Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

IDN Live, Semua Bisa jadi Streamer

 

IDN-Live

     Menjadi streamer masih bagian dari opsi para konten kreator yang hobi live streaming. Beberapa diantaranya sudah membuat konten live sebagai kebutuhan digital untuk dibagikan dengan khalayak luas secara daring. Oleh karena itu, aplikasi IDN melalui IDN Live hadir mewujudkan impian siapa saja yang mau jadi streamer.

     Konten live streaming menjadi inovasi pengembangan dari teknologi media baru yang terus populer dalam tatanan masyarakat maya. Pengaruh sosok kreator dalam meramu kontennya membuat mereka lebih dekat kepada para pengikut di media sosial. Para konten kreator pun berlomba eksplor kreativitas dalam membuat konten format “live streaming”. Maka, mereka yang berhasil menyajikan konten “go live” sudah bisa disebut sebagai streamer.

     Bila ditelisik lebih dalam, penyebaran konten atau informasi secara live memang terbilang cepat. Penyampaian informasi pun akan dilakukan secara real time. Namun, dibutuhkan koneksi internet cepat untuk melakukan live streaming yang berbasis video dan audio secara langsung. Maka, tak perlu teknik editing atau post production yang menghabiskan waktu lama. Saat jadi streamer, proses komunikasi akan berlangsung interaktif.

     Jadi streamer pun harus menguasai strategi content marketing untuk capai goals yang diinginkan. Tak hanya sebatas pemberian informasi pada audience saja, sesi question and answer juga bisa dilakukan. Selain itu, kesuksesan memanfaatkan konten live streaming tidak terlepas dari tersedianya platform digital yang memadai.

Aplikasi-IDN
IDN Live_IDN Media

    Sebagai one-stop content platform untuk Millennial and Gen Z di Indonesia, aplikasi IDN terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur yang ramah dan sesuai dengan kebutuhan para penggunanya, termasuk anak muda yang ingin ikut mengeksplorasi kreativitas dalam membuat konten live streaming. Karena itu, aplikasi IDN kembali mengembangkan platform IDN Live dengan meluncurkan fitur user-generated content yang akan memudahkan siapa saja membuat konten live streaming pada awal tahun 2023.

     Berarti, bukan hanya pemain e-commerce saja yang buat konten live streaming untuk mempromosikan barang dagangannya. Semua bisa jadi streamer untuk menjangkau lebih banyak audience sebab apapun bentuk kontennya semua punya peluang yang sama. Berikut keunggulan jadi streamer di IDN Live, yaitu:

1. Memudahkan siapa saja membuat konten live streaming

Pada 9 Januari 2023, aplikasi IDN merilis fitur terbaru IDN Live, yaitu user-generated content (UGC) feature. Dengan adanya fitur UGC ini, IDN Live ingin membuka kesempatan seluas-luasnya kepada semua orang, khususnya content creator and streamer dari kalangan Gen Z di Indonesia untuk dapat lebih leluasa berekspresi dengan membuat konten live streaming di IDN Live.

UGC feature yang diluncurkan IDN Live memiliki beberapa kelebihan  dibanding aplikasi sejenisnya. Salah satunya adalah persyaratan yang lebih mudah untuk gabung menjadi streamer di IDN Live. Para pengguna yang ingin menjadi streamer di IDN Live hanya perlu mengirimkan satu virtual gift khusus (Tiket Emas). Jika sudah, pengguna tersebut sudah bisa memulai live streaming-nya via IDN Live.


2. Potensi besar dari konten live streaming

  “Live streaming memiliki potensi besar untuk meningkatkan personal branding content creator, membuka kesempatan yang lebih luas untuk berkarya, bahkan berkolaborasi dengan brand dan menambah penghasilan mereka, serta menjadi tren dalam mempromosikan barang atau jasa untuk masa depan. Kami berharap IDN Live bisa jadi platform bagi streamers dan content creators di Indonesia sehingga kita bisa tumbuh bersama. Kami juga berterima kasih kepada tim Product, tim Engineering, tim IDN Platform, dan tim lainnya di IDN Media yang telah mendukung terwujudnya UGC feature ini,” ungkap Zefanya Deby, Head of IDN App.

   Zefanya juga mengungkapkan bahwa peluncuran fitur baru di IDN Live ini merupakan upaya IDN Media memfasilitasi content creator agar dapat melakukan live streaming yang mudah dan menyenangkan.


3. Maksimalkan pengalaman pengguna melalui program referral dan redemption

Selain UGC feature, aplikasi IDN menghadirkan fitur lainnya yaitu referral and redemption. Program referral memberi kesempatan bagi para pengguna IDN untuk mendapat poin dengan mengajak teman-temannya untuk ikut menggunakan aplikasi IDN. Lalu, melalui program redemption pengguna bisa menukar poin yang mereka miliki menjadi uang tunai.

 

4. Terus kembangkan teknologi demi memecahkan masalah bagi para pengguna

Tentu ketiga fitur baru IDN Live ini merupakan bentuk komitmen aplikasi IDN dalam mengembangkan teknologi untuk memecahkan masalah bagi para pengguna. “Melalui berbagai teknologi yang dikembangkan, tim Engineering IDN Media berkomitmen memberi solusi kepada para pengguna aplikasi IDN agar dapat merasakan pengalaman live streaming yang menyenangkan dan mudah digunakan. Harapannya dengan peluncuran fitur UGC, redemption, dan referral, para pengguna dapat terus berkarya secara positif untuk mengembangkan kreativitasnya.” ungkap Senior Head of Engineering IDN Media, Adhitia Putra Herawan.

Untuk dapat memanfaatkan UGC feature dan fitur lainnya, pengguna hanya perlu melakukan update aplikasi IDN versi terbaru. Para pengguna pun bisa mengunggah aplikasi IDN secara gratis di Google Play Store dan Apple Store. Ayo unduh, update, dan coba fitur teranyar ini ya!


        Bagi siapapun yang mau berkreasi membuat konten live streaming, aplikasi IDN sudah memungkinkan siapa saja menjadi streamer dan mendapat penghasilan tambahan. Kita bisa langsung berbagi informasi menarik atau peristiwa terkini yang sedang hits. Siapa tahu, konten live streamingmu juga bisa viral seperti Bunda Corla. Segera bangun brand personality dalam ranah digital. Caranya, berawal jadi streamer untuk IDN Live sekarang*

IDN-Media
IDN Live_IDN Media

25 komentar:

  1. Cocok nih buat yang hobi streamer, akan sangat membantu sekali pakai App IDN Live.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup unggah aplikasi IDN Live dan bisa langsung live streaming deh, Mas. Selamat mencoba*

      Hapus
  2. sangat membantu sekali bagi mereka yang punya skill menjadi streamer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menjadi streamer bisa jadi impian siapapun ya di zaman now*

      Hapus
  3. Waaa IDN Live membantu sekali yaaa buat yg mau jadi streamer. keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa unduh aplikasi IDN dan mulai buat konten live streaming melalui fitur terbaru IDN Live ^^

      Hapus
  4. Wuih menarik banget nih. Saya belum pernah gabung sih, tapi ntar saya coba juga deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba jadi streamer, Mba Pipit. Semoga cuannya bisa melimpah..

      Hapus
  5. Makin banyak ya platform streaming yang bisa digunakan, IDN live cocok untuk streaming game ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabi dicoba Mas Andri. Saranku sih, jadi streamer sesuai topik yang kita kuasai..

      Hapus
  6. Sekarang banyak sekali tempat untuk bisa mengembangkan bakat berbicara di depan publik sebagai live streamer. Yang membedakan tentu ketika di IDN Live ini selain mendapatkan penghasilan juga ada banyak kesempatan yang terbuka dari mulai menggali lebih banyak penonton juga materi-materi menarik yang bisa dsampaikan saat live.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat, kak Lendy. Bisa melatih kemampuan public speaking juga ya kalo jadi streamer via IDN Live. Untuk cari informasi bisa baca via platform IDN Times persembahan IDN Media juga kan*

      Hapus
  7. Yang penting adalah kemauan, kalo males bikin video, apapun ceritanya gak bakalan jadi content nya.. hahaha..
    Tapi hindari membuat content sampah yang merusak otak audience yah.. nanti jadi dosa jariah..😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas advice'a, Mas Yayan. Semoga kita lebih banyak niat bikin konten live streaming yang berfaedah yah..

      Hapus
  8. Semakin ke sini semakin harus kreatif ya. Streamer pun perlu banyak mengembangkan ide agar ketika live, apapun yang dibagikan bermanfaat bagi audiencenya. Fasilitas seperti IDN Live ini salah satu sarana yang bantu banget ya bagi para konten kreator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, kak Shalikah. Teknologi dari IDN Live sudah inovatif. Tinggal konten kreatornya nih yang harus berkreasi supaya bisa jadi streamer eksis.

      Hapus
  9. IDN live streamer ini seru juga kok, sekarang sudah banyak pilihan untuk live streaming, selain bisa berbagi atau hanya sekedar mencari follower

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ide menarik juga ya cari followers medsos dari konten live streaming. Jangan lupa unduh aplikasi IDN, Mba Dyah..

      Hapus
  10. Wew, gokil juga IDN buka platform buat konten kreator live streaming. Mungkin bakal coba-coba ku cek ah, soalnya dulu sempet kepikiran mau jadi streamer juga hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mencoba jadi streamer. Siapa tahu ketagihan dan viral. haha

      Hapus
  11. Wah IDN makin keren ya.. Semoga adanya fasilitas ini bisa semakin mengasah kreativitas para konten kreator dan bisa jadi sarana informasi yang kredibel. Zaman sekarang semua mudah asal tekun dan terampil, termasuk jadi streamer ini. Kalo gak konsisten kayak saya, nah ini jadi masalah baru haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, IDN Media selalu punya terobosan untuk menjadi platform digital yang menjangkau para streamer.

      Yuk bisa yuk konsisten mumpung masih awal tahun nih!

      Hapus
  12. Keren nih IDN Media membuka platform untuk streamer yang bisa menambah kreativitas para content creator cocok banget buat anak muda yang pengen nambah penghasilan

    BalasHapus
  13. Sorry out of the topic banget, mau tanya kalau blog my.id biaya pertahun berapa ya?

    BalasHapus
  14. Aku pernah nonton streamer di idm apps. Maaf tadi jauh dari ekspketasi aku, yang ngelive ternyata nggak jelas, dan nggak penting yang dibahas

    BalasHapus