Tulis yang kamu cari

Analytics

Adv

Salat Tahajud di Bulan Ramadhan Buka Pintu Sukses Dunia dan Akhirat

salat-tahajud

     Koneksi wifi cepat yang terpasang di rumah masih aman di awal bulan Ramadhan. Internet itu seperti bulan Ramadhan karena berhasil menyatukan keluarga di rumah untuk ibadah bersama. Bentuk ibadah yang diwariskan dari waktu ke waktu dalam keluargaku, yaitu salat tahajud.
   Hari pertama puasa, Blogger Eksis mulai menatap layar laptop untuk menelusuri manfaat dari puasa itu sendiri. Mataku terbelalak! Nyatanya tak hanya puasa yang punya faedah buat kehidupan. Begitu banyak ritual ibadah lain yang tanpa kita sadari bisa membuka pintu sukses dunia dan akhirat agar hidup makin berkah. Salah satunya, salat tahajud di bulan Ramadhan.

     Salat malam di bulan Ramadhan memang banyak jenisnya. Selain yang bersifat fardhu seperti salat Maghrib dan Isya, umat muslim juga disunnahkan untuk salat tarawih, salat tahajud, dan salat witir.  Banyak keutamaan yang bisa didapat setelah salat tahajud saat dikerjakan pada waktu yang disucikan seperti bulan Ramadhan tahun ini.

    Sebagai bagian dari rangkaian salat saat malam, salat tahajud dianggap jadi ibadah yang paling istimewa. Salat tahajud biasa dilakukan pada sepertiga malam, kurun waktu pukul 01:00 sampai 04:00. Pastikan sebelum kita melaksanakan salat tahajud, tidur terlebih dahulu meski hanya sebentar. Tapi, jangan kebablasan sampai tidak sahur ya.

   Bila sudah rutin laksanakan salat tahajud selama bulan Ramadhan, Bismillah! Kita akan terbiasa melakukan salat tahajud pada bulan-bulan berikutnya. Percaya saja lantunan doa yang dipanjatkan dalam sepertiga malam itu bisa menembus langit alias diijabah. Selain itu, ada 3 manfaat salat tahajud di bulan Ramadhan, seperti:

1. Umat muslim bisa sukses dalam karier

      Sukses berkarier jadi dambaan umat muslim di belahan dunia manapun. Dalam firman-Nya, Allah SWT telah menjanjikan bagi mereka yang salat tahajud akan diangkat kariernya dan diberi tempat yang terbaik. Hal ini sesuai QS. Al-Isra ayat 79:


  وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَاماً مَحْمُوداً  

 

Artinya: Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagi kamu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

2. Umat muslim akan diberi kemudahan dalam setiap aktivitas tanpa batas

Siapa saja yang mengerjakan salat tahajud, Allah SWT akan menjanjikan kemudahan dalam segala aktivitas tanpa batas di dunia. Setiap langkah kita akan terasa dibimbing dalam keseharian. Inilah keajaiban salat tahajud sebab berdoa setelah salat tahajud jadi waktu mustajab.

FYI, untuk menunjang aktivitas tanpa batas, aku juga pakai internet stabil dari IndiHome. Dikenal sebagai provider terbaik internet cepat di Indonesia, aku memanfaatkan internet untuk mencari referensi literatur seputar agama. Biasanya setelah salat tahajud, aku mulai berselancar di dunia maya sambil menunggu waktu sahur atau salat subuh tiba.

paket-internet

3. Umat muslim bisa mendapat jalan keluar ketika ada masalah

       Janji Allah SWT berikutnya bagi yang melaksanakan salat tahajud yaitu bisa punya solusi atas masalah yang dihadapi. Tanpa kita sadari, Allah akan memandu kita untuk menyelesaikan masalah hidup yang pelik. Secara personal, aku selalu mendapat ketenangan setelah menunaikan salat tahajud. Ketika ada rasa gelisah, takut, atau gundah gulana akan hari esok nyatanya bangun dari kenikmatan di atas tempat tidur untuk salat tahajud memberi kesenangan jiwa dan batin. Ini menjadi perenunganku di sepertiga malam kemarin.

 

Tak perlu tunggu ramadhan tahun depan untuk mulai salat tahajud. Sudah saatnya kita amalkan salat tahajud untuk wishlist ibadah ramadan tahun ini. Bismillah, BISA!!

Inilah salah satu langkah menerapkan muslim lifestyle melalui salat tahajud. Kalau sudah ketagihan salat tahajud, niscaya 3 manfaat di atas akan diraih tanpa harus kalang kabut menyikapi fenomena kehidupan dunia yang makin berat. Kembali lagi pada fitrah umat muslim untuk menyeimbangkan kehidupan dunia dan akhirat supaya berkah. Semangat beribadah di bulan suci Ramadhan*

menyatukan-keluarga

26 komentar:

  1. ya ampun, sampai ramadhan jalan hampir sepertiga ini, saya baru bisa melakukan beberapa kali shalat taraweh sebagai shalat lail saya :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. terkadang kita harus dipaksa untuk melepaskan kehidupan dunia ;(

      Hapus
  2. Wah trims nih insight-nya. Mengingatkan supaya makin rajin ibadah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Semoga kita bisa meningkatkan salat tahajud di bulan Ramadan tahun ini ya*

      Hapus
  3. Terimakasih reminder nya, mumpung masih di bulan Ramadan semoga bisa terus ditingkatkan ibadahnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin ya rabb. Semoga bisa istikamah sampai bulan berikutnya selain Ramadan..

      Hapus
  4. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi rekan2 yg menjalankannya 🙏🙏

    Smoga dg kedatangan Bulan Ramadhan yg penuh berkah ini, menjadi sebuah kesempatan utk berbuat kebaikan & keikhlasan dijalan yg dituntun Tuhan YME.. smoga ibadah & kegiatan puasanya menjadi lancar & penuh menuju hari kemenangan nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin. Terima kasih mas Tomy sudah berkunjung ke artikel ini..

      Hapus
  5. Sebuah reminder buat diriku. Semoga bisa perlahan menerapkan hal ini juga :D Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih juga sudah baca artikel tentang salat tahajud ini. Semoga bisa diamalkan ya..

      Hapus
  6. Karena saya non-muslim, sebenarnya nggak terlalu paham tentang ilmu ini. Tapi kalau dirasakan memang tengah malem itu cocok untuk bermeditasi atau bahasanya mungkin sholat karena suasana yang tenang dan khusyuk. Jadi buat kita lebih fokus ke Tuhan. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget, kak Dinda.

      Terima kasih sudah berkunjung ke sini. Indahnya toleransi*

      Hapus
  7. Berat banget kalo niat gak kuat sulit terlaksana. Padahal hidup banyak keinginan tapi sholat tahajud malas. Saya itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk bisa yuk. Ubah malas jadi hal-hal yang lebih bernas..

      Mulai aja dulu dari biasakan salat tahajud!

      Hapus
  8. Makasih untuk informasi ini Mas, btw aku itu pengen sih shalat tahajud, akan tetapi kelewatan terus loh. Tiap malem seperti ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pasang atau set alarm deh. Kalo bisa, sempatkan juga sebelum tiba waktu sahur. Biar bisa terbiasa bangun malam untuk salat tahajud*

      Hapus
  9. Wah ini dia, sulit untuk dijadikan rutin memang butuh 66 hari supaya bisa jadi kebiasaan ya. Semoga aku bisa membiasakan diri untuk tahajud, Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin yaa robbal alamin.

      Semangat kak Astari untuk salat tahajud yang rutin..

      Hapus
  10. Terima kasih artikelnya, jadi reminder lagi nich buat aq u/ memacu ibadah selama bulan Ramadan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mumpung masih diberi kesempatan dan sudah berada di penghujung Ramadan kan. Saatnya kita tingkatkan :)

      Hapus
  11. Makasih kk maidy, ini nih amalan yg saat ini saya masih berat, astagfirullah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan anggap berat, Mas.

      Kita pasti kuat untuk menghindari rasa malas..

      Hapus
  12. wahhh artikelnya bisa dibikin ringkas padat jelas kakk bikin siapapun pembacanya jadi paham akan hal yg ingin kk sampaikan. baguss kak artikelnyaa. lancar2 terus puasa nya ya kakk sampai akhir nanti. Slamat berpuasa ya kakkkk bloggereksis !

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudi mampir ke sini, kak Dewi..

      Semangat juga ya untuk terus menyebar kebaikan untuk kakak.

      Hapus
  13. Artikel Yang Menarik,Kunjungi Website Saya Please Jasa SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik, Bang Tampan.

      Semoga tulisan ini bisa masuk posisi SEO juga ya :D

      Hapus