Era digital yang makin maju membuat roda ekonomi terus berputar. Beberapa mal yang dulu berjaya dan ramai pengunjung justru terlihat sepi. Sebagian masyarakat lebih memilih belanja online dan membeli suatu produk melalui UMKM lokal. Minat yang berubah ini tentu tak bisa lepas dari transformasi digital yang juga dilakukan Telkom. Apa peran Telkom Indonesia dalam memenuhi kebutuhan UMKM lokal?
Menurut
penelusuran Blogger Eksis saat gunakan layanan paket internet cepat, Telkom
ternyata sudah punya platform B2B dan B2C yang meramaikan ekosistem digital untuk UMKM unggul di seluruh Indonesia. Platform ini dikenal dengan nama PaDi UMKM.
Tak hanya berbentuk situs web, PaDi UMKM juga sudah menjangkau gadget dalam
genggaman sehingga aplikasi bisa diunduh melalui Google Play Store atau App
Store. Konsep platform ini membuat banyak UMKM bisa mempromosikan produknya
dan menjalin kerjasama menjanjikan dengan BUMN. Jika jualan di mal harus punya
toserba atau sewa outlet dalam bentuk bangunan, sementara platform ini justru
merancang para pelaku UMKM untuk kelola toko online dan offline,
menambah diversifikasi produk lokal, monitoring pesanan, promosi pasar,
integrasi e-commerce lain, sampai ikut tender BUMN yang terjangkau
sesuai segmentasi konsumen.
Situasi
pandemi yang telah berakhir di Indonesia nyatanya tak menyebabkan daya beli
masyarakat menurun. Masyarakat kebanyakan hanya berpindah pada jenis bisnis
yang tak terlihat secara kasat mata seperti e-commerce. Tren belanja online
pun terus mengalami peningkatan. Hal ini yang dijajaki sebagai peluang
akselerasi sektor ekonomi melalui teknologi digital bersama PaDi UMKM.
PAsar
Digital UMKM Indonesia ini disinyalir mampu memberi modal kepada pelaku usaha
untuk terus berinovasi. Sebagai ruang tumbuh yang meningkatkan performa bisnis
dan saling merangkul untuk peningkatan ekonomi nasional. Sampai melahirkan
banyak cerita inspiratif yang mendorong lintas generasi menjadi pelaku UMKM di
tengah masa resesi.
Dalam
menghadapi transformasi digital yang begitu cepat, Platform PaDi UMKM juga
hadir saat Kejuaraan Dunia F1 Powerboat World Championship 2023 yang
digelar akhir pekan lalu di Danau Toba. Pada momen tersebut, Telkom ingin bantu
pelaku UMKM di Sumatera Utara untuk go digital dan jangkau pasar lebih
luas sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi lokal. Selain dianggap lebih
efisien, platform ini juga termasuk dalam memenuhi kebutuhan tren gaya hidup
atau lifestyle yang serba digital.
Peran
strategis yang dibawa Telkom tentu gara-gara dukungan infrastruktur teknologi,
pendanaan, dan pendampingan yang intensif bagi para pelaku UMKM. Resesi yang
masih bayangi Indonesia harus membuat UMKM tumbuh dan jadi tulang
punggung perekonomian nasional. UMKM harus naik kelas apalagi layanan berbasis
fiber optik juga telah menjangkau seluruh Indonesia berkat akses paket internet
cepat dari IndiHome. Dengan demikian provider internet terbaik ini juga punya
peran penting untuk mendorong pengembangan masyarakat digital, khususnya para pelaku UMKM lokal.
Teranyar,
Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom menyatakan “PaDi
UMKM secara aktif mengadakan banyak program untuk meningkatkan pendapatan UMKM.
Salah satunya kegiatan Business Matching yang telah dilakukan sejak tahun lalu.
Kegiatan Business Matching yang diadakan pada Januari 2023 pun berhasil
mencatat nilai transaksi hingga lebih dari Rp 30 miliar untuk UMKM”
Inilah peran penting industri telekomunikasi di Indonesia yang bisa menghubungkan antar pelaku UMKM dengan bisnis berkelanjutan. Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan bisnis selalu punya potensi dalam genggaman kita. Teknologi makin mudah bagi para pelaku usaha yang mau terus meningkatkan omsetnya. Mari kita awali pekan ini dengan semangat berwira usaha untuk mencapai profit!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar