Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Gara-Gara IndiHome, Resolusi Karierku Tercapai

 

Resolusi-Karier
IndiHome membuka akses untuk resolusi karierku tahun ini

Apa pencapaian terbaikmu tahun lalu?

Apa semua itu sudah sesuai dengan resolusi yang kamu buat setiap tahunnya??

Apapun yang terjadi, kita harus memaknai setiap kesuksesan atau kegagalan yang pernah dicapai. Istilahnya wajib move on jangan gamon (gagal move on!)

Sebagai bagian dari kaum milenial, aku butuh memikirkan resolusi karier untuk tahun 2023 ini. Apalagi tahun kelinci air dianggap sebagai masa pemulihan pasca pandemi. Pakai akses paket internet cepat dari IndiHome, Blogger Eksis mulai telusur konten video dan aku temukan kanal YouTube, Profesor Rhenald Kasali. Ada salah satu video yang diunggah pada 20 Januari 2023 lalu bertajuk “Inilah 7 Resolusi di Tahun Kelinci Air”

Setelah menyimak video tersebut, aku jadi lebih siap menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di depan nanti. Meski semua masih serba sulit diprediksi. Aku pun kembali berkaca pada diri sendiri tentang apa yang sudah aku lalui selama setahun belakangan ini dan apa saja yang bakal aku rencanakan untuk masa yang akan datang.

Aku bersyukur sejak tahun lalu sudah dipercaya IndiHome sebagai Freelance KOL Specialist. Di tengah situasi blogger yang sepi job atau harus survive dalam lingkungan toxic digital. Aku justru bisa berbagi rezeki dengan mengajak beberapa teman-teman blogger untuk ikut project menulis tematik. Biasanya, awal tahun ku awali dengan presentasi kepada klien seperti apa kondisi teman-teman blogger di lapangan.

Dalam hal mencapai karierku saat ini, aku sudah putuskan untuk bangun personal branding sejak awal ngeblog. Tentu para pembaca atau netizen dunia maya sering menyebutku sebagai #BloggerEksis. Dari hal sederhana ini, reputasiku kian terbentuk dan bisa mewakili kualifikasi seperti apa yang ada dalam diriku.

Tidak pernah ada kata terlambat dalam hidup. Bangun personal branding memang perlu waktu. Namun, aku yakin uang akan mengikuti. Dibanding kita yang harus kejar uang tentu akan terasa meletihkan sekali. Dari personal branding yang aku bentuk sebagai #BloggerEksis, aku pun pernah mendapat penghasilan project bernilai dua digit. Alhamdulillah!

Resolusi karier terhadap personal branding yang sudah aku bangun harus makin tumbuh tahun ini. Aku harus jaga KONSISTENSI. Lebih dari itu, validity and reliability terhadap konten atau karya juga wajib stay relevant dengan kondisi terkini.

Eksposure-Media
Salah satu tulisanku tentang IndiHome pernah
dapat eksposure media dari CNBC Indonesia

Optimismeku memilih karier sebagai blogger makin bertambah seiring ketahanan daya juang yang terbentuk. Aku yakin bahwa daya juang itu membuka peluang. Karakter sebagai sosok pekerja milenial yang independen pun terus dibangun.

Insight lain yang aku bangun dalam meniti karierku sebagai blogger yaitu tidak pernah putus asa. Aku hanya punya modal paket internet cepat dan jejaring persahabatan. Modal ini terbukti membuatku naik kelas dari blogger menjadi sosok KOL Specialist.

Pekerjaan sebagai KOL Specialist punya tanggung jawab supaya aku bisa bangun hubungan dengan teman-teman blogger maupun influencer untuk jalankan strategi kampanye digital yang kreatif. Semua tugas yang aku kerjakan berdasar dari pengalaman-pengalamanku sebelumnya saat menjadi exclusive writer or buzzer. Koordinasi terus dilakukan supaya project demi project bisa terselesaikan dengan lancar.

Pun berpikir realistis aku terapkan saat menentukan resolusi karierku tahun ini. Aku yakin kendaraan terpenting dalam hidup bukan ijazah atau harta yang dipunya. Tapi, seperti apa diri sendiri bisa menggunakan akal sehatnya untuk mengembangkan kepribadian dan karakter. Sudah saatnya, aku tak hanya menjadi blogger yang eksis, tetapi juga KOL Specialist yang cerdas.

Kecerdasan bisa tumbuh dari konsumsi makanan bergizi yang baik, rajin membaca, bangun kreativitas, berani keluar dari zona nyaman, dan persiapan mental untuk hadapi kesulitan-kesulitan di depan. Dunia digital yang dinamis juga menuntutku untuk eksplorasi terhadap sesuatu dan jadikan tiap prosesnya sebagai pembelajaran.

Meski Indonesia dihantam resesi global, kita tak perlu takut. Justru harus memotivasi kita untuk buat resolusi karier makin maju. Jangan mudah menyerah karena ada banyak kesempatan yang bisa terbuka di depan sana.

Kalau belum berhasil mengerjakan suatu hal, Ubahlah SESUATU! Disitulah RESOLUSI akan TERBENTUK.

Blogger-Eksis
Apa resolusi karierku tahun ini 
harus kembali lagi jadi pekerja kantoran?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar