Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Tren Live Streaming, Inovasi Terkini IDN Media

live-streaming

   Selama pandemi, para pengguna media sosial terus mengikuti tren video live streaming. Sebut saja YouTube Live, Instagram Stories, online shop app, sampai mabar (main bareng) game online. IDN media sebagai platform yang memenuhi kebutuhan konten bagi milenial dan gen Z di Indonesia, mulai membuat fitur baru live streaming bertajuk IDN Live. Inilah salah satu bentuk konten dalam Era New Media yang begitu banyak membawa perubahan bagi kebiasaan masyarakat. IDN Live menghadirkan konten live streaming yang juga memiliki karakteristik user generated content (UGC) sehingga setiap pengguna aplikasi bisa memproduksi konten secara profesional.

       Blogger Eksis termasuk salah satu penikmat tayangan live streaming untuk beberapa aplikasi. Bagiku, ada unsur sharing content saat live streaming dimulai. Biasanya, ada streamer (orang yang melakukan live streaming) secara personal. Ada juga streamer yang berkolaborasi dengan konten kreator lain sehingga suasana lebih ramai.

      Konten dalam bentuk video live streaming ini memang dapat menyampaikan lebih banyak informasi dalam waktu cepat. Selain itu, penggunaan mobile platform seperti IDN App juga disinyalir bisa digunakan dari mana saja dan kapan saja. Toh, setiap individu sudah punya ponsel pintar masing-masing dalam genggaman.

     Fitur live streaming yang hadir melalui IDN live bisa menjadi alternatif netizen untuk berinteraksi lebih dekat secara real time. Antusiasme penonton juga bakal terlihat saat streamer yang muncul dari kalangan publik figur. Perkembangan komunikasi seperti ini bak evolusi metaverse yang terjadi dalam dunia virtual terkini.

    Kemampuan IDN App sebagai aplikasi untuk akses IDN Live juga terbukti bisa menyiarkan konten video secara live streaming, meski jarak audiens terbilang jauh. Apalagi saat masa pandemi, beberapa individu justru memilih jauh dari kerumunan maupun keramaian. Mereka lebih asyik menikmati live streaming sambil rebahan.

   Konvergensi media ini membawa aku larut dalam tren live streaming masa kini. Aku pernah menonton beberapa streamer dari IDN Live yang tampil dengan ragam topik tersendiri. Ada yang bahas kemampuan komunikasi dan komunitas, olahraga, KPop, buku, film, wisata, dan masih banyak lagi. Setahuku dari bulan Januari, IDN Media sudah mengadakan Open Cast untuk para streamer. 10 streamer dari banyak komunitas sudah melakukan live streaming sejak bulan Februari tahun 2022.

IDN-Live
IDN Live menghadirkan konten live streaming

Yuk! kita kenal lebih dekat platform live streaming karya anak bangsa ini. Check this out:

1. IDN Live membuat konten live streaming yang beda

Perkembangan media baru yang mengarah pada konsep ‘going live’ didukung transformasi digital untuk sektor telekomunikasi. Tentu saat melakukan live atau menonton live streaming, pengguna butuh internet cepat yang memfasilitasi pendistribusian konten secara live. Konten IDN Live hadir beradaptasi sesuai dengan kebutuhan pengguna IDN App.

Pilihan konten IDN Live lebih fokus dan terarah. Masing-masing streamer bukan hanya memamerkan kehidupan sehari-hari tanpa esensi. Beberapa streamer justru hadir dengan konten cerita bareng artis, uji nyali horor, komedi, sampai tanya jawab bersama psikolog. Tentu setiap konten live streaming yang hadir menekankan nilai-nilai interaktivitas, partisipasi, dan jejaring sosial. Kondisi demikian dipengaruhi karakteristik media penyiaran (siaran langsung) yang digabung dengan teknologi internet. Lebih dari itu, IDN App yang bisa diakses menggunakan perangkat mobile terlihat sesuai dengan gaya hidup pengguna internet masa kini.

 

2. IDN Live Ada Banyak Virtual Gift

Karakteristik lain dari fitur live streaming memang tak hanya tercipta interaksi sekadar love and comment saat siaran sedang berlangsung saja (live chat). Para penonton dapat interaksi untuk berbagi Virtual Gift kepada para streamer. Virtual gift ini menarik karena ada simbol-simbol atau local icon yang bisa dibagikan sesuai dengan suasana saat live streaming. 💬👀💖

 

3. Semua Bisa Jadi Streamer

Jadi streamer IDN Live tak perlu menguasai proses editing dalam memproduksi konten video. Distribusi kontennya dilakukan secara langsung melalui IDN App. Maka, streamer cukup butuh modal percaya diri dan punya hobi atau keahlian yang bisa dibagikan buat para penonton.  

Meski ada tahap seleksi dan kurasi yang harus dilalui, setidaknya semua punya kesempatan untuk jadi streamer. Hal yang penting tentu seorang streamer terpilih harus fokus dan konsisten dalam membuat konten sesuai segmentasi audiencenya. Para streamer juga harus berinovasi agar tetap eksis dan terus meningkatkan engagement terhadap pengguna IDN App. Bisa klik disini ya buat daftar jadi streamer.

IDN-Media
IDN Live membuat konten live streaming

Semoga Blogger Eksis bisa segera gabung untuk jadi streamer di IDN Live. Dengan begitu, aku bisa ikut tren live streaming yang menjadi bagian dari inovasi terkini IDN Media. Selamat atas peluncuran fitur live streaming bertajuk IDN Live.

Kehadiran dari fitur video live streaming ini disebut juga telah mengubah media yang sebelumnya sudah ada menjadi sebuah ‘media baru’ sesuai dengan konsep ‘mediamorfosis’. Bebas produksi konten live streaming boleh saja, asal tetap bijak dan beretika dalam menyiarkan kontennya secara langsung kepada khalayak ramai. Jangan lupa unduh IDN App dan daftar terlebih dahulu akunnya untuk menikmati konten live streaming terbaru!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar