Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

EduPlan, Dana Pendidikan Anak untuk Masa Depan

Pria       : Maukah kamu menikah denganku?

Wanita  : Aku mau. Tapi … .

Pria       : Tapi, apa??

Wanita  : Kamu harus persiapkan dulu financial planner untuk anak-anak kita nanti.

Pria       : Baik. Apapun akan aku lakukan demi menghalalkanmu, sayang*


          Penggalan dialog di atas mungkin seperti drama menuju rumah tangga. Tapi, hal seperti itu pernah dialami oleh seorang selebritis, Meisya Siregar. Ia pernah berkata demikian saat dilamar oleh mantan kekasihnya, Bebi Romeo. Sungguh mereka bisa menjadi relationship goals bagi para milenial untuk memikirkan masa depan dengan langkah yang ManTul (Mantap Betul!).

  asuransi pendidikan bernama EduPlan
           Setiap orangtua selalu menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Mereka harus mengatur keuangan agar anak bisa disalurkan pada pendidikan yang sesuai dengan keinginan. Belum lagi jika anak mau memilih ingin menempuh pendidikan didalam negeri atau luar negeri.  Semua anggaran itu harus dipersiapkan mulai dari jenjang pendidikan tingkat dasar hingga jenjang yang lebih tinggi.
         Apalagi jika kita melihat fakta di Indonesia bahwa kenaikan biaya pendidikan meningkat setiap tahunnya. Bahkan, biaya pendidikan untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) juga selalu meninggi. Beredar anggapan pula yang jadi momok masyarakat yaitu semakin baik sistem pengajaran dan kelengkapan fasilitas yang diberikan, maka semakin mahal pula biaya pendidikan untuk anak. 
Jika ditelaah lebih lanjut, sektor pendidikan juga menjadi indikator Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pendidikan dinilai sebagai suatu factor kekuatan dari bangsa Indonesia karena bangsa yang besar ialah bangsa yang memiliki generasi dari jiwa-jiwa yang telah terdidik. Itulah latar belakang para orangtua yang selalu rela mengorbankan apapun demi anak-anaknya agar mendapat pendidikan yang lebih tinggi sesuai pilihan.

data statistik terkait pendidikan dan pencapaian IPM

         Tepat pada 14 Februari 2019, Blogger Eksis hadir dalam acara peluncuran asuransi pendidikan Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) di Restoran KAUM, Menteng. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Suwignyo Budiman selaku Direktur BCA didampingi Eva Sumampouw sebagai Executive Vice President Wealth Management. Tampak pula Ben Ng selaku Presiden Direktur PT AIA Financial yang juga didampingi oleh Phung Magdalena sebagai Chief of Partnership PT. AIA Financial.
          Asuransi pendidikan EduPlan yang diluncurkan merupakan kolaborasi yang dilakukan oleh PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT AIA Financial (AIA). Kolaborasi ini semakin menguatkan kemitraan kedua perusahaan besar yang sudah terjalin lebih dari 12 tahun. Asuransi pendidikan yang dijuluki Proteksi Edukasi Maksima (EduPlan) juga diharap bisa jadi solusi persiapan dana pendidikan anak di masa depan. Para orangtua baik yang sudah menjadi nasabah BCA ataupun belum diharap bisa melirik jenis asuransi pendidikan ini karena banyak keuntungan yang didapat.
Suwignyo Budiman memberi sambutan sebagai Direktur BCA
            Pendidikan memiliki peranan penting dalam meningkatkan taraf hidup, namun biaya kerap menjadi tantangan bagi masyarakat dalam menyelesaikan pendidikan. Untuk menjawab tantangan tersebut serta sebagai wujud komitmen BCA dalam menyediakan solusi keuangan yang komprehensif bagi masyarakat, BCA bersama AIA menghadirkan EduPlan untuk membantu orangtua dalam rencana pendidikan anak sejak dini”, sambutan Direktur BCA, Suwignyo Budiman.

            Acara peluncuran semakin menarik karena digelar sesi talkshow yang menghadirkan pembicara seperti Christine Setyabudhi (Senior Executive Vice President Wealth Management BCA), Lim Chet Ming (Chief Marketing Officer AIA), dan Meisya Siregar (public figure).  Dalam talkshow dijelaskan bagaimana asuransi pendidikan mampu menjawab tantangan para orangtua untuk masa depan anak-anaknya. Para pembicara juga memberi tips persiapan dana pendidikan dalam memilih asuransi, seperti:
  1. Jaminan dana pendidikan dengan jumlah tahun pertanggungan harus sesuai keinginan.
  2. Premi berkelanjutan akan terus dibayarkan oleh perusahaan asuransi apabila pemilik premi meninggal dunia atau cacat tetap.
  3. Terdapat pilihan untuk periode pembayaran premi dan kebijakan valuta.

hidupkan rencana pendidikan buah hatimu

Asuransi pendidikan EduPlan termasuk dalam kategori asuransi jiwa. Mekanismenya, siapa saja yang mau menjadi pemegang polis harus datang terlebih dahulu ke kantor cabang BCA terdekat. Setelah itu, kita akan dibantu oleh agen konsultan asuransi untuk membuat perencanaan keuangan sesuai kebutuhan pendidikan anak yang tepat. Hal yang membuat menarik, EduPlan ini tidak hanya memberi manfaat dana pendidikan untuk anak, tetapi juga manfaat pembebasan premi apabila terjadi risiko pada pemegang polis.
EduPlan tetap dikeluarkan oleh AIA sebagai perusahaan asuransi jiwa terkemuka sejak tahun 2009 yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dalam kolaborasi produk EduPlan, BCA hanya bertindak sebagai pihak yang mereferensikan produk atau sering dikenal dengan sebutan penyalur dan penyedia layanan pembayaran premi. Maka, premi bisa dibayar secara auto debet dari rekening BCA atau melalui kartu kredit BCA.

Lalu, manfaat asuransi apa saja yang akan diperoleh:

1.       Manfaat Pendidikan
Apabila Polis masih berlaku dan tertanggung hidup hingga mencapai umur 18/19/20/21 tahun pada saat akhir tahun polis, maka Penanggung akan membayarkan manfaat pendidikan yang jumlahnya dijamin sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku. Pemegang Polis dapat memilih untuk menarik manfaat ini atau tidak mengambilnya agar bisa diakumulasi dengan bunga majemuk bulanan yang besarnya sesuai dengan kebijakan penanggung.

2.      Manfaat tambahan tidak dijamin
Manfaat ini ditetapkan sesuai dengan kebijakan Penanggung tergantung pada investasi dan kinerja operasional yang terdiri dari Bonus Tahunan dan Bonus Akhir Polis.

3.      Manfaat meninggal
Apabila dalam masa asuransi, tertanggung meninggal karena sebab apapun, maka Penanggung akan membayar manfaat meninggal dengan syarat dan ketentuan nilai besar yang disepakati bersama.

4.      Manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan
Apabila polis masih berlaku dan tertanggung meninggal akibat kecelakaan, maka penanggung akan membayar manfaat tambahan meninggal akibat kecelakaan sebesar 100% dari uang pertanggungan dan selanjutnya polis berakhir.

5.      Manfaat akhir polis
Apabila tertanggung masih hidup hingga akhir masa asuransi dan polis masih berlaku, maka Penanggung akan membayar manfaat akhir polis berupa akumulasi manfaat pendidikan berikut bunga, akumulasi bonus tahunan, dan bonus akhir polis.

6.      Asuransi tambahan Payor Waiver Edu (Death/TPD)
Manfaat pembebasan premi apabila pemegang polis meninggal atau menderita cacat tetap total dan penanggung akan membebaskan pembayaran premi dasar dan premi asuransi tambahan (jika ada) dan polis tetap berlaku.

            Manfaat-manfaat asuransi di atas bisa memberi gambaran terhadap kita untuk menetapkan berapa lama kontrak perjanjian pembayaran atau kondisi jika kita ingin berhenti di tengah jalan. Hal terpenting kita harus pikirkan secara cermat sebelum memutuskan. Proteksi untuk orang yang kita cintai tak boleh sembarangan karena rencana perlindungan yang dirancang secara matang akan menghindari kita dari ketidakpastian hidup.
BCA dan AIA bekerja sama untuk produk asuransi pendidikan

Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengajukan perjanjian asuransi pendidikan untuk anak?
            Lebih cepat, lebih baik. Hal ini seiring dengan semakin bertambahnya usia anak, maka semakin besar pula premi yang harus dibayarkan. Jadi, hitung secara rinci besaran dana pendidikan anak mulai dari sekarang. Mulai dari uang pangkal, SPP, buku, transportasi, kegiatan les atau ekstrakurikuler, sampai biaya tak terduga seperti uang jajan.
Dari perkiraan situ kita akan mengetahui jumlah premi asuransi pendidikan yang harus disisihkan. Jangan terlalu memaksakan. Dalam memilih asuransi pendidikan, kita harus sesuaikan dengan kondisi keuangan yang kita punya. Hal ini untuk antisipasi apabila kondisi keuangan tidak stabil dan premi yang dibayar terlalu tinggi sehingga nanti hanya menambah beban baru saja. Berpikir jangkan dan cermat dalam memilih asuransi pendidikan.
 

Persiapkan masa depan anak sejak dini dengan EduPlan. 

Jangan tunda lagi!



 

24 komentar:

  1. ADa baiknay memang mempersiapkan dana pendidikan sedini mungkin karena makin naek sepanjang tahun. Mumpung anak masih kecil disiapin jauh hari deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget kak!!

      Terus kapan yak bisa punya anak. wkwk*

      Hapus
  2. Tetap yahh, orangtua ingin memberikan pendidikan yang jauh lebih baik dan tinggi dengan mempersiapkan dana pendidikan untuk anak-anak sedini mungkin mengingat biaya pendidikan semakin tahun bukan semakin murah namun sebaliknya, hheee. Kolaborasi yang hbat nih dari BCA dan AIA
    Terima kasih untuk informasinya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pendidikan yang lebih tinggi bukan jadi hal tabu lagi yaa buat orangtua dimanapun mereka berada.

      Terima kasih telah berkunjung ke blog ini juga, kak*

      Hapus
  3. memang ini juga mulai aku pikirin, soalnya biaya pendidikan yang tinggi membuat kita harus siap untuk pendidikan anak nantinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai orangtua yang bijak, semua harus dipersiapkan sejak dini yaa Mak*

      Hapus
  4. Penting banget memang mempersiapkan pendidikan sebagai modal masa depan anak. Kalo dilamar aku mau ikutin caranya Mbak Meisya Siregar ajalah kayaknya. Wahahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah.. mas ilham melamar kamu pasti pake asuransi nih, makanya langsung diterima prosesi menghalalkan pasangannya.

      Semoga langgeng dan cepat diberi anak-anak yang unyu yaa*

      Hapus
  5. Memang benar rencana pendidikan mesti disiapkan dari awal, biar nggak syok dengan dana pendidikan yang mesti dibayarkan, sekarang aja masuk SS butuh dana jutaan sampai belasan juga jika ingin memasukkan anak ke sekolah swasta favorit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari dulu sekolah swasta itu memang mahal, makanya aku sekolah di sekolah negeri terus.

      Tapi, pas jenjang pendidikan kuliah terpaksa deh harus pilih yang swasta. Untungnya udah kerja, jadi bisa pakai biaya kuliah sendiri*

      Hapus
  6. Penting sih ini emang di tengah mahalnya biaya pendidikan yang makin gak masuk akal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Meski sudah ada Kartu Indonesia Pintar dan lain-lain rasanya Pendidikan belum menemukan cara untuk menekan pembiayaannya yaa*

      Semoga kita selalu menggunakan akal sehat melihat fenomena ini..

      Hapus
  7. Setuju, mempersiapkan dana untuk masa depan anak perlu dipersiapkan sedini mungkin.
    Berkaca dari pengalaman, besar premi anak yang kecil, lebih kecil jika dibandingkan dengan kakaknya yang sudah besar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pasti kakaknya sudah berpengalaman dalam mempersiapkan asuransi pendidikan untuk anak-anak yaa.

      Semoga bermanfaat*

      Hapus
  8. Jadi sekarang gak usah khawatir lagi dong ya. Karena udah ada asuransi buat masa depan sang anak hhe

    Enychan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak. Buruan makanya nikah terus punya anak..

      hha*

      Hapus
  9. Wah aku jd tertarik ttg Eduplan mas ya??. Soalnya emag lg mempertimbangkan asuransi dna dan pendidikan buat anak2. Ooo jd dari AIA BCA? emang harsu sedini mungkin sih ya asuransi pendidikan ini dipersiapkan TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung apply deh mak April buat asuransi pendidikan ini. Supaya anak-anak bisa lebih semangat dalam mengejar prestasi dan orangtua tinggal mengarahkan saja*

      Hapus
  10. EduPlan memang bisa menjanjikan masa depan.
    Semoga dengan masa depan yang terencana, maka segalanya menjadi mudah.
    Aamiin~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Sesuatu yang direncanakan pasti akan membawa kemudahan. Insya allah yang penting niat dari awal sudah baik untuk masa depan*

      Hapus
  11. Aku spakat kalau asuransi pendidikan memang sangat diperlukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berhubung mas Unggul udah punya anak.
      Langsung deh disiapin EduPlan'a buat mereka biar masa depan lebih terjaga..

      Hapus
  12. Aku sepakat sama Yos, asuransi pendidikan terasa penting banget. Apalagi sekarang biaya pendidikan rasanya semakin mengerikan mahalnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kamu mah sepaket kak. hhe

      Semoga deh kalau #2019GantiPresiden biaya pendidikan tidak lagi menjadi suatu yang menakutkan*

      Hapus