Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Film Mahasiswi Baru punya Kisah Persahabatan Lintas Generasi yang Seru

      Halo, Gaes!

Kamu pernah dengar kan sebuah pepatah
“Kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina!!”
kisah persahabatan lintas generasi dalam film Mahasiswi Baru
        Seberapapun jauh, ilmu itu memang harus dikejar bukan ditunggu di depan rumah. Kalau hanya menunggu, nanti kita akan tertinggal karena kalah dengan mereka yang selalu haus akan ilmu.

  Tak ada kata terlambat dalam belajar. Blogger Eksis termasuk golongan manusia yang haus ilmu. Semangat belajar yang tinggi selalu menjadi alasanku untuk melanjutkan kuliah dari jenjang pendidikan diploma hingga sarjana. Aku melalui proses pendidikan tersebut dengan biaya sendiri.
      Alhamdulillah, aku bisa menyelesaikan semua studi disela pekerjaan kantoranku dahulu. Memilih untuk kuliah di Program Kelas Karyawan tentu memberi banyak pengalaman tersendiri. Salah satunya, aku punya teman-teman dari lintas generasi. Dari pergaulan itu, kami selalu berdiskusi dan saling melengkapi.
      Semangat untuk mencari ilmu bukan hanya milikku saja. Seorang oma yang bernama Lastri juga berani memutuskan untuk jadi mahasiswi dan mulai kuliah untuk jenjang strata 1 saat usia mencapai senja, 71 tahun. Kisah oma Lastri yang lincah ini hadir dalam film berjudul Mahasiswi Baru.
        Aku menonton film Mahasiswi Baru tepat di hari perdana pemutarannya. Tanggal 8 Agustus 2019, aku mengunjungi Cinemaxx, Pluit Village, Jakarta Utara. Aku memilih film ini karena sudah menonton trailernya pada beberapa hari lalu. Rasa penasaran langsung menyeruak apalagi saat aku mengetahui bahwa film ini disutradarai oleh Monty Tiwa.
Nonton Film Mahasiswi Baru di Cinemaxx Pluit Village

     Film Mahasiswi Baru yang diproduksi oleh MNC Pictures bercerita tentang kisah Oma Lastri (Widyawati) yang menjadi salah satu mahasiswi di Universitas Cyber Indonesia. Keputusannya tersebut sempat mendapat pertentangan dari anaknya, Anna (Karina Suwandi). Ia khawatir bagaimana ibunya yang kuliah akan masuk dalam pergaulan anak muda masa kini.
        Niat nekat Lastri disambut dengan tantangan yang diberi oleh dekan kampus, Chaerul Umam (Slamet Rahardjo Djarot). Lastri bisa menjadi mahasiswi baru di kampusnya asalkan Ia memiliki Indeks Prestasi yang tinggi pada semester pertama.
     Lastri sempat bingung menjalani tantangan tersebut. Tapi, ia mendapat dukungan dari teman-teman kuliah yang lain seperti si selebgram alay, Danny (Morgan Oey), ada juga aktivis yang emosional, Erfan (Umay Shahab), gadis pintar yang suka ketiduran, Reva (Sonia Elyssa), dan dara muda yang suka desain pakaian, Sarah (Mikha Tambayong). Mereka pun membentuk sebuah geng kampus yang kompak.
     Kekompakan geng tersebut justru menjadi ancaman karena Lastri terlalu asyik bergaul dengan teman-temannya yang berbeda usia. Pergaulan Lastri semakin mengkhawatirkan saat Ia terlibat tawuran di kampusnya. Anak dan menantu Lastri mulai tak suka dengan pergaulan yang dianggap tak wajar. Sampai akhirnya, Lastri memutuskan untuk nge’kost.
      Genk kampus yang dibentuk tak mampu membantu Lastri untuk mendapat nilai baik. Lastri masih memperoleh IP dengan predikat nasakom (nasib satu koma). Dari situ, mereka membuat rencana agar Lastri harus mengambil hati dekan supaya tidak kena drop out.
       Intrik demi intrik saat Lastri mendekati dekan mulai menarik. Di sisi lain, penonton juga akan diberi suguhan sisi kelam kehidupan malam Reva yang juga mengusik kekompakan genk kampus yang baru dibina. Seperti apa cerita Lastri sebagai mahasiswi baru di kampusnya? Apakah teman-teman lintas generasi yang ditemuinya bisa kompak selamanya??

Tonton segera film Mahasiswi Baru di bioskop kesayangan Anda*

           Dari sekian banyak rumah produksi yang ada di Indonesia, MNC Pictures menjadi production house yang paling produktif pada tahun ini. Setelah film Preman Pensiun menembus lebih dari 1 juta penonton, tim produksi kembali berkarya dengan film Koki-Koki Cilik 2, Koboy Kampus, sampai Mahasiswi Baru dengan rentang waktu berdekatan.
           Ide cerita film Mahasiswi Baru begitu unik. Konon cerita ini diadaptasi dari kisah nyata seorang oma yang memutuskan kuliah di usia lanjut. Kesegaran ide tersebut dipadupadan dengan ihwal yang menyangkut kepribadian nenek lincah yang memiliki penguatan karakter, tua-tua keladi.
        Monty Tiwa berupaya mempertahankan adegan demi adegan dalam film dengan unsur komedi. Film Mahasiswi Baru tampak lucu saat orangtua justru menirukan gaya anak muda yang kekinian. Penggunaan bahasa gaul dalam dialog begitu berkesan, seperti “Yoaa, braaay!” yang sering diucapkan oleh Oma Lastri.
        Pergaulan lintas generasi mulai menarik untuk diikuti saat terbentur dalam konflik keluarga. Begitu juga ditambah dengan kisah romansa para orangtua yang sudah tidak muda. Variasi cerita dalam pergaulan antar teman kampus semakin bergejolak saat kisah kehidupan Reva yang introvert mulai terkuak.
       Namun, naskah yang mengalir dengan adegan kocak tak mampu membungkus cerita Reva, Sarah, Danny, dan Erfan. 4 karakter yang menjadi teman kampus dari oma Lastri tak mampu dijelaskan secara gamblang. Padahal masing-masing karakter punya kekuatan cerita yang bisa dieksplorasi lebih panjang.
        Dibalik alur film Mahasiswi Baru yang runut, sutradara telah berhasil menerjemahkan bahasa naskah ke dalam bentuk adegan audio visual yang cukup jelas. Beberapa momen dibuat seimbang, ada waktunya penonton harus tertawa dan ada jeda saat penonton harus larut dalam kesedihan yang dialami para tokohnya karena harus kehilangan orang-orang yang dicintai.
        Dari segi sinematografi, film Mahasiswi Baru tidak berani unjuk gigi menampilkan sesuatu yang istimewa. Tim produksi lebih banyak menampilkan sisi group shot atau two shot dalam setiap adegan. Untung saja tata artistik, tata rias, dan tata busana tak ada yang berlebihan. Mereka menyesuaikan tone film dengan pas.
Film Mahasiswi Baru produksi MNC Pictures
     Seharusnya film bisa lebih unggul dari sisi tata musik. Aransemen lagu Hip-Hip Hura sebagai karya dari sang maestro, alm. Chrisye mampu menampilkan sisi film yang ceria. Penonton seolah diajak ikut bernyanyi ke dalamnya. Begitu juga saat lagu-lagu yang populer dari Indonesia bagian Timur diputar. Ada lagu Cinta Luar Biasa dari Andmash Kamaleng. Ada juga lagu Goyang Maumere di akhir cerita yang seolah mengajak penonton untuk turun ke lantai dansa ala anak muda kekinian. Hanya pemilihan lagu Anugerah Terindah Yang Kumiliki dipopulerkan oleh grup band Sheila on 7 terasa tidak mewakili adegan dalam film.
     Kondisi yang terjadi dalam tata musik juga berpengaruh pada departemen akting. Secara keseluruhan, akting para pemain begitu menyegarkan. Masing-masing memiliki karakter yang kuat dengan olah akting yang mumpuni. Terasa menyenangkan saat aktor dan aktris senior justru beradu akting dengan aktor dan aktris muda pendatang baru berbakat.
        Dari semua pemeran, aku cukup terkesima dengan akting Sonia Elyssa. Penampilan yang blasteran dengan logat bahasa Jawa mampu menutupi latar belakang kehidupan yang kelam. Ia mampu menempatkan posisi meski terbilang diberi sedikit porsi in frame dalam film ini.
     Debut Sonia Elyssa sebagai Reva tak mampu diikuti Mikha Tambayong, Umay Shahab, dan Morgan Oey. Akting Mikha masih terlihat seperti gadis manis yang diperankan pada film-film sebelumnya.
Sementara Umay dan Morgan sebagai mahasiswa milenial terlihat tak begitu lepas dengan celetukannya. Seharusnya mereka berdua mampu membuat film Mahasiswi Baru semakin pecah dengan candaannya.
     Walau begitu, semua tertutupi oleh kehadiran pasangan janda dan duda yang terlatih patah hati. Widayawati mampu berperan sebagai Lastri yang keibuan dan enerjik namun gagap teknologi.  Tingkahnya sebagai oma gaul terlihat mendominasi.
      Kematangan akting Slamet Rahardjo juga memberi performa menawan untuk membuat penonton tetap bertahan di dalam studio sampai akhir. Akting-akting mereka semakin berkembang saat beradu dengan aktor dan aktris pemeran pendukung lain, seperti Karina Suwandi sebagai anak oma Lastri, Iszur Muchtar sebagai menantu oma Lastri, dan Ence Bagus sebagai salah satu dosen di kampus tempat oma Lastri kuliah.
poster film Mahasiswi Baru

        Nikmati saja selagi bisa! Secara keseluruhan film berlangsung seru dan menyenangkan. Premis cerita yang unik mampu membawa setiap karakter didalamnya berupaya menghibur para penonton. Bersiaplah tertawa melihat kisah lansia yang terjebak pergaulan dan asmara yang terjadi bukan pada masanya.
     Akhirnya, kita bisa mengklaim bahwa film Mahasiswi baru menjadi opsi tontonan santai yang sarat makna. Hal ini mampu mengingatkan kita pada kondisi sosial yang memang terjadi di sekitar. Selipan dialog yang menyentuh hati juga mengajak penonton berkontemplasi bahwa “kehilangan adalah momen dimana kita harus terus bergerak!
Setidaknya, film Mahasiswi Baru juga membuka cakrawala penonton untuk terus memiliki semangat belajar yang tak kenal henti. Semoga saja MNC Pictures bisa terus berkarya dengan film-film terbaiknya demi mendukung perfilman Indonesia yang lebih maju lagi. Semangat berkarya*

Blogger Eksis menonton film Mahasiswi Baru

22 komentar:

  1. Stt tau gak.. Baru kmrn aku nganturin ibuku dan temen2nya nonton film ini.

    Nenek2 pun jadi kepo sama film ini hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Para oma yang antri di bioskop pasti fans garis kerasnya oma Lastri nih alias aktris senior Widyawati*

      Hapus
  2. Ternyata emang acting dari aktor jadul itu lebih lepas daripada yang baru ya mas. Lebih kelihatan natural. Gak salah ngambil tante widya jadi oMa lastri

    BalasHapus
  3. Liat trailernya cukup seru. Memadukan akting aktris lawas dan milenial dalam satu frame. Jadi pengen nonton filmnya juga

    BalasHapus
  4. emang ya oma lastri (tante widya) itu totalitas kalau acting. Liat trailernya lucu banget, si oma jadi puber ke dua gara-gara bergaul ma anak muda.

    BalasHapus
  5. Ha..ha..ide ceritanya unik sekaligus menginspirasi, bahwa semangat belajar itu nggak kehalang umur.

    BalasHapus
  6. waaah kemarenan banyak nih temen-temen aku yang ngajakin nonton ini tapi akunya belum sempet huhu

    BalasHapus
  7. Sebenarnya cukup banyak masyarakat yang masih kuliah di usia lanjut. Tapi diangkatnya film ini akan lebih membuka mata dan menyadarkan betapa pentingnya pendidikan

    BalasHapus
  8. Lengkap banget reviewnya, baru kali ini baca review film ini yang bahas sampai kostum dan musik haha. Soalnya pd cerita singkat aja jalan ceritanya dan ceritanya bagusnya apa aja :D
    Penasaran smaa endingnya si Oma Lastri ini bisa lulus dan diwisuda gak yaaaa :D

    BalasHapus
  9. Film Mahasiswa Baru emang kocak, apalagi aktingnya Widyawati, sudah deh enggak perlu diragukan lagi. Keren...

    BalasHapus
  10. Tontonan santai yang sarat makna, ini yang saya suka. Apalagi pesan moral bahwa.semangat belajar berapapun usia kita tak boleh pudar. Keren dan bikin penasaran film Mahasiswi Baru ini...

    BalasHapus
  11. SELAMAT DATANG DI "WEMA FINANCE" kami di sini untuk menyediakan layanan keuangan profesional yang sangat baik untuk Anda semua.

    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan? Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk memulai usaha kecil dan menengah yang bagus? Apakah Anda memiliki skor kredit yang rendah dan Anda merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memerlukan uang untuk berinvestasi di bidang spesialisasi tertentu? Apakah Anda memiliki proyek yang belum selesai di ujung jari Anda karena dana yang tidak mencukupi? Ini adalah kesempatan untuk mendapatkan pinjaman Anda hari ini untuk menyelesaikan semua masalah keuangan Anda.

    Kredit kami dijamin 100% untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami, tujuan utama kami adalah untuk membantu Anda mendapatkan layanan keuangan asli yang layak Anda dapatkan, program kami adalah cara tercepat untuk mendapatkan pinjaman yang Anda butuhkan. suku bunga murah untuk mengurangi tekanan pada pengeluaran bulanan. Dapatkan fleksibilitas untuk digunakan untuk tujuan apa pun - mulai dari liburan, pendidikan, hingga pembelian unik.

    ADMIN
    [wemafinance0@gmail.com]

    Kami menawarkan berbagai layanan keuangan yang meliputi: Pinjaman Pribadi, Pinjaman Konsolidasi Utang, Pinjaman Bisnis, Pinjaman Pendidikan, Pinjaman yang Dijamin Pinjaman, Pinjaman Hipotek, Pinjaman Bayaran, Pinjaman Siswa, Pinjaman Komersial, Pinjaman Kredit Otomatis, Pinjaman Investasi, Pinjaman untuk Pembangunan, Pinjaman Pembelian, Pinjaman Konstruksi, dengan Bunga Rendah 2%, kami memberikan pinjaman kepada Perorangan, Perusahaan dan Agen. Dapatkan yang terbaik untuk keluarga dan rumah impian Anda dan skema pinjaman umum kami.


    Jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman, silakan hubungi kami dengan permintaan pinjaman Anda.
    Silakan hubungi kami untuk informasi lebih lanjut:

    Nyonya HELEN WILSON
    Manajer cabang
    [helenwilson719@gmail.com]


    Nyonya HELENA HERNANDEZ
    Kepala Bagian Keuangan
    [helenahernandez432@gmail.com]

    Salam,
    ADMIN WEMA FINANCE
    [wemafinance0@gmail.com]

    Kami berharap dapat mendengar dari Anda sesegera mungkin.

    BalasHapus
  12. Kisah Oma Lastri yang jadi mahasiswi baru memang unik banget, seorang oma jadi anak baru di kampus dan bergaul dengan teman-teman yang seumuran dengan cucunya, lucu dan menggelitik ya

    BalasHapus
  13. Aduh gak kebayang kocaknya seorang oma kuliah lagi dan malah bikin genks kampus,ini film wajib di tonton apalagi kehadiran widyawati sebagai aktris film yang gak diragukan lagi untuk aktingnya

    BalasHapus
  14. satu pesan yang membekas jika membaca sekilas tentang film mahasiswi baru ini, bahwa menuntut ilmu / belajar tidak pernah memandang usia seseorang.

    BalasHapus
  15. aku belum nonton film ini... pengen ngajak temen sih kpan hari tapi nggak jadi. Belum nonton, tapi baca2 juga review dari teman2.. Film yang menarik.

    BalasHapus
  16. Aku juga udah sempat nonton filmnya, menurutku ini kisah yang unik banget, dalam ceritanya juga mengandung makna persahabatan dan kekeluargaan. Aku suka banget filmnya

    BalasHapus
  17. Universitas cyber berarti Lastri nya kuliah IT dong ya ckck, mantul ah. Semangat belajar lgnya itu lohh patut ditiru

    BalasHapus
  18. Rame banget yang ngenulisin mahasiswi baru. Sinopsisnya lumayan menarik ya. Bikin pengen nonton

    BalasHapus
  19. penasaran sama aktingnya widyawati yang kuliah di usia tua, gimana bergaulnya sama seumuran cucunya, pasti bakalan lucu bngaet, bikin penasaran ulasannya nih

    BalasHapus
  20. wuah ada tante widiawaty yang main di film mahasiswa baru ya kak? udah deh gabakal nyesel dong ini nonton film ini. soalnnya pemain sekelas tante widiawati ikut main difilm ini. udah jelas lah ini film bagus

    BalasHapus
  21. kunjungan perdana salam kenal

    BalasHapus