Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Manfaat Jalan Kaki demi Gaya Hidup Sehat Terkini

 

Jalan-Kaki

Paket internet cepat dari jaringan Telkomsel yang ada dalam ponsel pintar selalu mengiringi langkah Blogger Eksis kemanapun berada. Bila tak tersambung dengan internet tentu aku cepat merasa bosan saat berada di jalan. Kemanapun kakiku melangkah, transportasi publik jadi andalan mobilitasku dalam keseharian. Meski sudah ada pilihan kendaraan pribadi yang terparkir di rumah.

Alasanku memilih jalan kaki karena termasuk olahraga yang murah dan ringan. Jalan kaki juga terbukti memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat jalan kaki yang bisa didapat antara lain mengurangi stres, menurunkan berat badan, mencegah diabetes, hingga mengurangi risiko kanker. Masihkah kamu punya alasan untuk tidak merasakan manfaatnya?

Jangan malas atau takut lelah untuk melakukan jalan kaki. Bahkan, jika kamu mengalami masalah dengan lutut atau kaki, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Kita bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan.


Manfaat Jalan Kaki dari Berbagai Sumber Akses Paket Internet Cepat

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan selama 30 menit dalam sehari. Agar tubuh tidak kaget, coba dulu jalan kaki selama 10 menit per hari. Setelah terbiasa, secara bertahap tingkatkan durasinya. Jika jalan kaki dilakukan secara rutin serta diiringi dengan menjalani gaya hidup sehat, maka kita akan mendapat manfaat berlipat seperti:

·       Baik untuk kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol

Jalan kaki memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Hal ini karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh, dan memperkuat jantung. Tidak hanya itu, jalan kaki secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Namun, jika kamu punya masalah dengan jantung, tolong konsultasikan lebih dulu pada dokter jika ingin jalan kaki secara rutin. Hal ini dimaksud agar kita tahu kapasitas dan kekuatan tubuh sendiri.

  • Mencegah diabetes tipe 2

Selain penyakit jantung, risiko penyakit diabetes tipe 2 juga bisa turun hingga 30 persen dengan berjalan kaki setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Berjalan kaki bisa picu otot untuk bekerja lebih sehingga kemampuan untuk menyerap glukosa meningkat.

  • Menurunkan berat badan

Dengan berjalan kaki yang cepat selama 30 menit, kita bisa membakar setidaknya 150 kalori per hari. Semakin cepat langkah kaki, semakin banyak kalori yang terbakar. Namun, berjalan kaki saja tidak cukup. Kita juga perlu menunjang dengan pola makan sehat.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kurang olahraga bisa membuat tubuh mudah terkena penyakit. Cobalah sempatkan diri untuk jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan berguna melawan infeksi.

Rutin berjalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres akibat terlalu sering akses paket internet cepat. Ketika berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik lainnya, tubuh melepaskan hormon endorfin yang membuat kita merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, serta depresi. Selain itu, jalan kaki bisa memperbaiki mood dan membuat tidur jadi lebih nyenyak.

  • Mencegah osteoporosis

Mereka yang malas berolahraga atau malas gerak bisa alami osteoporosis. Penyakit ini disebabkan adanya penipisan tulang sehingga tulang menjadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Dengan berjalan kaki, kita dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

Selain enam manfaat di atas, banyak manfaat jalan kaki lainnya yang bisa dirasakan seperti mengurangi risiko terkena stroke, obesitas, radang sendi, serta beberapa jenis kanker. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya olahraga murah meriah ini. Luangkan sedikit saja waktu dalam sehari untuk berjalan kaki.

Manfaat-manfaat dari jalan kaki di atas berasal dari penelusuran akses paket internet cepat persembahan IndiHome di bawah naungan Telkom Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar