Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Telkom Gerakkan Roda Perekonomian Pelaku UMKM Lokal

 

Telkom-Indonesia

     Era digital yang makin maju membuat roda ekonomi terus berputar. Beberapa mal yang dulu berjaya dan ramai pengunjung justru terlihat sepi. Sebagian masyarakat lebih memilih belanja online dan membeli suatu produk melalui UMKM lokal. Minat yang berubah ini tentu tak bisa lepas dari transformasi digital yang juga dilakukan Telkom. Apa peran Telkom Indonesia dalam memenuhi kebutuhan UMKM lokal?

       Menurut penelusuran Blogger Eksis saat gunakan layanan paket internet cepat, Telkom ternyata sudah punya platform B2B dan B2C yang meramaikan ekosistem digital untuk UMKM unggul di seluruh Indonesia. Platform ini dikenal dengan nama PaDi UMKM. Tak hanya berbentuk situs web, PaDi UMKM juga sudah menjangkau gadget dalam genggaman sehingga aplikasi bisa diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Konsep platform ini membuat banyak UMKM bisa mempromosikan produknya dan menjalin kerjasama menjanjikan dengan BUMN. Jika jualan di mal harus punya toserba atau sewa outlet dalam bentuk bangunan, sementara platform ini justru merancang para pelaku UMKM untuk kelola toko online dan offline, menambah diversifikasi produk lokal, monitoring pesanan, promosi pasar, integrasi e-commerce lain, sampai ikut tender BUMN yang terjangkau sesuai segmentasi konsumen.

     Situasi pandemi yang telah berakhir di Indonesia nyatanya tak menyebabkan daya beli masyarakat menurun. Masyarakat kebanyakan hanya berpindah pada jenis bisnis yang tak terlihat secara kasat mata seperti e-commerce. Tren belanja online pun terus mengalami peningkatan. Hal ini yang dijajaki sebagai peluang akselerasi sektor ekonomi melalui teknologi digital bersama PaDi UMKM.

     PAsar Digital UMKM Indonesia ini disinyalir mampu memberi modal kepada pelaku usaha untuk terus berinovasi. Sebagai ruang tumbuh yang meningkatkan performa bisnis dan saling merangkul untuk peningkatan ekonomi nasional. Sampai melahirkan banyak cerita inspiratif yang mendorong lintas generasi menjadi pelaku UMKM di tengah masa resesi.         

    Dalam menghadapi transformasi digital yang begitu cepat, Platform PaDi UMKM juga hadir saat Kejuaraan Dunia F1 Powerboat World Championship 2023 yang digelar akhir pekan lalu di Danau Toba. Pada momen tersebut, Telkom ingin bantu pelaku UMKM di Sumatera Utara untuk go digital dan jangkau pasar lebih luas sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi lokal. Selain dianggap lebih efisien, platform ini juga termasuk dalam memenuhi kebutuhan tren gaya hidup atau lifestyle yang serba digital.

      Peran strategis yang dibawa Telkom tentu gara-gara dukungan infrastruktur teknologi, pendanaan, dan pendampingan yang intensif bagi para pelaku UMKM. Resesi yang masih bayangi Indonesia harus membuat UMKM tumbuh dan jadi tulang punggung perekonomian nasional. UMKM harus naik kelas apalagi layanan berbasis fiber optik juga telah menjangkau seluruh Indonesia berkat akses paket internet cepat dari IndiHome. Dengan demikian provider internet terbaik ini juga punya peran penting untuk mendorong pengembangan masyarakat digital, khususnya para pelaku UMKM lokal.

       Teranyar, Fajrin Rasyid selaku Direktur Digital Business Telkom menyatakan “PaDi UMKM secara aktif mengadakan banyak program untuk meningkatkan pendapatan UMKM. Salah satunya kegiatan Business Matching yang telah dilakukan sejak tahun lalu. Kegiatan Business Matching yang diadakan pada Januari 2023 pun berhasil mencatat nilai transaksi hingga lebih dari Rp 30 miliar untuk UMKM

  Inilah peran penting industri telekomunikasi di Indonesia yang bisa menghubungkan antar pelaku UMKM dengan bisnis berkelanjutan. Pesatnya perkembangan teknologi menjadikan bisnis selalu punya potensi dalam genggaman kita. Teknologi makin mudah bagi para pelaku usaha yang mau terus meningkatkan omsetnya. Mari kita awali pekan ini dengan semangat berwira usaha untuk mencapai profit!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar