Tulis yang kamu cari

Adv

Rick Bleszynski, CEO Splend Berkolaborasi Teknologi dengan XecureIT


Kolaborasi antara Splend dan XecureIT

IoT (Internet of Things) is the ultimate solution for industry 4.0 to be agile in the fragile digital ecosystem.
Tak bisa dipungkiri jika blockchain menjadi salah satu teknologi yang disorot tahun ini. Teknologi ini dinilai mampu membuat proses bisnis lebih efektif dan efisien. Sebelum mengenal blockchain lebih jauh, coba kita telusuri dulu tentang bitcoin yang masing-masing memiliki keterikatan.
Bitcoin merupakan salah satu jenis cryptocurrency. Sementara blockchain merupakan teknologi yang melatarbelakangi hadirnya Bitcoin. Seiring perkembangan zaman, blockchain menapaki jalan agar sistem digital yang berkembang tidak hanya identik dengan mata uang virtual saja.
         Secara umum, blockchain meresepsi makna sebagai basis data global online yang dapat diakses siapapun via internet. Blockchain pun terus merambah industri aplikasi informasi di Indonesia masa kini. Pengembangan digital terus dilakukan untuk menemukan solusi-solusi baru.
     Dalam tahap pengembangan, Indonesia berpotensi untuk tumbuh setara dengan negara lain, termasuk negara maju yang sedang giat mengembangkan bisnis melalui blockchain. Bisa jadi teknologi blockchain dapat meningkatkan daya saing bisnis dan memperkuat peringkat Indonesia sebagai perwakilan negara dari Asia Tenggara yang masuk ke dalam 20 negara besar dengan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) tertinggi di dunia.
Hadir sebagai pembicara Rick Bleszynski dan Gildas Deograt Lumy

             Blogger Eksis hadir pada Kamis, 20 September 2018 dalam acara penandatangan kerjasama antara Splend dan XecureIT demi kolaborasi teknologi blockchain di Indonesia. Acara yang digelar di Scenic Resto & Lounge, Sahid Sudirman Center Jakarta juga menghadirkan pendiri dari masing-masing platform digital tersebut.
     Kerjasama strategis ini menjadi sebuah integrasi platform blockchain di Indonesia yang memaksimalkan teknologi dalam berbagai sektor. Kolaborasi ini bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang sering dihadapi dalam sistem digital menyangkut keamanan, latensi, dan skalabilitas. Penggunaan internet yang begitu banyak di Indonesia akan mengembalikan Indonesia pada era 90an. Keterlambatan proses loading yang lama, ketidakamanan dan trust system, hingga biaya tinggi akan dihadapi pada era digital kini.
         Tantangan untuk meningkatkan blockchain sebagai infrastruktur mulai muncul sebagai bentuk keberlanjutan pengembangan dan adaptasi masif. Diharapkan kedua platform, Splend dan XecureIT menjadi solusi yang menjawab tantangan tersebut. Dengan begitu platform bisa banyak digunakan oleh para pelanggan untuk mempercepat tujuan bisnis, user acquisition, dan biaya pondasi digital yang lebih hemat.

       Cepat atau lambat Indonesia harus segera memulai implementasi blockchain. Perlahan mulai banyak industri yang menggunakan teknologi tersebut. Seiring pertumbuhan beberapa startup yang menggunakan blockchain untuk kelanjutan bisnisnya.
          Bidang yang paling signifikan untuk hubungan dengan blockchain yaitu industri keuangan yang meliputi FinTech, perbankan, dan asuransi. Industri tersebut butuh pengamanan (secure) yang melindungi nasabah. Dengan begitu blockchain akan menjadi cara baru bagi konsumen, pelaku bisnis, dan perbankan untuk bertransaksi sehingga perusahaan memiliki strategi dan solusi pembayaran yang akan memenuhi setiap kebutuhan institusi keuangan. Tidak hanya industri keuangan, industri supply chain dan pemerintah juga memerlukan blockchain, seperti Badan Intelejen Negara (BIN).

        Ternyata kedua platform ini dimiliki oleh kalangan diaspora yang memang sudah berpengalaman dalam bidang teknologi selama berada di luar negeri. Rick Bleszynski yang mendirikan Splend berkata “Kami percaya dan yakin kerjasama ini akan memberikan solusi ideal yang dibutuhkan untuk platform blockchain di Indonesia.” Sementara Gildas Deograt Lumy sebagai CEO XecureIT menambahkan “Ini adalah sebuah kemitraan yang membanggakan untuk kami di mana XecureIT yang merupakan karya asli anak bangsa bisa memberi solusi keamanan untuk sebuah platform blockchain global. Dengan kerjasama ini kami berharap platform kami bisa diintegrasikan dengan portofolio produk para pengguna blockchain.” Bagai gayung bersambut, kedua platform berani berkomitmen untuk mempercepat adopsi teknologi baru seperti blockchain.

         Demi memenuhi kebutuhan industri yang meningkat, maka Splend dan XecureIT berkolaborasi untuk menyediakan layanan berbasis blockchain. Kolaborasi teknologi ini akan memegang peran strategis agar Splend dan XecureIT mampu membangun suatu ekosistem. Untuk lebih jelas, mari kita kenali 2 platform yang saling bersinergi ini.

Splend, Penyedia Infrastruktur Blockchain

Splend sebagai penyedia infrastruktur blockchain

         Splend adalah perusahaan pemimpin pasar digital Silicon Valey yang berkembang cepat sekali dan fokus pada solusi untuk mengatasi masalah infrastruktur blockchain. Dalam hal ini, Splend membentuk 3 langkah awal untuk kolaborasi seperti ekosistem, regulasi, dan edukasi. Dengan tagline “We Blockchain Blockchains” dimaknai sebagai long term bisnis agar kolaborasi yang dilakukan bisa berkembang menjadi suatu service provider. Apalagi kolaborasi dimaknai Splend sebagai langkah awal menjadi penyedia platform blockchain terbaik dan terpercaya tidak hanya di Indonesia, melainkan secara global.
     Sejak tahun 2016, Splend telah memperkuat jaringan blockchain baru untuk pembentukan blockchain network supaya mampu memproses ratusan juta transaksi per detik untuk jutaan pengguna secara bersamaan. Splend menawarkan pendekatan sistem dengan teknologi blockchain inovatif yang disebut Integrated Blockchain Architecture ™ (IBA ™). Melalui sistem ini partisi dan penskalaan fungsionalitas blockchain antar perangkat lunak dan komponen perangkat keras bisa bekerja lebih optimal meski proses yang dilakukan pengguna dilakukan serentak.

         Adapun produk dan layanan yang telah dikembangkan pada ekosistem Splend diantaranya:
1.      Universal Crypto WALLET™ (UCW™) yaitu crypto wallet paling aman tersedia di pasar yang menyediakan 12 lapisan keamanan untuk mencegah upaya penyusupan.
2.   Crypto TRANSFER™ Blockchain Service yaitu sistem yang memungkinkan transaksi kripto mendekati instan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk konsumen dan merchant yang menggunakan Crypto WALLET™ Universal Splend (UCW™).

         Dalam waktu dekat, Splend juga akan merilis layanan finansial lain, misal Crypto LEND™ (untuk pinjaman), Crypto MERCHANTPAY™ (untuk pembayaran merchant), Crypto CARD™ (untuk kartu debit dan gift cards, Crypto AUTOPAY™ (untuk pembayaran otomatis), dan Crypto BILL PAY™ (untuk pembayaran tagihan).

XecureIT, Perusahaan Keamanan Siber dan Informasi Dalam Negeri

XecureIT hadir sebagai perusahaan digital tentang keamanan siber dan informasi dalam negeri
         XecureIT merupakan perusahaan keamanan siber dan informasi terkemuka di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2005 dimana semua layanan telah disertifikasi ISO 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Xecure IT  TRUSTED Team terdiri dari profesional keamanan siber dan informasi Indonesia yang memiliki lebih dari 25 tahun pengalaman Internasional.
   Selama 10 tahun, Xecure IT telah berhasil mengembangkan SAKTTI (Standar Arsitektur Keamanan Tingkat Tinggi Informasi) yang diimplementasi dalam Xecure Zone sebagai benteng digital siap pakai dengan tingkat keamanan maksimum. Kebutuhan akan secure mobile application platform juga dapat dipenuhi XecureIT dengan solusi PeSankita.
         Gildas, pendiri XecureIT merupakan salah satu sosok dibalik layar terbentuk PeSankita Indonesia (PS).  Pengalaman bekerja di salah satu perusahaan migas internasional pada divisi keamanan siber, memutuskan Ia pulang ke Indonesia untuk bisa berkontribusi dibidang cyber security. Dengan tekadnya, Ia membuat aplikasi PeSan Kita sebagai bentuk aplikasi pengiriman pesan yang aman dan gratis yang sudah bisa diunduh di Google Play Store atau App Store sejak tahun lalu.

Aplikasi pesan instan bernama Pesan Kita            Penyedia layanan berbagi pesan instan ini mengibaratkan Pesan Kita sebagai  toko atau rumah yang membutuhkan pondasi dan bahan bangunan sebelum dilakukan operasional bagi para pengguna agar lebih aman. Pesan Kita bekerja sama dengan platform-platform lain sehingga mendapat kredibilitas dari konsumen (pelaku bisnis) agar semua pihak mampu memberi solusi.
         Secara tampilan, Pesan Kita menawarkan kesederhanaan untuk bisa dinikmati pengguna sebagai sarana komunikasi. Ini mengingatkan keberadaan WhatsApp pada awal kemunculan. Sebelum menggunakan Pesan Kita, pengguna terlebih dahulu harus melakukan registrasi dengan mencantumkan nomor handphone. Setelah itu, akan ada kode verifikasi melalui short message service (sms) yang dikirim ke nomor handphone terdaftar.
         Secara keseluruhan konsentrasi dibidang Teknologi Infromasi dan Komunikasi khususnya tentang keamanan informasi yang dilakukan XecureIT sudah tak diragukan lagi. Pelanggan XecureIT telah terbukti dari organisasi-organisasi besar di dalam dan luar negeri dalam berbagai sektor. Kepercayaan tersebut terus dijaga oleh XecureIT untuk meningkatkan keamanan mereka melalui layanan dan produk CARES (Consultancy, Assurance, R&D, Education, and Solution). 

Rich Bleszynski, Kembali ke Tanah Air untuk Pengembangan Teknologi Dalam Negeri       

Revolusi digital di Indonesia baru masuk pada tahap awal. Hal ini seiring dengan banyak sektor industri yang mulai meluncurkan program transformasi digital. Belum lagi industri keuangan yang sedang menjajaki kolaborasi dengan FinTech. Kondisi demikian membuat Blockchain akan menjadi potensi ekonomi digital yang diperkirakan bernilai USD 130 miliar pada tahun 2020.

Penetrasi internet yang cepat ditunjang dengan pertumbuhan smartphone yang pesat membuat Indonesia termasuk dalam negara terpadat ketiga di Asia yang siap akan era 4.0. Seiring perkembangan itu, Pemerintah Indonesia juga harus siap untuk membuat peraturan baru mengenai perkembangan teknologi digital, misal bagaimana mata uang digital di masa depan dapat merespons tantangan ekonomi yang semakin berat.

Apalagi abang kandung dari aktris Tamara Bleszynksi, Rick Bleszynksi yang telah mendalami bidang microprocessor dan mendirikan beberapa perusahaan produsen chip untuk internet telah kembali ke Indonesia. Ia siap berkontribusi untuk memajukan sistem blockchain di dalam negeri dengan bekal track record selama hampir 30 tahun di Amerika Serikat. Pengalaman terobosan pembuatan sejumlah chip untuk perusahaan global semisal Cisco, Nokia, hingga Fujitsu membuat Rick akan menjalin komunikasi dengan beberapa pihak di Indonesia.

         Bagi Rick Bleszynski sebagai CEO Splend mengatakan bahwa “Splend ingin Indonesia mulai dari dan menuju arah yang benar untuk pengembangan blockchain”. Kerjasama XecureIT memberi kesempatan untuk platform-platofrm lain mendapat solusi terbaik. Dengan memulai kontribusi sejak dini, kedua belah pihak berharap dapat mencapai penguasaan pasar yang signifikan dan keuntungan besar secara finansial. 

    Kesimpulan menurut Blogger Eksis, Indonesia masih memerlukan banyak upaya guna mengembangkan blockchain. Salah satunya adalah edukasi. Melalui edukasi, teknologi ini harus diberikan pengetahuan, wawasan, informasi, pasar, serta analisa data yang tepat mengenai implementasinya. Hal ini sangat diperlukan karena blockchain akan mengubah gaya hidup orang Indonesia menjadi serba digital.

         Semoga saja blockchain dengan keamanan tingkat tinggi melalui connectivity dan seamless yang lebih cepat dan hemat biaya bisa menjangkau pasar korporasi di Indonesia. Maka dari itu, Splend dan XecureIT akan menjadi dua perusahaan teknologi Indonesia yang dikelola oleh anak bangsa ikut serta meningkatkan perekonomian nasional dengan sistem teknologi yang dikembangkan. Dengan begitu kolaborasi blockchain akan mendapat pengakuan internasional.
Kolaborasi Teknologi antara Splend dan XecureIT
Penandatanganan kerjasama antara Splend dan XecureIT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar