Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Pekan Kemerdekaan Indonesia, Serunya Jadi Juri Lomba 17 Agustus

Semangat-Merdeka

  Sebagai bagian dari generasi milenial, Blogger Eksis pernah merasakan kesibukan setiap jelang perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia. Maklum saja, aku memang aktif terlibat dalam kegiatan karang taruna di komplek perumahan domisiliku. Demi persiapan Pekan Kemerdekaan Indonesia, biasanya kami mencanangkan waktu selama 3 bulan untuk merancang dan implementasi semua konsep di lapangan. Seharusnya perayaan Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia zaman sekarang lebih heboh dan ramai apalagi masyarakat sudah punya akses internet cepat untuk mencari ide-ide perlombaan atau konsep acara yang menarik.
   Tema kemerdekaan tahun ini yaitu “Bangkit lebih Kuat, Pulih Lebih Cepat”. Tema ini sejalan dengan momen kemerdekaan yang sempat hilang sewaktu pandemi melanda Indonesia. Saat jadi panitia dahulu, bahkan kadang tak kepikiran mau buat tema apa. Paling penting semua konsep acara terlaksana sesuai periode waktunya.

  Biasanya, bulan Juni sudah buat proposal dan menyebarkan ke berbagai donatur. Bulan Juli masuk pada tahap persiapan lomba dan mendekor lingkungan perumahan. Bulan Agustus lomba digelar mulai dari babak penyisihan sampai final hingga saat akhir bulan ditutup dengan acara puncak perayaan Pekan Kemerdekaan Indonesia.

    Kami memberi sebuah nama kelompok yang dikenal dengan Forum Barudaks Imigrasi (FBI). Biasanya, kami bisa mendapat suntikan dana dari donatur dan sponsor mencapai jutaan rupiah. Lomba yang paling banyak diminati biasanya lomba panjat pinang. Selain itu, setiap lomba yang kami adakan, kami selalu mengusahakan agar lebih banyak hadiah yang didapat supaya semua peserta senang dan makin semangat ikut semua jenis lomba, baik secara individu maupun tim.

Panitia-Lomba
                          keceriaan dan kebersamaan saat jadi panitia lomba pada masanya

    Zaman telah berubah seiring usia dan kesibukan yang terus bertambah. Perayaan 17 Agustus memang tetap meriah. Hanya saja, peranku justru berubah untuk peringatan 17an ke-77 tahun ini. Aku tak lagi disibukkan sebagai panitia lomba, melainkan ditunjuk sebagai juri lomba pada Pekan Kemerdekaan Indonesia 2022.

   Baca puisi dan karaoke menjadi dua lomba yang aku nilai pada tahun ini. Bisa jadi aku ditunjuk panitia sebagai juri karena aku dikenal menguasai bidang sastra dan tarik suara. Kesukaanku terhadap dua hal tersebut memang tepat.

   Saat jadi juri lomba baca puisi, sayangnya peserta yang berminat hanya sedikit. Entah memang panitianya yang kurang bisa menjangkau peserta atau minat terhadap karya puisi ini tergolong rendah. Padahal pemilihan jenis puisi sangat bagus, ada dua karya yang bisa dipilih peserta yaitu karya puisi Chairil Anwar atau Sutardji Calzoum Bachri.

     Peserta lomba karaoke terlihat lebih banyak dibanding lomba baca puisi. Para peserta diharuskan bernyanyi satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Irama musiknya pun dibebaskan alias bisa dicari melalui YouTube pakai jaringan internet cepat dari anak perusahaan milik Telkom Group.

    Sebagai juri, aku juga tak sekadar memberi penilaian di atas kertas. Lomba karaoke memberi kesempatan pada juri untuk ikut berkomentar seperti apa plus minus penilaian masing-masing peserta. Sebab juara dari lomba karaoke ini juga akan maju mewakili RT ke tingkat perlombaan RW.

    Aku tidak canggung untuk menjadi juri lomba. Semasa kuliah, aku juga pernah ditunjuk menjadi juri saat festival seni. Prinsipku sebagai juri biasanya menilai pemenang dari peserta yang tampil secara all out dan penampilannya menyesuaikan dengan momen yang sedang diikuti. Misal, lomba saat Pekan Kemerdekaan Indonesia tentu kalau mau menang harus didukung juga dengan kostum atau busana bernuansa merah putih. Rasanya seru sekali melihat para peserta lomba bersaing secara sehat dari balik meja juri.

juri-lomba
Para peserta lomba baca puisi foto bersama juri

    Itulah secuplik kisah pada Pekan Kemerdekaan Indonesia yang pernah aku lewati. Semoga tahun depan bisa lebih banyak momen dan kegiatan dalam memperingati kemerdekaan Indonesia. Mau cari tahu info lomba apa saja yang menarik untuk diikuti, coba scrolling linimasa media sosialmu menggunakan jaringan internet cepat dari IndiHome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar