Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Ruang Berbagi Ilmu yang Sehat Bersama Komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB)


foto bersama komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB)
foto bersama (sumber: dokumentasi ISB)

         Blogger Eksis sudah mengenal komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) sejak tahun lalu. Dari perkenalan itu, aku banyak mendapat ragam ilmu. Mulai dari olah video, menulis dengan cinta, sampai belajar infografis. Alhamdulillah, ilmu yang aku dapat mampu diamalkan sehingga membuka peluang supaya aku bisa bertahan dalam profesi sebagai narablog.
       Ilmu tentang infografis memang sedang aku cari. Belajar bersama tentu menarik apalagi pembicara yang dihadirkan berasal dari kalangan blogger yang memang jago dalam hal desain komunikasi visual. Lebih dari itu, tempat belajar virtual office yang dipilih juga memberi semangat aku untuk datang pada Sabtu, 20 April 2019 lalu.
          Sebelum mulai belajar, acara diisi dengan sambutan dari para sponsor. Pertama, ada mbak Asti Eka Putri selaku product marketing CNI Indonesia. Dalam kesempatan itu, ia memperkenalkan produk BioPlus. Produk ini seperti suplemen kesehatan yang bisa bekerja efektif pada saluran pencernaan karena memiliki keseimbangan gizi yang kuat.
presentasi produk CNI Indonesia
       Produk ini memang cocok buat para blogger, terutama untuk aku yang kadang tidak peduli terhadap kesehatan pencernaannya. Kalau sudah berada di depan laptop, aku suka lupa waktu. Sistem pencernaan mulai terganggu karena sakit maag yang mulai kambuh.
     Kalau sudah begitu, aku bisa langsung konsumsi BioPlus. Apalagi produk probiotik ini cukup praktis dan terjamin mutunya. Kita juga bisa konsumsi produk ini dengan dilarutkan air atau sari buah sehingga keseimbangan flora usus dalam sistem pencernaan terjaga dengan baik.
     BioPlus bukan sekadar probiotik biasa. Produk ini mampu menjaga keseimbangan antar bakteri baik dan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh kita. Dari sinilah, zat gizi yang mendukung kesehatan tubuh disuplai.
      Beruntung, produk BioPlus dibagi kepada para peserta yang hadir hari itu. Pembagian produk bukan hanya ada di dalam goodie bag saja. Tetapi, semua peserta yang menang dalam Instagram Challenge dan Kahoot Games juga mendapat produk secara cuma-cuma. 
penjelasan lengkap produk BioPlus
infografis CNI Indonesia
Bukan hanya BioPlus saja yang ada didalam goodie bag, aku juga mendapat minuman serbuk teh instan dengan komposisi bahan pilihan berkualitas seperti lemon dan madu. Saat minuman tersebut diseduh, aku bisa rasakan kesegaran sekaligus kenikmatan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.
Produk yang diberi nama Up Honey Lemon Tea ini jelas terasa khasiatnya. Hal ini dikarenakan ada kandungan teh hitam dan vitamin C yang bisa melawan bakteri serta memperkuat sistem imunitas. Ditambah dengan madu yang bisa jadi sumber energi untuk meningkatkan stamina. Jadi tambah semangat deh saat melakukan banyak aktivitas sekalipun.

VR Offices di TCC Batavia
sambutan dari VR Offices (dokumentasi ISB)
Pengetahuan tentang produk kesehatan yang aku dapat semakin bertambah di hari itu. Berikutnya, aku mendapat informasi tentang ruang belajar yang sedang digunakan dari Raden Firman Agung P. sebagai graphic designer yang menjadi perwakilan VR Offices. Kita akan mendapat pilihan tempat baru lagi nih untuk bekerja.
Sebagai pekerja lepas dalam industri kreatif, aku memang butuh tempat bekerja dengan suasana berbeda. Konsep yang diusung VR Offices sangat terasa sekali nuansa ‘go green’. Ukuran ruang terbilang minimalis, tapi kebersihan sangat terjaga. Ada beberapa pilihan tempat kerja yang bisa kita gunakan, seperti company incorporation, virtual office, private office, sampai coworking seat. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan pekerjaan yang akan kita lakukan.
hybrid coworking space
   Hybrid coworking space ini tentu sangat layak bagi para pelaku startup. Desain ruangan mampu membuat orang-orang yang berada didalamnya bisa berinteraksi dengan sehat dan saling transfer knowledge yang bermanfaat. Jika pekerjaan terasa membosankan, mungkin kita bisa rehat sejenak dengan membuat kopi di pantri atau bermain billiard karena semua fasilitas terasa lengkap.
Dari segi lokasi, tempat ini juga mudah dijangkau. VR Offices berada di Lantai 6 Gedung TCC Batavia, Jl. KH. Mas Mansyur Kav.126, Jakarta. Kawasan ini memang dikenal sebagai sentra bisnis. Jadi, sudah tak sabar rasanya jika kita bisa bekerja disini karena segudang inspirasi akan ditemui mulai dari tempat ini. It’s a cozy place*
virtual office di Jakarta
Inilah ilmu baru yang ditunggu. Belajar infografis dari Jumardan Muhammad. Sosok blogger yang sekarang sibuk menjadi SEO Specialist dalam sebuah agensi. Seperti apa kiat membuat infografis yang menarik bagi pembaca, mari kita simak informasinya.

  Jumardan Muhammad sebagai desainer grafisPembicara pada sesi berbagi ilmu hari itu sering dipanggil Ardan. Ia mengatakan bahwa menjadi konten kreator tidak hanya punya modal bisa menulis saja. Kita juga harus mampu memanfaatkan grafis sebagai konten visual agar pembaca betah melihat tulisan kita.
Berkat beberapa grafis yang dibuat, Ardan berhasil menjuarai beberapa lomba blog. Tentu infografis yang ditampilkan menjadi nilai tambah karena memang kata infografis berasal dari dua kata, information dan graphic. Informasi tersebut bisa berupa pemberitahuan umum atau pemaparan data sehingga mampu disajikan dengan unsur yang lebih ringkas.
Bentuk penyajian data bisa kita buat dalam bentuk chart, angka beserta icon, atau gambar terkait hal yang ingin disampaikan. Pastikan data yang tersaji memuat hal-hal paling penting untuk dipahami. Selain itu, penuhi 4 elemen infografis yang terdiri dari judul, pengantar, isi, dan sumber.

jenis infografis berdasar bentuknya
Proses pembuatan infografis juga cukup mudah. Pertama, cari sebanyak mungkin data dan fakta yang bisa dijadikan referensi visual dari tulisan yang akan kita angkat. Setelah itu, manfaatkan situs daring seperti Canva untuk langsung membuat konten yang kita mau. Disitu sudah tersedia banyak template dan kita bisa mengolah sesuai dengan konsep infografis yang ingin kita tampilkan. Jika ingin sinkronisasi dengan gambar-gambar lain, kita juga bisa memanfaatkan Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator atau InDesign untuk memanipulasi gambar sehingga konten tulisan lebih enak dibaca.

tips dalam membuat infografis
Gimana seru kan berbagi ilmunya??
Sudah banyak ilmu dan informasi yang didapat hanya dalam waktu berapa jam saja. Semoga ilmu yang didapat bisa kita terus amalkan. Dengan banyak berbagi ilmu, kita bisa menerapkan pemikiran yang sehat. Dari situ pergaulan akan semakin berkembang dan hidup senantiasa diliputi rasa syukur.

1 komentar:

  1. Mantap nih hasilnya. Keep practicing! Terima kasih sudah datang kak

    BalasHapus