Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Saat Gigi Sehat, Senyum Jadi Indah

kesehatan gigi dan mulut

         Beberapa hari lalu, Blogger Eksis menderita sariawan. Penyakit pada mulut yang sering disebut dengan nama latin stomatitis aftosa ini merupakan kelainan selaput lendir mulut berupa luka yang bentuknya bercak warna putih kekuningan dengan permukaaan agak cekung (oval atau bulat). Tiba-tiba saja luka ini membengkak di dalam mulut dan timbul tepat pada langit-langit gigi geraham ku.


       Ada beberapa penyebab sariawan seperti kekurangan vitamin B, vitamin C, dan zat besi sehingga kekuatan lapisan mukosa (lapisan basah yang kontak langsung dengan udara luar) berkurang dan memudahkan terjadi luka pada lapisan rongga mulut. Selain itu, luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur, luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang, alergi terhadap suatu makanan (seperti cabai, nanas, atau makanan panas dan yang mengandung asam), serta infeksi oleh mikro organisme yang menyebabkan kelainan pencernaan juga bisa menjadi faktor penyebab sariawan. Bahkan secara psikologis, emosi dan stres yang memicu produksi beberapa hormon yang berhubungan dengan penurunan kekebalan tubuh (lemah imun) maupun kekuatan lapisan mukosa mulut faktanya bisa menyebabkan terjadi sariawan.

       Sepertinya faktor psikologis yang membuat sariawan menyerangku. Jelas saja rasa tak enak makan mulai mengganggu. Rasa sakit dan tidak nyaman ketika sariawan tidak hanya hadir saat makan dan minum, saat aku menggosok gigi juga begitu terasa. Peradangan yang terjadi pada luka sariawan sangat sensitif terhadap pergerakan mulut dan rangsangan dari luar sehingga menimbulkan rasa nyeri dan menyebabkan aku enggan untuk berbicara dan tak nafsu makan. Mau senyum saja terlihat kecut. Huft!

Aku harus menjauh dari makanan yang merangsang pertumbuhan sariawan yang berlarut-larut seperti cabai dan cuka. Untuk mengatasi sariawan lebih lanjut, aku memilih mengonsumsi buah dan sayuran seperti jeruk, tomat, dan paprika. Konon jenis tersebut kaya akan kandungan vitamin C. Obat kumur dan obat herbal juga aku coba karena pengobatan ini bertujuan untuk memperbaiki kekebalan tubuh, mengurangi proses radang, membunuh mikro organisme yang infeksi, dan membantu mengembalikan kondisi lapisan mukosa mulut.

Tidak hanya berhenti sampai disitu. Aku juga harus rutin menjaga kebersihan mulut dengan periksa ke dokter gigi. Hal ini harus dilakukan karena pergi ke dokter gigi bukan cuma saat menambal gigi yang bolong atau saat kita ingin pasang behel saja. Setidaknya 6 bulan sekali, kita harus cek kondisi mulut dan gigi agar tidak terjangkit penyakit yang lebih serius.

Global Estetik Dental Care


Blogger’s Party Smile

Bloggers Party Smile support by Global Estetik

            Meski tidak sakit gigi, aku begitu menyadari bahwa penting untuk kontrol rutin ke klinik gigi. Urgensi ini aku dapat setelah menghadiri Blogger’s Party Smile di Meeting Room & Training, Pondok Indah Mall 2 pada 26 Januari 2019. Tepat pada hari itu juga diadakan launching opening Global Estetik Dental Care cabang PIM 2.

Kesehatan mulut dan gigi nyatanya mencerminkan status kesehatan tubuh secara keseluruhan. Seorang dokter gigi dapat mendeteksi penyakit dalam hanya dengan melihat gejala dan perubahan yang tampak pada mulut dan gigi kita. Dengan begitu, dokter gigi dapat merujuk pasien kepada dokter spesialis yang mengkhususkan diri pada penyakit terkait.

     Bukan bermaksud untuk menakuti, tapi akankah lebih baik mencegah daripada mengobati. Itulah hakikat sederhana dari menjaga kesehatan gigi dan mulut yang harus kita lakukan. Minimal, gigi dan mulut yang terawat akan membentuk senyuman dalam setiap momen kehidupan.

Senyum itu ibadah. Maka tersenyumlah yang paripurna jangan karena terpaksa. Seperti saat aku melihat senyum dari Putri Muslimah Indonesia 2016, drg. Sitti Ashari yang sekarang praktek di Global Estetik Dental Care cabang ITC Permata Hijau.
Sitti Ashari merupakan public figure sebagai Puteri Muslimah Indonesia 2016 dan dokter gigi


Beliau menjelaskan senyum seperti apa yang bisa membuat hari kita indah.
Apa iya harus senyum manis tiga jari atau senyum dengan lesung di pipi??

Senyum yang paling indah yaitu senyum dengan kondisi mulut dan gigi yang terawat. Adapun indikator gigi yang terawat yaitu:

1. Bersih
Gigi yang terawat tentu tidak ada karang gigi. Tampilan gigi tak terlihat kusam apalagi sampai ada plak yang melapisi gigi dengan lapisan berwarna kuning, cokelat, atau hitam. Jika itu terjadi, tentu gigi kita tidak tergolong bersih dan senyum pun tak akan keluar secara alami.
2. Tidak berwarna
Perubahan warna gigi biasa disebabkan akibat mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa mengubah warna seperti teh dan kopi. Kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan gigi berubah warna dan membentuk karang gigi yang jarang sekali dibersihkan oleh kita. Perubahan warna gigi ini membuat kita kurang percaya diri dan sulit tersenyum lebar.
3. Tidak bau
Indikator gigi yang sehat yaitu tidak bau mulut. Biasanya ini terjadi karena pembentukan karang gigi sebagai akibat plak yang bercampur dengan sisa makanan. Kondisi tersebut akan parah jika kita tidak sikat gigi secara bersih sehingga pembusukan terjadi dalam rongga mulut.
4. Tidak berlubang
Kondisi rusak struktur dan lapisan gigi terjadi secara bertahap dan dikenal dengan istilah karies gigi. Hal ini diawali dengan terkikis enamel atau lapisan terluar gigi, kemudian menggerogoti dentin atau lapisan tengah gigi, dan mencapai sementum alias akar gigi.
Jika karies gigi tidak segera diatasi, maka kerusakan gigi bisa jadi lebih parah dan menyebabkan gigi berlubang. Pada awalnya, kita akan merasa ngilu sesaat setelah mengonsumsi makanan atau minuman yang dingin, panas, maupun manis. Lama-kelamaan gigi berlubang yang sudah parah bisa membuat kita mengalami sakit gigi yang tak tertahankan.
5. Tidak ada yang hilang
Jika ada gigi yang hilang, maka susunan dan bentuk mulut akan berubah. Pastikan jumlah gigi kita ada 32 buah dengan porsi 16 gigi atas dan 16 gigi bawah. Kalau sampai tampak ada gigi yang berlubang dan rapuh, maka kita bisa memasang gigi palsu. Hal ini dilakukan agar kita tidak dibilang ompong. Faktanya, ompong bisa membuat senyuman di wajah kita terlihat lebih tua.
   6. Rapi
Gigi tonggos adalah kondisi di mana posisi gigi atas berada lebih maju dibanding dengan gigi bawah. Struktur gigi yang tidak rata membuat kita kurang percaya diri untuk tersenyum. Oleh sebab itu, saat gigi kita tidak rapi, kita bisa mempertimbangkan untuk memakai kawat gigi atau yang biasa disebut dengan behel.


Klinik Gigi Global Estetik

Masalah gigi sering kali disepelekan. Padahal gigi dan mulut adalah gerbang utama masuk kuman. Kebanyakan orang baru akan datang ke dokter gigi setelah mengalami sakit gigi atau ketika punya masalah bau mulut. Ubah mitos tersebut mulai dari sekarang!

Sakit gigi dan sakit hati itu mirip karena sama-sama berawal dari sesuatu yang manis. Tidak semua gula menjadi faktor kerusakan gigi. Hal terpenting yaitu perawatan setelah mengonsumsi makanan. Kita harus mempertahankan gigi agar selalu terlihat putih sehingga senyum cemerlang bisa terus berkembang.

Biasakan sikat gigi sekurang-kurangnya dua kali sehari setelah makan pagi dan sebelum tidur selama 2 menit. Sikat gigi yang teratur ini harus menggunakan bulu sikat yang lembut dan cukup kecil sehingga bisa masuk ke sela-sela gigi. Pastikan semua bagian gigi terjangkau saat kita menyikatnya.
Gunakan pasta gigi yang tepat. Pilih odol yang bisa menghilangkan karang gigi. Odol jenis ini biasanya memiliki kandungan flourida yang tinggi. Kandungan flourida dalam pasta gigi akan membantu melindungi gigi dari kerusakan dan mencegah pengeroposan.
Selain itu, kita juga bisa rutin menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik. Obat kumur tersebut akan memastikan kita untuk membunuh kuman yang ada di dalam mulut. Obat kumur juga bisa menjadi obat karang gigi untuk membantu menghilangkan secara perlahan.

perawatan gigi bisa dilakukan dengan dental checkup dan scalling gigi

Alhamdulillah, Blogger Eksis mendapat voucher treatment untuk dental checkup & scalling gigi di Global Estetik. Voucher ini tak mau aku sia-siakan karena scalling memang hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi sesuai prosedur yang berlaku. Aku berharap setelah melakukan perawatan gigi, senyum yang aku tebar bisa berlipat ganda nilai ibadahnya.

Scalling bertujuan untuk membersihkan karang gigi dengan menggunakan alat serupa bor mini yang disebut dengan ultrasonic scaler. Alat tersebut bekerja membersihkan sela-sela hingga bagian terdalam gigi dari tumpukan karang gigi serta bagian garis gusi yang biasa sulit dijangkau dengan sikat gigi. Dengan scaling gigi, karang gigi yang sangat keras sekalipun dapat hilang.
Karang gigi atau dalam bahasa medis disebut dengan dental calculus, merupakan salah satu masalah gigi yang paling sering dimiliki banyak orang. Karang gigi yaitu penumpukan plak yang terbentuk dari sisa makanan yang mengandung bakteri dan mengendap. Sisa makanan ini menempel pada gigi dalam jangka waktu lama hingga akhirnya mengeras membentuk karang gigi.
Tumpukan plak biasanya membutuhkan waktu selama 12 hari untuk matang dan benar-benar menjadi karang gigi. Kecepatan pembentukan karang gigi dari setiap orang sebenarnya berbeda-beda. Penentunya yaitu kadar pH air liur. Bagi orang yang memiliki air liur tinggi atau bersifat basa, maka terjadi pembentukan plak dalam gigi lebih cepat sehingga harus lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan gigi.
Faktanya, scalling gigi ternyata tidak menyakitkan. Apalagi saat aku mendapat perawatan yang memuaskan dari Global Estetik. Mulai dari proses pendaftaran sampai perawatan dilakukan dengan profesional yang ramah dan bersahabat.


Global Estetik Dental Care

Klinik Global Estetik Membuat Semua Jadi Mudah

drg. Arnof, ST sebagai founder klinik gigi global estetik

        Founder Global Estetik, drg. Arnof, ST mulai menjelaskan tentang klinik gigi Global Estetik yang selalu memberi pelayanan terbaik dan terlengkap untuk mengatasi masalah pada gigi. Klinik ini membuat kita nyaman. Tidak perlu takut jika ada trauma dengan dokter gigi saat kita kecil dahulu. Klinik ini mampu mengobati dengan biaya pengobatan yang jelas secara rinci.

        Global Estetik Dental Care merupakan klinik gigi yang tergabung dalam Jaringan Pemasaran Bersama sehingga berkontribusi juga untuk memberi informasi kesehatan kepada masyarakat, khususnya kesehatan gigi dan mulut. Beroperasi sejak tahun 2007, Global Estetik terus hadir menjangkau pasien pada lokasi-lokasi strategis seperti:
1. Depok         : ITC Depok, Pondok Cina
2. Tangerang  : Bintaro*, BSD*, dan Karawaci*
3. Jakarta       : ITC Permata Hijau, Pondok Indah Mall, Kemang, Ruko Pasar Inpres 
                          Cipete Selatan, Ruko Mutiara Faza Pasar Rebo, Pasar Minggu*
4. Bandung     : Mall Festival Citylink, Balubur Town Square*
5. Bekasi         : Grand Galaxy City*
6. Pekan Baru : Panam Beauty Center*

keterangan = * coming soon.

fasilitas klinik global estetik

           Setiap lokasi dilengkapi fasilitas klinik yang memadai. Mulai dari ruang tunggu dan perawatan yang lengkap dan nyaman. Peralatan yang canggih seperti intra oral camera (kamera dalam mulut) sehingga pasien dapat melihat dengan jelas di layar TV keadaan gigi dan mulut, baik sebelum dan sesudah perawatan. Sampai pada sterilisasi alat dan ruangan. Semua dikelola oleh tenaga medis yang tentu berpengalaman dalam melayani kesehatan gigi dan mulut.
      Bukan hanya lokasi yang mudah dijangkau, jam pelayanan Global Estetik tergolong fleksibel. Klinik dibuka setiap hari Senin sampai dengan Minggu dari pukul 09.00 – 20.00 WIB. Beberapa dokter juga ada yang tetap melayani saat hari libur nasional tiba. Hanya saat hari raya Idul Fitri, klinik gigi ini libur selama 7 hari. Semua waktu pelayanan ditetapkan untuk menumbuhkan kepercayaan pada pasien. Hal terpenting sebagai pasien, kita harus buat janji terlebih dahulu sebelum datang ke klinik gigi ini.


pelayanan digital dari Global Estetik

Maka, Global Estetik memiliki divisi pemasaran yang sudah mengarah pada konsep digital. Mulai dari pendaftaran sampai penetapan biaya pengobatan semua sudah serba mobile dan transparan. Tak perlu ambil antrian secara langsung, cukup reservasi online saja. Setelah itu, bikin janji dengan dokter via online, bisa melalui aplikasi maupun website. Berikutnya, pasien akan mendapat pemberitahuan via email dan whatsapp dari pihak Global Estetik. Sungguh standar pelayanan digital yang maksimal.


metode pembayaran pada Global Estetik

Untuk pilihan pembayaran pun sudah mengarah pada metode cashless karena sudah bekerja sama dengan merchant bank terpercaya maupun penyedia layanan pinjaman. Disamping itu, Global Estetik juga telah bekerja sama dengan beberapa asuransi di Indonesia seperti Reliance, Cigna, FWD, Allianz, MNC Life, Owlexa HealthCare, HaloDoc, Fullerton Health, SynTech, Inova, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, bagi kamu yang sudah mendapat fasilitas asuransi dari perusahaan atau memang memiliki personal insurance tak perlu khawatir untuk berobat di klinik Global Estetik.
suasana klinik gigi di Global Estetik Pasar Rebo
dental chair mutakhir di Klinik Global Estetik Pasar Rebo
     Tagline pelayanan Global Estetik ialah disiplin, transparan, dan bertanggung jawab. Pantas kiranya jika klinik gigi ini hadir memanjakan pasien untuk mendapat pelayanan cepat dan tepat waktu. Hal ini akan menjamin pasien mendapat kepuasan terbaik secara efektif dan efisien dalam mewujudkan gigi yang sehat.

tarif layanan Global Estetik

   Tunggu apalagi, segera buat jadwal kunjungan ke Global Estetik sekarang juga untuk mencegah berbagai masalah gigi dan mulut. Pemeriksaan rutin untuk mengecek segala perubahan yang terjadi pada gigi dan mulut terasa nyaman dan memberi kemudahan. Global Estetik siap membuat senyum menjadi lebih menawan.


senyum menawan Blogger Eksis

34 komentar:

  1. wah kok asik sih tempatnya..kayaknya nyaman banget..aku sebenernya punya masalah gigi nih kak..pengen cabut beberapa gigi deh ka...makasi ya ulasannya mungkin aku bisa mampir ke sana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan mampir dan selamat berkonsultasi dengan dokter yang ramah*

      Hapus
  2. Sariawan pada mulut bisa menyebabkan bau mulut. Memang kekurangan vitamin c.

    Global estektik bisa membawa perubahan terhadap gaya hidup sehat untuk menjaga seputar gigi dan mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah.. pasti si Mpok perawatannya ke klinik Global Estetik juga yaa.

      Mantul dah!

      Hapus
  3. harga dan pelayanan yang bersahabat. Mantap nih dicoba bray :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi tenaga medis'a profesional semua..

      selamat mencoba :)

      Hapus
  4. Karang gigiku muncul lagi. Mau kuskeling lagi, biar bersih, hohoo

    Kalau sariawan sih aku jarang kena

    Kalau untuk memutihkan gigi, aku udah nemu pasta gigi yg cocok sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa banget langsung cuusss ke Klinik Global Estetik kak untuk pembersihan karang gigi. hihihi*

      Hapus
  5. Seperti kata syair lagu lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ya. So penting untuk menjaga kesehatan gigi dan sekitarnya dengan perawatan yang rutin dan kesadaran untuk mengkonsumsi makanan secara baik dan benar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas.

      Sakit gigi itu berat makanya harus terawat*

      Hapus
  6. Wah pas banget aku lagi sariawan neh, btw betul banget masalah gigi terkadang kita anggap sepele padahal kadang sakit kepala yg luar biasa dan tak kunjung bisa juga disebabkan oleh sakit gigi seperti kasusku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik mencegah daripada mengobati kak.

      Setidaknya 6 bulan sekali coba cek ke dokter gigi supaya bebas dari keluhan*

      Hapus
  7. Jadi inget udah beberapa kali ngejadwal ke dokter gigi, tapi gak jadi mulu. Hhuhuhuu harus buru buru jadwalin lagi nih!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak jangan sibuk kerja.

      Kesehatan itu penting loh..

      Hapus
  8. Salah satu bagian tubuhku yang sangat kujaga bener. rajin dibersihin dan cek up ke drg minimal 6 bulan sekali. klo ada yang bolong cepet2 ditambal deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak Don..

      Kalau sudah rutin perawatannya, kesehatan gigi dan mulut kita juga yang akan merasakan*

      Hapus
  9. Lengkap banget layanannya ya. Harganya juga masih tergolong bisa di jangkau oleh ekonomi menengah. Pengen nyoba mutihin gigi deh. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weits... semoga bleachingnya lancar yaa..

      Kalau gigi sudah putih, jangan lupa tersenyum ;)

      Hapus
  10. Aku agak nyesel karena ndak merawat gigi dari dulu. Pas udah dewasa dan masalah gigi udah susah duperbaiki, baru sadar betapa pentingnya gigi sebagai aset penampilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo kak semangat check up ke dokter gigi.

      Untuk kesehatan, belum ada kata terlambat..

      Semoga penampilannya bisa semakin memikat*

      Hapus
  11. Membaca artikel ini jd pengen jd dokter gigi. Biar bs bntu orang2 buat ngewujudin gigi sehat putih bersihnya. Layanan di klinik Global Estetik ini sangat oke ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke banget kak.

      Dokter gigi itu memang pekerjaan yang mulia ^^

      Hapus
  12. Aiih...senyumannya langsung mengembang gittuu...
    Ku lihat cabang di Bandung...kayanya nunggu yang Balubur Town Square kali yaa...lumayan deket sama mobilitas harianku.

    Pingin scalling juga deeh....rasanya uda lama banget gak bebersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga segera buka cabang yang di Bandung yaa.

      Selamat membersihkan karang gigi..

      Jangan lupa tersenyum hari ini :)

      Hapus
  13. Aku dulu pas sekolah sering banget sariawan ga jelas kenapa. Alhamdulillah pas udah nikah jarang kena. Anyway nerima asuransi sinar Mas ga ya? Itu dokter giginya cakep bener ya. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya. subhanallah itu dokter giginya cantik pake banget*

      Sepertinya sih Global Estetik menerima asuransi Sinar Mas. Untuk info lebih lanjut bisa hubungi WA Call Center 0811-140832 atau add PIN BBM 7DFFE04E

      Hapus
  14. Jadi mantep nih mau periksa gigi. Aku aslinya agak takut2 gitu dan ini mau sekalian cabut gigi yang berlubang. Udah gak bisa ditambal soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak usah takut kak.
      Kita harus lawan sugesti itu..

      Ada obat bius jadi biasanya gak terasa sakit apalagi peralatan zaman now di Klinik Gigi sudah canggih dan lengkap*

      Hapus
  15. Klinik giginya bikin betah ya,...gigi sehat bakal sering2 senyum donk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senyum itu ibadah kak.
      Tapi, jangan senyum sama tiang listrik juga.
      wkwkwk

      Iya kak coba visit Klinik giginya deh sambil konsultasi gitu ajak keluarga juga yaa supaya semua sehat*

      Hapus
  16. Betul bangeet, akan lbh baik mencegah drpd mengobati ya kalau soal gigi ini. Aku sejak kecil termasuk yg bolak balik ke dokgi haha :P
    Wah Global Estetik bagus ya pelayanannya? Sudah ada di Depok pula :D TFS infonya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Perawatan gigi dan mulut itu penting jadi tak boleh diabaikan..

      Selamat berkunjung ke cabang Depok karena itu cabang pertama yang dibuka*

      Hapus
  17. Scalling di global estetik nyaman ya kak. Dokternya juga ramah, jadi ga takut lagi pergi ke dokter gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali kak.
      Kondisi alat pemeriksaan dan ruangan juga selalu dalam keadaan steril..

      Pokoknya pulang dari sana, kita bisa creating beautiful smile...

      Yuk, keep smile*

      Hapus