Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Belajar Bersama di Kantor Google Indonesia

Blogger Eksis berkunjung ke kantor Google Indonesia

       Sebelum Blogger Eksis bercerita tentang pengalaman berharga saat mengunjungi kantor Google Indonesia pada Kamis (12/09/2019) lalu, aku ingin memberi tahu kepada pembaca tentang bagaimana cara bisa masuk ke dalam kantor yang menjadi dream office bagi netizen Indonesia. Siapa sih milenial yang tak mau mengenal si mbah Google lebih dekat. Apalagi kegiatan googling sudah menjadi aktivitas keseharian kita untuk tidak melewatkan berita yang paling aktual di dunia.

         Awalnya, aku mendapat informasi dari komunitas Indonesia Social Blogpreneur (ISB) yang mengadakan workshop offline tentang content writer di sana. Tanpa basa-basi, aku langsung mendaftar. Alasanku sederhana, aku masih ingin terus belajar untuk meningkatkan kemampuan dalam literasi digital. Belum lagi lokasi workshop terbilang prestise karena diadakan di kantor Google Indonesia yang sudah dikenal sebagai tempat pencarian informasi yang selalu dibutuhkan setiap hari.

tanda pengenal saat ke kantor Google Indonesia

          Tibalah waktu hari belajar itu tiba. Aku sampai ke kantor Google Indonesia yang terletak di Pacific Century Place Tower Level 45, SCBD Lot 10, Jakarta Selatan. 30 menit sebelum acara di mulai, aku sudah sampai. Aku mulai tak sabar untuk melihat suasana kantor yang anti mainstream untuk kalangan milenial zaman now.
      Sebagai perusahaan yang mengurus hajat hidup orang banyak, tentu tak sembarang orang bisa masuk ke kantor ini. Sebelum naik ke lantai 45, aku dan sobat ISB harus melewati proses pengamanan ketat yang terdeteksi dengan penggunaan teknologi. Di lobi gedung, pengunjung terlebih dahulu menukar KTP dengan visitor ID.
          Antrian yang aku alami cukup panjang karena tamu yang datang hari itu begitu banyak. Beberapa dianataranya bahkan tidak bisa naik ke atas karena tidak membawa kartu identitas. Ada seorang tamu asing yang entah mau mengunjungi lantai berapa juga tak bisa naik soalnya dia lupa membawa paspor.
         Untung saja sobat ISB yang datang pada hari itu sudah berkumpul di lobi sehingga kita bisa bersama menuju lantai atas. Setelah kartu identitas ditukar dengan tanda pengenal pengunjung, petugas mulai mengantar pengunjung untuk masuk ke dalam lift. Aku pun dibuat heran kembali karena dalam lift tak terlihat tombol angka untuk lantai tujuan. Tiba-tiba saja, lift langsung meluncur ke lantai 45. Sepertinya dalam tubuhku ini sudah ada sensor yang mengantar sampai ke sana. Haha.

         Keluar dari lift, aku kembali bingung. Di sebelah kanan, ada sebuah pintu kaca yang tampak meja resepsionis dan para penjaga. Sementara sisi kiri, ada pintu besar yang semuanya terkunci sehingga bagian dalam tak terlihat apapun. Hanya ada beberapa tombol di gagang pintu masuk itu.
          Event yang aku ikuti, berada di dalam pintu sisi kiri. Hanya saja sebelum masuk ke sana, aku harus mendapat akses dari pintu kaca sebelah kanan. Akhirnya, ada petugas yang menjemput dan membantu supaya aku bisa masuk ke pintu kaca sebelah kanan.
          Setelah masuk, pengunjung diminta untuk isi absensi pada sebuah laptop. Data yang diisi berupa nama, nomor handphone, dan kode karyawan yang mengundang atau ingin kita temui di kantor itu. Jika data sudah benar, maka akan keluar kertas hasil print out yang terdapat barcode data yang telah diisi (name tag). Bisa dibayangkan serumit apa keamanan perusahaan teknologi tersohor di dunia tersebut.
ruang yang ada di kantor Google Indonesia

         Akhirnya, aku bisa duduk manis juga di sebuah ruang tertutup yang disebut Ruang Pendopo. Jika dilihat sekilas, ruang ini mirip dengan kelas di kampus. Sambil menunggu acara yang beberapa menit lagi dimulai, tak lupa aku mencari tahu username dan password wifi yang tersedia. Harap maklum aku kan harus update ke media sosial supaya apa yang aku lakukan saat itu bisa dirasakan teman-teman lain yang belum berkesempatan untuk datang ke sana.
          Tak lama, kak Fiana Dwiyanti mulai menyapa ramah para peserta workshop yang sudah hadir. Sebagai business development community, Ia mulai memperkenalkan layanan terbaru dari Google yang bertajuk Question Hub. Layanan ini menjadi tools yang berfaedah dan bisa digunakan para publisher, blogger, content writer, dan profesi lain untuk akses informasi yang belum terjamah oleh Google.
     Singkatnya, Question Hub itu berisi kumpulan-kumpulan pertanyaan yang tak terjawab dari Google Search User. Google itu belum tentu mengetahui semua hal loh. Ada beberapa yang tak bisa terjawab karena data yang terindeks belum begitu lengkap. Nah, data-data yang masih minim ini dialami oleh 3 negara di dunia, yaitu Indonesia, Nigeria, dan India.
       Setelah dijelaskan dengan singkat, padat, dan jelas. Aku mulai coba untuk akses Question Hub melalui ponsel pintar yang aku genggam. Pertama, kita bisa memilih kategori pertanyaan yang ingin dijawab secara garis besar. Selanjutnya muncul topik yang lebih spesifik untuk kita jawab. Setelah itu muncul beberapa pertanyaan dari netizen. Lucu sih ketika kita melihat pertanyaan-pertanyaan tersebut karena ada beberapa pertanyaan menggelitik yang menyiratkan kepolosan khas netizen +62.
Google Question Hub

Layanan Google yang berisi kumpulan pertanyaan disebut Question Hub
Aku memilih kategori Seni & Hiburan serta mengerucut pada pertanyaan khusus film
          Kita bisa memilih beberapa pertanyaan yang akan dijawab. Menariknya, jawaban yang kita kirim bisa memasukkan link artikel yang memang menyajikan solusi atas pertanyaan tersebut. Mana nih yang mau dapat backlink gratis sekaligus tulisan di blognya bisa dengan mudah terindeks oleh Google?!
  Tapi, kamu jangan coba-coba memasukkan link artikel asal atau berisi spam. Si Mbah Google sudah lebih pintar untuk merayapi isi tulisan yang kamu buat. Menurutku, Question Hub ini juga berguna untuk mencari ide dalam membuat konten yang berfaedah bagi para pembaca.


Acara Workshop content writer dan SEO Specialist

          Upgrade Ilmu Supaya Hidupmu Tak Terasa Semu

Blogger Eksis upgrade ilmu di kantor Google Indonesia

          Pengalaman merupakan guru terbaik. Pepatah itu selalu menjadi motivasi Blogger Eksis dalam mengembangkan karir di dunia blog. Sebelum fokus pada personal blog, aku terlebih dahulu mengenal profesi lain yang sudah berkembang di era literasi digital. Ada beberapa profesi penulis yang bisa kita pahami berdasar dari tujuan menulis yang dilakukannya.
         Misal, copy writer. Profesi ini berkaitan erat dengan pemasaran. Tugasnya tentu membuat naskah iklan yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk, baik barang maupun jasa. copy writer juga terbiasa membuat slogan atau tagline, katalog, brosur, dan naskah iklan lain. Copy writer zaman now juga merambah ke dunia media sosial dengan membuka atau mengaitkan job desc tambahan seperti jasa captioning untuk konten medsos.
          Selain itu, kita juga mengenal script writer. Profesi ini berkaitan erat dengan penyiaran. Seorang script writer memang memiliki tugas untuk menulis. Hanya saja apa yang ditulis berbeda dengan copy writer. Script writer lebih merujuk pada penulisan sinopsis, naskah, atau skenario untuk sebuah film maupun tayangan televisi dan radio. Mereka yang bekerja sebagai script writer harus memiliki kemampuan story telling yang baik.
          Lebih lanjut kita akan mengenal profesi ghost writer. Penulis yang menjalani profesi ini bertujuan untuk menuliskan suatu bahan tulisan demi kepentingan seorang tokoh atau public figure. Maka, tak jarang tulisan yang dihasilkan bisa diakui oleh tokoh tersebut. Tergantung bagaimana kesepakatan kolaborasi di awal. Gaya tulisan kita juga harus menyesuaikan dengan sudut pandang si tokoh yang membayar jasa kepenulisan kita. Biasanya, honor yang diterima lebih besar karena dibalik tulisan itu tersimpan karya anonim yang jarang diketahui oleh banyak orang.
         Terakhir, kita akan mengenal profesi content writer. Sudah pasti tugasnya membuat konten tulisan yang relevan untuk suatu website seperti perusahaan. Sebagai content writer, kita dituntut untuk memiliki wawasan yang luas dan kemampuan dalam melakukan riset. Biasanya, content writer harus mengacu pada gaya kepenulisan dengan rumus 5W + 1H. Jika menulis untuk suatu media, profesi content writer juga dikenal dengan istilah kontributor.
        Beberapa profesi di atas pernah aku alami. Bahkan, aku sedang melakukan negosiasi dengan beberapa perusahaan untuk menjadi content writer. Mohon doanya semoga project tersebut bisa deal ke depan.
Ani Berta sebagai pembicara dalam Workshop Content Writer di Google Indonesia
          Pengalaman menjadi content writer juga dibagikan oleh founder komunitas ISB, teh Ani Berta. Dalam kesempatan hari berbahagia itu, beliau memberi tips hal-hal apa saja yang dilarang oleh content writer dalam melakukan pekerjaannya, seperti: 
1.      Plagiat atau copy paste. 
2.      Bahasa alay dan banyak singkatan. 
3.     Memasukkan opini terlalu personal sehingga ada unsur  
kepentingan pribadi. 
4.    Isi tulisan yang terlalu hard selling tanpa persetujuan 
pemilik situs web atau portal. 
5.      Mendiskreditkan orang lain. 
6.  Menuliskan informasi yang tidak sesuai dengan fakta atau tanpa verifikasi dan konfirmasi.

Spot unik Urban Farming di kantor Google Indonesia

Jika sudah menerapkan hal di atas, peluang menjadi content writer semakin terbuka di Indonesia. Kebutuhan industri semakin meningkat karena profesi penulis tak lagi dipandang sebelah mata. Untuk mengisi konten pada website, kita juga dituntut memasukkan key words yang tepat.
Penempatan kata kunci ini bertujuan supaya konten tulisan yang kita buat bisa menerapkan konsep Search Engine Optimization (SEO). Siapa sih yang tulisannya tidak mau dilihat oleh banyak pembaca. Apalagi bisa hadir di urutan awal halaman mesin pencari seperti Google.
Beberapa tulisanku sudah menerapkan SEO karena aku juga pernah mengikuti workshop serupa pada tahun lalu. Hanya saja untuk memaksimalkan kembali potensi yang ada, aku kembali menyimak penjabaran yang dilakukan oleh seorang admin ISB, Jumardan Muhammad. Ia juga merangkap sebagai SEO Specialist di salah satu perusahaan digital agensi.
SEO itu dikenal dengan dua istilah, ada SEO On Page dan SEO Off Page. Rasanya terlalu panjang jika aku jabarkan semua. Nanti, aku akan bahas pada tulisan berikutnya.
Beberapa hal yang aku highlight dalam penyampaian Ardan, yaitu SEO bisa diterapkan dengan rutin mengecek Google Trend. Pengecekan kata kunci ini akan membawa kreator untuk memulai konten dengan judul dan URL yang mengandung kata kunci. Beberapa kata kunci juga bisa ditemukan melalui fitur keyword planner atau fitur lain sejenis.
Faktor penting lain untuk SEO yaitu dengan menerapkan backlink. Ada internal link yang bisa kita tanam melalui anchor text yang relevan sampai eksternal link yang mengarah pada suatu web yang lebih kredibel. Ketika link tersebut diklik oleh para pembaca, secara otomatis akan meningkatkan kualitas situs web yang ada.
Inti dari semua ilmu yang dibagikan pada hari itu sangat sederhana, CONTENT IS KING. Konten tulisan yang kita buat akan menemui pembaca dengan sendirinya asalkan ada usaha dari si penulisnya. Aku sangat bersyukur telah mendapat ilmu dari para pembicara yang berpengalaman dibidangnya.
kunjungan ke kantor Google Indonesia
kesan colorfull membuat suasana kantor terasa inovatif & kreatif
Akhir kunjungan ke kantor Google Indonesia usai dengan kumpul bersama di Google Café. Di tempat ini banyak spot instagramable yang kece. Kebetulan para peserta workshop yang hadir juga melakukan potluck sehingga makanan yang dibawa bisa diicip bersama sambil menikmati suasana sore kantor yang begitu nyaman. Terima kasih ISB dan Google Indonesia yang memberi pengalaman berharga bagi Blogger Eksis untuk merasakan kamis manis yang begitu futuristis.

50 komentar:

  1. Asyik banget neh acaranya. Sudah lokasinya di kantor Google Indonesia, dapat ilmu pulak. Sayang banget saya nggak bisa ikut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kang Ali.

      Bisa belajar plus plus deh pokoknya..

      Hapus
  2. Wah, jadi mupeng nih. Acaranya seru dan menarik banget. Apalagi kantor google kan kece abis. Pengen berkunjung ke kantor google...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga kesampaian belajar di sana ya, Mas Erfan.

      Kalo aku mupeng jadi karyawan di kantor itu nih..

      Hapus
  3. Wow keren Ardan, dia SEO specialist toh. Ardan waktu di Makassar dulu pernah bareng saya belajar menulis kepada guru menulis di Makassar. Ikut bangga sama Ardan, juga sama ISB.

    Keren Mas Blogger Eksis, bisa masuk kantor Google dan belajar banyak 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, kak.
      Aku beruntung punya kesempatan itu..

      Iya. Ardan udah punya banyak pengalaman juga. Karya tulisannya juga bagus sih..

      Hapus
  4. Seruuu dan penuh faedah ya acaranya.
    pengin deh, main2 ke kantor Google yg di JKT
    Aku blum pernah ke sana
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada kesempatan untuk berkunjung ke kantor Google Indonesia ya. Pasti bisa dapat banyak manfaat sepulang dari sana..

      Hapus
  5. Ilmunya bermanfaat banget yak.Jadi tulisan kita terarah dan bisa menjawab pertanyaan di google search

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mak Dona.

      Profesi penulis itu punya banyak peluang tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan kesempatan itu untuk berkarya.

      Sebagai blogger, bisa dicoba tuh Question Hub untuk mencari ide tulisan*

      Hapus
  6. Keren Mas, saya kepengen juga Ih ada di situ.
    bikin envy.

    Anak2 di rumah lagi keranjingan main sama Google assistance.
    Mereka suka nanya yang lucu 2 trus dijawab juga lucu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa kali aku juga lihat video di medsos yang pada asyik main sama Google Assistant.

      Pas ke kantor Google, aku lupa kenalan sama si golden voice dibalik fitur Google Assistant.

      haha

      Hapus
  7. spot di gambar terakhir keyeen...
    btw lantai 45?
    saya ngebayanginnya aja udah gemetaran...
    pasti gak bakal berani liat ke luar jendela...
    awankah yang terlihat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Itu spot yang jadi favorit untuk foto..

      Tenang kok kak.
      Liftnya tertutup rapat, jadi ga berasa naik ke lantai 45. Tau2 udah sampe aja gitu sekejap mata.

      Hapus
  8. Bisa dicoba juga nih Question Hub. Jadi punya tabungan ide untuk ngonten ya Mas Maidy. Blogger Eksis, emang eksis deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kak Nur..

      Selamat mencoba Question Hub ya dan semangat buat ngonten*

      Hapus
  9. Beruntung sekali Mas Maidy sudah main ke kantor google yang jadi office dream netizen. Saya langsung mupeng hahaha. Apalagi ini sambil dapat ilmu lagi. Saya pun ikut jadi tau ada question hub dan juga cara menulis postingan yang oke di blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan nih kita apply jadi karyawan si Mbah Google, Pak Bams?

      hahahahaha

      Hapus
  10. Jadi pengen tau lebih banyak nih tentang question hub, dan mupeng bangett pengen jalan-jalan ke kantornya Google, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba praktek langsung aja, kak.

      Nanti kalo ada yang kurang jelas bisa tanya ke aku atau aku teruskan lagi ke pihak terkait dari Google..

      Hapus
  11. Mupeng bangettt bisa ke kantor google. Kapan yaa ada lagi undangan buat blogger huhu aku mauu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa bulan ini banyak komunitas yang diundang juga kok. Soalnya Google memang mau sosialisasi tentang Question Hub ini. Ternyata Google Indonesia masih kekurangan informasi atau data dibanding negara-negara lain*

      Hapus
  12. Aku suka banget tata ruang di Google Indonesia waktu itu liat di Yutubnya siapa gitu mas. Semoga bisnis dg perusahaan yg akan bekerjasama terkait content writingnya bisa di ACC yah mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Terima kasih atas doanya kak Rohmah..

      Hapus
  13. Ku masih berusaha memahami apa itu Google Question Hub, nanti kucoba akses aja.
    Oh ya, bisa mengunjungi kantor Google Indonesia sungguh jadi pengalaman mengesankan ya Mas.
    Dan ceritanya sungguh lengkap ini. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo kakaknya pernah coba Quora atau Yahoo Forum mungkin aku melihat secara sekilas sama sih. Cuma tujuan fitur itu berbeda..

      Terima kasih telah berkunjung ke tulisan ini, kak Dian...

      Hapus
  14. Aku baru sekali memanfaatkan google trend dan ternyata mrmang menbantu meningkatkan traffic blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kita menulis dengan memanfaatkan kata kunci, pasti memang bisa lebih mudah terindeks dan traffic blog pun akan naik apalagi kalau informasi itu sedang trending untuk linimasa media sosial*

      Hapus
  15. Wuih ilmunya padat banget dan lokasinya keren euy di kantor google

    Aku selalu inget sih ucapan teh Ani yg bilang kalau jangan alay :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kak Cindy.

      Alay alias berlebihan itu memang nggak banget.
      Lebih baik tetap menjadi diri sendiri ya ^^

      Hapus
  16. Wihhh ilmu banget nih buat aku yang pemula. Terkadang hal kecil juga bisa mempengaruhi traffic blog yah kak. Thankyou for sharing ya kak 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Terima kasih telah berkunjung ke ulasan ini.

      Semoga traffic blognya bisa semakin meningkat yah*

      Hapus
  17. Ya ampyun nasib baik banget bisa belajar langsung dengan Google. Semogaa next kesempatanku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keberuntungan akan selalu datang bagi kita yang bisa memanfaatkan waktu dengan bijak.

      Semoga bisa mendapat kesempatan berikutnya ya, kak Ida..

      Hapus
  18. yang nomor lima itu benar harus konfirmasi, aku pernah baca kasus blogger di Malaysia yang menjelekan produk kencantikan dan sampai ke pengadilan lho karena gak konfirmasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah banyak kak, kasus blogger yang sudah berurusan dengan hukum.

      Apalagi di medsos juga viral karena ada RUU KUHP yang menyatakan bahwa jurnalis atau netizen yang mengkritisi Pemerintah bisa langsung dipenjara.

      Sebagai blogger, bukan cuma harus melek teknologi tapi juga melek hukum ya*

      Hapus
  19. Duh, baca ini sambil ngarep benar, bisa ikut acara semacam ini. Banyak banget ilmu yang bisa diserap dan dipraktekin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak kok acara-acara blogger di seluruh Indonesia. Tinggal bagaimana kita menerapkan teori ke dalam bentuk praktek setelah datang ke acara tersebut..

      Hapus
  20. Senengnya bisa berkunjung di google Indonesia. Pasti upgrade dirinya jadi cetar deh. Jadi pengen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.

      Semoga kita bisa dikenal dengan karya yang kita hasilkan, bukan dari sensasi yang kita buat ya*

      Hapus
  21. Seru banget bisa ke kantor Google. Dapet pengalaman baru dan ilmu yang bermanfaat juga pastinya. Makasi sharingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga telah berkunjung ke tulisan ini, Mak..

      Semoga bermanfaat!!

      Hapus
  22. asyiknya bisa berkunjung ke kantornya google, bisa banyak bertanya mengenai seperti apa sebenarnya dunia google itu sendiri. Itu ekspektasi saya ketika suatu saat nanti bisa berkunjung kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin.

      Semoga bisa menginjakkan kaki di kantor Google ya*

      Hapus
  23. Halo,
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik.
    hubungi saya untuk informasi lebih lanjut:
    (helenahernandez432@gmail.com)

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Bunga Rendah 2%, kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi saya untuk informasi lebih lanjut:
    (helenahernandez432@gmail.com)

    Salam,
    Nyonya HELENA HERNANDEZ
    (helenahernandez432@gmail.com).

    BalasHapus
  24. Asiknyaaa yang bisa kunjungan ke Google Office sekalian nambah ilmu di dunia blogging juga. Multi manfaat ya kak,mantaplahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga tulisan di atas bisa bermanfaat ya.

      Terima kasih telah berkunjung ke blog ini, kak :)

      Hapus
  25. Saya pengin banget dari dulu mampir gitu ke Google Indonesia, tapi nungguin undangan kok ga dateng-dateng hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orang sabar disayang pacar. hehehe

      Mungkin belum waktunya, Mas..

      Hapus