Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Program Televisi “Jelajah Makki Ungu” Persembahan Belantara Studio

      

Belantara-Studio
    Debut produksi program televisi dari Belantara Studio punya kekuatan ide unik yang merangkai visual dan audio menarik terlihat lebih istimewa. Dengan pengambilan lokasi di gunung, konsep program televisi ini tersusun rapi sebagai bentuk pengembangan Intellectual Property (IP) yang penuh kreasi. Sosok musisi yang sudah dikenal seperti Makki Ungu menghadirkan perspektif baru tentang pemusik yang hobi naik gunung (hiking), suka otomotif (riding), dan punya kepedulian sosial yang tinggi terhadap pendidikan serta lingkungan alam sekitar. Kearifan lokal yang ditampilkan berhasil dibingkai melalui program televisi “Jelajah Makki Ungu” yang tayang sejak 23 April 2022 di NET TV.

      Dengan mengusung program televisi format dokumenter, program “Jelajah Makki Ungu” sajikan kenyataan tanpa rekayasa. Perilaku para pencinta alam disesuaikan dengan bentuk cerita penjelajahan episode Ekspedisi Parikesit 7 Saga. Kemasan ini tak lagi dongeng semata, para talent yang terlibat justru langsung melakukan aktivitas menaklukkan 7 gunung di Indonesia. Sebut saja Gunung Ciremai (Jawa Barat), Gunung Sindoro dan Sumbing (Jawa Tengah), Gunung Lawu (perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur), Gunung Arjuno dan Welirang (Jawa Timur), serta Gunung Rinjani (Lombok, Nusa Tenggara Barat). Sungguh! Ini jadi proses kerja kreatif yang paling niat dan terkonsep dengan baik.

     Sebagai karya program pertama dari Belantara Studio, tim produksi tak hanya memvisualkan keindahan alam saja. Banyak interaksi terhadap warga lokal dari setiap daerah yang disinggahi. Lebih mulia lagi, mereka juga membuat kegiatan “Parikesit Peduli” yang menjangkau ranah pariwisata, pendidikan, dan lingkungan alam. Bentuk kegiatan ini diformat untuk pembuatan plang rambu-rambu (penunjuk) di basecamp dan jalur pendakian, Pojok Pustaka Parikesit, hingga pelatihan manajemen sampah maupun fotografi. Rencana kegiatan ke depan, semua kegiatan sosial ini akan kolaborasi bersama komunitas-komunitas dari tingkat lokal sampai nasional.

        Termasuk dalam jenis documenter diary, proyek pengembangan IP ini juga menjadi kaul dari perayaan usia 50 tahun Makki Ungu. Untuk itu, Ia selalu mengibarkan bendera Makki Parikesit Adventure pada setiap puncak gunung yang berhasil didaki. Semoga Om Makki Parikesit bisa ajak personil grup band Ungu lain ya untuk sampai puncak seperti saat mereka meniti karier dalam industri musik.

Makki-Ungu

Kebetulan Blogger Eksis hadir dalam Press Conference dan Buka Puasa Bersama ‘Ekspedisi Parikesit 7 Saga’ di Vadeva Café, Kemang Timur (20/4). Musisi karismatik, Makki Parikesit menyatakan “Saya suka kegiatan adventure dan travelling. Rasanya bangga banget dan senang bisa menuntaskan proyek ini. Alhamdulillah, lancar dan berkesan”. Sebelum mendaki gunung, Om Makki hanya melakukan olahraga renang dan joging saja loh. Selain itu, Ia kerap berkonsultasi dengan teman-teman lama yang sudah punya pengalaman naik gunung sebelumnya.

     Acuan catatan perjalanan mendaki gunung seorang Makki Parikesit ternyata tak ditampilkan seorang diri. Program televisi ini juga menampilkan sudut pandang dari kawan-kawan lamanya. Pendekatan dokumenter makin ramai dengan kehadiran talent-talent pendukung seperti Andy Fatic, om Didi Fauzi, kang Iyan (Sofyan Arief Fesa, Seven Summiter Dunia dari Indonesia), mas Aul (Aulia Ibnu Sina) dengan putri pendakinya Khansa (sebagai seven sumitter Indonesia termuda) serta guest talent mas Fahmi (VP dan Group Head Indosat) maupun mas Nunu (founder Kata Hati Institute)

     Judul yang memikat dan segmen audiens yang otentik membuat program televisi format dokumenter ini bisa jadi inspirasi para pencinta alam, penyuka otomotif, atau traveler tanah air untuk berbagi kebaikan lebih banyak buat sekitar. Mbak Setia Sari (Arie) dari Belantara Studio mengungkap “Penonton bisa menikmati alam, kuliner, atau hal apapun yang tersembunyi dari tiap daerah. Interaksi terhadap masyarakat lokal juga menyerap wawasan baru yang punya kontribusi untuk pemberdayaan warga setempat

        

Ekspedisi-Parikesit


    Aku sungguh takjub saat menonton episode pertama Jelajah Makki Ungu “Ekspedisi Parikesit 7 Saga”. Pengemasan program televisi dalam bentuk dokumentasi begitu kreatif sehingga berhasil persuasi penonton NET TV untuk lebih mencintai alam dan berbuat baik bagi lingkungan. Nuansa alam khususnya gunung berhasil direpresentasikan dalam bentuk ekspedisi yang tak sekadar deskriptif tapi penuh insight baru untuk melihat Indonesia lebih luas dari setiap puncak tertinggi yang berhasil didaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar