuan para pemimpin merek di Indonesia untuk berbagi best practices dalam hal strategi mengelola, memperkuat, dan meningkatkan ekuitas merek. IndiHome sebagai merek internet terbaik Indonesia sadar betul bahwa ada proses kolaborasi yang begitu panjang sebelum penghargaan ini diraih. Mengingat, merek-merek atau penyedia layanan internet di Indonesia juga punya persaingan yang sengit dalam meraih pangsa pasar.
Di era new normal seperti saat ini, pemilik
merek harus beradaptasi dan bertindak cepat dalam menjangkau segmentasi
konsumen dan mengelola para pelanggan yang telah loyal. Kolaborasi aktif
bersama ragam platform OTT membuat IndiHome mampu memberi hiburan tanpa batas sesuai
segmentasi penggunanya. Paket dan fitur-fitur interaktif melalui aplikasi myIndiHome
pun digulirkan secara masif sehingga semua terasa lebih mudah dan lebih dekat. Bentuk
strategi kolaborasi tersebut membuat IndiHome yakin mampu mengarungi derasnya sentimen
negatif seiring iklim kompetisi sengit dalam industri fixed broadband.
Sampai
tengah tahun 2022, sekitar 14 platform over-the-top (OTT) sudah
digandeng IndiHome untuk berkolaborasi. Kondisi ini sejalan dengan tren nonton
puas tanpa batas yang digandrungi lintas generasi. Ada peran dan kontribusi
yang prima dari IndiHome sebagai penyedia layanan internet terbaik bagi
pelanggan. Tak dapat dipungkiri bahwa kolaborasi yang telah berlangsung selama
ini menyesuaikan kebutuhan masyarakat akan kehadiran ragam konten digital yang
terus berkembang.
Penulis yang menjadi bagian dari blogger juga melihat bahwa komitmen IndiHome dalam berkolaborasi tak hanya terpusat pada satu dimensi saja. IndiHome sebagai layanan internet terbaik sering berkolaborasi dengan banyak komunitas seperti narablog, KPopers, gamers, dan masih banyak lagi. Kolaborasi diwujudkan selama era kenormalan baru sehingga strategi go digital dan go personal terus meluas hingga kini dan nanti.
Penghargaan atas kolaborasi konten terbaik tahun ini yang didapat IndiHome tentu sudah diseleksi dan dikurasi secara ketat dibanding merek-merek fixed broadband lainnya. “Indonesia Brand Forum (IBF) menilai IndiHome berhasil melakukan berbagai sinergi dan kolaborasi dengan ragam layanan streaming service atau video over-the-top (OTT), baik nasional maupun global. Dengan begitu layanan internet terbaik Indonesia ini mampu menciptakan keluasan window of entertainment yang dapat dinikmati para pelanggan setianya, sekaligus menghadirkan keberagaman ekosistem konten digital tanah air,” kata Yuswohady selaku Founding Chairman IBF.
Meski
dianggap sebagai merek yang tidak terdampak pandemi, IndiHome juga kadang ditempa
krisis kepercayaan dari masyarakat. Beranjak dari situasi itu, perusahaan internet
terbaik di Indonesia ini selalu percaya ada peluang dibalik krisis. Inovasi
kolaborasi dengan multi platform OTT pun menjadi resolusi yang tetap menghubungkan
pelanggan dengan konten-konten hiburan dimanapun dan kapapun mereka mau.
Diharapkan kolaborasi konten terbaik yang sudah berlangsung membawa kinerja dan
keuntungan anak perusahaan dari Telkom Indonesia ini makin apik dan melesat
tinggi.
![]() |
Bapak Edie Kurniawan menjelaskan strategi kolaborasi konten terbaik IndiHome |
Strategi kolaborasi konten terbaik juga diusung dari model bisnis di industri fixed broadband yang dinamis. Pendekatan pada kebutuhan pelanggan tetap diutamakan sehingga pelanggan bisa memilih akses layanan hiburan tanpa batas sesuai keinginan. Peta bisnis dan pengembangan layanan internet terbaik disesuaikan dengan perilaku konsumen yang terpusat pada tren lifestyle kenormalan baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar